SEANDAINYA SEMUA KOTA INDONESIA SEPERTI INI.

[Musik] satu-satunya rencana Tanpa Rencana terdengar [Musik] ekstrem Jangan ditiru di kehidupan nyata hanya berlaku bagi petualang yang hidupnya dalam mimpi dan terobsesi dengan kehidupan Bebas Merdeka berontak dari sistem usang yang mengikat rantai sudah diputus penjara kami robohkan lalu pergi mengembara Halo saya Bang saya k beda bersama mobil kami yang bernama Seruling senja

Kamionesia tahun hidup nomaden di jalanan di berbagai kondisi alam nusantara terbang bebas ke mana suka tanpa b tinggal di rumahnya kalau ke Pekanbaru Makasih banyak sampai ketemu lagi stama sukses selalu sehat-sehat selalu Om Sampai berjumpa lagi bye bye malam sebelumnya kami juga meet and greet dengan kawan-kawan komunitas ffc Camper fan Indonesia

Camping Adventure family dan skin juga dihadiri penonton Setia Road Trip Indonesia yang tinggal di Pekanbaru Mama Sonya Makasih ya sudah datang jauh-jauh tuh Bang sudah ketemu kah Oh saya gak perlu ngopi saya jualan [Musik] aja Oh ya untuk video kali ini disponsori oleh mitratel perusahaan infrastruktur telekomunikasi digital yang memiliki towar telekomunikasi

Sampai ke pelosok [Musik] nusantara [Musik] Riau ini trik sekali ya sepanjang jalan juga kita lihat itu kelapa sawit Akasia rencananya kita mau menelusuri Ada jalur katanya bisa menyeberang dari Pekanbaru dari Riau ini Via Kepri Kepulauan Riau kemudian ke Kalimantan Nah kita mau coba nih jalur Ini pertama kita harus menuju

Ke pelabuhan Sungai pakning namanya di Bengkalis itu jaraknya kurang lebih 150 km dari Pekanbaru [Musik] ini jalan menuju ke Siak Indrapura nih ada yang tahu gak ini Pipa apa nih pipa minyak dari mana ke mana Ini minyak apa ituanya besar-besar Guys kita Break dulu berhenti makan siang dulu ini Kayaknya ada apa tulisan

Salai patin ak gitu banyak ramai yang parkir nih Jam 11.39 semenjak kami masuk ke provinsi Riau ini menu ikan patin ada di mana-mana dengan berbagai macam cara olahannya kenapa ya ikan patin sangat populer di Riau kamu suka ikan patin dimasak [Musik] apa mau kalau gak dibayar guys memasuki kota vinya sangat

Berbeda dengan kota-kota yang pernah kami kunjungi sebelumnya Di Sini dari awal masuk sudah rapi dan bersih sekali jujur kami terkagum-kagum begitu masuk kota siap hijau dan dipenuhi dengan taman-taman yang indah sampai ke sudut-sudut kotanya pokoknya kota ini memang berbeda spesial banget bagi kami jujur kami terkagum-kagum begitu masuk kota Siak

Akhirnya kita sampai di sebuah kota kota yang tadi Sepanjang Jalan Kita Lihat kotanya rapi bersih indah gitu ya terawat di belakang kita itu yang dibilang namanya Istana Siak kita baru sampai nih rencana kita kita mau merapat di sini dulu ya keren dan memang sini terkenal ee Kabupaten atau daerah yang

Kaya banyak duit banyak duit piti piti piti Oke Enggak tahu kalau kalian tahu kekayaan Siak ini dari mana ya kaget ternyata ada juga kota yang penataannya detail sekali kami langsung jatuh cinta dan memutuskan menginap di [Musik] sini Selamat pagi guys Ya ampun Seruling senja kamu berakin burung ini ya W guys

Lihat penuh diein sama bur wah wah ini burung merusak Citra kota Siak ini e Sembarangan aja Seruling senja bukan toilet umum Woy kita harus cari cucian mobil di sini ni kami menginap di pinggiran Sungai Siak yang membelah kota Siak Sungai terdalam di Indonesia dengan kedalaman dulu 30 M tapi karena sudah terjadi pendangkalan

Tersisa 18 m saja sungai ini biasa dilalui kapal-kapal peti kemas dan tongkang pembawa kayu Akasia sebagai bahan baku pembuat kertas karena di hilir Sungai Siak terdapat beberapa pabrik sawit maupun kertas ini mau dibawa ke mana ya Dari mana ke mana nih Coba kalau kawan-kawan di Siak kawan-kawan Riau ada yang tahu ini

Kapal-kapal ini dari mana ke [Musik] mana guys kabarnya di sini sekarang kita bisa naik ke atas sana Ayo kita coba yuk kita coba naik ke atas itu kamu berani sayang di k kopi itu tuh orangnya miring tuh guys lifnya turun tuh ini trip terakhir soalnya mau jam 5 sore [Musik]

