BIKER PETUALANG, KEHABISAN UANG SOAL BIASA II Gowa

Setiap perjalanan punya ceritanya sendiri sangat personal tidak bisa disama-samakan apalagi dibandingkan Terserah mau konsep seperti apa tidak peduli pakai kendaraan apa karena setiap perjalanan akan mendidik dan meninggikan kecerdasan hidupmu dengan caranya sendiri yang tidak akan kamu dapatkan di bangku sekolah atau di buku sekalipun terima dan hadapi

Halo saya Bang Den saya nggak beda kami pasangan suami istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil lebih enam tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan hati bangsa ini perjalanan tanpa batas waktu ke tempat-tempat Tanpa Batas ke mana saja guys Indonesia sekarang bang Den dan Kak

Beda sedang berada di ini kabupaten Gowa sekarang jadi bukan di Makassar kita lagi bertemu dengan seorang yang luar biasa keliling Indonesia naik motor namanya siapa Om namanya Om Adnan dia juga bikin bikin cerita perjalanannya juga bikin di YouTube nama channel YouTubenya apa YouTubenya ask Media Indonesia ekspedisi khatulistiwa Indonesia

Ini perjalanan yang luar biasa karena sudah dari tahun 2016-2019 waktu kita di NTT saya udah kontek-kontekan akhirnya bisa ketemunya di sini kalau para petualang-petualang overlander ini nanti dia ketemunya di mana aja gitu kayak kemarin kita ada yang ketemu di ramang-rammang ada yang ketemu di Manado ada yang ketemu di

Papua ya begitulah perjalanan keliling Indonesia Pokoknya kita akan ketemu di salah satu sudut Indonesia yang cantik ini bisa dijelasin nggak nih tipe motornya motor apa Jadi ini kalau untuk motor sendiri Saya pakai motor lama tahun 2008 motornya Honda City sport 1 atau CS1 memang motor ini katanya sih

Bisa dibilang produk gagal cuma ya mungkin produk kalian dari segi penjualan tapi overall setelah ini 69 perjalanan ini aku pakai eee Tidak masalah Tidak banyak rewel dan sparepart ibaratnya bisa banyak ditemui di mana saja ya yang agak susah satu sampai sekarang hanya masalah gir tapi kita bisa ngakalin dengan mungkin pakai tipe

Sejenisnya juga jadi overall mau dari segi kendaraan sih aman-aman aja tapi untuk motor ini memang saya 125 cc jadi memang Sebenarnya saya tuh pengen turun itu dulu pakai motor tipe trail hmm tapi karena motor trail-nya itu enggak punya jadi ya Inilah kita buat modifikasi alat-alat trail dengan meningkatkan ban yang kita pakai dengan

Ukuran 19 dari 0,17 dan tipe bannya kita pakai yang Dual Purpose jadi mau jalan lumpur tanah aspal tetap Ayo jalan mantap Nah ini dari segi motor ya ini kalau kayak gini konsumsi bbm-nya berapa ya ini agak cukup boros karena ini kan masih karburator ya masih karburator

Yang kita pakai itu tipe pe 26 atau karbu racing jadi paling terporosnya bisa satu liter 30 kilo tapi paling teririsnya 1 liter 38 kilo Lumayan kalau dibandingkan tapi untuk motor tipe kecil itu boros om kalau rata-rata untuk tipe motor ini biasanya 1 liter bisa sampai 45 sampai 50

Tapi ya ini agak boros soalnya karena memang karbunya udah tipe racing emang lebih lebih hemat kalau kita naik motor guys ya kan jauh lebih irit dibandingkan dengan mobil memang sebetulnya konsep perjalanan dan tujuan perjalanannya ini apa Oke jadi kalau konsep perjalanannya ini kalau sesuai dengan namanya ekspedisi khatulistiwa Indonesia jadi

Saya sendiri mengunjungi tugu-tugu khatulistiwa yang ingin ada di Indonesia dan sekarang baru sampai Sulawesi itu sudah 10 Tugu dan nanti yang ke-11 ada di daerah Parigi Moutong kemudian di Maluku Utara dan di Papua Barat totalnya untuk sampai sekarang terdata ada 14 ya yang baru di datangi hanya baru sekitar

