SPOT-SPOT YANG WAJIB DIKUNJUNGI II TORAJA 2


[Musik] gak usah dengar kata orang lebih baik datang dan lihat sendiri ini Indonesia Bung Kami sampai di salah satu tempat istimewa di nusantara yang bikin orang dari seluruh penjuru dunia mau datang ke sini melihat keunikan warisan budaya yang sangat luar biasa sekali dan kami pemilik negeri ini seumur hidup belum pernah [Musik]

Kami pasangan suami istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil lebih 6 tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan akibat bangsa ini perjalanan tanpa batas waktu ke tempat-tempat Tanpa Batas kemana saja [Musik] guys Pagi ini kita mau melihat Londa meski terkesan horor Londa menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan

Gualonda Toraja sudah berumur ratusan tahun dan masih digunakan hingga saat ini selamat pagi dua orang Bu 20 ribu Pak 30.000 gua Londa memiliki panjang kurang lebih 1 km tempat jenazah di dalam gua memiliki beberapa tingkatan hal ini sesuai dengan strata sosial orang yang dimakamkan semakin tinggi tempatnya maka menandakan semakin tinggi strata sosial

Jenazah tersebut wisata Londa wisata Londa itu di perbukitan dan goa-goa Retribusi tiketnya 15000 satu orang dua orang jadi kita 30.000 sama karena di sini ada Goa itu kita nanti ada pemandu sama sewa lampu petromak satu lampu Rp50.000 boleh 2 lampu boleh satu lampu terus nanti pemandunya katanya seikhlasnya [Musik]

Di dalam Goa terdapat ratusan tengkorak dan tulang belulang manusia yang sudah berusia puluhan hingga ratusan tahun dan masih banyak lagi cerita Seputar gua Londa ini datang sendiri deh ya bentuk guanya bagus ya kayak apa namanya tapi ini memang terjadi secara alami dan dia juga banyak lorong-lorong dan di

Sini banyak juga kubur-kubur di dalam gua ini keren banget sampai giginya di atas itu mungkin sekitar 6 bulan yang lalu masih dipergunakan sampai sekarang ya kalau ada keluarga yang meninggal [Musik] ini kita harus beruntung sedikit pelan-pelan kan di sini ada koin-koinnya nih jadi kelihatan langsung dia punya tengkorak ini masih ada rambut

Tapi dia tipis itu ada rokok ada uang itu sesajen ya itu sesajen dari keluarga kadang ada juga dari pengunjung nah ini dihancur begini sebenarnya bisa diganti dengan yang baru tapi kalau kita ganti petinya kita harus melalui ritual lagi namanya ritual Mak Nenek ya jadi keluarga menunggu lagi ada ritual itu baru mereka ganti

Nah dilandasi ini ritual Mak Nenek Itu diadakan 3-5 tahun sekali kisah Romeo and julietnya di Honda sini ya tapi anak-anak yang dimasukin di Gowa khusus mereka anak-anak yang sudah tumbuh gigi ya kalau belum tumbuh giginya mereka dipisahkan Jadi kalau belum tumbuh giginya itu dulu-dulunya mereka dikubur di pohon ya itu karena

Mereka masih dianggap suci dan katanya pohon itu sebagai kelanjutan mereka di kehidupan kedua tuh masih ada Goa lagi ke sana cuman dia harus merayap nanti Tembusnya keluar juga di sini banyak tembus-tembusan ya tapi bentuk kuahnya ini loh ini aku unik ya luar biasa banget nih kita Dingin sekali ini masih ada airnya [Musik]

Sudah keluar lagi kita ini ada satu lagi tadi tembusan yang tadi cuma karena kita nggak bisa merangkak jadi kita bisa lewat sini ini tembusannya yang tadi [Musik] [Musik] Oke aku mau tanya nih kalau di tempat-tempat lain kan kalau kuburan-kuburan ini kan orang menganggapnya angker nah bagaimana kalau di daerah sini atau Toraja secara

Umumnya ini kan kita bisa lihat kayaknya kan mungkin karena dari imajinasi kita juga Jadi kalau misalnya kita nggak takut ya pasti nggak Nggak apa-apa betul betul Jadi kalau tadi kita masuk gua itu kan ya kita ada tengkorak ada peti mati jumlahnya mungkin ratusan ada kali tapi kan kita nggak ada rasa apa namanya

