MASIH RAWAN & SEPI, TAPI KEINDAHANNYA MEMANG "BANDIT".

Satu-satunya rencana adalah Tanpa Rencana terdengarnya ekstrim sih ngeri tapi begitulah petualangan hidup nomaden segala sesuatu bisa berubah di saat-saat terakhir [Musik] 60.000 [Musik] kalau kita beli bisa langsung dari SPBU itu kita bisa jual 9000 itu tadi Bapak Ibu dia udah beli dari tangan ke tangan Halo saya Bang Den saya Kak beda tapi

Pasangan suami istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil lebih 6 tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan akibat bangsa ini perjalanan tanpa batas waktu ke tempat-tempat Tanpa Batas ke mana saja diantor di sini merajai Kota Gorontalo ketimbang angkot ya Jadi kalau dia mau belok kiri atau belok kanan katanya hanya

Hanya driver bentor dan Tuhan yang tahu Jadi harus hati-hati banget di kota Gorontalo karena banyak banget [Musik] kita masih di kota Gorontalo Pagi ini kita akan rencana ingin melanjutkan perjalanan ke Tolitoli dan wall karena keadaan Kami lanjutkan dengan tujuan NTT Jadi Kalimantan kita tunda dulu tepatnya kita mau ke Waingapu Sumba artinya dari

Gorontalo kami harus melewati dua provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan sebelum menyeberang ke NTT via Tanjung Bira di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan Selamat tinggal dulu ya Gorontalo baku dapat ulang [Musik] untuk menuju Sulawesi Tengah dari Gorontalo ada dua alternatif jalur lewat selatan lalu masuk ke pantai timur seperti waktu kami datang dulu jalur

Pantai Timur Sulawesi ini jalannya relatif lebih rata karena sepanjang jalan melewati pesisir pantai timur jalur ini juga yang ramai dilalui oleh kendaraan-kendaraan dari Selatan yang menuju ke utara Sulawesi atau sebaliknya sementara jalur satunya lagi dari Gorontalo melalui jalur Utara lalu masuk ke Pantai Barat Sulawesi yaitu melalui Kabupaten Buol dan Tolitoli yang

Jalurnya mendaki dan menurun jalur ini sangat sepi mengingat Medannya banyak tanjakan dan turunan plus rawan longsor meski begitu kami dapat informasi kondisi jalannya sudah bagus Nama saya kirain solar di sini agak mending tapi tetep aja mereka sudah kompak 12 ribu Kota Gorontalo sampai Gorontalo Utara karena waktu kami datang dulu Sudah

Lewat jalur pantai timur maka kali ini kami akan lewat jalur Utara Sulawesi lalu masuk ke pantai barat yang lebih menantang meski jalur ini akan memakan waktu lebih lama jarak lebih panjang dan Medan yang lebih berat tapi tidak apa Kami selalu bersemangat untuk menempuh jalur yang belum pernah kami lalui sebelumnya tentu setelah mengumpulkan

Informasi yang cukup dari teman-teman di Gorontalo dan riset kecil-kecilan di internet aman gas saja kita sekarang sudah menelusuri jalur Utara Sulawesi jalan menuju bol sepi sekali jalan agak berlubang berlubang sedikit dan naik turun perbukitan saudara-saudara sayang kita harus cari tempat berhenti dulu untuk makan dan waktunya juga sering

Siap diinginkan mesin 3 jam perjalanan itu ac-nya bagus sekali cuaca pantai utara mulai terik di tengah hari seperti biasa kami mulai telinga celinguk mencari lokasi strategis dan indah untuk berhenti makan siang sekaligus mendinginkan mesin seling senja tapi di tempat ini anjingnya galak banget kita cari tempat lain aja deh [Musik] pemandangannya bagus