10 start perjalanannya awalnya memang dari mana Dari Jakarta kemudian nyebrang ke Sumatera eh 11 bulan waktu itu di Sumatera semua provinsi kita ambil Setelah dari Sumatera saya menyeberang ke Kalimantan via Kepulauan Riau Pulau Bintan Nah karena ada kapal waktu itu di situ jadi enggak perlu turun ke Jawa

Karena normalnya kalau orang touring itu setelah dari Sumatera mau Kalimantan mereka pada turun ke Jawa Hmm saya kemarin ada satu kapal baru yang bisa membawa dari Kepri sampai ke eee Sambas Kalimantan Barat nah dari situ langsung nyisir Kalimantan sampai akhirnya sekarang ke Sulawesi motivasi perjalanan ini apa untuk motivasinya sendiri Kalau

Saya sendiri Memang ibaratnya belajar ya belajar karena salah satu tujuannya keliling Indonesia Saya akan dulu sempat kuliah di Perfilman di Jakarta Nah di sana kan saya belajar gitu kan tentang membuat film cuma dulu filmnya film tipe fiksi nah ternyata setelah saya dulu touring 2018-2019 Ternyata kita bisa

Membuat film di jalan salah satunya itu film dokumenter Nah ada beberapa ibaratnya ekspedisi yang sudah duluan yang ibaratnya memberikan contoh akhirnya di ekspedisi khatulistiwa Indonesia ini selain tadi misi keliling Indonesia datang ke toko tulis Siwa ada juga misi membuat film dokumenter nah yang sekarang sudah tayang itu ada waktu

Saya di Nias tinggal 4 bulan itu tentang kebudayaannya namanya judulnya the really si metanol sudah ada di channel YouTube dan kemarin baru saja shooting juga di daerah Kampung Cars ramang-rammang terus Nah itu sudah masuk tahap editing rencana memang di Januari akhir mungkin akan tayang juga dokumenternya jadi total mungkin

Sekarang akan ada dua dokumenter sebenarnya sudah banyak sudah di syuting dan di ini cuman belum saya edit mungkin akan saya simpan untuk setelah ekspedisi selesai Karena untuk ngedit satu film itu membutuhkan waktu yang luar biasa lamanya dari segi musik dan ininya alur lain-lain ya makanya kemarin saja karena waktu

Saya punya waktu dua hari waktu di Maros itu jadi saya manfaatkan untuk ibaratnya kalau dalam ini ilmu editing itu rapat atau potongan-potongan kasar jadi hanya baru nyusun-nyusun aja gitu kan belum dikasih musik belum lain-lain jadi dulu awal berangkat itu tanggal berapa ya dulu aku tanggal 7 Agustus 2021 dari

Jakarta dari Jakarta tujuan Agustus 2021 ini kayaknya udah 16 bulan cuman harinya terakhir mungkin 490 hampir 500 hari kayaknya hampir 500 hari Berarti udah satu setengah tahun satu setengah tahun perjalanan naik naik motor 3x [Musik] [Musik] Bagaimana cara biayanya Oke jadi kalau untuk pertama-tama saya ada beberapa

Support dari sponsor Tapi itu pun enggak banyak ibaratnya hanya untuk mensuplai selama 1 bulan ke depan lah dari segi makannya nah gitu kan dari situ kemudian kan waktu itu juga perlu perbaikan motor mungkin kalau tidak ada perbaikan motor balik nama kendaraan itu bisa lebih panjang lagi dari segi kita kebutuhan di

Jalan cuma ya akhirnya setelah 1 bulan itu kita cari sendiri dananya dari merchandise seperti kaos sekarang saya jualan gantungan kunci juga ada juga kayak semacam jaket tapi itu sistemnya po semua kadang-kadang juga saya bawa supply kayak semacam makanan ringan kayak cemilan gitu kan karena kenapa akhirnya pilihnya yang stok tuh yang

Kecil-kecil supaya lebih cepat lakunya dari sikat dengan kunci kan dan juga makanan ibaratnya harganya pun enggak begitu mahal itu dibandingkan dengan kita bawa merchandise Chaos jaket itu agak kadang-kadang susah dijualnya juga karena motor kan keterbatasan tempat juga ini pun sudah saya kurangi barang-barang dari yang tadinya bener-bener banyak

