SETELAH 4 TAHUN PETUALANGAN INDONESIA TIMUR II DI ATAS KAPAL KE JAWA, KM EGON


Jangan ngerekam- mereka mah ya Enggak boleh soalnya kan ada aturannya tersendiri aturannya tertulis di mana tapi tidak boleh merekam di tempat ini privasi Pelni soalnya Ya aturannya mana dulu Enggak apa-apa dong [Musik] [Musik] guys Selamat pagi Sekarang adalah hari terakhir kita berada di Sumba Timur Bang Den dan kamera mau berpamitan dari

Tempat homestay kita selama di Sumba Timur Pagi ini kita harus ke pelabuhan jam 09.00 pagi untuk berangkat dari Waingapu ke Surabaya menggunakan kapal egon PT Pelni Indonesia teman-teman ini Guys kita menuju pelabuhan Bismillahirrahmanirrahim tuh Semoga lancar selamat sampai tujuan Om Andra mengawal di depan sampai jumpa lagi [Musik] banyak ya siap

Aku sampaikan pasti kamu pensiun di sini ya kalau Mandra berarti penonton dua kali kita ke Sumba dengan om Andra inilah yang membantu Indonesia selama di Sumba Terima kasih ya Allah semua ya nah jadi karena momentum ini adalah momentum pas lebaran ini adalah pelayaran kapal egon terakhir nih kalau kita dari Sumba

Ke Surabaya jadi saudara-saudara kita yang mau mudik lebaran yang perantau-perantau dari Jawa yang berjualan yang bekerja di Pulau Sumba itu akhirnya dengan kapal Inilah kita pulang sama-sama [Musik] [Tepuk tangan] kita dari Jawa ya termasuk pelaku kuliner rata-rata mereka ini sangat membantu sekali karena apa pertama kapalnya besar muatannya banyak bisa

Bawa mobil bisa bawa motor bisa bawa penumpang dan harganya relatif terjangkau teman-teman Khususnya buat orang ya Karena untuk orang bayangkan aja mudik lebaran 3 hari 2 malam ya pas pengalaman kita itu bayarnya cuman 312.000 satu orang dapat makan 3 kali sehari yang sudah bergerak menuju kapal antriannya lumayan panjang juga tuh tapi

Banyak truk-truk ekspedisi itu di depan lagi menjaga seruling atas sambutannya yang luar biasa sekali nanti kami akan kembali Indonesia [Musik] [Musik] jadi kmpgon itu dia dua kali sebulan setiap 2 minggu itu ada kapal egon dari rumba ke Surabaya maupun sebaliknya sebetulnya sih rutenya kapal egon ini

Kalau kita tarik dari Sumba Sumba dia ke Lombok Lombok dia Surabaya Batulicin Batulicin Kalimantan ya terus ke Parepare Sulawesi jadi sampai Sulawesi Kalimantan Jawa sampai dengan NTT itu jalurnya dia cuman jadwalnya aja dua kali sebulan [Musik] [Musik] lihatin Guys kita harus berebutan kasur di sini Jadi kalau buat teman-teman yang baru

Pertama kali nanti mau mencoba naik kapal egon dari Surabaya ke Sumba atau ke Lombok atau kemana-manapun itu strateginya adalah Cari tempat itu di paling pojok atau yang udah berhubungan dengan dinding lah gimanapun itu jadi tidak dilewat-lewati lagi dan juga kata teman-teman kru Bang Den sempat ngobrol cerita di sini sistemnya siapa cepat dia

Dapat jadi memang tidak ada nomor jadi kalau kita naik langsung cari kasur atau matras matrasnya gratis Tinggal pilih aja tempat mana yang sesuai sama kita nah kalau Bang Rian sama Kak beda kan selalu bawa sprei ke mana-mana karena kita bawa mobil di mobil kita lengkap jadi sprei ada bantal ada jadi

