MEMULAI HIDUP NOMADEN II JALUR SUMBAR - RIAU

[Musik] kampung halaman adalah tempat istirahat sejenak dari keinginan yang tidak ada habisnya Sekarang saatnya melanjutkan perjalanan hidup nomaden untuk meneruskan proses membentuk diri dengan belajar dari alam terkembang 8 tahun hidup di jalan telah mendidik jiwa raga kami dengan cara sangat menyenangkan Halo saya Bang Den saya Kak beda bersama

Mobil kami yang bernama Seruling senja kami ro trip Indonesia tahun hidup nomaden di jalanan di berbagai kondisi alam nusantara terbang bebas ke mana suka tanpa batas waktu buang dulu seperti biasa sebelum kita berangkat karena kita sudah loading semua barang-barang kita sudah naik dan berat sekali makanya kita kembali isi

Angin ini ini adalah load support load support dari Akasia Motor Jakarta load support itu adalah memang khusus untuk mobil-mobil dengan muatannya yang overload yang melebihi kapasitas jadi buat teman-teman Camper fan ataupun mobil-mobil Overland yang karena kita selalu bebannya itu memang sangat berat itu penting sekali untuk kita pakai load

Support ini karena dia berfungsi selain juga untuk menjaga shockaker kita supaya awet dia waktu kita di tikungan-tikungan itu terasa stabil tidak ada limpungnya kita sudah coba dari Jawa sampai Sumatera dan hasilnya luar biasa Oke terima kasih ya Akasia motor Om Har sama om Iwan Thank you l supportnya guys habis Guys kita udah

Ngantri guys habis kita sudah antri sekian lama sampai di sini ternyata Kita habis baru jam saya kecewa terus terang dan habisnya pas giliran kita lagi kita berada di perbatasan perbatasan antara Payakumbuh Sumatera Barat dengan Riau jadi setelah beberapa bulan kita di kampung halaman karena berbagai hal yang menghalangi kita untuk

Berangkat tapi banyak sekali hikmahnya yang bisa kita pelajari maka Hari ini kita mau mulai melanjutkan perjalanan kita dari Sumatera Barat Menuju Riau ya sayangih banyakah akhirnya kita harus berangkat lagi hidup harus berjalan kita mau coba dulu Antri biosolar di sini karena kitaak tahu kondisi osolar di Pekanbaru Pekanbaru atau Riau Seperti

Apa Kalau ada kawan-kawan yang di Riau atau Pekanbaru boleh sampaikan di kolom komentar Bagaimana kondisi solar di SPBU di sana Makasih ini jalur dari Sumatera Barat menuju Pekanbaru provinsi Riau sudah sering kami lewati dan tidak pernah bosan karena jalannya lebar mulus sepi dan pemandangannya lengkap salah satu jalur favorit Road Trip Indonesia Kenapa

Kami suka jalur ini begini ceritanya pegunungan-pegunungan tuh depan masih berkabut ya cuaca pagi ini cerah sekali [Musik] kawan-kawan nah ini adalah view-view yang pemandangan-pemandangan yang keren sepanjang perjalanan salah satu yang membuat menjadi jalur favorit Kami ini sudah masuk kawasan hutan sebentar lagi di depan kita akan masuk ke daerah kelok

Di belakang kita adalah Jembatan Kelok 9 yang sudah beberapa kali juga kita review beberapa kali juga kita bikin konten di sini tadi kita jalan itu awal udah cuaca cerah semangat kita sudah bagus gitu kan tiba-tiba masuk ke antrian SPBU terus terang aja m kita terganggu ya ya itulah persoalan-persoalan yang selalu kita

Hadapiantri bareng su-supir truk pas sampai di mendekat Kita habis habis kita gak mau juga terlalu apa banyak mengkritik kita juga tidak mau terlalu nyinyir nantii ini faktafakta di lapangan di daerah yang kita banyak sekali kita temui kita Betulnya pengin ingin menceritakan keindahan alam saja yang positifnya tentang Indonesia tapi ya

Kita juga harus fair juga bahwa ada hal-hal yang di lapangan ini yang banyak sekali persoalan-persoalan yang tidak terselesaikan bahkan tidak teratasi gitu kayak di Kelok 9 ini tadi kita masuk ke sini tuh sampahnya luar biasa ya sudahlah [Musik] [Musik] ya Jadi sepanjang perjalanan kita akan melewati juga e Pegunungan Bukit Barisan

