MEMBAWA MOBIL KE AMBON II Maluku ( Hari ke 2217 Keliing Indonesia )

Hai bini penyeberangan laut paling lama sepanjang perjalanan roadtrip Indonesia Hai pagi ini kami bangun disambut sunrise lautan Indonesia timur kamu tahu rasanya enggak bisa diungkapkan dengan kata tanya rasa syukur kami bisa sampai di sini kami bisa sampai sejauh ini karena semangat baku bantu bangsa ini [Musik] Hai sekarang kira-kira posisi kita

Dimana kek ah 17 miliki batuputih Pulau itu banyak Perkiraan jam 10.00 10 masuk apa maksud telah libur dari liburan Bang dendam gak beda akan melanjutkan cerita perjalanan dari kota Sorong Provinsi Papua Barat menuju Ambon provinsi Maluku berlayar hampir dua kali 24jam bersama kmpk lagi Amerika PT ASDP Indonesia Ferry [Musik] Hi Ho

The movie hai hai hai hai hai hai hai oh ya sebelumnya kami juga minta maaf ya karena selama pelayaran dengan kapal ini mungkin video kami ada kurang baik audionya karena suara mesin kapal masuk terekam oleh microphone harap maklum ya jadi menuju ke Fakfak dari Sorong menuju faktor itu

Hanya ada tiga mobil yaitu Mungkin gua mobil ini bukan hanya sampai di Fakfak aja nanti kita lihat dari Fakfak closer and itu ada berapa mobil lagi jangan-jangan cuman satu selisih aja gimana mobilnya katanya memang jalur Perintis jalur sepi penumpang selama ini kita cara mengikatnya dekat mobil kita supaya nanti kalau ada dua

Embang atau ombak dia juga goyang-goyang atau lari dari takdir dan keberuntungan Alhamdulillah selalu menyertai kami rezeki sedikit Berawan tapi Lautan Tenang seperti kaca ini membuat kami jauh lebih tenang serta maka beda ya Hai kalau bisa berenang kayak begini enak tenang lautnya dengar yang mabuk ya kita lihat nih laut seram nih laut seram

Juga terkenal seram nih nanti kita akan melewati penumpang masak air di dapur indahan Indonesia timur selama ini hanya bisa kami saksikan di internet TV atau buku pelajaran sekolah dulu uh Teh tolong filenya saya ini terlalu curam naiknya Kenapa itu repot dia kok dia bisa ini di atas kapal Kami coba menerbangkan Drone

Tapi shadrun mengudara langsung Tertinggal jauh oleh kapal hampir saya Drone hilang bagi pilot pemula tidak direkomendasikan menerbangkan Drone di atas kapal yang lagi berjalan cepat bahaya men Untung aja kau untuk jatuh ke laut dari ke langsung mendarat dengan baik enam yang ini tuh malu mau tanya lu gara-gara elu Norma mau terbang terbalik

Dengan modul erp [Musik] Adakah kebetulan Oke sempat turun 134 lanjut tiga orang so normal dia cuma aja sorong-fakfak ya kita bisa Rp15.000 no ya ya yang keluar itu keluar dari pelabuhan sampai pintu di alur itu itu harusnya keras-keras gimana kita keluar dari sore ini juga seorang itu lebih kemarin normal bisa

Bicara Halo harusnya keras jadi kalau kita ngelawan Tuhan sore y9 10 itu bisa tertahan jadi 65 hmm nah disitu yang empat jam itu Mbak kalau cuaca buruk di Pakwe agak serasa Tuh kan saya ada kita potong begini toh [Musik] Ayo kita sudah mau sampai sampai di [Musik] Hai sampai di Kabupaten Fakfak KMP

Kalabia bongkar muat barang kendaraan dan orang ada waktu transit tiga jam kata Kapten tapi tunggu air pasang jam 02.00 erpasang sekitar jam 02.00 03.00 baru nanti deh dia akan gini brutal ini larut memang kayak gitu kalau disini Jadi kami bisa mampir sebentar untuk melihat-lihat Kabupaten Fakfak ini kita baru pertama kali lihat nyandar

Nya samping ini jadi penumpang turunnya lewat pintu samping pakai jembatan yang suka kita lihat kalau ini ngangkat motor dari sini nih kebetulan ada teman komunitas sekaligus penonton Setia roadtrip Indonesia di sini Om Rehan namanya Oh ini Om Rean Bean asli sini eh makan durian durian telah ketawa dia mah santai Nah kita lihat

Kota Fakfak n enaknya besarkan bentrokan kalian lihat Kantor Bupati pisang repotin mendadak Ini kita lagi jalan sama Om Firdaus sama Om halo halo [Musik] oh iya disini kami harus tes antigen juga karena kami dapat kabar nanti waktu turun di pelabuhan wahai Pulau Seram Maluku akan diminta surat antigen dan surat-surat kendaraan kami beruntung

