HUTAN PERBATASAN SULAWESI TENGAH - SULAWESI SELATAN II Jalur Timur

[Musik] angin berhembus lembut saking tidak kenalnya dengan negara bangsa sendiri jadi banyak yang takut melakukan perjalanan darat apalagi keliling Indonesia apalagi bawa keluarga kami dulu juga begitu sih tapi setelah dijalani bahkan sampai bertahun-tahun semua persepsi negatif dan ketakutan berubah jadi kecanduan kami pasangan suami istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil

Lebih 6 tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan akibat bangsa ini perjalanan tanpa batas waktu ke tempat-tempat Tanpa Batas ke mana saja karena Sekarang sudah jam 5 lewat kita lihat di pendolo kayaknya kita akan beristirahat di sana Pagi ini kita terdampar di pinggir Danau Poso di pinggir pantai

Pantai laut cuaca agak gerimis sekarang kita lihat dulu tuh tempat Kita menginap [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] parkir di sini jadi tidak bisa tidak bisa langsung ke depan Gotik namanya di sini nasional putih kemarin kita nyetir seharian jadi hari ini kita harus pagi ini kita jalan kaki dikit lah Desa Pasir Putih Kecamatan

Pamona selatan bendono Itu nama apanya nama kabupatennya kayaknya bukan halo [Musik] airnya jernih sekali oke teman-teman kita akan lanjutkan lagi perjalanan dari pendolo nanti kita lihat apakah kita akan ke mana Nanti namanya Palopo Tanah Toraja nanti kita lihat lanjut Berapa satu Dragon besar itu 380 kemarin si Ibu yang di tentena 400

Jadi dari kemarin itu kita selalu banyak di pinggir jalan kita lihat duren besar-besar hitungannya per kilo ada yang Rp25.000 ada yang 30 ribu 1 kilo alpukat ya seperti ini sudah lama habis kemarin habis durennya dipanen teman-teman bukan jagoan jadi yang jagoan kemarin sudah habis ada yang baru jatuh Pak

Oh ini panen semua ya tidak ada yang jatuh ya [Musik] [Musik] salah satu serunya perjalanan darat adalah kita tidak perlu membuat rencana terlalu detail dalam berpergian menikmati banyak hal dengan spontan adalah kebebasan [Musik] merubah arah dan tujuan secara tiba-tiba sangat biasa tanpa rasa bersalah tidak usah terlalu banyak dipikir

Hirup udara segar dan rasakan nyanyian alam [Musik] pemandangan jalanannya itu ini gelombang-gelombang bukan gelombang lagi nih [Musik] [Musik] ini perbatasan terusan Apa itu Sulawesi kita lewat tadi jalan-jalan pegunungan ini memang tanjakan terus ya daerahnya daerah subur cuman pemandangannya bagus [Musik] Oke kita lanjutin perjalanan teman-teman

Ya kita lihat lagi ada apa lagi di depan yang menarik [Musik] waktu kita bilang itu ke ini siapa namanya tinombala Saya sering lewat di situ lewat Pasir Putih Oh itu bawa apa aja itu bawa X aja ya Hexa siapa namanya nanti masuk YouTube boleh namanya ardiman ardiman dari mana

Dari Makassar Makassar Asal saya dari Jeneponto jadi memang jalurnya sinilah ya kalau saya Bang keliling Pokoknya saya Sulawesi ini mulai dari pelosoknya mulai dari kotanya Jalan tikusnya Alhamdulillah sudah tidak dipertanyakan lagi Terima kasih ya banyak-banyak [Musik] [Musik] Oke terima kasih Om aku 112 Masamba 145 Palopo 213 Makassar 589 [Musik] Kenapa pecah

Harus ganti baru dong ini Abang Ini jebol ini ini [Musik] ini travel ya ni 8577 apa yang bikin viralnya iya [Musik] itu ke Morowali juga ya ini sembarang jalur Luk Banggai Morowali Manado ke atas Wah itu bawa apa aja 3 meter barang ekspedisi kuat mobil bawa itu berat

24 biji kemaren 24 biji kemaren nggak ditangkap polisi bawa setinggi itu kita lihat waktunya juga aku lihat ini Mobil ini nih ini apa aja isinya apa Oh ini tidak ada penumpang Oh ini barang aja semua teman-teman untuk semua full luar biasa cuman ini radiatornya jebol bocor Kenapa resiko para driver pelintas sudah

Seperti ini resikonya bagaimana cara mengatasinya ada teman dari jadi tiap-tiap daerah sudah ada ini ya 3 meter muatannya di atas bawa apa tadi 3 meter [Musik] siapa namanya Semoga bisa cepat segera teratasi lancar perjalanan wuling viral dari Makassar ini mobilnya jadi ini dia Taruh barang-barang taruh barang-barangnya di atas ini nih makanya

