SUASANA PEDESAAN ALAM MINANGKABAU II PAYAKUMBUH 50 Kota


Kampung halaman adalah tempat pulang sesungguhnya bagi kaum perantau Bang menyebutnya petualang kami sudah menjelajah dari Aceh sampai Papua dari utara sampai paling selatan tidak banyak orang punya kampung halaman selengkap yang kita punya satinggitinggi bangang hingangan suser perjalanan yang tidak pernah anda bayangkan sebel saya Bang Den saya Kak beda

Bersama mobil kami yang bernama Seruling senja kami Road Trip indonesiaonesia 8 tahun hidup nomaden di jalanan di berbagai kondisi alam nusantara terbang bebas ke mana suka tanpa batas waktu TP B Allahu akbar Allahu akbar Ini cerita tentang sebuah kampung halaman negeri elok dan subur yang dikelilingi Pegunungan Bukit Barisan

Berada di kampung halaman namanya Nagari payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur Kota Madia Payakumbuh Sumatera Barat terkenal pepatah bilang paya kumbuh itu airnya jernih ikannya jinakyumyum ah tu ayo Bi itu harus menyolom y k tang Ayo aku tidak pernah tahu kenapa rasa dan perhatianku terhadap kampung halaman sangat berlebihan Kenapa kita bilang kampung

Kita masih tinggal di tengah-tengah kebun jarak satu rumah ke rumah yang lain itu masih tidak seperti di kota yang rapat dan padat gitu kan dan belakang kita tuh masih sawah jadi ini betul-betul rumah [Musik] kampung guys masaknya diungku guys prosesnya susah dimakan enak oke ah adaah karena kita masih bisa melihat ada Rumah

Gadang-rumah Gadang yang cukup tua dan bahkan hampir rubuh ini karena perkembangan zaman terdesak nanti kita akan ajak kawan-kawan untuk melihat sekilas tentang Kampung Nagari payobasung ini seperti apa ayo kita intip dulu apa aja sih isinya ini Kampung come on kawan-kawan kita sekarang akan melihat salah satu profesi yang ada di

Kampung kita ini yaitu memanjat pohon kelapa dan ini resikonya Enggak main-main ini sebetulnya ada cerita cerita duka di balik profesi ini karena kemarin itu belum Berapa lama katanya jatuh lagi mengambil buah kelapa dan jatuh ke bawah akhirnya langsung meninggal jadi profesi ini memang ekstrem lah weh turunnya juga PR ini

Guys kok si namong ini ya Anto Anto ya guok kalau kalau Sehari berapa tol tuh 202 paling banyak 20 paling banyak Iya nah sebatangnya berapaa r.000 sebatang Rp20.000 atau etong kerambi atau gak perbatang Oh perbatang Rp20.000 iya oh kalau paling yang kurang 5 boling 5 boling Sali D

Oh luar biasa guys 15 Batang kali rp.000 jadi ya Hitung aja bisa gaji Rp300.000 per hari cakep gila Le manisnya ini benar-benar manis berapa kali makan kelapa muda di kampung ini paling paling manis airnya inilah Kampung Nagari payobaso kampung halamannya Bang Hm kampung yang luar biasa kampung atau desa kalau di Rana

Minang Kami menyebutnya Nagari atau nagori Kalau Bang Den sih menafsirkannya sebagai negara kecil negara adat nagori mempunyai struktur pemerintahan sendiri aturan sosial sendiri atur adat sosial sendiri tradisi seni dan budaya [Musik] tinggi mungkin bisa mewakili secara umum tentang kampung yang berada di Minangkabau di sini adatnya masih kuat sekali ya peraturan peraturan e

Lembaga-lembaga adat masih berfungsi di sini jadi itu mungkin tidak bisa sama ya karena di tiap-tiap kampung di di tanah Minangkabau ini tu dia berbeda-beda yang dibilang adat selingkanagari AKB asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ya beginilah suasana salat Jumat di nagori payob Basuang karena masyarakat pinangkapau adalah masyarakat yang sangat-sangat religius sebuah masjid kebanggaannya kampung halamannya

