MEMANAH IKAN DAN CUMI UNTUK MAKAN

[Musik] Hidup bukan berarti harus menetap di satu tempat saja kami masih sangat menikmati sekali gaya hidup nomaden berpindah dari satu tempat ke tempat lain dari satu kota ke kota lain dan dari satu Dusun ke pelosok lain dan akan begitu seterusnya [Musik] saat ini adalah pengalaman kami hidup di sebuah pulau terpencil dan tidak

Berpenghuni [Musik] kami pasangan suami istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil lebih 6 tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan akibat bangsa ini perjalanan tanpa batas waktu ke tempat-tempat Tanpa Batas ke mana saja [Musik] pagi ini cuaca cerah tidak seperti hari kedua yang bangun tidur kita disambut

Oleh badai besar cerah sekali ini baru sekitar jam setengah 7 jam 7 ya teman-teman kesempatan kita untuk menjemur sering senja karena dalam perjalanan itu kadang-kadang berbagai macam makanan itu namanya rumah Ya maklum aja ya indah hari keempat kita di Tolitoli gak terasa kan 3 hari 3 malam kita berada di

Tolitoli kalau sekarang tepatnya di Pulau Sabang pulau yang terpencil jauh dari mana-mana Bayangkan saja dari kota Tolitoli itu kita harus berjalan dulu 16 KM nanti dari jalan raya Tolitoli kita masuk lagi 2 km dari kampung pun jauh memang nikmat sekali hidup di Pulau terpencil ini teman-teman hanya Bang Den

Dan Kak beda berdua di sini [Musik] 360 derajat itu pemandangannya indah banget airnya jernih lautnya jernih kita bisa lihat ikan-ikan kalau punya kemampuan mancing atau kalau punya alat mancing sebetulnya kita bisa mancing di sini teman-teman ikan-ikan kecil tuh ribuan ratusan ribu entah jutaan nih sepanjang ini ini ditangkap satu-satu buat umpan lagi ya

Udah ya [Musik] mau nembak ya kan jadi ada yang Mancing begini coba Sari [Tepuk tangan] woi banyak ikan di sini tambah lagi setengah dua sampai pagi ini Om Adi namanya bang Adi lumayan gaji 800.000 semalam tapi itu jarang Ya cuman buat makan masih udah mati masih ngelawan ya masih menyerang

Cumi sama ini ada lampu merah Terima kasih ya makasih ya kita coba makan seafood hari ini Kang segar ini nggak sempat di SS langsung walaupun di sini pulaunya tanpa penghuni cuman bang Den sama gak beda tapi selalu ada aja tiap malam tuh orang-orang masyarakat Kampung terdekat yang

Jaraknya sekitar 2 KM dari sini itu mereka ada yang mancing ada yang spir fishing Jadi sebetulnya kita nggak nggak kesepian juga di sini karena memang di sini tuh ikannya banyak kabarnya buktinya tadi kita beli ikan baronang ikan kakap merah ada cumi yang besar sekali harganya juga ya namanya langsung langsung ikan segar

Harganya juga sangat bersahabat sekali itu kalau di kota-kota besar atau di restoran-restoran mahal udah nggak tahu harganya berapa ya itulah perjalanan kita teman-teman dari satu tempat indah ke tempat indah berikutnya tinggal kita bakar ya Wow kasih garam sama lemon ini jeruk lemon dari mana Dari apa itu namanya kampung yang bikin rumah panggung

Minahasa ya guys Sekarang kita lagi berjalan di sepanjang jembatan Menuju Pulau Pulau Sabang pulau sabangnya di belakang kita jalan menuju ke daratan karena tadi malam Listrik kita habis guys aku sih kebangunnya jam 03.30 Aku nggak tahu listriknya habisnya jam berapa Dan tokennya itu ada di daratan sana Jadi

Aku harus ngomong dulu dengan Pak sumang penjaganya itu untuk kita tambah dulu tokennya jalan-jalan dengan Pak sumang Ini Pak sumang yang menjaga Sabang Pulau Sabang itu Pulau Sabang ya kita bisa lihat dari sini itu jembatan yang kita lewatin tadi [Musik] kawan-kawan Pagi ini kita mau coba Explor pulau yang terpencil ini Pulau

Sabang ini pagi ini cuaca juga tidak cukup cerah walaupun tadi malam badai jadi tadi kanannya jurang batu-batu pantai tapi waktunya bagus-bagus rata-rata ya keren banget ini potong-potong jadikan meja kursi buat di taman-taman keren [Tertawa] kita selalu bersentuhan dengan keindahan-keindahan alam nusantara kita di link dengan keindahan-keindahan kita tidak di link dengan kemarahan kita

Tidak di link dengan kebencian kita tidak di link dengan perpecahan tapi dengan persaudaraan ini adalah sebuah kemewahan yang luar biasa Ayo explore Indonesia kenali Indonesia dari dekat supaya kita tahu betul-betul Indonesia itu luar biasa kayak luar biasa indah supaya jangan dibego-begoin lagi sama orang baru kita tahu nih Indonesia tuh kayak apa ayo

Kita udah tahu kita lawan lawan Ayo sayang kamu di tulangnya di tengahnya tidak tahu bawahnya gini aku takut buntu guys kalau gitu Sekarang kita mau lihat sisi yang satu lagi tadi kita kirain ini bisa muter ke sana tapi ternyata baru sampai di sini buntu Ayo kita lihat sisi yang satu lagi sama yang