Sekarang udah agak sedikit lebih ringkas lah jadi konsepnya Survival juga cari dulu cari duitnya di jalan juga ya itu dia itu kan ini pun ibaratnya untuk eee saya sendiri perjalanan cukup hanya untuk sampai Kendari jadi begitu nanti sampai Kendari Sulawesi Tenggara istirahat dulu mungkin ngekos 2 minggu

Nah Biasanya kalau saya sudah habis dana dan udah kita sampai kota besar Biasanya kalau enggak ada tempat mereka kadang-kadang ada teman-teman yang menyediakan tempat tapi kalau enggak ada tempat biar lebih tenang biasanya saya ngekos yang carinya yang minimal 1 bulan istirahatnya agak terlalu lama gitu Paling maksimal jangan sampai 2 bulan

Nah satu bulan setengah itu udah paling maksimal kita untuk istirahat cari dana itu seenggaknya ibaratnya buat Jalan entah Rp2.000 3.000 kilo ke depan lah itu dari awal sudah seperti itu tuh kan kayak gitu makanya ini ini baru sampai sini ya seperti itu itu kan lagi untuk satu kota berikutnya ya di

Sumatera aja 11 bulan kenapa dia waktu itu di Nias 4 bulan kemudian di Aceh 3 minggu di Samosir 40 hari di Belitung 1 bulan akhirnya bikin perjalanan tuh jadi 11 bulan di jalan itu seperti itu karena banyak stop-nya enggak takut kehabisan uang atau sudah pernah atau sering itu

Kita kehabisan doang udah sering gitu kan kemudian kita kadang kalau ada tempat tinggal sudah syukur ya misalkan cuman ya kadang kita ada tempat tinggal nah itu makan tuh kan kalau kita ibaratnya berapa kali kejadian ya makan susah juga kadang-kadang kalau normalnya sehari dua kali jadi Kepaksa Satu hari satu kali

Gitu kan tapi sebisa mungkin tiap hari makan nasi masukin karena kan saya bawa kompor juga Walaupun memang ibaratnya dibikin melalui kompor ini kurang enak ya dibandingkan kita beli atau ada rice cooker gitu tapi Ya seenggaknya masuk masih lah jadi cara mengatasinya itu makan masak sendiri makan masak sendiri jadi kita

Stok Biasanya kalau udah ngekos gitu kan pasti stok beras telur Mie Instan kayak gitu-gitu [Musik] kalau tidur biasanya di mana Kalau tidur kalau penginapan nggak sesering ya tapi kalau ibaratnya pengen murah Saya biasanya ngambil Koramil polsek atau apalah kantor Damkar jadi misalkan kalau saya udah jam 5 sore lihat tujuan ke

Depan misalkan hari ini tujuannya tiba sampai jam 8 malam dan di jalan jam 08.00 malam itu jalanannya kayak apa ya hutan gimana gitu kurang rame lah Biasanya kalau di jam 06.00 itu kita ketemuan saya langsung belok ke Polsek jadi Baru lanjut jalan lagi besok jadi saya menghindari memang jalan malam

Kecuali ya tempatnya ramai barulah berani jalan malam gitu kan Kalau kota-kota besar gitu cuma kalau jalan banyak hutannya agak berani biasanya magrib Sudah stop di tempat teman juga ada di tempat teman ada juga kadang-kadang nah itu kalau porsi itu tuh biasanya kalau enggak ada ini enggak ada tempat teman atau enggak ada yang

Hubungin Nah baru tapi kalau ada yang hubungi biasanya langsung ke situ tempat teman kalau di hotel-hotel Kenapa Hotel tergantung pokoknya kalau benar-benar ee penginapan pun saya cari-cari yang murah juga Om jadi begitu biasanya dari pagi itu udah nyari tuh titik penginapan yang di bawah Rp100.000 kadang-kadang ada

Juga yang Rp50.000 Yang 75 cuman ya kondisi ya kita enggak bisa berharap banyak apalagi yang Rp50.000 lah gitu kan bisa tidur bisa mandi bisa tidur bisa mandi bisa ngecas kan paling elektronik karena kita di jalan sambil bikin konten Untungnya aku gak ada masalah lah dengan tempat tidur gitu kan