Bang Den ada cerita menarik dari masjid ini beberapa tahun yang lalu Masjid Baiturrahman ini runtuh tiba-tiba Entah kenapa penyebabnya tidak ada gempa bumi tidak ada apa ujuk-ujuk dia runtuh dulu bentuknya belum seperti ini masih masjid yang biasa-biasa saja Nah setelah runtuuh itu akhirnya e kita semua kan kaget tuh ya kita semua [Musik]

Terkejut setelah itu akhirnya semua masyarakat Nagari payobasung ini kita berdukaalah tapi duka itu menjadi sebuah gerakan masyarakat Kampung sini untuk bergotongroyong kembali membangun masjidnya dari para perantau-perantau dari kampung ini semuanya pulang semuanya Bersatu padu semuanya bergotong-royong dengan ee niat yang kuat dan ikhtiar maksimal dari masyarakat yang cukup kompak dan

Alhamdulillah sejak itu pembangunan kita dapat dikatakan lancar dan berkesinambungan dan saling men-support kita m bikin tiga buah konsep utama masjid ini kita menjadikan Masjid Baiturrahman ini sebagai masjid wisata atau tujuan wisata religi untuk rekan-rekan atau masyarakat dari mana pun perlu diketahui pumbo adalah kota perlintasan terutama Sumba Riau ataupun konsepnyaonesia

Kami mengajak sekiranya Anda melewati daerah kami mampir dan singgala untuk beribadah mungkin beristirahat dan kami pastikan kami menyambut dengan tangan terbuka dan hati yang gembira ada salah satu tamu juga baru datang halo Ini baru pertama kali nyetir sendiri ke Sumatera Sumatera Ini pertama kali gua numpang di rumah orang dikasih

Nginup men nyaman men ini banyak banget di sini tuh pertama kali gua tinggal di desa ya Om ya bisa dibilang Desa lalu pertama kali gua lihat kunang-kunang main seumur hidup gua pertama kali lihat kunang-kunang beneran [Musik] sehatatu menombang J bendy tahun6 dilarang-larangend harus dilestarikan- bisa penghasilan awak menang sehari Rum kalau yang banyak

150 pedang sekete ee 60 nah kalau hari libur atau hari kayu ah kayou gua mau ke pasar dulu kebetulan Bapak mau ke pasar juga tujuannya jadi sekalian aja pak bapak ke pasarnya mana Pasar jauh Hah pasar Jauh iya pasar jauh atas pasar atas pas atas mana ya pasar

Tingkatlah yang kamu mau tuju ini ma Oh lah itu di situ nanti berhentinya Iya nanti kalau lewat BCA gak bisa bisa ahah lewat BCA boleh boleh nah lewat BCA jadinya aku mau ke BCA Bendi bebas nanti aku diturunin langsung di BCA begitu BCA yo BCA bebas bebas tanya rogoanya R bar

Sembarang lah I bar apa yang tentukan kamiang Alah lah kjo bebas bismillahirahmanir nanti kamu dari beja ke pasar itu jalan kaki ya entar ada nantian tungg B boleh tunggu ada nama nagori kami nagori payobasuang nama yang sangat unik yang sampai saat ini tidak ada sejarah pasti tentang asal muasal nama payobasuang tersebut karena

Dalam percakapan sehari-hari pun tidak kita jumpai kata P Basuang itu kami terputus [Musik] sejarah DII ini ahnya subur-subur banget jadi apapun yang ditanam pasti jadi teman-teman bisa lihat dengan hijau-hijaunya di lingkungan ini kampung atau nagori kami juga dialiri oleh sumber kehidupan berupa air dan sungai di belakang bangden itu

Namanya batang Agam Jadi kalau di Rana Minang ini batang itu artinya sungai Batang Agam berarti namanya Sungai Agam airnya masih cukup jerni kalau di musim panas dan ini tidak pernah kering ya walaupun musim kemarau dia terus mengalir Walaupun memang sudah terjadi pendalaman-pendalaman sungai karena dulu pinggiran-pinggiran sungai ini sangat

Indah sekali airnya jerni dengan batu-batu Koral di pinggirnya Ji karena sudah digali-gali terus diambil pasir sama batunya akhirnya sungainya jadi seperti ini di sini buah-buahan sayur-sayuran semuanya apalagi kalau rajin dipupuk itu subur-subur semua bang selalu bilangnya adalah kemewahan yang murah karena apa buah-buahan limpah buah-buahan yang mahal-mahal di