Walaupun Pulau ini terpencil tidak berpenghuni tapi airnya Banyak habis-habisnya berlimpah [Musik] ini lebih White lagi ya lebih natural lagi teman-teman kalau tadi kita berjalan yang jembatan beton itu sebelah kanan kita laut kalau sekarang ini sebelah kiri kita laut [Tepuk tangan] ya setelah 800 meter dari jembatan dari cottage yang pertama baru

Kita ketemu lagi cottage yang kedua betul-betul di atas laut ini itulah hasil petualangan kita di pulau yang terpencil dan tersembunyi ini Pulau Sabang Kabupaten Tolitoli tempat ini sangat sunyi dan sepi jadi siapapun yang menginginkan Kesunyian sepi silent Tenang ke sini aja datang kalau kita menginap di sini tuh asik banget buat

Orang-orang yang suka Kesunyian dan ketenangan seperti [Musik] panas kalau di sini siang harinya terik siang hari itu terik tapi karena di cottage itu ada ac-nya jadinya kita masih bisa beradem-adem Ria apalagi Bang Den kalau mau ngedit satu harian gitu kan nyaman kalau di luar ya angin-angin sepoi-sepoi gelar tikar bahan Gitu

Rencana mau jalan-jalan ke kota dulu mau ketemu beberapa teman-teman komunitas juga kita mau ambil laundry yang kemarin sama ngopi-ngopi hari Minggu jadi pertokoan kayaknya banyak yang tutup nih [Musik] [Tepuk tangan] ini bersama Om Jemmy Tolitoli sama Om dari komunitas otomotif di Tolitoli warung perempatan karena nggak ada ukuran lagi Udah paling

Besar kita lagi sama teman-teman bushido di Ayo kita lihat pak ketua mobilnya mobil ceper dia hobinya nih modifikasinya wow buat sprint [Musik] ini basicnya Nissan Grand Livina modifikasinya apa nih modifikasinya ala-ala racing Pak betul cuma ini uniknya Mobil ini mobil ini susah cari apa untuk modifnya joknya joknya ini aja Pak untuk buat

Dudukan bracketnya kita potong yang asli karena susah dibeli ini ibaratnya mobil keluarga lah bukan model untuk modifikasi beda Kayak misalnya mobil Honda Jazz mobil Brio itu kan banyak kita beli tersedia semua cuma butuh harus custom semua ini harus custom semua ini kan setirnya setirnya saya ganti boskupnya ini aja pak ini carinya

Susah setengah mati nah itu kacameternya jadi nah ini yang ini RPM ada yang kedua oil pressure ada water temperatur vacuum untuk udara baru yang paling ujung [Musik] indikator untuk baterai pasang sendiri ya buat ada logo busi di dalamnya menunjukkan kayak akselerasi speedtest-nya jadi dari 0 sampai 100 [Musik] [Musik]

Suara petir sudah menyambar sepertinya akan hujan Selamat malam dari Pulau Sabang teman-teman ini mau supir fishing malam ini mau Menembak ikan ini Rahman satu lagi Adi yang kemarin kita udah beli ikannya itu [Musik] mudah-mudahan dapat rezeki banyak hari ini jadi teman-teman ini raman sama Adi dia mereka orang asli sini dan profesinya

Spearfising Menembak ikan Wah kalau Biasanya kan orang ini profesi jadi memang kalau di sini memang ikannya masih banyak dan malam ya Malam pakai senter ya teman-teman malam ya sampai pagi Biasanya ya jadi nanti kalau dia sudah pasang sini itu contoh dari pilgan punya itu bikin Itu kalau ini biasakan jarak jauh ini

Jadi makanya itu kasih panjang kita pamit dulu sama Pak Oke kami ingin mengucapkan terima kasih juga kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli ya Ada bapak Maman ada Pak gadis ada Pak Hen Terima kasih atas sambutannya sambutan hangatnya dan telah menerima kami selama di Tolitoli Oke terima kasih dadah yang dulu Pak

Yang berterima kasih nih sudah mampir ke daerah saya moga-moga menambah kesan dan akan kembali lagi nih Terima kasih banyak atas bantuannya selama di sini Makasih ya pak terima kasih ini Bu Joko [Musik] Terima kasih Ibu Fitri atas sambutannya senang sekali Bang Ya siap Terima kasih nih kita lagi main di tempat Om Jemmy

Guys kita di tempat Om Jemmy nonton Road Trip Indonesia [Tertawa] Assalamualaikum sama-sama selamat tinggal besido ya jam 11.24 rumah om Jinny pakai kacamata dulu nah agak siang ini kita jalan ke tengah hari karena kita harus pamit dulu ke beberapa tempat orang-orang yang baik hati Terima kasih atas kebaikan hatinya oli semuanya

Nggak bisa disebutkan satu persatu Semoga Tuhan membalas kebaikan hati semua tanya dulu nih ke mana sih nih jalur ke arah itu arah ke ini ada tanya dulu numpang tanya dulu sini kita tanya dulu Pak numpang tanya kalau jalur ke ke Palu ini ini kalau lewat lintas barat

Ada persimpangan namanya di kilo 4 itu ke kanan dia baru dia kalau yang ke sini ke kiri Berapa jauh lagi dari sini kira-kira berapa soalnya tadi kita lihat ada pertigaan di sana Jadi bingung makanya kita tanyain dulu ini buat teman-teman ya ingin mendukung perjalanan Indonesia kita masih seperti

Biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi saya ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning buat di ban serep untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat temen-temen yang suka Overland yang suka offroad atau

Yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman nah pesannya ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini ini nih