Matras-matras itu kan mungkin Apakah dicuci atau tidak beberapa kali kita enaknya tuh bawa ala sendiri lah jadi lebih nyaman lagi gitu guys Ini pertama kali kita naik egon kapal sebesar ini lihatin crowded Bandar langsung tewas nih Alhamdulillah kita dapat di pojokan nih sama abang-abang [Musik] [Musik]

Di deck dua ini Dek penumpang itu ac-nya cukup dingin jadi kita tidak kepanasan teman-teman kalau di deck dua itu apalagi malam kalau malam teman-teman wajib bawa Selimut atau minimal kain sarung karena kalau nggak bisa kedinginan gitu kalau siang juga cukup adem jadi kita tidak kepanasan karena kan kalau di kapal itu kalau kita

Kepanasan itu aduh itu geraknya minta ampun seperti yang atas tuh Dek atas deck 3 itu itu juga penuh dan itu tidak ada ac-nya sama sekali itu kalau kita lihat saudara-saudara kita yang di sana penumpang-penumpang di sana tuh udah buka baju kipas-kipas karena panas kalau dilihat sih teruntukkan di atas itu

Kanopi biasanya memang untuk sebetulnya buat restoran ya tempat makan ya cuman Entah kenapa itu kayaknya udah diisi full semua Penuh semua karena memang mungkin jalurnya ini jalur penuh penumpang teman-teman dan itu harganya sangat bersahabatlah buat ekonomi menengah ke bawah tapi kalau teman-teman mau cari kenyamanan Jangan berharap ya

Eee di kapal ini gitu kenyamanan ya mendingan naik pesawat tapi buat kita petualang dan bisa ngangkut mobil kita itu luar biasa membantu sekali teman-teman ini waktunya kami udah ngopi nih sekarang udah jam 3.30 karena Perjalanan kita ini nanti dua hari dua malam dan kondisinya seperti ini besok kita akan transit di Lembar

Pelabuhan Lembar itu di Lombok kalau kita naik kapal egon itu ketika kita turun dari mobil itu sebaiknya barang-barang yang akan kita butuhkan itu turun semua karena kalau kita udah naik dan kapalnya sudah berjalan pintu dari deck kapal ke Dek penumpang itu dikunci jadi mobil kita kendaraan kita

Tuh aman sebetulnya cuman ya kita enggak bisa akses teman-teman kita harus siapkan Apakah mau bawa tas mau bawa barang berharga atau mau bawa makanan selimut bantal dan lain sebagainya Itu keluarin deh sebelum kapal berjalan kita sekarang banyak barang-barang yang untuk tidur kayak selimut dan juga ganti itu di mobil nggak bisa diakses karena

Terlalu Rame kan beda naik ke atas masih Epic masih terlalu begitu jadi akhirnya barangnya belakangan gitu kan kita pikir seperti di kapal penyebrangan ferry ptsdp itu kan selalu bisa diakses kan Nah kalau ini nggak bisa akhirnya kita kemarin tuh sempat pertolongan juga jadi nggak banyak barang yang bisa kita bawa

Selamat pagi guys ini sudah kita melewati Satu Malam panjang di sini makan di sini duduk di sini ngopi di sini kata di sini sini karena kalau di sini nih teman-teman kalau kita lihat itu semuanya itu udah penuh dengan matras tidur bahkan untuk jalan pun enggak ada posisi kita di

Pojokan jadi kita aman gitu tidak ada orang-orang lewat tapi kalau saudara teman-teman kita yang di sana itu Nah itu dia injek-injak tempat tidur atasnya karena enggak ada jalan lagi karena saking penuhnya enggak ada jalan kita mau charge hp dulu teman-teman kita pil kapal egon ini di situ ada tempat ngecas

Tempat charge HP juga disediain banyak gitu kan Nah itu sebaiknya kita kontrol jadi kalau kita ngecas HP harus diperhatikan gitu kan supaya jaga-jaga aja Kalau kami sih kemarin aman ya mending ya kalau pas tidur ya jangan ditinggal gitu karena dia agak jauh kecuali kalau teman-teman bawa kabel