Dia kasih kayu-kayu ini buat tahanan barang-barangnya ini apa masih ada 4 Bi dia viral mobil nya 8577 Tik Tok makasih ya rejekinya sampai ketemu lagi dapat buah naga asli besar lagi [Musik] wih ini hutannya keren banget guys ada yang tau kah ini hutan lindung atau apa [Musik]

Yang pasti hutannya luar biasa kami suka sekali hutan seperti ini [Musik] [Tepuk tangan] Apa ya nama daerah di sini ada yang tahu tolong tulis di kolom komen ya thank you [Musik] [Tepuk tangan] hutannya bagus banget dingin hijau dan masih rapat jalanan kita ini memang tertutup oleh pohon-pohon besar di jalur

Kita sebentar lagi mau ke mangkutana Sulawesi Selatan Bro [Musik] teman-teman kita dari tadi sepanjang jalan melewati hutan lindung yang masih rapat sekali ini padat sekali nih cuman kita nggak tahu apakah ini hutan lindung Apakah ini hutan lindung atau tidak Tapi panjang jalan tadi [Musik] panjang jalan tadi hutannya kayak gini padatnya

Masih padat sekali teman-teman ini jalur Trans Sulawesi banyak dari Makassar hutannya masih rapat sekali kamu nggak bisa keluar becek dingin banget nih uh luar biasa guys keren banget ini hutannya guys lumutnya tuh masih tebel-tebel Wah kupu-kupunya lagi menyelimuti itu tapi nggak sebanyak yang kita lihat Mari Ibu aja nih wow

Air terjun yang Kita pernah lewati dan kita kembali lagi ingatlah bila airnya beras cagar alam Waru air terjunnya apa ya air terjun salowanua akhirnya ada SPBU yang menjual solar setelah berbulan-bulan [Musik] ya teman-teman akhirnya setelah masuk ke provinsi Sulawesi Selatan baru kita bisa mendapatkan biosolar bersubsidi akhirnya kita dapat

Bio solar bersubsidi di SPBU setelah berhari-hari Jalan bahkan semenjak dari Papua inilah baru dapat kita lagi dengan harga normal katanya memang kalau di daerah Sulawesi Selatan udah aman ini kita di daerah mangkutana namanya Oke Ayo kita lanjutkan lagi perjalanan Saya mau sholat dulu Ya seperti biasa guys Kak beda kalau sudah habis lewat

Hutan-hutan masuk sebuah kota kalau sedang melihat yang begini-begini ya kita mampir dulu cari minuman dingin katanya di pasar mangkutana Sulawesi Selatan sekali parkirnya Apakah kita bisa masuk saya coba dulu ya kita berhenti dulu ini nama desanya jelajah Kecamatan burau Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan seperti makan siang [Musik] nama YouTubenya itu sekalian panasnya

Oh guys panasnya luar biasa kita sekarang berhenti dulu di ini udah Masamba ya LU Utara kayaknya Sulawesi Selatan Istirahat di sini Sekalian salat ashar ini ada SPBU juga nggak tahu nih SPBU ini ada biosolarnya atau tidak cuman solar kita masih aman kok masih full minum dingin dulu kita di sini

Ada tempat duduk juga di sini mantap cuacanya mantap Setelah sekian lama saya jadi fansnya Akhirnya ketemu langsung sama orangnya ini tempat rumahnya banyak nih ternyata punya hobi hobi Overland sama offroad juga intip dulu mobilnya yuk [Musik] ketemu tadi di Alfamart lagi sholat ashar dia juga lagi mau salat ashar dia lihat

Iya benar oke om Makasih sampai ketemu lagi ya mana ini oh banjir bandang ini rumah di bawah ini [Musik] tapi [Musik] asam [Musik] itu yang belakang masih bertahan tuh yang sana tuh yang sini enggak kena kayaknya dia terbaru dibangun lagi Samba guys Turut berduka Setahun Lalu 2 tahun lalu

Sekarang kita masuk ke daerah namanya Batu si tanduk sektor Walenrang Walenrang Batu sitanduk Walenrang tuh Desa siapa nih daerahnya siapa nih senggol dong Mana suaranya sekarang jam 6.17 kita mau memasuki Kota Palopo tapi kena macet lagi guys di sini berarti dibilang 25 menit lagi pagi ini baru kita lanjut ke Toraja ya

Di Toraja juga sudah ada tempat yang menyambut Road Trip Indonesia di sana nanti Kita menginap di Palopo ya setengah delapan ya kita merapat di Kota Palopo sebelum Sekarang kita mau lanjutkan perjalanan ke Toraja seperti biasa kita harus isi solar dulu katanya sih di Palopo solar agak mudah didapat ya Coba kita lihat buat

Teman-teman yang ingin mendukung perjalanan Rotib Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi saya itu ada t-shirt ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning banyak lah ya pilihan warnanya dan kita

Juga ada storage back nih teman-teman kita jual storage bag ini buat di ban serep untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas sudah kita pakai

Bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya Nah pesannya ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini ini nih