Kota-kota besar di sini banyak sekali dan kadang-kadang dibagi-bagi saja sama tetangga atau sama warga masyarakat di sini ya Jadi kalau di kampung aku berkebun ban berkebun juga y ini udah yang panen yang ke berapa kali di sejak di sini nih tuh terong ijau udah bisa kamu masak k terong bisa dong nanya aja

Di warung sama etek-ete tek macam mana teek ba cara buat gulai teh ah gulai gulai terong Iko Iko Iko sekete Iko sekete ah gitugitu Kita sudah melaksanakan pembangunan sekitar kalau secara fisik keseluruhan total itu sekitar 75 sampai 80%. sekarang kita lagi bikin tempat berwuduk Kenapa demikian karena tujuan kita pertama

Adalah Masjid bisa dipakai itu dulu Bang Den sehingga kita sudah bisa tengok sekarang sudah bisa lihat sekarang bahwanya masjid sudah bisa kita nikmati walaupun dengan fasilitas yang minim mungkin ada kawan-kawan penonton Road Trip Indonesia yang ingin berkontribusi untuk membantu bagaimana kita menyelesaikan pembangunan masjid ini terutama untuk tempat wudunya Jadi

Silakan kita bisa berkolaborasi bareng-bareng juga untuk menambah amal dan pahala kita silakan bersedekah untuk Masjid Baiturrahman ini itu nanti kontaknya ada di bawah bisa langsung berkoordinasi nanti kita akan koordinasikan dengan panitia pembangunan masjid dan pengurus Masjid Baiturrahman karena memang ini beberapa waktu e terakhir ini agak terjadi kendala dalam

Pembangunannya karena memang ini sudah membutuhkan biaya yang sangat luar biasa ya ya Dan ini sudah tinggal sedikit lagi nah kita harapkan kawan-kawan ada yang ada kelebihan rezeki dan ingin bersedekah ingin menyumbang terhadap Masjid Baiturrahman ini kita dengan tangan terbuka kita tampung istilah orang Minang kalau gak cukup telapak tangan joniru kami

Tampuang Wi win win gak bisa di sembahyang jadi sampai boduk gak ad terkenal lagini tempat buduk J Harapan awaku and say a dat ini jeruknya manis banget bilangnya jeruk madu ya kalau ini favoritnya Bang Den ini rupuk jengkol ini guys satu ini dibuat satu jengkol ini harganya r0.000 sekilo kalau kamu penggila

Jengkol datanglah ke minangkapau selain kayak keindahan alam seni budaya dan kuliner B juga sangat terkagum-kagum dengan banyak dan kayanya filosofi-filosofi petata petiti kebijaksanaan hidup yang sudah kami terima sebagai pewaris tradisi dari leluhur dan nenek moyang kami sejak dulu kala yang disimpulkan dalam sebuah kalimat Sakti alam takambang jadi [Musik] guru kawan-kawanalamualikum warahmatah wabarakatuh

Sekarangangers ini boleh dikatakan kalau di Nagari kami tetua-tetua adatlah yang dituakan selangkaah yang ditinggikan seranting betul beliau adalah Bapak Sumardi gelar lengkapnya Apa Datuk manggong pirawan Datuk manggong pirawan selaku ketua kerapatan adat Nagari payobasong Wah ini kalau bicara adat orang yang paling kompetenlah secara organisasinya sekarang Nah e Datuk I

Akhirnya bisa ketemu kita Datuk melepas rindu kita I sekali-sekali pulang kampung I sekali-sekali pulang kampung memang kita sekarang mau membuat video sedikit cerita tentang sederhana l tentang kehidupan masyarakat di kampung aja yang ringan-ringan aja datuk dan tidak yang berat-berat ada istilah bajonjang n batanggu tuun harusnya begitu kita minta doa restu lah sama