Yang agak panjang itu Nah itu enak tuh kabel sambungan itu kan Nah itu kalau punya kami juga bawah sih sebetulnya cuman kabel kami Kurang panjang gitu Karena kan posisinya di pojok yang kita harus cari kabel sambungan itu deh kan yang panjang cuman yang kecil tipis itu kan ada tuh di online banyak

Jual Oke kita butuh itu Oh iya teman-teman kita masih ada jual seperti biasa sama ini topi yang baru ya ini ada tiga warna maroon ada cream ada hijau silakan dipesan nomor WA di bawah ini dan kolom deskripsi [Musik] sudah jelas kemarin sore sempat kita kena ombak sedikit tapi pagi ini udah cerah lagi

Maksudnya Om pakai enggak terlalu tinggi Kalau kemarin sore itu kapal sempat goyang-goyang guys nah ini ruangan ke mobil kita ini cuman sayangnya kalau di sini dia sudah dikunci kita lihat di atas Seperti apa [Musik] masalah kebersihan kebersihan sebetulnya kalau buat kami ya kebersihan kapal egon itu relatif baik baik sekali kenapa

Begitu tempat sampahnya banyak Udah gitu sampah itu penuh langsung datang itu petugas-petugas tiap tempat sampah namanya orang sebanyak itu kan ini kalau di deck itu kita lihat sih cukup bersih karena penumpang juga kayaknya sudah mulai teratur gitu buang sampahnya jadi begitu tempat sampah itu penuh plastik-plastiknya petugas langsung

Datang ganti lagi pasti kosong penuh lagi petugas langsung datang ganti lagi plastik kosong wah tempat buang sampah guys nah cuman masalahnya penumpangnya kadang-kadang yang tidak menjaga kebersihan kalau kita lihat mungkin yang di pinggir-pinggir yang di luar itu kan di luar-luar itu kan juga penuh penumpang tuh masih banyak berserakan

Tapi tidak terlalu banyak Nah itu penumpang-penumpang mohon kesadarannya untuk masalah kebersihan karena kalau dari kapal dari petugas sih sudah Bang dan bilang sih sudah cukup baik ya Kamar mandinya juga kamar mandinya itu cukup bersih dan airnya Banyak kita tidak pernah kekurangan air mau mandi mau wudu

Mau apa segala kalau di kayak pagi atau sore toilet atau kamar mandi itu memang antri kalau lagi penuh kalau kita sih strateginya cari aja agak-agak tengah-tengah malam terus siang-siang ketika penumpang lagi banyak-banyaknya tidur istirahat Nah itu kita manfaatin ke kamar mandi mau mandi mau buang air besar sekali air amanlah Nah ini bagian

Apa belakang Ini belakang guys [Musik] matahari di belakang kita berarti Timur di sana kita sekarang mengarah berlayar ke arah barat sekarang posisi kita di samping kanan itu Pulau Sumbawa Bentar lagi kita masuk ke pulau Lombok nanti mungkin siang atau sore mungkin ya kita masuk ke Lombok nanti kalau kelihatan pulau-pulau di

Situ kita menyisiri Pulau Sumbawa Besar [Musik] dari Sumba menuju ke Surabaya ya Sempet juga sih terjadi ketegangan dengan salah satu kru waktu Bang Den rekam-rekam gitu kan karena kan kita kan selama ini memang selalu rekam-rekam Karena kan yang ingin melaporkan gitu kan melaporkan tentang kondisi kapal dan buat teman-teman yang suka rotrip juga

Suka touring juga kan ini kan salah satu solusi yang sangat bagus ya kalau kita tidak punya banyak waktu misalnya dari Surabaya nih kita mau ke NTT nih mau ke Sumba itu kan jauh sekali loh teman-teman Itu makan waktu dan biaya Berapa lama seperti yang kita udah bilang karena saya dua jangan ngerekam-rekam

