SEPERTI APA SEBENARNYA HIDUP NOMADEN DI INDONESIA II HAPPY NEW YEAR 2024

Suami istri 8 tahun hidup nomaden Seperti apa keseruannya atau beratkah menjalaninya lebih banyak suka atau duka banyak pertanyaan seperti itu bagi kami hidup di jalan sudah menjadi pilihan dan gaya hidup setelah 8 tahun makin sadar bahwa hidup nomaden sangat nyaman seperti nenek moyang dan leluhur kita dulu nyaris tanpa

Bean t 2023 di channel YouTube Rp Indonesia dengan durasi 20 menit silakan kawan-kawan menilainya dan tulis di kolom komentar Apa [Musik] pendapatmu udah berapa lama kamu gak ke mall swisotelatoelato mau anak lama kita gak nonton 2 lagi Oke Guys sebelum kita meninggalkan kota Makassar kita isi-isi bensin solar

Dulu aman di sini Sulawesi Selatan top tenang hatiku warung s saudaraun ta 6.000 Yuk kita coba rasanya kayak apa mangkok makannya ya ya oke teman-teman bang dan Kak beda mau pamit mundur dulu dari dari Makassar Terima kasih banyak buat sambutannya inilah City of Makassar Pantai Losari yang sangat terkenal gitu sudah dingin huh

Segar ya kita sudah sampai di Malino kelajnya di sini sudah dingin sekali karena kemarin kita dari Makassar kan panas ini buat ngopi mungkin kemu R trip Indonesia masuk belum ini kita mau ke Kalimantan dari dari NTT kita mau ke Kalimantan kalau di ponak nanti ada rumah uh seramnya Oh Pacul tunggu Bapak paculnya

Iya aduh jam Aduh ininya kbcek ikutin mana mana Selamat pagi teman-teman kita sekarang berada di kota Kabupaten Sinjai nah kemarin itu kan setelah perjalanan di malam hari yang sebetulnya sih kita jarang ya perjalanan malam hari dari Malino cuman ya karena terpaksa akhirnya kita lewati anginnya tuh ya ampun keras

Banget kencang banget gitu kan Di tengah perjalanan itu di kebun-kebun atau hutan-hutan itu kan banyak pohon bambu pohon bambunya tuh udah ke jalan-jalan kayak gini jadi ngelihat pohon bambu di Terpa angin gitu kayak gini-gini gu Aduh menakutkan aku menakutkan beruntung sekali Indonesia masih punya beberapa kalau tidak bisa dibilang banyak tapi beberapa

Tempat-empat Des at sebuah komunitas adat yang masih mempertahankan berabad-abad kehidupan nenek moyang mereka pembuatan kapal-kapal finisi yang sangat-sangat besar ini semua udah dibawa keluar negeri ke mancanegara kita lagi di pantai nih road rep di pantai Bulukumba Bulukumba Sulawesi Selatan [Musik] jangan dengar kata mereka datang dan lihat sendiri datang gak diundang pulang

Pulang gak diantar kecepatan panen panen tuh panenpanen ini masungan kalau bar bar W waktu masih segar ya buan J ter pengalaman pertama kita yang baru lepas dari bersandar lepas dari pelabuhan Dermaga langsung langsung ada yang mabukah nih teman-teman penonton rad Tri Indonesia kita Akhirnya sampai di

Labuhan Bajo setelah 4 hari 4 hari ya 4 hari 3 malam kita perjalanan goyang goyang goyang kapal-kapal goyang pokoknya dari mulai dari perjalanan Bira ee sampai dengan kita berteduh istilahnya berteduh di Pulau jampea ini kita sudah masuk ke kelokan-kelokan gergaji yang Pak ebowo pernah bilang saat itu kita mau tanya duren

Duluoak yang manis pohonnyaangka kita coba duren Sudah lama kita gak makan duren apa Hai iu Pak Makasih banyak dah ini adalah Manggarai Barat Lembor itu masuk Manggarai Barat nanti sebentar lagi kita masuk ke ke Ruteng itu Manggarai Timur eh Manggarai Tengah dulu itu bapak petani itu dari pagi

Sampai sore dia enggak ada rasa dingin pagi-pagi sing senja enggak bisa diarter at tau karena karena tadi malaman parkirnya miring atau karena kedinginan Ni aku ah bongkar dia tidak ke mana-mana daerah Ruteng ini memang dia daerah pegunungan pegunungan kotanya kecil tapi asik gitu Sayang kayaknya ini Sim gu sudah

Mau habis nih masa berlaku nya nih 26 Februari tahun 2023 berarti kan masih tinggal berapa hari lagi ya Nah ini Selamat datang di kantor pelayanan Sims atlantas pores Manggarai mantap kita dapat dua di Polres [Musik] manggaraiam Oh gak kelihatan enggak kelihatan ya Selamat pagi guys tadi malam kita merapat di daerah Aimere