Senior-senior sama suhu-suhu sama pemangku-pemangku adat komentarnya sedikit dat asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Terima kasih ee sekali kalau di petuanangan dipanggil ee bangden bangden Iya tapi kalau di Nagari adalah suatu kebanggaan bagi beliau beliau ini adalah orang yang nomor satu di kaumnya artinya gelarnya bergelar Datuk suatu penghulu yang akan menyusun kepenakan-kepenakannya di belakang hari

Datuk Marajo diajo diajo n mudo itu gelar kehormatan bagi Rana [Tepuk tangan] Minangkabau pay Basung pernah menjadik kan terbaik di Sumatera Barat W ini berkat dukungan Adinda dukungan kita semua ninek Mam yang ada berjumlah lebih kurang 89 ninek Mam yang ada di kar jadi Mohon pak nanti pos ke seluruh

Leader-leader yang ada di petualangan yang ada di yang Adinda Pimpin yang Adinda kelola mohon ini diapungkan Oh I supaya adat ini jangan lauak di Hujan jangan hilang Jangan hanyut itulah yang di katakan Dar Rana Minang semua bersiap-siap bersiap-siap ternyata di sini lagi ada perlombaan layang-layang ini kampung banyak banget

Kegiatannya guys layanglangan tadi ada lapangan bola nanti kita lihat mampir ada pertandingan [Musik] bola guys jadi ini adalah salah satu tradisi Minangkabau yaitu Sile Tuo di sini anak-anak dilatih untuk mempunyai ilmu bela diri selain dari ilmu agama karena kalau tradisi lama Minangkabau anak laki-laki itu dia turun ke Surau belajar

Silat dan belajar agama Setelah itu mereka pergi [Tepuk tangan] merantau tepuk tangan dan kalau dilihat dari mata kepala saya ee ee Pemuda sudah mulai bagus kompak sering mengadakan turnamen bola kaki baik di pay Basung baik di Kota Baru itu harapan [Tertawa] kami Asalamualaikum Nah ini salah satu yang luar biasa dari nagori pewasong

Ketemu dengan salah seorang remaja yang punya prestasi luar biasa mengagumkan Kenalkan nama saya afifindra Putri berasal dari SMA Negeri 1 Kota paikumbo kelas 11 setelah melaksanakan tes kami menunggu hasil jadi Alhamdulillah avifa dari kota pekumbo terpilih untuk bertugas di istana itu kalau seperti itu selama 40 hari latihan itu ada mungkin

Semacam honor kah atau uang saku kah dari pemerintah atau dari dari mana itu biasanya dapatnya ada eh dari sponsor seperti bank terus juga ada dari penggadaian Dari Pertamina Dari bumnmn lah ya rata-rata Ya bisikin dong berapa totalnya dapat kalau dihitung kemarin Ava dapatnya sekitar 28 Alhamdulillah itu ah termasuk motor atau belum Oh

Belum Oh belum tambahan motor lagi [Musik] ya guys su guys berisik banget sekarang iniangang berada Diang ang Kabau namanya lepau kita bilangnya lapau atau spesifik orang kampung yang bangden bilang lopow ini adalah kedai ada yang bilang pajak dan whatever tapi ini tidak bisa terlepas dari budaya Minangkabau di sinilah Pusat Informasi bermula cerita

Apa namanya sawah kebun atau sekedar cerita Rantau atau sekedar ngomongin orang semuanya bermuara di sinilah itu sampai sekarang masih berlaku Jadi kalau yang sudah pagi sampai siang berkebun berusaha malam hiburannya rata-rata kalau laki-laki Minang Kabau dia kelepau dia minum kopi minum teh telur atau sekedar main domino sambil tertawa-tawa

Itu adalah hiburan bagi masyarakat petani di Nagari P basong dan mungkin Secara umum di Rana Minang luar biasa oh bersama ini juga kita ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas full support untuk terlaksananya video kita ini dan kegiatan kita ini oleh Bigo petc petsop grooming Clinic dan dan Lara satwa solusi hewan peliharaan

Kita ya alhamdulillah kita semua tanaman ditanam e contohnya bawang merah terong jagung jagung tomat dan cabe B alhamdulillah ada semua lengkap kalau yang digarap sekarang di sini ada sembilan Terus di pojok kaki Bukit sana ada lima terus ada lagi yang di seberang sana sekitar lima total 18 18 sudah enak

