JALUR BERSEJARAH LAHIRNYA ROADTRIP INDONESIA II KAUR-BENGKULU


Pengembara tidak punya rumah Kemana dia pergi ke situ dia pulang Kami menyerah tidak kuat hidup rutin dan monoton bekerja dari pagi hingga sore berpuluh tahun menetap di satu tempat terlalu berat untuk kami jalani karena itu kami turun ke jalan menuju kebebasan cerita perjalanan yang tidak pernah anda bayangkan sebelum Survival keindahan

Alam Petualangan Cinta Dan kebaikan hati bangsa ini Halo saya Bang Den saya gak beda bersama mobil kami yang bernama Seruling senja kami Indonesia 8 tahun hidup nomaden di jalanan di berbagai kondisi alam nusantara terbang bebas ke manasuka tanpa batas waktu [Musik] nya cukup panjang dari Palembang Ini cerita tentang jalur

Lintas barat Sumatera jalur yang sangat bersejarah bagi lahirnya Road Trip Indonesia jadi sekarang kita sudah masuk ke peradaban ini jalur lintas barat Trans Sumatera lintas barat [Musik] terindah dibanding Lintas Timur atau lintas Tengah Sumatera Bagaimana situasi solar di Trans Lintas Barat Sumatera ini secara umum jalur pantai barat Sumatera

Ini sangat berkesan buat kami sejak dulu kenapa karena ini kan banyak juga tuh yang tanya pemicunya apa sih Indonesia ini pemicunya adalah 8 tahun lalu kami melewati jalur ini tahun 2015 berdua saja dengan Kak beda [Musik] kalau rencana awal itu Indonesia itu mimpi yang sudah lama mimpi kepengen keliling Indonesia petualangan yang

Sudah berpuluh tahun Bang densimpan akhirnya baru terwujud 7 tahun lalu kita sudah di Jalan Lintas Barat Sumatera ini jalannya udah bagus banget memang sedikit berputar dan sedikit lebih jauh tapi kalau mau menikmati perjalanan dan pemandangan dan tidak terburu-buru kami rekomendasikan jalur ini [Musik] keren banget kayak gitu [Musik] kita

Cari spot seperti biasa kita cari Spot yang indah buat sarapan di pinggir laut yang ombaknya luar biasa ya ini kita sudah sampai di Samudra Hindia Pantai Barat Sumatera [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] ini jalur memang tidak biasa ya Kebanyakan orang ambil jalur itu Lintas Timur ataupun lintas Tengah tapi sekarang sudah ramai jalanannya sudah

Besar dulu awal-awal kita pertama lewat jalur ini masih sangat sepi sekali tapi viewnya itu memang bikin kita tuh pengen berhenti-berhenti terus teman-teman ini kalau mau campervan beberapa mobil bisa camping di sini tempatnya bagus ada WC ada warung dekat dengan jalan sarapannya sih sederhana tapi lokasinya ini loh [Musik]

Jalanan di lintas barat tuh Lintas Barat Sumatera jalanan bagus lebar sepi bebas macet pemandangan bagus ya ngapain lagi coba ngapain lagi ini pilihan yang baik salah satu pilihan yang baik alternatif yang baik untuk yang mau touring Sumatera mau pulang kampung ke Sumatera jalur timur Udah terlalu padat jalur

Tengah juga terlalu ramai Memang agak berputar sedikit tapi nyetirnya asoy tahun 2015 Bang dinamakan beda itu mau pulang kampung Nah jalur yang biasa diambil itu biasanya kalau orang pulang kampung dari Jakarta ke Sumatera Barat itu jalur lintas tengah atau jalur lintas Timur nah kalau ini adalah jalur lintas barat itu jarang sekali orang

Melewati sangat jarang tapi kami penasaran Karena jalur lintas Timur sama lintas lintas Tengah sudah biasa kami akhirnya putuskan lewat sini itu masih sepi jalan masih kecil tapi ternyata kami surprise sekali dengan pemandangan Samudra Hindia yang biru langit biru dan pegunungan-pegunungan di sebelah kanan Nah itu pemicunya dulu kita lewati