Pak ya Enggak boleh Enggak boleh soalnya kan ada aturannya tersendiri aturannya tertulis di mana tidak tertulis memang tapi tidak boleh merekam di tempat ini mesin Pelni soalnya Ya kita ruangan publik kita sudah beberapa kali rekam enggak ada masalah ini yang lain sederhana dulu Enggak apa-apa sebenarnya enggak ada aturannya dong

Tuh di dinding gitu ada peraturan larangan di atas kapal enggak ada di sana ditulis larangan merekam enggak ada di situ kalau ada dibikin dong di situ senjata api ya nggak boleh bawa anjing nggak boleh narkoba nggak boleh ngerokok api nggak boleh dan lain-lain tuh minuman keras nggak boleh bikin di situ tidak

Boleh merekam-rekam di atas kapal dari Sabang sampai Merauke apapun kita sampaikan buat informasi dan edukasi buat teman-teman yang ingin menggunakan jalur ini karena kan kemarin waktu kita upload beberapa YouTube atau postingan di Facebook maupun Instagram Tik Tok Bang gimana tuh caranya ke Sumba Om di mana tuh lokasinya Nah ini salah satu

Alternatif yang sangat membantu sekali terutama untuk kita yang naik mobil maupun naik penumpang Nah jadi buat teman-teman kruwegon ya enggak usah terlalu defensive lah ngelihat kamera harusnya halo gitu kan selamat datang di kapal motor egon tapi ya bisa dimaklumi teman-teman yang namanya kerja kapal itu berat itu sangat sangat berat sekali itu

Dan lain apakah beda ngerti lah kalau masalah itu jadi kita aja yang baru 3 hari 2 malam ya 3 bahasanya untuk Seperti apa ini teman-teman kita bekerja di situ berbulan-bulan ber tahun-tahun dan menghadapi segala macam karakter segala macam suku kan dengan berbagai macam ininya Pasti memang sangat berat

Jadi kita sangat maklum mohon maaf kalau ada terjadi ketegangan itu tujuan kami Road Trip Indonesia hanya ingin menginformasikan bahkan mempromosikan sekarang kita lihat deh nih makanannya nih ayo kita skill ya guys dapat apa nih dapat wafer lumayan buat cuci mulut wah [Musik] ada tahu ada sayur sayurnya sih karena menunya juga sangat-sangat sederhana

Kalau kami itu bawa rendang yang Awet awet ya rendang bahwa telur rebus kayak beda itu sempat siapin goreng ikan bawal ini lumayan bisa bertahan kita beberapa hari ke depan jadi enggak Enggak bosan gitu Tapi kalau enggak Sebenarnya dia juga ada jual di kantin ya Guys kita mau spill harga-harga di kantin Pelni Mart

Jadi dari harga-harganya guys air mineral di sini Rp20.000 guys jadi gini walaupun harga di kantin itu relatif mahal dari harga-harga normal kita di darat tapi pilihan-pilihan ya memberi misalnya kayak air panas di deck 3 itu ada yang gratis lalu ready kalau kita mau atau misalnya kalau kita mau bawa

Pop Mie atau bawa air mineral bawa makanan dari luar itu juga enggak ada masalah pilihan-pilihannya sih begitu tapi kalau kita mau beli ya dengan harga mereka Ya ada juga Indonesia di episode yang di tanah Rara di Sumba Timur itu ya kepikiran aja semoga aja gitu bisa ketemu Bang Ben sama

Kak beda gitu eh malah terkabul juga di ini kapal Lego nih Alhamdulillah [Musik] kita balik lagi ke sana kita beda tuh Kak beda paling pojok sekali guys jadi kalau kita mau ke sana kita harus lewatin penumpang penumpang lain yang sedang tidur harus injak-injak matras tempat tidur mereka kasihan kalau kekurangan-kekurangan ya pasti dalam