Dirantau dengan pekerjaan sebelumnya ngapain ke kampung sini terus bertani panas-panasan capek-capekan keringatan kotor-kotor berlumpur Sebenarnya ini adalah ide dari teman-teman kita juga yang di Jakarta ya terutama saudara kita ee E cakang atau di ilhamsah dia berniat untuk membuka lapangan kerja di kampung untuk membantu masyarakat kita yang level bawah petani-petani ternyata

Setelah dicoba sama Il hamsah dia berhasil kita banyak menyadap tenaga kerja benar-benar warga kita asli nah dari situ kami berpikir Alhamdulillah Kami punya rezeki walaupun engak banyak tapi ya cukuplah akhirnya kami buka lahan dan ternyata berhasil Bagaimana hasil panennya Pak Tani alhamdulillah bagus bagus bagus Bagaimana tanah di

Payasung subur Pak Tani kalau soal tanah lebih subur dari kampung yang lain kalau kjo Kojo aja Iko Bah e sampai sore jam 100 makan minum dikasih Bagaimana manfaat gaji 100 per hari itu buat kehidupan bisa untuk penutup sehari-hariah gitu kan alhamdulillah alhamdulillah yo kalau arti pribadi Nam itu sangat menguntungkan bagi kami

Masyarakat bas e lahan pekerjaan banyak Jadi kami bisa mendapat penghasilan yang lebih untuk dap atau untuk untuk anak-anak sekolah mantap Siapa bilang enak di kota tidak seperti apa yang dibayangkan sama orang apalagi kalau di kota kita bekerja sebagai seorang pekerja atau menjadi seorang Bur kondisi pekerjaan sekarang ini sistem kerja kontrak souring upah

Itu sebenarnya tidak mencukupi untuk kebutuhan hidup dasar kalau seandainya kita hidup di kota tapi kalau seandainya kita di kampung sebenarnya kalau seandainya kita punya lahan punya sedikit modal Kita sebenarnya bisa punya banyak inovasi kita bisa Banyak mengembangkan ee berbagai macam jenis pertanian yang bisa menghasilkan uang bahkan bisa lebih besar dibandingkan

Apabila kita bekerja di kota menjadi seorang buru kita tuh biasanya ke mana pergi tuh selalu ada aja ngikutin kalau gak Anjing kalau gak kucing dulu sempat anak musang dua kita Nam mangg kelilikelilian gorenggoreng jantung ayam kantang goreng kadangang tiap hari I tiap hari dari pukul sampai pukul mulai tu kurang

Sampai pas salanj se kalau sang Habi ya Insyaallah Le I 1001 kuranglah 100 Kurang itah dapat untuk belanja-belanjais Alhamdulillah julo-julo ya E ini kan persiapan untuk eh pensiun rencana ni tahun ini 2024 kita kan mau Pensiun jadi mencari kesibukan apa kira-kiranya supaya kita waktu pensiun tidak jadi apa namanya

Tidak jadi e pikun yang kedua ee dilihat dari apa namanya prospeknya dilihat dari kawan-kawan yang ikut e betani bawang e cukup menjanjikan untuk pertanian bawang yang suka dukanya pas di harga harga bawang bagus itu menjanjikan tapi pas di harga bawangnya lagi turun itu emang kerugian ada resikah Rikonya Pasti ada pasti ada

Riko dulu suasana pagi RAM Sayang kalau lagi di sini banyak motor anak sekolahampai B pasti tahu namai pelanggan pagi-pagi sej tahun tahun kami suku Minangkabau salah satu dari 140 suku bangsa yang ada di seluruh Nusantara [Musik] [Musik] kami telah merintis ad Nam gerakan serib pewasong gerakan seribwasang tu bergerak

Dalam pengumpulan dana sosial dari masyarakat dan untuk masyarakat setiap masyarakat ataupun rumah-rumah tangga di keluran pebasongko diminta beriur 11 rumah tangga per bulan membayar iuran BPJS bagi masyarakat kita yang kurang mampu atau masyarakat yang langganan berubek mempunyai penyakit yangr kronis dan harus ee rutin berubek membantu anak-anak sekolah yang dari keluarga