Biasanya yang orang pulang kampung dari Jakarta ke Sumatera Barat itu cuman ditempuh dengan 35 jam kalau direct Ya gantian ini bangunan menempuh jalur ini waktu itu 6 hari 5 malam baru sampai di kampung halaman karena kami berhenti menikmati pemandangan nah itu adalah perjalanan yang kami sebut 15 hari 7 provinsi

Pulang dari perjalanan ini Bang Den sudah jadi gila Kamu cerita apa lagi selain keliling Indonesia di otak dan kepala bank dan itu cuma ada keliling Indonesia keliling Indonesia keliling Indonesia beda tuh sampai bingung kak beda tuh sampai senewen bahkan waktu ide Ini pertama kali Bang dan sampaikan Kakak beda

Dia marah hampir seminggu Bang dan gak ditegur wajar namanya perempuan Mungkin dia berpikir ini apa keliling Indonesia Apakah ini pekerjaan Apakah ini berpenghasilan dari mana makan dari mana ini dari mana cicilan ini dari mana 1000 pertanyaan muncul dari Kak beda menjawab Nggak tahu Nggak tahu ya iyalah pasti

Tanggapanku kayak gitu Ini orang udah gila apa ya setelah 15 hari 7 provinsi itu pikirannya dia cuma kelilingnya Indonesia keliling Indonesia aku pikirnya Aduh pekerjaan kita gimana dapat uang dari mana makan bagaimana hidup kita bagaimana masa depanku bagaimana dari pagi sampai malam topiknya cuma keliling Indonesia pagi malam begini

Nanti kita begini nanti begini nanti kita di sini begitu nanti di sana begini pokoknya begitu semuanya airnya setelah 4 bulan Aku menyerah Terus aku bilang kayak gini Oke Kapan kita berangkat Jadi ini adalah jalur yang sangat bersejarah untuk lahirnya Indonesia makin seru ini kota mana Mana Di Mana Anak Kambing Saya

Ya teman-teman kita sekarang udah sampai di kota mana ibukota dari kabupaten Bengkulu Selatan ini ada yang tahu nggak ini Tugu Apa itu sekitar satu jam setengah perjalanan tadi dari Bintuhan Taur ya Kalau arah sana itu kita ke Pagar Alam Sumatera Selatan lagi kalau kita lanjut ke Bengkulu Ikutin terus Pesisir Barat

Tadi udah ada mulai melihat-lihat duren nanti kalau ada lagi kita coba cicipin rasanya durian Bengkulu Seperti apa oke [Musik] kita akan terus menyisir Pantai Barat Sumatera dengan pemandangan Samudra Hindia di sebelah kiri dan pegunungan Bukit Barisan di sebelah kanan sebuah kombinasi pemandangan yang sempurna [Musik] antrian panjang SPBU jadi pemandangan

Yang biasa di jalur ini kasihan sih para driver Sepanjang Jalan Kita akan melewati beberapa kota-kota kecil yang belum pernah kita dengar namanya selama ini ada Krui Bintuhan kaurmana tais dan banyak lagi inilah proses berkenalan dengan Indonesia sesungguhnya Pak Berapa harga solarnya pak tugas 10.000 Pak Ada apa tadi 12.000

Mahal-mahal semuanya di pom bensin ada jual Sekarang kita berada di Desa Padang plasan Kecamatan Apa itu periukan Kabupaten Demak Provinsi Bengkulu kita baru selesai makan siang kita sekarang sampai di Pantai Panjang kota Bengkulu yang disebut dengan Pantai Panjang pantainya panjang panjang Oke Pantai Panjang Mohon maaf untuk Bengkulu kami hanya

Singgah sebentar saja dan lanjut ke arah utara [Musik] Selamat pagi kawan-kawan Indonesia Pagi ini kita siap-siap berangkat kembali setelah tadi malam kita merapat di apa namanya [Musik] Provinsi Bengkulu ya Jadi kita diantara kota Bengkulu dan Mukomuko Wah ini jalannya tanahnya Kita perjalanan kita akan menempuh sekitar hampir 700 km