Dah ternyata loget sudah ditutup guys buka dari jam 10 pagi sampai jam 5.00 sore kami belum beruntung yang tadinya tanpa rencana singgah di sini malah sampai hari ketiga ini ada kelenteng hoksukong di kota ini juga kelentengnya keren banget dan terletak di pinggir sungai Siak Legend juga di sini karena ini dibangun tahun eh

1871 Nusantara cycling team Indonesia kebetulan pula kota ini sering mengadakan event internasional seperti sekarang ini tour the Siak acara balap sepeda internasional yang menarik perhatian kami peserta dari Korea Selatan yang meski pembalap dan sering kepanasan tapi penampilan mereka enggak kalah glowing dengan artis-artis Korea Selatan lainnya seperti sudah jadi

Budaya ya kulitnya putih-putih yang suka nonton k-pop-kpop drama begitu Wah pasti senang nih ngelihatnya ya Guys kita baru selesai pelepasan pelepasan setelah acara pelepasan sepeda Tour de siia kami kedatangan tamu penonton Setia Road Trip Indonesia yang datang dari jauh kota Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Riau Om Budi dan teman-temannya Haikal dan Ayu sengaja

Datang mengunjungi kami di sini terima kasih ya Kami merasa terhormat bersama-sama kami pergi untuk melihat istana siang Indrapura atau istana Asaya hasyimiah dengan keindahan bernuansa Islam dan berarsitektur [Musik] Eropa [Musik] kita enggak boleh masuk istana guys karena ternyata kalau masuk istana salah satu syaratnya harus pakai celana panjang atau pakai sarung tapi di

Belakang ada penyewaan kita bisa sewa sarung di belakang Dek berapa Dek sew Dek r.000 tinggalkan KTP ya Iya nanti nanti kalau udah selesai ktp-nya dikembalikan kirnya kita ambil [Musik] oke istana yang wajib ya kamu kunjungi kalau datang ke Siak Istana Siak Sri Indrapura dibangun pada masa Sultan asidis Syarif

Ismail Jalil Jalaluddin ini pada tahun 1889 oleh seorang arsitek asal Jerman bernama vane morte jadi kita kalau di istana siang ini kita dibantu fotoin jadi nanti kalau kawan-kawan ke sini minta bantu sama ibu ini yang foto-fotoin dia sudah hafal angle-angel-nya semua gitu Ibu itu tuh tuh k bedanya kesenangan banget ya kan

Ada tiga hal paling aneh yang ada dalam istana ini yang pertama adalah lemari besi yang tidak pernah bisa dibuka sampai sekarang meski sudah dilakukan berbagai cara dan mendatangkan banyak ahli kunci sehingga Apa isi lemari besi ini tidak ada yang tahu sampai saat ini dua cermin permaisuri Tengku Agung

Permaisuri Sultan Sarif Kasim kedua ini tidak terbuat dari kaca melainkan kristal menurut mitos yang berkembang setiap wanita yang berkaca di sini bakal jadi awet muda dan tambah cantik ini adalah cermin permaisuri yang terbuat dari kristal jadi kolon katanya kalau kita bercermin di sini kita akan awet muda selalu awet muda lihat aku

Tiga komet kabarnya alat pemutar musik yang dapat memainkan lagu beeoven Mozart dan straous itu hanya ada dua di dunia dan yang di Istana Siak saja yang masih bisa berfungsi dan digunakan guys kamu masih belum mau ke Siak Iya terima kasih banyak sehat [Musik] selaluan lah di Pekanbaru Oh di

Pekanbaru kita lagi di RK Barb shop ini di kabupaten di kota Siak nih karena ini sudahah mulai-mulai gerah nih dan kayaknya rambut ini juga enggak ada modelnya Jadi pas cek-cek Instagram ada barbber shop di sini sudahudah gitu Harus waiting list ngisi jadwal jam segini udah daftar ini jam segini

Udah ini Wah boleh juga nih kayaknya nih saya nge-share kan kan Instagram itu sebagai media promosi ni kan betul kalau Instagram saya sejak awal buka barber udah langsung buka akun Buka akun Instagram untuk official barber inilah karena apa ya barbersop ini kan jangkauan jangkauan pasarnya anak muda

Bang ya Jadi kan anak muda banyak-banyak yang main IG tuh main Instagram sebagai media promosi sebagai marketing juga Heeh dengan kita menggunakan Instagram ini jangkauannya lebih luas ya jangkauannya lebih luas mungkin orang-orang yang enggak bisa kita jangkau di Siak ini di dari luar bisa kita [Tepuk tangan] jangkau ketika kita ngobrol sama