Kurang mampu untuk masuk SD masuk SMP maupun pun masuk SMA kemudian ee pedagang-pedagang kecil kita bantu tanpa harus [Musik] mengembalikan I love po Basuang Nah mudah-mudahan ada lagi yang pengikut-pengikut dari perantau lain yang ada sedikit rezeki Yuk kita bangun Kampung kita kita buka lahan kerja buat mereka-mereka ini aturan dampai sekian keluaranyh

Par jadi untuk ber Diot baruotang Min Ma Bany yangisa atasan waktu jadi Manan dokek-dokek saj dari e rumah Ambo itu yang sempat diliput walaupun dalam kondisi alam yang subur keberhasilan-keberhasilan dan kesukses-kesuksesan tapi masih banyak juga warga masyarakat kita di Nagari payobasung ini yang betul-betul Survive untuk hidup sehari-hari yang betul-betul

Mengandalkan gaji 75 r00.000 per hari kadang-kadang cuma dapat 35.000 per harii yuk lagi sedang tanam apa ini tanam bawang menurut saya pangan itu sebenarnya pertumbuhan perekonomian kebetulan ada lahan yang bisa diolah bagi saya Kalau misalnya selama ini pelaut itu ya itu cuma profesi dan saya harus ada pemikiran ked depan Seandainya

Saya mungkin gak bisa melaut mungkin saya bisa mengerjakan sesuatu di rumah di kampung Nah balik di kampung k gini kok indak i k gini kok indak jadi utamanya bukan keuntungan tapi kitautama itu untuk membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan kerjaamillah ya kamiaimau kepadaudar-saudara kita yang ada di walaupun di luar Jakarta kalau emang ada

Rezeki sedikit Ayo kita turun ke negeri kita po Basung kita lihat langsung ke bawah apa kebutuhan mereka Apun kep Ayo kita bantu Kalau kita cuma melihat mendengar enggak bisa tapi kalau kita terjun langsung ke bawah Insyaallah kita tahu apa kebutuhan mereka itu satu lagi kuliner di payaakumbur ini

Namanya kita bilang teh telur ini khas banget deh tidak ada di daerah-daerah lain selain di Minangkabau bahannya pertama teh namanya juga teh telur terus kuning telur ada gula ada susu ada jeruk nah nih pakai jeruk jadi jeruknya digini nih [Musik] wuh [Musik] terletak di Payakumbuh Sumatera Barat

130 km dari ibu kota provinsi Padang dan 200 km dari ibuota Provinsi Riau [Musik] Pekanbaru aman se laduh.000 r.000 dah ladu m mahal gini oh merah pitinnya gini dah pokoknya kalau udah mau mau panen udah mulai buahnya mulai banyak yang masak itu harus dironda tuh harus dironda karena masih

Ada aja yang nakal-nakal yang jahat-jahat bayangin katanya Kebon tetangga itu ada yang curi aduh aduh aduh aduh selama Bang Den di kampung dia pernah kecolongan ini kemarin dua kali Oh dua kali dua kali Bang gimana ceritanya warung ini tinggal kita pulang ke rumah istri jadi karena enggak ada

Yang jaga ya dibongkar lewat belakang dan itu yang lucunya ini ada baju pakaian yang habis di laundry itu juga dimbat gas tabung gas yang kita pakai untuk masak minum kopi kek atau buat kebutuhan sehari-hari kek juga diembat ini fakta ya fakta real ee kejadiannya Di kampung kita sebelahan lah kayak begitu Itu

Sapi hamil mengandung sapinya mau melahirkan S bulan lagi itu sapinya diambil dipotong paha sama badan diambil ditinggalin isi perut kepala juga ditinggalin Nah itu sadis banget kejadiannya Justru orang yang punya pun sampai stres masuk rumah sakit itu itu bangah kebun cabai petani di daerah kita Basung ini loh jadi yang diambil itu

Bukan buahnya doang bukannya cabai doang satu pokok itu di dicabutin tuhab gila guys gila udah gak masuk di akal makanya kita juga Kenapalah kejadian di kampung kayak begini Agam tu Agam k gulai gulaic ubi kawan-kawan ini namanya gulai cipuk ini juga salah satu khas kali di

