TIDAK BANYAK YANG TAU PULAU PALING SELATAN INDONESIA, BEGINI KONDISINYA

[Musik] roti itu pulau yang enak Nanti kacang kaya Nah sekarang kita ada di kapal feri ranaka penyeberangan dari Kupang dari ke Pulau Rote [Musik] mobil kita posisinya paling depan ya penuh padat sekali Pulau Rote ini pulau paling selatan Indonesia Iya biar kita kasih tahu karena kan kita berangkat tadi dini hari dari Kupang

Di sini bukan tempat wisata aja bagus banget kawan sepi jalanannya sepi banget seperti kota-kota daerah-daerah di NTT lainnya nah Kita menginap di rumah jabatannya Bapak Joni Simon kebetulan sih rumah ini sebetulnya masih kosong pak Joni Simon itu baru akan dipindahkan ke sini ke Pulau Rote Cuman karena kita mau ke

Pulau Rote Pak Joni bilang silahkan tempati rumahnya masih kosong kita bersih-bersihkan dulu kita rapi-rapikan dulu sebelum kita masuk kemarin jadi beberapa hari di roti kita di rumah bapak polisi ini adalah semacam komplek polisi ya kompleknya Polres [Musik] [Musik] sendiri sampai bersih-bersih karena Kak beda Enggak sanggup dilihat kamar mandi

Seperti itu dan dia sanggup membersihkannya sampai tengah-tengah malam kamar pengantin kita kamar bulan madu kita adalah ini dia ini adalah kasur yang kita bawa ini adalah sprei kita bawa bantal selimut dan itu perlengkapan kita Berapa hari kita akan ada ilalang-ilalang itu kan jalan kan karena di sini musim kemarau panas sekali jadi yang

[Musik] iya jadi di sini Indonesia timur ini memang sedang terjadi kemarau panjang ya sebetulnya sih di mana-mana cuman kalau di Indonesia timur ini Kayaknya lebih panasnya juga kemarin Pulau Roti sekarang kita bikin perjalanan menuju ke pantai dan sepi sekali di sini nggak ada kehidupan nggak ada orang nah ini jalannya kayak gini

Semak belukar ternyata masih ada kehidupan di dalam sini tuh sempit sekali jalannya roti ini memang menarik ya dari kita mulai turun dari pelabuhan itu pantai-pantainya itu indah-indah semua sampai ke ujung dan masih murni belum tereksplore belum terjamah belum diapa-apain natural banget cakep-cakep keren roti tapi nah ini udah ini semuanya ini udah

Selatan Ya udah langsung Samudra udah langsung ke Australia ternyata jalurnya cukup offroad sekali weh turunannya indah ini sudah Laut Selatan yang langsung ke Australia di sini ombaknya cukup besar tapi pemandangannya bagus sekali pantai Ina oi masih agak susah kamera jurang-jurang kayak gitu [Musik] nah ini kita semacam labirin di sini ini

Sebetulnya ini lorong-lorong ini kalau air pasang ini air laut nih nah cuman kita masuk ke lorong-lorong ini mumpung Airnya lagi surut dan kita tidak boleh sampai terjebak terjebak pasangan ini adalah orangnya lagi tuh kan sana ada lorong lagi sini ada lorong lagi pokoknya lorong-lorong dibilangnya lorong labirin

Dan kita harus cepat segera keluar dari sini ayo [Musik] [Musik] mereka pakai pagarnya kayak begini pagar pagarnya itu karena mungkin supaya babi atau ternak mereka itu tidak keluar masuk ke arah timur itu Airnya lagi susah jadi mereka siap-siap tiap-tiap keluarga itu tiap hari harus mengambil air sumber air

Itu tadi masih mending lah ya Mama Mama ada ibu-ibu biasanya itu anak-anak kecil masih SD kelas Sekolah mereka udah harus pikul drigen untuk ambil air ya Kita sedang berada mercusuar mercusuar Pulau Rote ini rencana kita mau naik ke atas kita mau lihat sunset dari atas semuanya ini Enggak tahu nih berapa

Puluh meter pakai tangga kita coba dulu kamera udah mesen-mesem aja ngelihat tingginya enggak ada lift katanya Tuh lihat tuh tapi pemandangan Sunset dari atas katanya bagus kita naik pelan-pelan saja [Musik] kita sekarang sedang berada di atas menara mercusuar Rote ya di bawah di pinggir pantai kita sedang menunggu

Sunset di sini matahari akan terbenam di sana di sini pemandangannya luar biasa punya kesempatan naik ke atas ini Ini pengalaman yang luar biasa tapi dia masih takut karena ini sangat tinggi sekali kita sekarang masih di Pulau Rote nah rencananya kita tuh mau kemarin tuh ketemu ini di mercusuar itu