Nggak ada rasa serem lah atau apanya auranya positif-positif aja energinya bagus [Musik] Indonesia boleh bangga guys patung Yesus tertinggi di dunia ada di tanah air yaitu patung Yesus memberkati Toraja patung Yesus Ini berdiri kokoh pada puncak bukit buntu burake Tanah Toraja tingginya mengalahkan patung Yesus terbesar di Brazil krish dari Damar di

Rio De jenero itu di atas kita patung Yesus tinggi sekali awalnya 40 meter ada ini kedua tertinggi setelah di Brazil kabarnya [Musik] patung Yesus buntu berakhir dibangun pada tahun 2013 proses pembangunan yang memakan waktu 2 tahun dan selesai pada tahun 2015 lalu meski patung Yesus butuh gerak ini secara anatomi hanya memiliki

Tinggi badan 45 meter namun lokasinya yang berada di atas pegunungan membuatnya di dapur menjadi patung Yesus tertinggi di dunia berada di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut pengunjung bisa menyaksikan keindahan kota Makale lengkap dengan bangunan-bangunan rumah berbentuk Tongkonan dari atas bukit ini dari ketinggian ini 1700 meter dari permukaan laut tapi ini

Memang pemandangannya 360 derajat memang Toraja Ini cakep banget kalau kita lihat dari atas sini keren [Musik] [Musik] gara-gara lihat ada mobil Ford Everest dan Land Rover parkir di pinggir jalan kami coba mampir di warung kopi ini Eh ternyata kami ketemu dengan ownernya yang hobi otomotif dan offroad sekalian

Deh nyobain kopi khas Toraja yang terkenal itu kita lagi di kebetulan tadi kita lihat ada Ford Everest parkir ada Land Rover parkir Ya udah kita mampir ternyata di sini ada kopi enak ada arabika ada ketemu nongkrongnya [Tepuk tangan] asli diambilnya dari petani langsung dari Kebon langsung jadi tidak ada tangan

Langsung fresh nanti kalau mau pesen juga cukup Pesen gua fitur aja mau pesen kopi robusta atau arabika Toraja oleh kontek-kontek nomor handphonenya ada di [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] bawah ini proses sendiri kan kita dapat oleh-oleh Makasih Om Ayu Makasih Kak Toraja tadi kita lihat ada renover ada [Tepuk tangan]

Kayaknya kita mampir di sini ini yang panjang kalau musim hujan ini yang turun ke Allah ini yang turun nya ka Toraja coffee dari Om Ayub Inilah Kami dapat informasi bahwa jalur menuju Lembah Olon yang indah itu sulit ditempuh kalau musim hujan begini Padahal kami ingin sekali pergi ke

Lembah alon yang kalau dilihat di internet indah banget Oke next time aja kalau begitu terima kasih ya oleh-olehnya Om [Musik] Nah kalau ke Toraja jangan sampai terlewat Spot yang satu ini namanya lolai negeri di atas awan jaraknya sekitar 20 menit dari Rantepao jadi usahakan setelah Subuh dan

Sebelum jam 6 pagi sudah sampai di lokasi ini untuk menyaksikan gumpalan-gumpalan awan dengan latar belakang sunrise yang sangat indah sekali apalagi kalau hari sebelumnya hujan maka akan lebih tebal awan yang muncul di pagi hari Wah keren banget wow ini kita di situs purbakala kali membuang Bori diberi kalimbuang kami bisa melihat 102

Menhir yang berasal dari era megalitikum menhir adalah sebutan untuk batu yang dipasang tegak sebagai bentuk pemujaan pada nenek moyang si pembuang batu menhir yang berdiri tegak sebagai penanda dari setiap Upacara pemakaman yang diadakan di area lantai meskipun ukuran yang berbeda menhir tersebut memiliki nilai adat yang sama menhir

Atau Simbuang Batu hanya dapat dipasang apabila ada seorang pembuka masyarakat yang meninggal dan dibicarakan secara adat dalam tingkat rapasan Sapuran Danan kerbau yang dipotong minimal 24 ekor [Musik] diperkirakan telah ada sejak tahun 1718 dimana menhir pertama kali didirikan pada tahun 1657 Wow keren banget ini tapi cara membuatnya tadi nggak dijelasin ya