Kita meninggalkan kota eh bukan kota itu ke tahun itu apa menuju Mukomuko [Musik] 3 jam setengah [Musik] hidup di alam terbuka atau di jalanan itu membuat pikiran segar menikmati angin suara ombak dan hijau pegunungan lalu bertemu keramahan dan senyum tulus di mana-mana Oke Pagi ini kita akan lanjutkan

Perjalanan menuju ke Sumatera Barat kita masih berada di Trans Bengkulu Mukomuko di sepanjang jalan kita sampai terus melewati Samudra Hindia ini ombaknya lumayan cukup besar ya Pagi ini kita melihat dan cuaca segar sekali di sini daerah yang kita lewati ini sekarang banyak sekali kebun-kebun kelapa sawit sepanjang jalan semenjak dari Bengkulu

Sampai ke sini tuh rata-rata driver lintas barat pada parkir di sini semua ini tempat istirahat juga di sini [Musik] Nah sekarang di Jalan Raya Kuta Bali Kecamatan Putri Hijau masih Kabupaten eh masuk kabupaten manakah Kota Bani Kecamatan Putri Hijau Ini masuknya kabupaten mana tolong ditulis di kolom komentar Ayo sambal yang kuat

Sambal yang kuat ya kita sekarang berada di kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara ini ada pasar di pinggir jalan kayak agak beda berhenti dulu dia mau cari beli sarapan jajanan lokal tempat pasar-pasar kayak gini biasanya dia pasar mingguan pasar mingguan ada hari-hari tertentu dan ramai semua orang berkumpul mungkin dari dalam dari

Daerah-daerah perkebunan sawit itu berkumpul di sini semua nih kita akhirnya cari-cari tempat buat sarapan ketemunya di tengah hutan ini eh bukan di tengah hutan sih di pinggir hutan hutan sawit ini Sumatera laut Di sini kayaknya bekas orang jualan tapi kita berharap Jangan ada harimau sumatera [Musik] [Musik] ada monyet turun tuh mau makanan

[Musik] [Musik] banyak monyet guys [Tepuk tangan] [Musik] seperti ada jembatan putus yang kita harus jalan bergantian kok airnya coklat dari sungai ini ya Guys kita sudah sampai di Kabupaten Mukomuko guys bentar lagi sampai Sumatera Barat lo Makan siang kemudian Cari tempat sholat sholat jelek-jelek rokok rokok sobat-sebab makan siang Mari kita lanjutkan

Perjalanan kita ini ke mana orang-orang Mau ke mukoni [Tepuk tangan] kat Sekarang mau ke mana sayang kita ke sembahyang zuhur dulu ya tempat akhirnya [Musik] meninggalkan Provinsi Bengkulu Berarti sekarang kita masuk ke provinsi Sumatera Barat Setelah sekian lama provinsi Lampung eh Sulawesi Selatan dan Bengkulu kita tidak mendapatkan biosolar di SPBU

Kita lihat di Sumatera Barat Bagaimana nih [Musik] kalau lagi kau suruh aku loh ada yang mau dari Jakarta kurang Betawi langsung makan tadi dihitung ya Coba deh airnya di Sumatera Barat baru kita dapat solar di SPBU luar biasa tapi tadi kita begitu masuk perbatasan Sumatera Barat dia solar sudah aman

Ke panjang ke sini makanya kita belum isi karena kita pikir aman ya tidak ada masalah Sorry ya teman-teman faktanya begitu mulai masuk Pesisir Selatan sudah aman nggak tahu kenapa ini kita juga nggak tahu sini juga kita lihat masih ada kebun kebun kelapa sawit tapi kenapa maksud Sumatera Barat dia solar