Dokter-dokter dari rumah sakit terapung Jadi mereka itu keliling Indonesia pakai kapal pinisi dokter-dokter ini memberikan pelayanan kesehatan buat di pulau-pulau terpencil kebetulan dia lagi sadar di Pulau Roti jadi rencananya kita mau ketemu mereka mudah-mudahan mereka masih ada katanya sampai tanggal 1 sekarang udah tanggal 1 nih ya kita akan

Masuk ke pelabuhan namanya pelabuhan Pelabuhan Baa di Pulau Rote ini beda dengan pelabuhan ferry penyeberangan mobil ya ini hanya khusus Pelabuhan orang lihat Selamat pagi [Musik] ada bayar kah ini kita dari keliling Indonesia dari Indonesia mengambil foto-foto di dalam sama itu mau ketemu kapal dokter-dokter itu tapi nanti mobilnya nanti parkir di

Parkiran saja [Musik] pegang karcis saya bilang dari keliling Indonesia kita mau bikin foto-foto sangat mendukung sekali kalau masalah untuk mempromosikan daerahnya ini pelabuhan penyeberangan orang ya antara pulau mau ke Kupang mau ke mana Oke kita turun itu kita lihat tuh ada kapal pinisinya kita penasaran juga nih mau lihat orang-orang nih hidupnya di

Kapal kalau kita hidupnya di mobil mereka hidupnya di kapal dan mereka akan menghadapi gelombangnya bolong kalau ini kapal cepat kapal penyebrangan antar pulau untuk menyeberangkan orang-orang tapi kalau untuk penyeberangan Feri itu beda lagi ya Ini kapal pinisinya Rumah Sakit terapung Satria Airlangga jadi dia dari Yayasan Unair Universitas Airlangga mungkin dari fakultas

Kedokterannya ya yuk kita lihat ke dalam yuk [Musik] Satria Airlangga cuman dokter-dokternya lagi pada turun semua ke darat kita nggak tahu dokternya kembali jam berapa kita kan langsung perjalanan dulu jadi kita ke arah timur Pulau Rote dulu ini Bang Gambir laut tangguh dari Sulawesi Oke kita turun dulu [Musik]

Kita sekarang berada di pantai Tiang Bendera Rote Pulau Rote yang indah sekali di belakang itu adalah objek wisata pantai yang meniralia di sini adalah pulau-pulau Karang jadi banyak sekali karang-karang hitam sebetulnya pemandangannya bagus pemirsa tapi sebagai kritiknya Sayang sudah dibangun jadi beton-beton ini kalau dilihat dari posisi ini sebetulnya sangat bagus sekali ini

Pantai maksudnya mungkin pemerintah baik ingin menjadikan ini daerah pariwisata tapi tanpa konsep yang detail dan matang yang tidak sesuai dengan kondisi alamnya akhirnya jadi hutan beton yang kita lihat sekarang ini lebih dominan bangunan-bangunannya Kalau aku sih ngebayangin di bawah itu cukup Pantai Pasir Putih saja bangunan-bangunan ini di pinggir-pinggir ini saja tapi yang

Bersih gitu ya tanpa kasur putihnya baru naturalnya kelihatan kalau kayak gini sekarang tapi ini umum kita nggak mau nyalain siapa-siapa tidak menyalahkan pemerintah ini umum semua tujuannya juga baik tapi yang jangan sampai kita lupa bahwa membangun pariwisata itu adalah mempercantik bukan merusak bukan memperburuk ya kita percantiknya bagaimana bagaimana yang dia sudah

Cantik yang sudah Natural itu menjadi lebih cantik [Musik] ya Sekarang kita lagi dalam tujuan ke tanggal 300 tanggal 300 di Pulau Rote ini kita balik lagi ke arah Pantai selatannya kabarnya sih tinggi tuh kita kayaknya akan nanjak ke atas itu sekarang jam 3 puncak itu yang akan kita [Musik] [Musik]

Indonesia kita sekarang berada di tangga 300 kita nggak tahu jumlah tangga yang kayaknya sih lebih dari 300 Lumayan tanjakannya ngos-ngosan tapi pemandangan di sini itu memang cakep banget luar biasa ini sudah Pantai Selatan di sana sudah Australia jadi kita nanjak semua adalah karang-karang batu karang umumnya seluruh pelo roti itu terdiri dari batu

Karang termasuk NTT dan Pulau Timor ini karang-karang yang kita daki cuma posisi kita tinggi pemandangan kita bagus laut lepas di sana dan di sini juga gradasi warnanya juga cukup bagus saudara-saudara coba perhatikan di sana Kameramen coba Arahkan kameranya ke sana Nah ini terbaik pemandangan terbaik dari puncak tangga 300 luar biasa sekali Memang

Dua dua kasih adik 2 [Musik] buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan Rotib Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi saya itu ada t-shirt ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning

Pilihan warnanya dan kita juga ada storage back nih teman-teman kita jual storage back ini buat dibantai untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ya Ini

Udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya Nah pesannya ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini ini nih