Pakai kayu pakai kayu dan batu juga ini didirikan untuk menghormati leluhur mereka yang meninggal membangun menhir baru pun harus disertai upacara adat rapasan Sapuran dan yang sakral dalam upacara itu harus dikurbankan 24 ekor kerbau dan batu-batuan bahan menhir didapatkan dari gunung terdekat suku Toraja bergotong-royong memindahkan bebatuan terbesar ini ke beri kalian

Buang secara sukarela Wah keren banget [Musik] batu-batu dilobangin jadi kuburan satu keliling ya tadi batunya besar jadi bisa menyimpan banyak jenazah tuh depan belakang atas bawah terus eh ya di sini Kita juga janjian sama omdo nih salah satu penonton Setia roti Indonesia yang datang bersama putrinya lengkap sudah memakai t-shirt protein

Indonesia yang katanya sudah dia beli beberapa tahun lalu Terima kasih ya om om Doni baru pemakaman juga sebulan yang lalu orang tuanya pokoknya pas 100 tahun sedikit yang tadi ya kalau pemakaman di Toraja ini katanya biayanya cukup besar ya itu dan pemondokan kalau kerbaunya aja deh kerbau tuh satu

Ekor berapa yang hitam bisa minimal 30 juta baru hitam kalau kerbau yang belang-belang bisa dari 100 200 300 Nah itu berapa kerbau harus dipotong tergantung tingkatan acaranya beda-beda ya [Musik] tidak terbatas tapi di batas standar dua tempat itu ada persyaratan tertentu gak sih Untuk Yang 24 ekor itu sudah masuk

Kategori yang itu atau dia seperti bangsawan atau golongannya Bagaimana di masyarakat kalau yang 24 Apakah semua masyarakat harus 24 tidak juga Nah itulah kembali kepada kearifan lokal lelang tergantung itu sudah itulah bajunya pakaiannya tapi makanya jadi tujuan wisata dunia kan karena adatnya itu uniknya itulah makanya jadi destinasi [Musik] yang warna-warni [Musik]

Ya di sini ada kuburan baby baby-nya kuburnya di pohon karena dipercaya baby itu kan umurnya masih panjang ya Jadi dia akan bertumbuh seiring dengan pohon bertemu seiring dengan pohon bertumbuh dipercaya begitu [Musik] kawan-kawan Begitulah cerita sangat singkat Bang Den dan gak beda di Kabupaten Toraja Utara dan tanah Toraja

Yang menyimpan warisan kekayaan budaya dari nenek moyang nusantara yang luar biasa sekali kalau mau diceritakan secara detail dan lengkap Waduh nggak akan pernah cukup waktu deh mending datang dan lihat sendiri deh jangan dengar kata orang [Musik] meskipun kami belum sempat menyaksikan upacara Rambu Solo dan pergi ke lembah

Alon suatu saat kami pasti kembali seperti banyak tempat lain di nusantara kita ini nggak cukup hanya sekali datang apalagi dengan waktu yang relatif singkat itulah Indonesia halo Kami ingin mengucapkan terima kasih banyak untuk kakak as Bang uji Kak 0ce dan seluruh staf Toraja misiliana hotel yang telah memfasilitasi Road Trip

Indonesia selama berada di Toraja terima kasih terima kasih banyak terima kasih Toraja Indonesia selama berada di Toraja hotelnya nyaman sekali indah dan hotel ini sudah seperti tempat wisata sendiri ya karena banyak tongkonan-tongkonannya dan kita dibawa ke suasana Toraja masa lalu ketika menginap di hotel ini dengan taman-tamannya kolam berenang dan semua

Arsitekturnya membawa kita ke suasana Toraja klasik Terima kasih Sekali lagi kami ucapkan kepada kak As uji dan seluruh kru Toraja Miliana hotel yang telah memfasilitasi Hotel Indonesia selama di Toraja keren banget Indonesia kalau ke Toraja jangan lupa mampir di Toraja [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] buat teman-teman yang ingin mendukung

Perjalanan Rotib Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi saya itu ada t-shirt ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning banyak lah ya teman-teman kita jual storage bag ini

Buat di ban serep untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ya Ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya

Ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini ini nih
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url