Ya jadi tanjakannya mendaki menurun berkelok-kelok tapi Pemandang tangannya itu bagus sekali dari ketinggian ini jalanan Sei tuh jarang sekali mobil yang lewat Mungkin karena masih pagi ya setelah ini kita mungkin akan melalui Bendungan dulu atau Candi Muara Takus dulu ya ayo kita lihat aja deh Kami mulai masuk daerah pegunungan

Yang hijau dan sepi pemandangan ketinggian Pegunungan Bukit Barisan yang misterius sejak dari Lampung hingga Aceh sampai pada sebuah daerah bernama pangkalan Kami menyebutnya surga durian kalau pas musim nya berbagai jenis durian enak sepanjang jalan dengan harga bersahabat kami pasti mampir kita udah lama nih enggak ngelihat duren peng

Perpaduan duren dan pete itu musim yang sama Mereka ada di pinggir ini sudah masuk daerah pangkalan kayaknya kita coba cek dulu ya nih seang perpaduannya durian jengkol petehah ini kita berada di Koto alam pangkalan Kota Baru perbatasan masih masih di Sumatera Barat ini terakhir kita makan duren waktu

Masuk Sumatera Barat sekarang kita makan duren lagi pas mau keluar Sumatera Barat Wah mantap nihj kita naikin dulu gula darah pagi-pagi tadi bawa ketan harusnya iya ketan enak cobain Zan cobain mantap kita itu pencinta durian Tapi Bang Den Tuh makannya enggak banyak cuma kamu juga enggak banyak aku jugaak

Banyak kepengennya itu Wow lebih lebih kepengin dari orang yang pencinta duren kali jadi kita bungkus aja selalu engak mungkin enggak habis enggak mungkin habis di satu [Musik] tempat kita lanjut menghadapi tanda tanya Ada Cerita apa lagi di depan [Musik] sana tapi kok sekarang banyak damtrak besar-besar di jalur ini ya dulu tidak

Pernah kami [Musik] temui Sekarang kita coba masuk lagi ke sebuah antrian SPBU di daerah pangkalan masih di Sumatera Barat kita lihat sampai sejauh ini kita antri sudah tinggal satu mobil lagi masih aman alhamdulillah ada solarnya di sini Alhamdulillah akhirnya kita dapat juga biosolar tenang rasanya kalau sudah full tank perbatasan provinsi Sumatera Barat

Dan Riau Selamat datang di Ranah Minang provinsi Sumatera Barat sana juga ada Kalau di sana Selamat jalan Selamat jalan dari provinsi Riau sebetulnya jarak dari Payakumbuh ke Pekanbaru itu tujuan kita itu hanya 200 KM Cuman karena kita berhenti-berhenti dan ingin melaporkan kepada kawan-kawan Road Trip Indonesia tadi kita berangkat dari rumah

0.30 sekarang sudah 11.30 harusnya udah nyampai cuma karena kita banyak berhenti-berhenti seperti biasa guys kayak kita makan siang dulu deh Ini sudah jam berah 11.30 sudah hampir 11.30 kayaknya di depan itu ada buka tutup enggak tahu ada perbaikan apa Jadi kita ngantri karena ini kan pas turunan

Nih nanti kita lihat di depan ada apa [Musik] ya Kita istirahat makan siang dulu Ini udah masuk ke Riau ya masih perbatasan [Musik] telur dadar spring bed Nam dadar spring bed ayam lado hijau sama dendeng batoko terinspirasi juga aku mau bikin kayak gini kemarin kaneng betoko ya Oke makasih

Ya makasih Om ketemu penonton Road Trip Indonesia Om itu dia dari Pekanbaru mau ke Padang [Musik] Aduh Guys kita berhenti lagi nih ini yang namanya danau [Musik] buatan ini yang dibilang danau buatan PLTA Koto Panjang kabupaten Kampar jadi ini dibuat dibangun Tahun 1992 dan selesai tahun 1997 cuma 5 tahun Kenapa karena dia

Cuman bikin Dam itu beberapa Lembah jadi air itu terkepung nih air dari Sungai Kampar dan sungai Mangat ya atau Mahat itu terkumpul di sini terkepung enggak bisa keluar akhirnya dia menjadi danau buatan yang sangat luas luasnya sampai 12.400 hektar dan itu juga ee akhirnya beberapa desa itu tenggelam tenggelam maksudnya beberapa masyarakat