Kita jadi tempat yang teduh Pasir Putih juga banyak pemandangan laut Sulawesi yang biru sangat menghibur dari terik matahari yang membakar sebelah kiri kita pegunungan kan perbukitan-perbukitan cuma banyak yang udah botak guys daerahnya rawan longsor dan rawan banjir Ibu satu ini baru selesai bangun tidur nih guys lama kali dia tidur enak kayak

Naik ayunan Kami sampai di sebuah pantai yang indah penuh pohon kelapa dan merapat untuk membuka perbekalan Sekali lagi kami tidak tahu tepatnya nama desa ini yang pasti pantainya indah sekali kalau di Jawa atau Sumatera sudah pasti pantai ini menjadi tujuan wisata keren kalau ada kawan-kawan yang tahu nama daerah

Ini tulis di kolom komentar Ya terima kasih kami berhenti di mana Indah mungkin akan dijadikan tempat wisata itu sudah ada pondok kecil-kecil gitu tuh oke teman-teman kita keluar dulu berhenti di sini kita mau istirahat masih di Gorontalo Utara cuma kita nggak tahu nih posisinya nih desa apa kecamatan apa

Maulana bolona Coba nanti kita cek deh kalau teman-teman ada yang tahu nih nama desanya apa kecamatannya apa tulis-turis aja di kolom komentar sepanjang perjalanan berbukit-bukit dan laut pemandangannya bagus tapi kok Yang aku lihat banyak bukit-bukit yang botak-botak gitu ya [Musik] inilah salah satu keuntungannya kita kalau jalan darat gitu ya jadi kita bisa

Berhenti di mana-mana tempat di mana-mana kita mau istirahat dan kita memilih tempatnya di mana yang indah karena Indonesia ini dimana-mana jalan di mana-mana tempat itu banyak sekali keindahan-keindahan yang dia bukan tempat objek wisata Padahal kalau kita lihat potensinya itu luar biasa [Musik] ini pantainya lagi surut dia semacam

Teluk kita tinggal lihat di situ ada nelayan lagi mempersiapkan diri atau lagi betul-betul sampannya kayaknya lagi betul-betulin perahunya kita lagi siapin makan siang Bang Den biasa ambil-ambil stok shot gambar-gambar Wah luar biasa sekali [Musik] ini menunya ngarahin kayak beda telur ini tuna kaleng ini ikan road dari Tante Meli kemarin

Ini memang jalur utaranya Sulawesi itu perbukitan di sebelah kiri dan pantai jadi kita naik turun naik turun Bukit terus sebetulnya kita dari Manado kemarin dari Sulawesi Utara kita ingin menuju ke Makassar itu mungkin jaraknya sekitar 1900-2000 KM ya tapi kita ambil jalur yang berbeda karena waktu kita masuk

Awal dulu kita sudah lewat jalur selatan atau daerah Marissa dan lain sebagainya itu nah sekarang kita ambil daerah Gorontalo Utara Buol terus nanti ke Tolitoli kemudian baru kita bisa masuk Palu lagi jadi memang jalannya juga memutar sepi sekali jarang sekali orang yang melewati jalur ini tapi ya pemandangannya selalu indah teman-teman

Dengar enggak suara musik [Musik] kalau di daerah Sulawesi [Musik] ada musik di Jalan Raya kita akan banyak sekali menemukan kendaraan-kendaraan yang pakai musiknya musiknya keras-keras Apakah itu truk ataupun angkot ataupun pick up mungkin hiburan ya buat mereka ini pengemudi pengemudi antar kota jadi di jalan tuh mereka bising sekali ya kita cukup

Tertarik dan terhibur juga sih Makasih kue ini ya ke bapak-bapak nelayan Aku mau kasih kue dulu ya aku kasih ke sana tuh Mereka lagi benerin kapal kayaknya [Musik] [Musik] [Musik] 6 jam 37 menit setelah kenyang dan puas menikmati makan siang plus pemandangan indah petualangan Kami lanjutkan sepanjang perjalanan ini pemandangannya