Yang penting barang aman dah saya tidur rencananya perjalanan mau berapa lama targetnya sih di 17 Agustus tahun depan pengennya selesai ya sekitar berarti mungkin sekitar 8 bulan lagi cuma balik lagi ke masalah dana yang kedua sekarang makin sulit karena saya mengarah semakin ke timur jadi seperti Maluku Papua kita

Nyebrang ke NTT itu pasti kita enggak bisa on schedule kayak gitu karena penyebrangan tiap Pulau itu semakin ke timur bisa seminggu sekali seminggu dua kali atau mungkin Sebulan sekali harganya pun lumayan dan harganya pun lumayan dan kalau ibaratnya kita mau dapat yang murah ya kita otomatis harus agak sabar mencari-cari momennya gitu

Kan cuma kalau kita mau kejar cepat ya kalau kita ada uang kargo saja kan motor Kendaraan kargo bisa terbang pesawat gitu kan cuman itu kosnya besar juga cuma kalau saya cari-cari aja lah gimana caranya walaupun ibaratnya melebihi dari 7 Agustus itu ya sudahlah gitu kan ikuti jalur alurnya aja gitu jadi enggak ada

Enggak ada target waktu yang pasti ya kan udah selesai ya 2 tahun lah dibuatkan 2 tahun gitu kan cuman ya kita lihat situasi di jalan aja karena gimana pun kita rencana ya kalau enggak diizinkan untuk di jalan lanjut susah juga seperti contoh di Sumatera saya waktu itu rencananya 3 bulan jadi 11

Bulan bahkan itu di luar dari bayangan kita kan sering juga nih teman-teman banyak yang nanya kalau ke kami kan mobil kan Nah ini motor emang enggak capek itu nyetir naik motor bertahun-tahun berbulan-bulan nah gimana tuh jawabannya ini kalau kita di motor itu kalau misalkan kita jalan ya dalam

Momen misalkan kita jalan dalam satu minggu full Katakanlah 1 minggu itu kita jalan terus Nah kita per harinya itu kita ada namanya time management eh manajemen itu ya hitungannya 2 jam riding 15-30 menit istirahat itu kita ambil seperti itu Jadi tiap 2 jam tiap sejam pokoknya kalau badan kita udah

Ibaratnya minta untuk istirahat ya bisa mungkin istirahat dan kalau di jalan itu kita ngantuk sebenarnya kayak kopi lain-lain itu enggak efektif jadi lebih efektif itu sebenarnya kita tidur Cari tempat karena ada karena ada disebut namanya powernep kan kita tidur sekitar 10 sampai 20 menit itu naik lagi kondisi

Badan sehat lagi bogar lagi jadi dan saya pun enggak jalan juga tiap hari ibaratnya Kalau kemarin udah jalan 300 kilo ke atas biasanya bisa mungkin dikurangi misalkan jadi 150 jadi 200 bisa mungkin jangan tiap hari sampai 300 400 kilo karena pasti badan akan capek kalau kita reading tiap hari ya [Musik]

Kalau memang bisa satu tempat kehabisan uang terus apa aja yang dilakukan Iya tadi pasti saya udah stok merchandise kayak yang tadi kecil-kecil tadi seenggaknya buat bantu-bantu tambah makan Dan inilah bensin dikit lah kadang-kadang juga kalau ada kerjaan biasanya kan yang penting ini internet ada gitu kan jadi kita bisa minta eh

Kerjaan ke teman-teman yang ada di mana Gitu entar di Jakarta atau teman-teman saya yang di luar jangkauan area sinilah biasanya itu kalau lagi ngekos Pasti kan kita selama internet ada kalau emang kita enggak bisa download itu ya kita minta kayak semacam memory card atau hp-nya kita dikirim baru untuk edit

Kayak semacam editing video atau misalkan ngedit foto-foto bikin gimana gitu kan karena basic-nya saya kan dulu kerja di fotografer dan videografi jadi eee ada lah Masih bisa kita kerjakan apalagi dengan kemarin pandemi ini kan kegiatan kerja online itu dan jarak di mana aja itu jadi hal yang lumrah gitu

Kalau sebelum pandemi kan kayak hal mustahil kan Tapi kalau semenjak pandemi ini ya sudah di perjalanan kadang-kadang saya juga mencoba untuk menemui pejabat setempat tapi biasanya enggak setiap pejabat saya temui misalkan seperti kemarin di Maros saya ketemu dengan pak bupatinya gitu kan karena nanti saya akan explore di