Dipindahkan dari Desa kelahirannya dari desa asal mereka untuk demi pembangkit listrik tenaga air Koto Panjang kabupaten Kampar ini ini luas sekali kawan-kawan nanti kita akan lihat jalan sampai ke sana dan banyak juga dijadikan tempat-tempat pariwisata karena view-nya bagus-bagus itu kenapa ini menjadi salah satu jalur favorit Road Trip Indonesia [Musik]

Mantap Oh ini yang ke Candi enggak Iya kayaknya iya kita ke sana harusnya Pekanbaru ke sana tapi kita ke candi maatakus Iya aku ingat kok gerbangnya kita masuk keluar dari Jalan Lintas Sumatera Barat atau lintas sumb Riau kita masuk ke ini arah mau ke Candi Muara Takus menit lagi dia soalnya masuk ke

Dalam ya jwan kalau yang baru pertama kali melintas sum Riau sih menuju ke Pekanbaru Riau itu rasa lengketnya tangan panasnya lembabnya itu terasa kayak kita masuk Sumbang memasuki provinsi Riau memang cuaca terasa menyengat berbeda dengan Sumatera Barat ya orang bilang daerah Riau itu di bawah minyak di atas minyak maksudnya di bawah

Banyak minyak buminya dan di atas permukaan tanah banyak minyak sawitnya kita Akhirnya sampai DII [Musik] [Musik] semaatakus ini salah satu yang kita lewati kalau antara perjalanan Sumatera Barat Menuju Riau jadi di muaratakus ini sejarahnya itu belum belum pasti sampai sekarang ada yang bilang sudah ada keemp ketu ada sebagian sejarawan bilang abad

Ke maupun abad ke-1 ya kita tidak tahu bagaimana penelitiannya ini tapi ini adalah salah satu candi peninggalan Budha ya peninggalan Budha dan ada juga yang mengkatkan bawa Candi ini katanya sudah ada di zaman Sriwijaya jadi memang informasinya sangat terbatas kita dilarang merusak cagar budayaend bisa sampai 5 miliaru bata

Ya Setiap berada di lokasi-lokasi candi seperti ini Imajinasiku membayangkan kehidupan nenek moyang kita berabat-abat lampau Seperti apa ya gaya hidup para leluhur kita pada masa itu oh ini seperti pagoda ya sekilas bentuknya seperti pagoda atau seperti kelamin laki-laki ya Tergantung tergantung otaknya masing-masingot parfumnya dulu sekarang kita sudah selesai di Candi

Muaraatus kita lihat lagi ada apaagi jalan sepanjang jalan sumber Riau ini yang pasti hot panas banget ya sauna ini kita berada di pintu gerbang pintu gerbang menuju Candi muaratakus tadi Kalau dari Sumatera Barat Tadi kita enggak bisa lihat ada petunjuk menuju Candi muaraatakus enggak tahu deh kalau

Dari arah Riau ya ini sudah jalan rayanya aku sih rekomendasi teman-teman kalau mau ajak anak-anak untuk belajar wisata sejarah gitu jangan Waterbom D lu Waterbom juga oke enggak ada masalah jadi hati-hati patokannya gerbang ini aja karena enggak ada petunjuk arah untuk ke Candi Muara Takus itu keren kok

Sekitar 17 km dari jalan raya lihat tuh kita ke sana view-nya bisa lihat danau itu masih termasuk danau buatan ya dari seberang sana dia muutter ke situ luas sekali danau buatan itu 12.400 hetar huh gokil Aku enggak tahu kenapa di sini Banyak debu ya kayaknya di sini ada pemecah batu deh Ayolah [Musik]

Debu Terminator pembangunan jalan tol nih Iya kayaknya ni jalan tol ah sampai di sini sekarang kami melewati daerah pembangunan jalan tol di provinsi Riau memang sudah ada beberapa ruas jalan tol yang bisa dinikmati masyarakat berbeda dengan Sumatera Barat yang belum punya jalan tol sampai sekarang ini persoalannya banyak banget kalau di sini

Ah nyampai Bang kinang nih terus kita lanjut tol Pekan Baru tuh foto Kampar Oh iya udah ada tuh gerbangnya iya keren nih gerbang tol 13 kot kamp hebat hebat Riau Riau keren Karena sudah banyak jalan tolnya yang sudah [Musik] siap katanya di sini diklaimnya sebagai wisata Puncak Raja Empat Iya Raja Empat

Raja atnya Sumatera Raj empnya Riau namanya ulukaso masih kabupaten Kampar ya ayo kita lihat Wah tanjakannya mleai juga ni dia berapa orang bangtig Pak satu orang r.000 mobil r.000 mobil r.000 iah Menuju Puncak jalannya menanjak cukup curam sebagian masih Tanah Merah dan sebagian sudah dicor sederhana Aku tidak tahu bagaimana kondisinya kalau hujan