Sini ya cara makannya gini ini k beda gak pernah berhasilberhasil ini memang Putuh skill khusus makan [Musik] [Musik] mau kenalin dulu nih buat penontonnya RO Indonesia ini Omnya Bang ya dua kali Walikota du periode dan sekarang fokus pulang k Manal di Jakarta sudah amanah tapi sekarang sengaja pulang kampung untuk mengabdikan

Dirinya membangun kampung halaman Om Terima kasih atas jasa-jasanya dan semangatnya yang telah menginspirasi kami selama ini kami juga terima kasih atas usahai untuk mensiarkan daerah [Musik] [Musik] kitaay di kampung kawan-kawan di Malaysia pulang kampung awak Mas [Tepuk tangan] r000 Kean ekonomi kita tidak terlalu baik sawah 2 tahun

Terakhir ini dihantam oleh Ahad tikus yang kedua tali Bandar untuk mengalirkan air ke sawah sering putus diamb rancak yang lainya-onesiaer mobil yang sedang melintas di Sumatera ini memang kita persiapkan masjid kita untuk tempat beribadah untuk tempat e istirahat dan untuk tempat pariwisata jadi kita memang ingin mengundang dan silakan datang ke

Sini silakan mampir ke Nagari payubasung ini kita masyarakatnya seperti masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke itu sangat terbuka dan menghargai tamu yang [Musik] datang guys kita sudah tanya sama Firman Apakah bisa dikondisikan acara kita nanti malam Minggu kita mau nonton bareng nanti Firman akan mengkoordinasikannya dengan karang taruna pebas Oke nanti kita

Tunggu kabarnya ya terima kasih Akhir kata tidak ada Ganding yang tidak retak Bang Den sebagai Mer rajonan mudo Kak beda kita ingin mengucapkan terima kasih dulu yang sebesar-besarnya atas dukungan semua pihak para perantau tokoh-tokoh masyarakat dan juga masyarakat yang ada di kampung atas terlaksananya video ini gitu dan kita juga sekalian mau minta

Maaf kalau ada hal-hal yang salah dalam video ini ada mengucapan baik dalam pengucapan maupun tindakan kami dan EE mungkin informasi-informasi juga yang terputus-putus yang tidak bisa lengkap sekali ditayangkan di durasi video yang pendek ini maafkan kami yang masih mudo mata dan masih banyak belajar tentang cara-cara hidup di kampung jadi tentu

Banyak langkah dan kesalahan kami selama ini sampai ketemu lagi kami ingin melanjutkan perjalan dulu sekarang rencananya Road Trip Indonesia akan lanjut ke [Musik] [Tepuk tangan] Kalimantan Saya juga punya sambal sih aneka sambalak kalau mau pesan Gimana ada aneka sambal juga rendang juga pokoknya nanti kalau mau lihat produk-produknya di mana dulu oh bisa

Bisa di Instagram kita bisa di web kita bisa di WA kita juga ada facebook-nya juga ada tapi wa lebih cepat kali ya Wa sama Instagram lihat di bawah aja guys kalau mau dijelasin satu-atu ada perbaikan tadi lampu lampu dekatnya itu suka mati nyala mati nyala kat nomor

Baru ini namanya bengkel kaba di Nagari payobasung mana kabanya itu dia orangnya itu kaba Oke kaba Makasih kaba y Firman Firman jual apa Firman bakar-bakar bakar-bakar lengkaplengkap lengkap ada kalang hati usus ceker tahu tahu bakar boleh lihat ya ceker ceker aktivitas warung kopi jual beli motor jual beli mobilatumpul-umpulobrol-obrolyat kalau

Yang butuh motor bekas mau tukar tambah Mantap kalau mau cari goreng pisangorang R RT3 RW3 RT3 RW3 sabohang batang ayot bensin satu duluah jadi bakar ini gak sembarang bakar kan karena kalau gak terbakar kulitnya itu yang bikin dengan bersosial media dan kita mempgunakan internet kita bisa menjangkau pelanggan kita dari daerah

Riau daerah tetangga provinsi Sumatera Barat Palembang dan alhamdulillah mereka Jadi tahu akhirnya di di payakumbu ada itiladu hijau
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url