Teman-teman kita tanya sana kita tanya sini ternyata Kenapa Siak ini bisa jadi serapi tertata seperti ini ternyata sebelumnya Siak itu hanyalah sebuah kota kecamatan kecil yang belum terhubung oleh jembatan seperti sekarang ini dia masih bagian dari kabupaten Bengkalis dan ya boleh dibilang terisolir karena dulu satu-satunya akses untuk sampai ke

Kecamatan Siak sebelum jembatan ini dibangun tahun 2002 itu hanya bisa melalui Sungai Siak jadi bisa dibayangkan akhirnya dibangun sebuah kota baru yang mendatangkan pakar-pakar tata ruang kota tuh dari ITB apa dari Jawa Barat dari Bandung katanya makanya ditata dibangun ulang yang tadi awalnya ituh adalah sebuah kecamatan di tengah Perkebunan karet [Musik]

Mantap kita sih Berharap Ya semua kota-kota di Indonesia ini minimal bisa serapi dan sebersih siap itu baru kota namanya nyaman sekali Pagi ini kita akan melanjutkan perjalanan dari kota Siak kota Siak menuju menuju ke nanti kita lihat yang pasti sih kita mau ke sungai pakning cuman gak tahu dari sungai pakning

Apakah kita akan nyeberang ke Bengkalis apa mau lanjut ke Batam tergantung kemudi mengarahkan kita selalu penasaran kalau sudah masuk ke sebuah tempat yang unik dan menarik tapi perjalanan harus Kami lanjutkan kalau tidak kapan sampai kali mantan rasanya masih punya hutang besar kalau belum sampai ke tanah Borneo begitulah Road Trip Indonesia

Tidak pernah fokus pada tujuan lebih menikmati apa saja yang menarik perhatian di sepanjang jalan rencana bisa berubah kapan saja mengikuti instin toh kami sudah bebas dari ikatan [Musik] waktu kita sudah mau masuk ke sungai pakning kabupaten Bengkalis Sebentar lagi kita sampai di pelabuhan penyeberangan dan kita ketemu Tower

Mitratel tuh di situ tuh di video ini kita kan sedang menjalankan misinya mitratel pas ketemu towernya mitratel Mantap Jadi dengan adanya tower mitratel di mana-mana itu akan berpengaruh banyak pelaku-pelaku usaha UMKM yang bisa menjalankan bisnisnya walaupun dari tempat-tempat yang terpencil ini jauh loh dari ibukota provinsi aja Pekanbaru

Itu 34 jam kayaknya di sini oke Ayo kita lanjutkan kita lihat e pelabuhan penyeberangannya mitratel bukan hanya rekanan salah satu provider telekomunikasi tertentu saja tapi juga membuka peluang kolaborasi untuk provider provider telekomunikasi lain seperti XL Indosat smartfend dan lain-lainnya ini kan di pinggir laut nih berapa si ketinggiannya tuh cuma 3 Me

Dari dari permukaan laut Wow di luar panasnya Lumayan lumayan triik Sungai Pak 29 tapi aku gak tahu ini Apakah suhu cuaca di di luar Apakah cuaca di dalam mobil karena kita pakai [Musik] AC ternyata betul sampai di Pelabuhan Sungai pakning kami putuskan untuk menyeberang dulu ke Pulau Bengkalis

Masih provinsi Riau penasaran aja Ada apa di sana Batam skip dulu ya Beberapa hari kapal penyeberangan Sungai pakning ke Pulau Bengkalis ada setiap jam dengan harga tiket mobil Rp150.000 sudah termasuk penumpang lama penyeberangan melewati Selat Bengkalis 1 jam sa cuaca cerah karena penyeberangan tidak lama kami tidak turun dari [Musik]

Mobil Pulau Bengkalis kami datang ada cerita hidup seperti apa lagi yang akan kami ukir di sini kami pun tidak pernah tahu apa yang akan terjadi Kita baru makan siang di pelabuhan banyak monyet guys engak ini banyak banyak monyet di sini Iya di sini banyak monyet monyet dari mana ini R ya namanya

Di Pulau oh dia suka mencuri barang-barang penumpang I curi-curi penumpang l tapi jadi pemandangan indah lah untuk hiburan Supaya gak lama menunggu kan makan siang Salat kita bebungkus dari mana kita bebungkus tadi dari jalan yang tadi kan sekarang baru kesempatan makan siangnya di sini sekarang kita mau cari tempat namanya

Teman-teman dari Fort Everest Club juga kita mau cari alamat rumahnya Udah Buruan l Makannya lama banget kalau makannya gak apaapa jalan aja Iya Bang Den Bang Den Guys kita cekin dulu guys di kota Bengkalis kami menginap di hotel berlian Cafe Dan Resto sebuah hotel yang bersih dan rapi dengan pelayanan profesional