Namanya ya sayang ya he Aimere ini masuk Kabupaten Ngada jadi inii sebulah Pelabuhan tempat penyeberangan kita ke Sumba Cuman karena memang faktor cuaca masih belum juga memungkinkan jadi kayaknya belum ada kapal penyeberangan ke Sumba kita gak tahu nih Kapan adanya karena cuacanya betul-betul unpredictable pelabuhan penyeberangan aere ya teman-teman mau tanya penyeberangan

Gim ya belum Pasti belum pasti kapal belum juga bisa ada belum berangkat untuk ke Sumba 3 hari 3 malam ini karena faktor cuaca jadi kita bersabar aja dulu kemungkinan sih hari Jumat kemungkinan hari Jumat sekarang baru hari Selasa ya i ya Ini perjalanan kita sebentar lagi masuk Bajawa jam 12

Jam 12 teng hari aja di sini berkabut guys kabutnya tebal dan sangat-sangat lagi susah dinya Kalau pagi di daerah dingin daerah dingin aja kalau daerah panas aman nah itu yang kita coba sekarang ganti dulu bus pijarnya kalau [Musik] kita ya Jadi kita sekarang berada di pelabuhan ini Kabupaten ada kalau di

Sini memang ee kota pelabuhan khususnya untuk penyeberangan-penyeberangan ke Kupang ke [Musik] Sumba guys Ini pertama kali kita naik egon kapal sebesar ini lihatin crudit kita sekarang berada di tol antara Surabaya mau ke Jakarta akhirnya best area setelah Apa nama daerahupu Om tantep Inilah kita mau coba perbandingkan antara udara dan langitnya

Langit Jakarta dengan langit Indonesia [Musik] Timur support ini sebenarnya ngebantu kinerja shok ketika kita bawa beban yang melebihi kapasitas shok He nah dia berfungsi nih buat ngebantu [Musik] kinerja Nah kalau R Indonesia kita sekarang sudah sampai di tempatnya Om Bos Gil Om bosil Oh pantas namanya Om

Bos Gil ya ternyata n mandi gak apaapa Gu [Musik] gerak-gak itu di dikip sebagail di atas itu [Musik] adil buat bawa kelapa [Musik] bawais janal Makan nasi Oh gitu Iya Oh jadi ini aja [Musik] sudahar [Musik] [Musik] sayur halo kita akhirnya gak tahu sedang sedang berada di mana ini ini kita

Betul-betul di tengah hutan Sumatera yang kalau ini kita pas berhenti jalannya kita pilih yang memang e udah beton lagi ya belum harus [Musik] ke nanti kalau sempat lihat-lihat [Musik] youbenya Halo Bukit Barisan kami di sini sekarang salam sayang ya selamat pagi kita di Kaur bintuan sebah sana sarapannya sih sederhana tapi lokasinya ini

Loh kita sekarang sudah sampai di kota mana ibu kota dari Kabupaten Bengkulu Selatan [Musik] oke Pagi ini kita akan lanjutkan perjalanan menuju ke Sumatera Barat kita masih berada di Trans Bengkulu muko-muko engak bunyinya Bung Selamat pagi kawan-kawan kita sekarang berada di Painan ibuotanya Pesisir Selatan tadi malam kita merapat di sini karena sudah

Gelap kalau awak kalauali [Musik] aduh perjalanan menuju ke Alahan Panjang Kabupaten Solo Selatan kah Kabupaten [Musik] [Tepuk tangan] Solok sudah Kakak sampai kita ketemu lagi sehat selalu [Musik] 70 kap 7 Oke S du ya kita lagi pas di acara tour the Siak ini Udah hari ketiga ya [Musik] [Tertawa] [Musik]

Begitulah kehidupan kami selama setahun 2023 Jadi kalau ada yang bertanya Sampai kapan kami akan melakukan perjalanan hidup nomaden ini kami tidak bisa menjawabnya karena karunia dan kenikmatan hidup yang kami rasakan tidak ada duanya doakan saja Kita semua sehat selalu dan dan berbahagia dengan pilihan hidup kita masing-masing karena setiap

Situasi dan kondisi selalu ada cara untuk menikmatinya selama tahun baru 2024 Salam sayang buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan rot trip Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi sayang itu ada t-shirt ada muk ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya

Berbeda ada merah contohnya hijau Army biru Navi kuning banyakah pilihan warnanya dan kita juga ada storage bag nih teman-teman kita jual storage bag ini buat di ban serup untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini

Juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ya Ini udah hujan panas sudah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya cara pesannya ada di kolom deskripsi atau nomor W Aku di bawah sini nih nih