Lagi karena omehan membantu kami untuk tes antigen menggunakan fasilitas Polri Fakfak tempat uraian bertugas Terima kasih ya Om Rehan dan terima kasih juga untuk Polres Fakfak yang telah membantu memfasilitasi mana kita dulu di sini ditanam rumput-rumput di atas Oh no [Musik] di Kota Fakfak terletak di tepi laut yang langsung disambut perbukitan jadi

Kalau kita keliling kota Fakfak jalannya pasti mendaki dan menurun siapkan saja gigi satu teman-teman ini masih mungkin Oh ya teman-teman Kota Fakfak juga terkenal dengan slogan 1 tungku tiga batu yaitu sebuah slogan simbol toleransi beragama di sini coin178 tulisannya 1 tungku tiga batu itu artinya keberagamannya toleransi kayak

Macam Lebaran Idul Fitri yang Kristen jaga yang Islam semuanya di depan pintu lalu lintas rajin datang lebih dulu bukan cuma bukan cuma shalat Idul Fitri saya 31 wuih itu mereka jaga Oh nonton jadi kalau kita lamaris ini bisa berburu durian disuruh berburu rusa anjing mancing yoru ikan arwana

Merah kita lihat toko cenderamata Fakfak souvenir-souvenir hai apa namanya karokrok populer begitu rok Papua [Musik] Ayo kita coba dulu Kita lihat namanya durian Fakfak kita enggak bisa lama-lama karena kapal kita menunggu Hai besok coba satu durian ini dia Kapan kita berangkat uh tempat nenek gini organik banget aku fotonya lagi ketok cuma

Gue mandi dulu beda Manager sama durian Sumatera ya kita terburu-buru nggak buru-buru nanti balik lagi nih rasain dari gunung lanjut lagi wahai kita sudah selesai jalan-jalan ya karena kita ditunggu kapal kecil tapi ini udah sengaja pergi dari sana lihat sembunyi jomblo belum jika centangnya di tempat gym Hai teman-teman Jalan Masjid kita aja

Om Rehan complete laut sedang lama disini bisa kemana kita keluarin buruk berburu rusa cari Arwana anjing mancing mancing mania lah Beb Bermuda nih pohon teman Kalau Pak nanti nih cara kita aja cari aja kalau butuh motor ada rental motor apa namanya obat rental motor rental motor Fakfak rental Rental Car itu manifest penumpang

Hai Dodol sudah jadi pisahan kira-kira rezeki amat ngetiknya Malam ini kamu sendirian ganti Iya heboh mobil sudah Jono Diva pot Seruling senja satu-satunya yang berangkat ke Pulau Seram ke ke bahaya wahai para kalau perjalanan ke pulau perjalanan ke pulau heran sukanya memang sepi penumpang tapi muatan kosong-kosong kapal terjal untuk jalur pelayaran PT

ASDP Indonesia ini disebut jalur Perintis maksudnya jalur Perintis adalah meskipun sepi dan tidak ada penumpang tapi kapal tetap berlayar sesuai jadwal untuk mengkoneksikan antar pulau di nusantara ini jadi kasarnya walaupun rugi tetap berlayar demi penugasan dan pengabdiannya ya semacam subsidi silang begitulah Hai mobil kami Seruling senja tinggal sendirian satu-satunya mobil di atas

Kapal ini meski satu-satunya mobil tetap harus diikat dengan seksama dan kuat karena kami akan melintasi laut share Amel terkenal kalau cuaca buruk ombaknya bisa tinggi sekali bahkan beberapa waktu lalu KMP kalabia ini harus putar haluan kembali ke Fakfak karena dihadang badai di tengah lautan kalau kapal sebesar ini

Saja sudah harus memutuskan putar haluan itu artinya ombaknya enggak main-main Guys kita tetap positif aja dan berdoa [Musik] Kita sekarang mau coba review kapal ini ada apa saja di kapal KMP kalabia ini lantai paling tinggi lantai 4 kalau di sini memang sebetulnya penumpang umum tidak boleh ada disini karena disini bagian peralatan-peralatan kayak

Di samping sampingnya ini teman-teman bisa lihat ini adalah alat keselamatan atau sekoci sini ada tiga skoci di belakang ada tiga skoci lagi ah di sini alat-alat navigasi itu juga antena antena banyak sekali untuk radio ya sekarang kita lihat lantai 3 di bawah ada apa aja kalau ini adalah ruang kemudi atau boleh dibilang

Anjungan ya anjungan di sini ada Kapten ada nahoda itu mantep mana lihat ini ada alat-alat keselamatan adat Lampung Nah di sini juga ada alat keselamatan yang cukup canggih sebetulnya ini kalau dia dibuka Dan kalau terjadi apa-apa dia seperti otomatis tangga yang ke bawah itu tangga seluncur teh perosotan yang di pesawat itu