Hotel berlian dikelola oleh dua anak muda yang bersahabat dari kecil Ko Budi sebagai general manager dan Ko Henri sebagai owner Terima kasih ya telah memfasilitasi Road Trip Indonesia dengan keramah tamahannya ini bisa buat berempat oh gitu oh oh besar sekali masih baru Bang kota Bengkalis itu bersih sepi dan

Damai seperti di Siak kerukunan umat beragama terasa kuat di sini percampuran masyarakat tionghoa dan Melayu pesisir dengan tradisi minum kopi yang sangat kental banyak warung-warung kopi legendaris di sini sayangnya footage rekaman video di Bengkalis ini banyak yang hilang tidak ketemu Entahlah sano tim videografer RTI sedang kurang konsentrasi tampaknya

Jangan sampai terulang lagi ya karena 8 tahun perjalanan Road Trip Indonesia belum pernah lalai sampai kehilangan file video satu pun Wow guys ini luar biasa ini rumahnya rumah dinas kediaman Bupati Bengkalis Wah ini kayaknya paling paling mewah udah kayak istana nih kita diantar sama Om Darin sama omau Om ini kita bisa

Lihat ke dalam lagi ada pekerjaan Om lagi ada pekerjaan Tadi dikasih tahu Oh lagi ada pekerjaan depan kita hanya lihat di depan aja ya kita kalau tinggal di sini mungkin kita enggak keluar-keluar enggak kerja-kerja kali ya Udah ngadem aja di rumah terus gu kan rebah kan nikmatin rumahnya mau punya

Cita-cita mau jadi Bupati di bengkaliis supaya Kak beda bisa menikmati tinggal di rumah seperti ini oh jadi kediamannya di sebelah kalau ini wismananya malamnya kami langsung dijamu untuk mencicipi menu spesial yang ada di kafe Dan Resto hotel ini ikan apa ini Om Budi Ini ikan [Musik] bawal luar biasa kita ketemu sama dber

Lagi makan juga di sini lagi makan guys ada Atu lagi ulang tahun Selamat ulang tahun ya at Selamat ulang tahun atu Happy birthday jangan jer ya Akak d d ini enggak mungkin bikin Jera ini kalau sudah meninggalkan yaat ulang tahun buat atuk di [Musik] sana Oh ini namanya canai tisu roti

Canai tapi tipis roti canai tisu sebutannya dan yang tisu dan tisu dia seperti tisu asli enak guys asli enak benar tadi waktu baru datang kita pikir ini siapa yang bakal ngabisin gitu tapi tidak bersisa [Musik] Akhirnya hari ini kami lakukan perjalanan melintas Pulau Bengkalis menuju kawasan pantai bernama Selat baru

Daerah terluar yang langsung menghadap ke Selat Malaka dan berbatasan langsung dengan Negeri Jiran Malaysia ya ini kita ah mau masuk uk I pantai wisata Selat baru enggak terlalu jauh dari kota Bengkalis tapi jalannya itu kayak gini ya Rapi desa-desanya juga tuh rapi-rapi ini kebawa suasana di Malaysia kita

Benar deh bersih dan rapi sama seperti kota asak karena di sini sudah lebih dekat ke Malaysia kayaknya budayanya budaya Melayu eh budaya Melayu itu ternyata bersih dan rapi loh eh San itu kayaknya ada tower San siapa tahu itu tower mitratel kita cek yuk Siapa tahu Huh panas huh nanas Tower mitratel tuh

Ada sampai ke pelosok-pelosok mana pun juga sekarang sebetulnya masyarakat tuh sampai ke pedalaman-pedalaman nusantara itu sudah melek digital mencari informasi untuk berbisnis untuk itu dunia internet dan dunia digital ini tidak untuk disalahgunakan dan jangan disalah artikan juga untuk hal-hal yang negatif juga banyak banget kan berita-berita palsu di internet itu nah

Kita tuh harus pandai menyaring dan mef filternya karena Enggak semua berita-berita itu betul kalau enggak enggak usah enggak usah dibaca enggak usah dibuka apalagi disebarkan nah juga buat orang tua tuh orang tua kita tuh jangan sembarang-sembarang ngasih HP dan data ke anak-anaknya tanpa dipantau terus ini juga lagi marak tuh sayang Apa

Itu masalah judi online Oh iya ya masalah pinjaman online Nah itu kalau kalau kawan-kawan sampai terjebak dengan judi online ya kecanduan judi online dan pinjaman online Wah sudah itu dampaknya luar biasa kita pernah dengar ada yang sampai bunuh diri iya aduh amit-amit pokoknya kawan-kawan rot Indonesia jangan sampai terperangkap judi online

Judi online itu kita ngelawannya mesin enggak akan menang mitratel exploring potential mitratel potential everywhere