Apakah bisa dilalui mobil biasa tapi ternyata sampai di atas sudah ada beberapa mobil yang sampai di sini ya ini kita udah sampai di atasnya jalannya masih offroad tadi Kalau yang dibilang Raja sebelah sana nanti kita harus naik lagi barusan dan kita ha minum kopi dulu [Musik] wow [Musik]

Nah ini kalau kawan-kawan mau tahu ini sambungan dari waduk yang tadi Apa danau buatan yang tadi itu luas sekali jadi kita sudah jalan Berapa kilometer dari tadi itu sudah setengah jam perjalanan berkilo-kilometer sudah puluhan kilometer belum selesai juga ini nyambung semua ini ini namanya daerah pulau gadang kabupaten Kampar di sinilah

Di bawah inilah desa-desa yang dulu ditenggelamkan dan dipindahkan ditenggel penduduknya salah satunya tadi Uni tempat kita minum kopi tadi itu adalah salah satu warga di sini yang sudah diungsikan demi membuat e PLTA nanti kita akan lewat Pusat plta-nya pembangkit listrik tenaga air Nah ini pulau-pulau ini sekarang Sudah dimiliki

Orang dan ditanami kebun karet kebanyakan Oke Guys sudah keringatan kita lanjutkan lagi perjalanan menuju Pekanbaru setengah jam lagi masuk to Bangkinang katanya [Musik] ngobrol-ngobrol nih dengan salah seorang pelaku UMKM di puncak ulukaso Uluk kaso Raja Kampar siapa namanya di diet ini adik-adik yang jualan di sini ini itu dulu kampungnya yang

Ditenggelamkan Kampung Pulau Godang ya Nah itu mereka katanya mendapatkan penggantian dikasih rumah pindahkan ke mana kalau ini di sana Nar di kampung patin itu wisata patin itu oh patin Oh itu tadi dikasih rumah dikasih kebun karet ini [Musik] apalagi begitu itulah jalur paya kumbu ke Pekanbaru yang biasa ditempuh 4 jam

Sekarang sudah hampir malam belum juga sampai Karena perjalanan Road Trip Indonesia bukan tentang tujuan tapi apa yang bisa kami nikmati sepanjang jalan kondisi alam yang lengkap mulai dari Lembah Harau kelok se pangkalan surganya durian jadi Muara Takus dan pemandangan Danau buatan jalan tol dan banyak lagi yang belum sempat kami

Explore itu kenapa kami tidak pernah bosan melintas di jalur ini ini kita diarahin Ternyata sore ini masih menyimpan kejutan bagi Road Trip Indonesia Ini pertama kalinya Kami mencoba jalan tol dengan pemandangan Sunset yang indah sekali dulu terakhir kami keeriau jalan tol ini belum ada semakin lengkap dan nikmat perjalanan di jalur Payakumbuh

Pekanbaru ini ini kita baru mencoba pertama kalinya jalan tol Bang kinang Pekanbaru terakhir kali kita kita ke sini tahun 2017 ke 2018 kita enggak tahu ini belum ada Dan Saldo kurang ambil ajur kiri kita coba dulu di sini kita engak tahu ini kartu terakhir di mana Sayang [Musik] Lampung Oh masih ada

106 masih ada r100.000 masih ada r100.000 ternyata aman aman sore ini kita UD berapa jam ya kita Start dari rumah tadi .30 sekarang kita sampai di area k 36 ini jalan tol pertama ini yang belum pernah kita lewati sebelumnya Bang kinang Pekanbaru kurang lebih 60 KM jaraknya luar biasa sih masuk ke sini

Langsung kayaknya sudahudah masuk ke peradaban mana gitu ya karena ini memang waktu kita terakhir ke Riau ke Pekanbaru belum ada jalan tol ini tadi juga kita lihat sudah mau tembus lagi ke arah pangkalan semakin dekat ke Sumatera Barat dan semakin dekat ke pay kumbuh Sumatera Barat gimana nih jalan tolnya nih Halo

Buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan Road Trip Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi sayaang itu ada t-shirt ada muk ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru Navi kuning banyaklah ya pilihan

Warnanya dan kita juga ada storage bag nih teman-teman kita jual storage bag ini buat diban serup untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modif diasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ya Ini udah hujan panas

Sudah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya cara pesannya ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini nih nih