Sana saya coba sedikit ee bikin video dengan beliau bikin konten terus saya tanya juga rekomendasi beliau Selain tempat yang saya datangi Apakah ada lagi tempat-tempatnya terus kadang-kadang ketemu pejabat pun ketika ibaratnya kita butuh bantuan untuk penyeberangan jadi penyeberangan itu kita menyebrang dari satu pulau ke pulau lain kan kadang-kadang biayanya lumayanlah

Apalagi yang di atas 12 jam itu biayanya lumayan tinggi makanya kita minta bantuan kalaupun memang bisa dapat syukur kalau enggak ya kita terus cari terus lebih gampang eh pasti kalau kita ketemu pasti dibantu kalau kita ketemu pasti ketemu bapak-bapak Bupati bapak-bapak Walikota pejabat-pejabat daerah kalau ketemu teman-teman yang seperti ini harap dibantu ya

Perjuangannya luar biasa loh kalau kita ketemu pasti dibantu Tapi masalahnya adalah untuk kita ketemu dengan mereka itu yang susah karena kadang-kadang kita udah bikin janjian dan misalkan dengan ajudan kita datang pagi sampai sore nunggu dia itu bisa jadi kadang-kadang syukur-syukur kita ketemu tapi kadang-kadang enggak bisa ketemu juga

Nah itu saya bilang tadi sabar tadi itu kuncinya di situ tadi ngebantu untuk ibaratnya penyebrangan Nah ya kadang-kadang juga kalau mereka mengerti dapat juga gitu kan jon jon kalaupun ya saya seadanya gitu kan buat tempat-tempat bensin Alhamdulillah Terima kasih beberapa Pak Bupati dan Walikota yang sudah memberikan bantuan untuk supply perjalanan

Karena itu sangat sangat berasa dan sangat bermanfaat ya buat petualangan petualang seperti kami ini apalagi yang naik motor Survival kayak begini ya itu memang berat sekali sekarang rencana selanjutnya mau ke kota mana ini rencana mau jalan ke arah Enrekang Toraja dan nanti ke Kendari Sulawesi Tenggara jadi memang jalan Masih lanjut ya retret

Mungkin nanti di daerah Kendari lah teman-teman ini karena tempat wisata jadi Ada rombongan yang baru datang Jadi kalau ada suara-suara masuk harus dimaklumi ini tempat wisata Taman Makam Pahlawan Sultan Hasanuddin [Musik] kendala-kendala yang selama ini dihadapi kendala apa aja kalau kendala-kendala ya pasti yang pertama masalah dana ya itu

Paling utama itu makanya tadi diceritakan banyak ke kos berhenti lain-lain ya kemudian eee dari segi motor paling umumnya ya bang bocor pernah kemarin juga turun mesin waktu di Batam dan sekarang kalau untuk sekarang ya eee problemnya ada di kelistrikan Jadi kalau orang ketemu saya di jalan dia langsung Bukan saya Bukan saya

Sombong kadang-kadang katanya dibilang sombong enggak tapi karena klaksonnya mati jadi kelistrikan starter klakson meleleh nggak bisa hidup gitu kan Ya ya kayak gitu lah ibaratnya mungkin karena faktor umur juga ya motor ini mungkin sekitar udah 12 tahun lebih umurnya jadi mulai beberapa part yang belum pernah diganti mulai rusak manusia diganti

Kan juga takut kalau jalan-jalan keliling Indonesia ini takut kejahatan takut begal ya kalau kayak gitu gimana Ya bisa dibilang takut begal gitu ya ya udah jalan aja gitu ya udahlah kita ini kan aja makanya itu tadi malam tuh enggak jalan karena sebenarnya kan kadang-kadang kadang rawan itu malah

Tapi kalau kita kan biasanya ketika ketemu dengan teman-teman di jalan pasti kadang-kadang dengarlah gitu kan Ini hati-hati daerah sini daerah sini kalau ibaratnya kayak begal kayak gitu pasti kita Sebelum datang ke tempat yang ini rawan tuh pasti udah di peringatan dulu hati-hati daerah sini hati-hati di daerah sini misalnya kita kumpulin