Lainnya ada gas karena disini dapur inilah ruangan dapur teman-teman nah disini kalau kita lihat lagi teman-teman ini ada sekoci besar lagi ini ada satu squishy juga buat selamatan yang di turunnya nanti kalau ada apa dia pakai katrol Ini adalah ruangan penumpang ya ruangan penumpang teman-teman ruangan penumpang kita bilangnya kan oopiri kalau mau

Duduk-duduk sambil ngopi-ngopi ada di negara di sini ada cafenya juga tapi biasa ini kapal-kapal KMP Ferry disini hangat hijau dan asri karena apanya ditumbuhi pohon-pohon dan tanaman-tanaman agak kebelakang ini suaranya agak berisik ya karena ini ada suara mesin di sini kita lihat kebelakang sebentar kalian itu Ah ini suara mesin teropong

Asap coba ngakak sana kita lihat masuk panas nanti yang di ujung sana itu anjungan tepat tadi yang kita Kapten nahkoda adalah sebagai cuma kita lihat kamar-kamar yang ada di sini untuk kru kapal ini juga bukan warna untuk umumya ruangan pertama yang tadi kita lihat tempat gas-gas itu adalah dapur-dapur kasadha freezer tanya disini

Kali kalau disini second officer dan Secondhand gini-gini ruang tidurnya ini mesum ini ruang makan di tempat Bang dengan kabeda makan kemarin kita lantai 2 teman-teman sini juga dia disiapkan santai semua ya jadi semuanya demi ke amanan dan keselamatan kita nih ini yang namanya anjuran yang tadi kita lihat

Ini juga ruangan tidur kapten kapal tidur di sini ini ruangan CV engineers sementara Bang den-o kini menempati kamar ini juga kita coba masuk [Musik] sebentar lewat Ah ini enggak begitu kita lihat ruangan fine ya boleh Iya ntar sebentar ini ruangan anjungan namanya nahkoda kapten semua penumpang itu kantinnya

Itu Kantin out sebenarnya darohman VIP Disini di ruangan VIP Oh ini dikunci tidak ada penumpang soalnya kosong ini ruangan AC ada tempat tidurnya juga Ah mie instan es krim majjanan semuaadadisini udah Hai nah ini kantin kmpk labia Hai ini ada ruangan lagi dah tuh kiri orang penumpang juga berhasil nah ini uh

Hai hai hai hai Kyle kalabia ini sangat bersih dan rapi sehingga badan KB dan merasa sangat nyaman di sini Wow sampai ruang mesin pun sangat bersih dan rapi tanpa ada oli setetespun ini mah Keren gue controllernya saya Hai kontrol dari sini Hai Jadi kalau informasi Pakde mesinnya ada berapa ini

Memori doa-doa motor induk ada doang terus mau tepatnya ada tiga umumnya kapal-kapal ASDP memang terkena bersih-bersih sekarang ini ngembangnya yang kadang-kadang lagi sering melanggar aturan agak sulit diatur katanya ini woi woi ini apa kalian ini polisi di kapal kali dia ini tiga kali berturut-turut tiga kali ini piala-piala ini

Nyonya oh ini agaknya dijaganya piala-piala ini semester 1 rezeki nanti sebentar kalau seandainya sudah turun ke [Musik] tepung [Musik] rezeki semua [Musik] [Musik] merusak ingini empal daging tak bisa kita sudah mau mendarat tapi masih sempet-sempetnya dimasakin dimasakin sama Kyuhyun langsung Kapten kodenya turun tangan kalau masak daging rusa Katanya kemarin

Kita ngomongin akhirnya Sebelum turun kita dimasakin kapten-kapten Fauzi kita bungkus ini daging rusanya makan siang tadi jalan [Musik] Hatinya sudah sampai kamu dapat [Musik] dilanjutkan ke bawah sampai ketemu lagi nanti Minggu depan Terima kasih teman-teman Terima kasih sudah sampai 9.30 berarti lebih cepat dari jadwal jadwal kita setengah sebelas Selamat pagi Pak MP3

Hai oh ya maka Bapak penjual Merry manajemen ini keliling Indonesia apa tapi sayang Jangan saya bisa lihat dan juga tidak lupa kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada PT ASDP Indonesia Cabang Sorong Pak general manager palala dan seluruh timnya juga kepada Kapten Fauzi bersama seluruh kru KMP kalabia yang telah memfasilitasi

Penyeberangan Rote Indonesia Menuju Pulau Seram Maluku boreham by di tanah Maluku Tengah Maluku mantap atau lagi marah gimana belum sempet nanya-nanya Hai temperaturnya naik terlalu over ya lalu berat ini memang tanjakannya [Musik]