Torang Pe Kampung Ini. Minuman Tradisional Harus Dilestarikan.

Cap Tikus [Musik] semakin lama dan jauh perjalanan mengajarkan kami tentang kesederhanaan dan kebutuhan minimalis kami sudah tidak peduli lagi dengan Mobil apa yang dipakai atau brand apa yang melekat di tubuh kami saat ini kami hanya peduli dengan waktu pengalaman dan kebebasan Halo pasangan suami istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil

Lebih 6 tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan akibat bangsa ini perjalanan tanpa batas waktu ke tempat-tempat Tanpa Batas ke mana saja lanjut perjalanan lanjut kembali kita berdua lagi kita mengukir kenangan mengukir cerita baru mengukir sejarah hidup kita Semoga selamat sampai tujuan next Selamat datang di Kabupaten Minahasa Selatan

Terima kasih sudah nonton Utara masuk ke Minahasa Selatan sedih banget rasanya berpisah dengan Om Bram tante Meli dan teman-teman semuanya kita harus meninggalkan Sulawesi Utara sekarang kita sekarang melalui perjalanan yang indah penuh hutan-hutan tapi jalanannya mulus ya tujuan kita adalah Kotamobagu dan kita ke Gorontalo nanti

Kita akan lihat apa saja yang akan kita temui sepanjang perjalanan yang bagus sekali oke Sulawesi Utara kami akan merindukanmu [Musik] dari daerah ketinggian Minahasa kami dibawa kembali ke daerah pantai Minahasa Selatan Amurang namanya ibukota Kabupaten Minahasa Selatan Amurang ini ibukotanya Minahasa Selatan kini pas tengah hari cuacanya terik sekali terasa

Oke kita lanjut perjalanan dari kita baru berhenti makan siang ya tapi kemudi kembali kami Arahkan menuju daerah ketinggian rencana kami akan lewat daerah modoinding dan lanjut Kotamobagu Kabupaten Bolang Mongondow masih Sulawesi Utara hujan sangat lebat kami harus berhenti dulu karena Jalan berkelok mendaki menurun sementara di kiri kanan jurang dalam-dalam

Jarak pandang sangat dekat sekali tidak mudah mencari tempat datar dan lapang untuk berhenti di daerah tanjakan berkelok ini satu jam setengah lagi sampai modoin di hati ya pak supir kita itu di balik balik pohon-pohon besar akhirnya kami sampai di sebuah tempat yang cukup rata dan banyak warungnya apa cuman banyak warung-warung di

Pinggir jalan ini dia kayaknya jual Cap Tikus bisa turun enggak lari ke sana ternyata warung-warung di sini penjual minuman beralkohol khas Minahasa yaitu Cap Tikus jarak pandang terlalu pendek dan berbahaya Jalan Amurang ng perjalanan kita masih berbelok-belok ini sampai ke mode winding berapa 48 km lagi satu jam 17 menit

Coba turun dulu ya aku mau tanya-tanya bagaimana mereka jual Cap Tikus dari mana produknya sambil kita istirahatkan suling senja karena hujannya masih hebat sekali ya teman-teman di Sawangan namanya satu-satunya Desa pusat penjualan Cap Tikus di sini karena menurut penjualnya desa-desa lain tidak ada yang menjual hanya Desa Wanga yang

Memproduksi dan menjual Cap Tikus di daerah sini dulu sambil tanya-tanya tentang Cap Tikus botol kecil Rp20.000 tapi ikut kadar alkohol yang lebih keras lagi dia 25.000 berapa persen 55% 50% sampai 85% 80% tapi sehat ya obat Halo guys 200.000 150 ribu 85% [Tepuk tangan] Berikan pertanyaan kita Bagaimana cara

Menentukan kadar alkoholnya 60 80 rupanya alkoholnya ini ada alat pengukur kadar alkoholnya guys Ini 45 ini 45% lagi jadi ini ada yang dibilang cakram yang agak agak kuning-kuning ini cakram kalau yang bening ini bilangnya besi putih udah ada rambu-ramuan buat gratis kalau minum hampir sini yang orang-orang Tomohon kalau mau