Indah tenan teman-teman luar biasa terasa di pantai barat Sumatera gitu ternyata sepanjang jalan pemandangannya semakin Bandit guys semakin cakep cakep banget meski jalanan tetap mendaki dan menurun terobati deh dengan pemandangannya yang bikin kami berhenti setiap sebentar memang Bandit sekali Waduh tidak ada habis-habisnya guys sepanjang jalan ini tidak ada habis-habisnya pemandangannya Wow keren

Banget guys keren banget nggak ada tempat lain kita lagi di kecamatan sumalata ini ada SPBU kecil di sini tapi dia solarnya juga habis sudah ada jual masih cukup jauh kalau dari Google kita lihat masih hampir 6 jam Jadi kalau teman-teman yang mau transfer Sulawesi selain jalur selatan itu kayaknya jalur Utara ini

Layak dicoba tapi kita belum sampai boleh nanti kita lihat dulu Kita akan survei dulu Seperti apa jalurnya kalau sejauh ini sampai di samalata ini kondisinya bagus pemandangan keren banget lengkap aja sih Karena tadi juga ada hujan ada panasnya dan itu langitnya biru lautnya biru terus ada hujannya juga

Kita lihat sampai di bol Bagaimana kondisi jalan relatif bagus mantap [Tepuk tangan] Kecamatan sumalata Kecamatan masih sumalata ini 25 liter cuman harga di sini 55 ribu agak lebih murah 5000 dibanding dengan Gorontalo yang 222 nomor cantik tuh Selamat datang di provinsi Sulawesi Tengah sekarang kita ada di perbatasan antara Gorontalo dan Sulawesi Tengah

Jam 8.30 makan siang warnanya Gorontalo Ungu sama kuning kan terbatasnya yang sebelahnya tuh baru Sulawesi Tengah sepanjang jalan lintas utara dari Gorontalo Utara sampai dengan perbatasan ntar ada motor lewat pemandangannya sempurna pemandangannya sempurna dan jalannya sepi banget udah kayak jalan pribadi relatif jalannya bagus Cuma dia memang naik turun naik

Turun Bukit Tapi dia nggak terlalu panjang ya tanjakan tanjakannya tersediaan BBM tadi di harga satu Kecamatan ada satu SPBU kecil selebihnya ke sini cuman ketengan-ketengan aja tapi ada gitu Masalah harga Ya begitulah ya kita sudah memasuki Sulawesi Tengah pemandangannya juga masih tetap cantik saudara-saudara setelah perbatasan sepanjang jalan dan

Sejauh mata memandang kita melewati kebun jagung yang maha luas dan tidak ada habis-habisnya Sepanjang jalan kita akan melihat perkebunan perkebunan jagung sama seperti waktu kita jalur selatan Gorontalo itu memang terkenal sebagai lumbung jagung nasional Ya sudahlah kalau mau bicara keindahan alam Indonesia memang tidak ada habisnya ya mungkin nanti kami juga harus bahas

Tentang kerusakan alamnya supaya berimbang bahwa selain perjalanan kami bertemu dengan keindahan di sisi lain juga terdapat kerusakan alam yang sangat masif jangan heran kalau kita sering mendengar cerita atau berita tentang bencana alam seperti banjir bandang dan longsor di mana dulu semua itu tidak pernah terjadi saat Alam masih seimbang

Sekarang kita berhenti dulu di sini ya saatnya kita untuk berhenti dulu guys ini udah lebih sih 3 jam dan kalau jalan di pesisir gini kita harus banyak bawa tisu basah karena betul-betul lengket tuh kita ngopi dulu ya [Musik] [Musik] antara hutan-hutan dan kebun-kebun ini teman-teman kita berhenti dulu Hai lagi Jangan lari kamu

