MENGINAP DI HOTEL TERMAHAL II Toraja 1

[Musik] gak usah dengar kata orang lebih baik datang dan lihat sendiri ini Indonesia Bung Kami sampai di salah satu tempat istimewa di nusantara yang bikin orang dari seluruh penjuru dunia mau datang ke sini melihat keunikan warisan budaya yang sangat luar biasa sekali dan kami pemilik negeri ini seumur hidup belum pernah [Musik]

Kami pasangan suami istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil lebih 6 tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan akibat bangsa ini perjalanan tanpa batas waktu ke tempat-tempat Tanpa Batas kemana saja [Musik] Bagaimana ketersediaan solar di Toraja aman kita sudah sampai di kota sudah sampai ke Raja Utara mungkin ada Toraja lainnya

Sekarang sudah sampai di Toraja Utara [Musik] akhirnya kami sampai di Rantepao ibukota kabupaten Toraja Utara setelah melewati jalur yang cukup menantang tapi sangat indah dari Kota Palopo [Musik] [Musik] [Musik] sudah ada nama kita Selamat datang di hotel Toraja misiliana ada Bapak Helmi pajak Palopo ada Bapak Oh ini hotelnya luar biasa

Iya kalau ini namanya apa nih namanya songkok atau Iya songkok ya songkok Toraja seperti yang pegang eh atau kerbau itu ya kalau kita hujan kepanasan orang pakai ini [Musik] ini banyak rumah adat di sininya Tongkonan Ada kamar yang paling mahal di sini pak itu berapa harganya Pak [Musik] masih ada

Jadi di sini teman-teman ada yang President harganya 15 juta Semarang [Musik] Oh ngapain sayang pilih-pilih laundry jadi pilih baju yang mau di laundry Ayo kita start explore Store aja karena masih siang setelah check in di hotel kami manfaatkan waktu untuk ekspor spot wisata di sekitar Oh ya kabarnya kebanyakan tempat-tempat wisata di

Toraja ini saling berdekatan Yuk kita lihat ada apa aja nih dekat-dekat sini Kamu lagi di mana [Musik] Tongkonan itu untuk rumah tinggal ya rumah tinggal tiang-tiangnya dari kayu bawah nah ini Tongkonan ini untuk lumbung padi bedanya juga dia tiang-tiangnya dari ini ada pohon palem juga sejenis Palem jadi

Dia nggak bisa dipanggil sama tikus dan yang punya Tongkonan ini sudah pasti dari golongan bangsawan pemukiman buntu punya dibangun pertama kali pada tahun 1880 oleh si ambeb pong marambe salah satu pimpinan atau bangsawan yang berpengaruh di Toraja pada tahun 1880 sampai 1916 di dalam kompleks terdapat dua Tongkonan

Atau rumah adat Toraja dan 7 buah Alang lumbung sekarang kita lihat ke makamnya mereka juga punya makam buntu punai yang di bagian baratnya terdapat bukit-bukit karst yang puncaknya bisa digunakan untuk membangun tempat pengintaian yang berlapis-lapis lerengnya digunakan sebagai benteng pertahanan atau benteng kaluku buntu Bone serta dinding-dinding batu dan kaki

Bukit sebagai lokasi pekuburan leluhur [Musik] makam Toraja ruang [Musik] dari bentuk boneka ini adalah desa adat dan desa wisata yang sudah mendunia karena keunikannya dengan rumah adat Tongkonan yang diperkirakan sudah berusia lebih dari 300 tahun kita ada di objek wisata ketek Bagaimana cara bicaranya ya penyebutannya gimana ketek kesu tau bagaimana

Menurut masyarakat Toraja masyarakat yang berdarah bangsawan yang boleh membangun rumah adat Tongkonan ini [Musik] terdapat peninggalan purbakala berupa kuburan batu yang diperkirakan berusia 500 tahun lebih dalam kubur batu yang menyerupai sampan atau perahu tersebut tersimpan sisa-sisa tengkorak dan tulang manusia hampir semua kubur batu diletakkan menggantung di tebing atau

Gua Selain itu di beberapa tempat juga terlihat kuburan megah milik bangsawan yang telah meninggal dunia Ya teman-teman ini kita pas lagi di Toraja itu kita lihat Ada game lagi parkir di sini tadi ada orangnya kayaknya lagi tidur-tiduran di dalam dan ini campervan ini dia dari luar negeri Karena kita

Lihat plat nomornya ini keliling dunia sepertinya Wah diketik kesu ini kami juga bertemu dengan pasangan suami istri yang sedang keliling dunia dengan mobil mereka berangkat dari Perancis sejak tahun 2016 kamu pegang-pegang dulu nanti kita dream kita kalau kita keliling dunia pakai ini Indonesia [Musik] [Musik] mereka sudah cukup Oh teman-teman dan

Mereka keliling dunia Jadi kita belum terlalu tua baru keliling Indonesia oke semangat tapi sehat keliling terus Wah Ayo kita pindahkan dulu nih mobil kami suling sejak ke sampingnya supaya ketularan keliling dunia hehehe kita parkirin di sini dulu biar bisa ketularan juga buat keliling dunia Amin ya sama senior Kami sempat diundang