Tahap penyempurnaan kalau kita mau bicara sempurna nyaman sama sekali ya memang tidak mungkin ya teman-teman Ya tapi kalau sejauh ini kalau kita bangunin dulu pernah naik kapal Pelni beberapa tahun entah tahun 40-an tahun dulu ya dengan sekarang jauh lebih baik jauh lebih nyaman gitu cuma ya dengan segala macam kekurangan dan kelebihannya

Tidak sempurna jangan seperti mau naik kapal pesiar gitu kan Tapi kalau ingin merasakan bagaimana kelas ekonomi Bagaimana masyarakat saudara-saudara kita dan bagaimana rasanya petualangan kita naik kalau mau Road Trip punya uang Ya kirim aja pakai kontainer langsung naik pesawat ciblek Itu boleh juga itu bebas-bebas aja teman-teman jadi Barusan ada pengumuman

Tentang bahwa buat para penumpang yang belum punya tiket masih dikasih kesempatan untuk Belinya di atas kapal di loket informasi kita nggak tahu bagaimana caranya tapi ada yang belum bayar kita bisa bayar tiket di atas kapal kita sekarang ada di Lembang Jadi sekarang mobil kita harus keluar dulu karena lagi mau bongkar Truk

Semuanya nanti setelah truk-truk yang semuanya turun di Lombok ini berarti kita masuk masuk lagi itu [Musik] kita hari ketiga teman-teman tingkat dewa Kebetulan juga kemarin itu cuaca baik-baik saja cuman hanya ada pernah gelombang sedikit waktu melintas dari arah Sumba mau ke lomboknya itu mau ke Sumbawanya itu nah dia menyeberangi

Sebuah selat yang gelombangnya kapalnya besar dan cepat sekali Wah gede banget ini baru pertama kali ya sama kayak beda karena kita biasa naiknya ttspp yang kecil dan agak lambat kalau ini Uh cepat sekali Terima kasih kayak megon sudah menghantarkan kami tepat waktu dari Sumba sampai Surabaya memang sih 3 hari

2 malam itu Wow bingung mau ke mana Mau ngapain Tidur lagi makan lagi makan lagi Tidur lagi Tidur lagi begitu aja untuk ada satu obat kecil yang bisa membantu kita itu senjata kita selalu tuh kalau di kapal-kapal yang kira-kira makan waktu lama kita penasaran kan katanya obat apa itu bang

Nenen nggak beda coba tebak tulis di kolom komentar kalian [Musik] pengalaman pertama berada di atas kapal 3 hari 2 malam itu [Musik] untuk misalnya kita boring baring gitu ya udah bosen nih berbaring-baring tidur gitu harusnya ada tempat yang kita bisa buat Duduk gitu kan di udara terbuka

Gitu kayak di apa sih kanopi ya kalau di SCTV gitu terus duduk bisa duduk kayak gitu Ini kan enggak ada sama sekali jadi kita cuma berbaring atau duduk di atas kasur Duduk gitu jadi makan di situ Ini di situ ya Enggak apa-apa sih namanya juga pengalaman pertama kan agak sok juga

Ada yang mau aku anterin ke mobil dulu enggak [Musik] trip pertama ini Halo apa kabar kamu sayang kita kembali ke tanah Jawa yang kembali ke tanah Jawa baru sekarang dia kembali lagi Kita sudah sampai di Surabaya jam 11 nih guys Nah itu ramda sudah terbuka dan kita kasih penumpang dulu

Ya itu sudah menunggu setengah jam di depan situ kalian tahu kenapa karena kita sudah dua hari tiga malam berada di atas kapal 3 hari 2 malam di atas kapal kerjanya cuma tidur rebah makan [Musik] Hore tanah Jawa ini kembali kita ke Surabaya dan Jakarta sekarang kita nggak tahu nih jalan

Keluarnya kemana nih pertama kali tahu ini Pelabuhan Tanjung Perak dia soalnya dia aksesnya kemana aja dia menyebarnya ini pak makasih Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt rotrip Indonesia Apalagi saya itu ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning

Buat di ban serep untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat temen-temen yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya

Ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini ini nih
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url