[Musik] dan begitu masuk kita Sulawesi Tengah ini sudah sepi kebanyakan hutan dan kebun kampung-kampung pun jarang sekali kita lewat kampung-kampung sepi banget jalanan relatif bagus ya cabenya bikin kopi dulu dia Tik Tok ada YouTube ada Road Trip Indonesia dari mana kebun jagung sehat Alhamdulillah Nontonnya di tiktok apa di YouTube dong

Terima kasih sudah nonton ya Ini namanya desa apa nih talaki Kabupaten bol Oh udah masuk kabupaten di Bogor ini Selain jagung di sini tempat durian juga ya Oh ya itu durian semua tuh saya belum Jatuh katanya sekarang kita lanjut aja Om Dadang Terima kasih ya walaupun kita udah ditawan Istirahat di rumahnya Cuman

Karena Buol masih 3 jam jaraknya dari sini kita tidak mau terlalu malam jalurnya masih menanjak turunan tanjakannya lumayan tajam-tajam jadi kita pamit dulu pemandangan sore ini karena sebentar lagi Takutnya gelap kita tidak bisa melaporkan lagi buat teman-teman [Musik] [Musik] sore ini kita tutup dengan sunset di sini Sebentar lagi kita akan masuk ke

Kota gua masih dua zaman tapi ya beginilah perjalanan bonus-bonus dari perjalanan tadi Dari dari apa namanya dari desa talaki sampai di sini itu memang jalanan masih terus naik turun naik turun naik turun lumayanlah pastikan aja rem kaki-kaki sama kondisi mesin sehat lewat sini tapi kalau nggak salah pemandangan sama kondisi jalannya [Musik]

Wow ternyata di sini masih ada bonus lagi kita dapat air terjun air terjunnya [Musik] perjalanan menuju gua banyak sapi di sini banyak sapi nih sapinya dilepas hati-hati sapinya kadang di tengah jalan santai dia Ayo kita cari makan dulu ya aku lapar banget nih kita tinggal tidur istirahat Sayang kamu lagi di mana sayang

[Musik] nasi goreng lagi order makanan mataku udah nggak bisa buka perih banget yang ingin mendukung perjalanan Rotib Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi saya itu ada t-shirt ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army

Biru navy kuning banyak lah ya pilihan warnanya dan kita juga ada storage back nih teman-teman kita jual storage bag ini buat di ban serep untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat

Bagus dan kuat ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya Nah pesannya ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini ini nih bio solar bersubsidi itu harga per liternya kalau di tingkat eceran atau ketengan itu sampai 12.000 meter bayangan temen-temen dari harga 6800 per

Liter dijual ketengan ilegal itu 12.000 per liter jadi kalau kita beli 5 liter itu harganya Rp60.000 menurut aku sih ini terlalu mahal ya karena selama berada kita selama kita keliling Indonesia dari Papua aja itu di ketengan kita masih bisa dapat harga 8000 8.500 atau paling-paling mahal itu

Rp10.000 tapi itu juga jarang gitu 8.500 9000 tapi kalau sudah harganya 6.800 kemudian dijual 12.000 kalau menurut Agus itu udah kelewatan ya ini bagaimana nih pemain-pemainnya itu Tapi kalau harga 12.000 per liter kayaknya kurang masuk akal deh ini sebetulnya teman-teman tahu nggak sih sebetulnya Siapa sih yang mengatur ini sebetulnya

Siapa sih yang bertanggung jawab mengawasi mengatur karena kan ini semua di depan mata kita lihat bahkan di depan depan SPBU tidak mungkin pemerintah daerah tidak tahu tidak mungkin Polres tidak tahu tidak mungkin aparat yang berkepentingan menjaga dan menegakkan hukum itu tidak tahu itu kayak tidak mungkin karena kita bisa lihat sepanjang

Jalan itu drigen-drigen atau kios-kios mereka itu berbaris-baris dan bebas-bebas aja sebetulnya Siapa sih yang bertanggung jawab masalah ini gitu