Informasi dulu tapi ya kalau udah di jalan kalau kita terpaksa melewati Ya udahlah kita berharap aja semoga enggak kenapa-napa gitu kan karena kita banyak ketemu orang baiknya dibandingkan orang jahatnya lebih banyak orang baiknya kita ketemu di jalan karena kadang-kadang ya kita lagi Didik ngelamun aja tiba-tiba dapat dikasih

Nasi kotak gitu Sudah berapa kali tuh tulisannya jadian itu jadi sering lebih banyak ketemu orang Maira dibandingkan ketemu orang jahatnya ya kalau sehari-hari sih Pokoknya kita jangan telat mentang-mentang informasi apalagi dari orang yang belum pernah datang ke tempat itu [Musik] Kalau ada kerusakan-kerusakan motor ngerti nggak ngoprek Mesin beberapa ini

Sudah saya mulai perbaiki sendiri seperti kemarin baru kejadian kemarin motor saya itu kayak semacam nyala mati nyala mati nyala mati akhirnya begitu kemarin sampai di tempat teman saya bongkar total dari siang itu problemnya ternyata aliran bensin enggak masuk karbu jadi karburator kita bersihkan dan juga busi sudah mulai

Gosong sudah mulai kurang bagus Nah kemarin kebetulan masih ada satu busi jadi langsung diganti dan ya alhamdulillah sampai sekarang semoga sampai ke depannya Masih lancar lah gitu kan tapi memang pasti persiapan ke depan kita sediakan busi cadangan kemudian juga bahan cadangan juga ada jadi beberapa sparepart cadangan yang sekiranya bakal mengganggu banget itu

Pasti bisa disediakan juga sekarang Apalagi nih kendalanya motor terutama kelistrikan sih lagi mungkin dalam berapa ratus kilo ke depan harus mulai perawatan kayak semacam ganti oli karena kemarin karbu sudah baru diperbaiki olinya Belum ini masih sekitar udah 2.000 KM Belum diganti nih olinya Berapa liter oli 1

Liter 1 liter ini bisa dipakai untuk 3.4000 tapi manis sebenarnya Rp2.000 cuman ya kita pasang 3000 masih bisa ini motornya apa aja yang dibawa kalau baju bawah banyak kayaknya mungkin karena kemarin beberapa nambah lagi kayaknya untuk kaos sendiri ada mungkin 8 jangan jersey dua atau tiga 11 lah mungkin ada

11 pakaian Kemudian untuk celana kemarin sempat ada tiga cuma jatuh satu di daerah Berau pasangannya jaket touring itu kemudian banyak juga kemarin yang beberapa barang yang jatuh kayak eee tripod juga jatuh kemudian baju-baju aja tuh nah ini teman-teman Jadi ada tour anak SD di sini di suara-suaranya masuk

Ke dalam ya kita akan berbagi namanya juga tempatnya Space umum satu pangkat tiga [Musik] sekarang ini apa aja sih ini kita lihat nih motor Lumayan kalau untuk hujan titik rintik masih kuat lah ini ada tank bag sebutnya ini segala sesuatu yang bisa dibilang kita butuh cepat charger Kemudian beberapa

Merchandise ada di sini juga obat-obatan ada di sini juga Jadi segala sesuatu yang kita butuh cepat ada di sini kayak Kamera action cam lain-lain ada di sini juga kemudian di helm ini helm dari sponsor cuma sudah selesai ininya eee kerjasamanya Wah banyak Sponsor juga nih kayaknya nih ya dulu ada total ada 11

Logo Sportster yang nempel sekarang hanya ada empat dari sebelah situ nah apalagi ini ini nyawa kedua saya selain motor itu Ini ada laptop karena ini semua data-data ee perjalanan ada di sini semua ya Ini udah anti hujan kan jadi aman data-data elektronik semua di sini kalau

Yang kuning ini buat yang kuning ini ini campuran ini ada baju selain ada baju juga ini ada alat snorkling jadi kan saya suka olahraga menyelam juga Jadi kemarin kalau kita sewa snorkeling itu paling murah tuh Rp50.000 itu lumayan jadi saya sendiri bawa karena memang enggak terlalu besar ibaratnya cuma hanya bawa finch atau