Aman tolong tulis di kolom komentar bagi yang tahu Sumatera Barat juga yang [Musik] ini Pesisir Selatan posisi Selatan Kita lihat ini ada tukang sate yang jualan rame banget jadi kita Cobain aja kalau bumbunya sih kuahnya sate Padang cuman biasanya kan sate padang daging daging kan kalau ini ayam sama kerang

Bilangnya di sini lo kan sama ayam yang tahu kenapa di sini sate padang pakai ayam biasanya sate padang tuh pakai daging sapi kita mau penonton karena sudah malam dan cuaca hujan badai kami Merapat di Kota Painan Kabupaten pesisir selatan Sumatera Barat besok kita lanjutkan lagi cerita perjalanan salam saya

Buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan Rotib Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi saya itu ada t-shirt ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desanya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning banyak lah ya pilihan warnanya dan kita

Juga ada storage back nih teman-teman kita jual storage bag ini buat dibantai untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga

Teman-teman ya ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini ini udah malam juga kita sampai di sini yang seharusnya sebelum jam 6 perkiraan kita akhirnya kita sampai sekitar jam berapa jam 7.8 jadi perjalanan kita memang begitu kita nggak bisa sesuai dengan Google karena kan berhenti-berhenti Shooting syuting menikmati perjalanan menikmati

Pemandangan alam Jadi sekarang kita lanjut lagi rencana 8 jam gitu kemungkinan kita bisa sampai 12 jam ini kayak sekarang Google bilang 4 jam menuju ke Bengkulu ya kita 6 jam ternyata berhenti lagi cari tempat sarapan berhenti lagi cari tempat makan siang berhenti lagi kita terus ke sana

Kan ini tanahnya kayak lembut banget deh masih di Pantai Panjang Bengkulu kita lagi agak-agak bingung Apakah kita mau stay di sini Apakah kita mau lanjutkan perjalanan kalau kita mau lanjutkan perjalanan Apakah kita mau lewat Curug Apakah kita mau lewat Mukomuko selalu begitu tapi disitulah nikmatnya Indonesia taruh udah duduk di belakang kemudi baru

Oke kita Curug Oke kita mau semenjak kita masuk Sumatera beberapa hari yang lalu kita baru punya kesempatan isi di SPBU dengan harga normal tuh baru dua kali sekarang artinya nggak tahu kenapa bisa seperti NKRI harga mati Selamat tinggal Bengkulu sampai ketemu lagi ya Semoga nanti lancar solarnya Jembatan Lama aku bikin [Tepuk tangan]

Perjalanan kita hari ini kayaknya akan cukup panjang ya karena kalau memang memungkinkan kalau memang memungkinkan Kita berharap bisa sampai di Sumatera Barat Payakumbuh tepatnya di kampung halaman Bang Den malam ini jadi kita tidak menginap lagi di jalan tapi kalau memang di seperti biasa kalau di jalan banyak spot-spot

Yang bikin kita pengen berhenti Pengen ngopi pengen menikmati alam pengen syuting syuting biasanya itu akan jauh lebih panjang dan mungkin kita akan bermalam atau camping nanti di mana Kalau bisa di campingnya di pantai mandi mandi kutunya Ada jalur yang menarik nih kalau kita nggak buru-buru ya jalurnya kita

Potong ke siapa lagi ini kita harus antrinya kayak gini nih nggak tahu nih kapan tapi kok ini nantinya sampai bertumpuk-tumpuk begini ya udah mulai ngisi belum nih ambil makan bakso udah buka belum udah tuh nggak tahu kapan masuknya nasib nasib nasib rakyat kecil driver driver transfer driver sawit ya semoga ada perbaikan-perbaikan lah

Untuk hidupmu kawan semoga orang-orang atas akan lebih serius memikirkan kehidupan kalian yang ngabisin waktu gimana hanya untuk ngantri setiap hari [Musik] kosong kosong kosong kosong Okelah kita lanjut aja Oke NKRI harga mati [Musik] sudah sampai di desa nanti kita cari lagi desa pulau Makmur kecamatan itu Kabupaten [Musik] -muko guys

Bukan Bengkulu Utara lagi
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url