Datang berbelanja cat tikus langsung Jo datang di kios Wailan kios Tomohon kita baru aja melewati Desa Wanga di Desa Wanga itu memang spesialisnya yang menjual Cap Tikus di Sulawesi Utara jadi desa itu dari tadi cuman kita enggak bisa baterai jadi kita enggak bisa apa namanya kasih lihat ya Sayang

Ya habisin baterai tapi mau sepanjang jalan biasa itu semuanya jual tiap tikus kiri kanan jalan hanya [Musik] ya teman-teman kita sekarang berada di Apa nama tempatnya nih sayang kita sih sekitar 20 km lagi ke mode ending ya Mode Indonesia daerah ketinggian daerah yang dingin katanya maka kita sekarang

Nih Memang udah ikutian nih jurangnya tajam-tajam jurangnya dalam-dalem jalannya berliku-liku dan kita udah masuk kabut kabut yang tadi kita lihat dari bawah Sekarang kita berada di Jalan cuman ini daerahnya sudah mulai terasa sejuk-sejuk dan sudah hampir jam 4 sore kita nggak tahu nanti mungkin akan bermalam di mana kita lihat aja sela-sela

Ada motor masuk ke daerah modoinding ternyata Sedang ada acara festival kentang cuma ada selesai ya di sini daerah pertanian yang subur dan indah sekali mungkin seperti daerah Lembang di Jawa Barat ya kita masuk perkampungan mode ending karena kita dibuang dari jalan raya dan kita masuk daerah pertanian betul-betul kiri kanan kita sayur-sayur mayur

Segar segar pas lagi Ada festival kentang di sini ya Ini makan-makan tuh mereka dari grup-grup ini Halo tante Duh ramah ramah cantik-cantik pula Manado sayangnya kami terlambat sampai di sini karena ini sudah hari terakhir dari mode ending potato festival atau festival kentang mode ending dan sudah acara penutupan padahal daerah perkebunan ini

Sangat indah loh untuk dieksplor dengan udara yang dingin sekali menyesal rasanya tapi enggak apa-apa suatu saat kita bisa kembali belok kanan [Musik] sore ini kami tutup di tepi sebuah danau danau moad namanya di Kabupaten Bolang Mongondow Timur sebelum memasuki Kotamobagu ya kita baru aja melewati mode ending sekarang kita masuk ke Bolaang Mongondow

Sebentar lagi kita akan sebentar lagi gelap Sudah hampir gelap sih cuman kita akan masuk ke Kotamobagu kurang lebih 30 menit ya sayangnya 1 jam sekarang kita santai-santai terus berhenti-berhenti lihat pemandangan cakep tarik dulu itu memang daerah perkebunan yang luar biasa mode ini Sepanjang Kita lewat itu perkebunan sejuk dan jangan lupa noninya

Cantik-cantik kan mereka pas lagi Ada festival ya sayang ya ada yang cemburu ah Jadi mau marah jadi noninya cantik-cantik daerah dingin putih-putih pas lagi Ada festival mereka keluar semua luar biasa mode ini [Musik] kita tadi malam Memang udah kemalaman masuk ke Kotamobagu ini masih Provinsi Sulawesi Utara Kotamobagu jadi Kita

Menginap di kediamannya tante Lidya lagi Udah seger lagi dan kita akan lanjutkan perjalanan ke Gorontalo Terima kasih buat teman-teman kita tidak bisa lama-lama di Kotamobagu Terima kasih Tante Lidya Terima kasih Pak mano kami lanjut perjalanan jauh oke dan malam ini selisihnya tidurnya di garasi yeah tempat istirahat yang sangat nyaman di

Sini sayangnya Kami cuma satu malam saja karena kami harus lanjutkan perjalanan Insya Allah next time kita akan jumpa lagi Terima kasih banyak untuk kebaikan hatinya pasti kita ketemu Tan Tenang saja karena tante juga kan mau road tripto buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan roti Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual

T-shirt Road Trip Indonesia Apalagi saya itu ada t-shirt ada mug ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning dan kita juga ada storage back nih teman-teman kita jual storage back ini buat di ban serep untuk ukuran ban apa

Aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya Nah pesannya ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini ini nih