Melihat ke dalam mobilnya tapi sayang tidak boleh di videokan tidak boleh di review mungkin masalah privasi ya Oh ya Kalau kami punya channel YouTube untuk menceritakan perjalanan mereka punya websitenya Kami senang sekali bisa bertemu dan berkenalan dengan cloud dan alain Mungkin ini suatu tanda-tanda bahwa rotrip Indonesia akan keliling

Dunia juga nanti ah amin amin dalamnya juga ya toilet kamar mandi [Musik] sore hari Toraja ini kotanya Wah guys kita jadi Makin bersemangat ini ketemu sama pasangan dari Prancis tadi guys [Musik] Oh ya kami juga sangat beruntung kali ini karena bisa menginap di Toraja misiliana Hotel kabarnya ini adalah

Hotel terbaik di Toraja lokasinya sendiri sangat luas dengan taman dan tumbuhan yang terawat bersih dan rapi dikelilingi oleh perbukitan batu khas Toraja di sini Asri ya sayang ya tempatnya ya hijau hijau semua ya pohon sudah besar-besar dirawat tiap hari tiap pagi sore hotel di sini nih konsepnya itu memang rumah Tongkonan

Semua rumah adatnya Toraja rumah para-para bangsawan jadi luas banget ya sayang ya jadi luas sekali arealnya Entah berapa hektar dan berbagai macam tipe dan kelas kamarnya Makasih buat kakak ass atau Bapak Johan selaku owner yang sudah Indonesia untuk bisa merasakan tinggal di Toraja misiliana ini Makasih juga buat om muji ya

Dan semua hotel misiliana Toraja Terima kasih banyak [Musik] suasananya seperti kita berada di perkampungan Toraja klasik dengan banyaknya rumah adat Tongkonan yang usianya sudah tua jadi masuk ke kawasan Hotel sudah seperti masuk ke kawasan wisata yang sangat luas [Musik] ini di depan itu lobinya lobby utama di sini ada cafenya

Sementara ini lokasinya tuh kita dikelilingi dengan perbukitan atau pegunungan Kars batu-batu kalau kita teman-teman lihat itu semua itu adalah batu-batu khas yang luar biasa indahnya cuaca di sini sangat sejuk sekali sangat dingin kalau malam ini juga sudah menjelang siang pagi-pagi tapi udaranya masih sejuk sejuk sekali Nah ini ada lagi berupa

Kamar-kamar banyak banyak sekali kamar kotetnya di sini kabarnya lagi harga kamar presiden suitnya bisa mencapai 15 juta per malam Wow Waduh Siapa ya yang bisa nginep di sini Kalau kami menginap di sini udah pasti nggak bisa tidur sayang hahaha Selamat pagi [Musik] kamar mandi oke [Musik] ini Tongkonan angin-angin bangunnya tahun 1942

Ada namanya setiap Tongkonan ya Coba kita lihat satu lagi Wow ini lebih tua lagi nih Tongkonan Bori aduh 1745 nih bisa duduk-duduk di sini tangganya Oh ini dulu jadikan kamar 291 Toraja Suite sudah begini kayu-kayunya tuh Good morning selamat pagi ayo kita sarapan dulu Sayang pagi ini segar sekali ya Tanah Toraja

Misi Diana hotel sarapannya kita di sana lebih sana kita masih lihat gunung-gunung khas dan kabut-kabutnya ya [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] hotel ini juga menyediakan sarapan yang enak banget dan beragam menunya saking banyak pilihannya jadi bingung sendiri mau makan apa makanan yang enak dan suasana restoran yang Asri hijau serta nyaman membuat

Kabeda betah nih berlama-lama di sini lagi sarapan di Toraja misiliana Hotel jadi memang kalau untuk Indonesia ini kita sarapannya agak-agak canggung sedikit ya karena apa Karena kan kita biasanya breakfast kita itu cuman telur orek tiap hari dimasakin sama Kak beda kan bahkan magnet itu nggak sarapan karena keto tapi sekarang kita

Dihadapkan begitu banyak menu pilihan dan semuanya enak-enak jadi agak goyang juga kan oleng juga nih pertahanan kita terakhir sarapan seperti ini itu waktu di Bali waktu diundang sama Om lebihnya kayaknya barunya lagi lebihnya Ya normal lah biasa Karena Toraja Michelin hotel ini kan hotel terbaik di Toraja Bahkan dia ada red

Yang termahal juga di sini jadi sarapannya seperti ini ya namanya kita petualang agak-agak Kagok lah tapi ya akhirnya bingung mau makan yang mana duluan ya sudah kita harus kembali mengontrolnya Terima kasih ya Toraja misiliana Hotel sarapannya luar biasa [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] ini hari ke-4 jadi setiap harinya itu

Berbeda menu pokoknya ada banyak pilihan lah jadi kalau orang tidak suka makan nasi di pagi hari dia bisa pilih mie dia bisa pilih kentang atau mau ringan bubur ayam gitu mie ayam buah-buahan everyday ada jus kue tradisional kue internasional enak terima kasih chef masakannya luar biasa [Musik] buat teman-teman yang ingin mendukung

Perjalanan Rotib Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi saya ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning pilihan warnanya dan kita juga ada storage back nih teman-teman kita jual storage bag ini buat di ban serep

Untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya Nah pesannya ada di kolom

Deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini ini nih