Kaki katak sama Mas apa kacamata jadi enggak terlalu makan banyak tempat ini apa aja nih ini ada tenda sama tripod dan di sebelah kanan ini isinya ini ada ee rantai cadangan kemudian juga ada ban cadangan ban dalam cadangan ada juga jaket eee dan beberapa prinsip-printilan kecil lah ibaratnya di sini

Kita bawa juga kalau ini kalau ini ini matras buat tidur dan juga ada kursi Nah kalau ini isinya di dalamnya itu peralatan camping equipment misalkan kayak alat masak kemudian gas dan lain-lainnya ada di sini semua jadi ini ibaratnya ada pur-nya tuh rata-rata di sini sama alat mandi di sini Jadi

Intinya ini dapur lah sebelah kiri lagi pakainya mana dia yang kuning mesin sama dulu ini bekas oli jadi ini kan Ya ini jerigen bensin ini 4 liter eee Ini yang 1 liter bekas oli dulu kemarin masih saya pakai buat ee cadangan bensin Kalau misalkan mau service karbu di sebelah kiri Ini ini

Ada matras ada juga kursi dan ini ibaratnya yang sebelah kiri Ini bagian peredaran jadi ada eee apa alat masak kemudian kayak cangkir-cangkir alat eh apa namanya Buat menghaluskan kopi termasuk dengan alat mandi juga ada di sini semua dulu sempat ada sleeping bag cuman sleepingnya sudah saya jual Karena

Untuk mengurangi ee beban dan juga ruang lah dan di sini ada juga fungsinya beban menambah dompet Nah itu dia Kenapa dompet juga Dan ini jessinya juga di sebelah kiri termasuk Ini congkelan ban pembuka ban ada di sini juga kunci-kunci ada di sini ada di dalam sini juga oh

Kunci-kunci karena ini bukan tangki ini tangkinya masih di jok ini kunci-kunci ada di sini oh mantap kenal Indonesia pertamanya awalnya Bagaimana ya aku dulu pertama kali kenal trip Indonesia itu waktu touring ke Timor Leste 2019 waktu itu mungkin Bang Den dan kabeda lagi di NTT karena mungkin moment Agustus ya

Pada saat itu ya pada saat itu saya ketemu dengan rombongan mobil Nah mungkin salah satunya adalah di situ karena waktu itu om Steven langit dan Mansion ketemu enggak sama mobil ini Oh enggak kayaknya mungkin ketemu cuman enggak juga karena banyak kan mobil gitu ada di situlah mulai kontak-kontekan sampai akhirnya ya sekarang ketemu

Setelah 3 tahun dan kesannya uh sangat menginspirasi sekali ya ini sudah berapa tahun Om 7 tahun lah ini aku aja kadang-kadang 16 bulan aja karena Aduh ini udah lumayan banyak kesulitannya gimana Yang ini 7 tahun plus ini bawa mobil lagi kan Tapi tentu saya Jadi semangat juga kan ee ibaratnya setelah

Mungkin dengan motor saya pengen juga nih penasaran nih berpetualang menggunakan gitu kan Insya Allah pasti terjadi tapi ya kita untuk waktunya 10 tahun 20 tahun nggak papa ini pun kesan-kesannya terhadap perjalanan Indonesia Saya melihat videonya seru sekali ya Om karena berdua ya kalau sendiri kayaknya agak susah untuk saya membuat seperti itu

Enggak ada teman ngobrol Pokoknya saya ngelihat perjalanannya seru sekali saya ya berharap suatu saat nanti saya juga bisa dengan istri jalan berdua Oke kalau gitu Semoga perjalanannya lancar sukses dan bisa tercapai apa yang dimimpikannya luar biasa tapi ketemu lagi nanti kita di salah satu sudut Indonesia yang cantik Saya anantologi dari ekspedisi khatulistiwa

Indonesia mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-8 untuk Indonesia Semoga perjalanannya selalu lancar terus Kak beda dan Bang Deden juga sehat terus dan semoga kita dapat bertemu lagi di lain waktu salam petualang terima kasih Oke teman-teman jangan lupa kita support perjalanannya Om Adnan jangan lupa subscribe channel YouTubenya dan

Instagramnya juga ada ya kalau mau merchandise juga nanti kita cantumkan linknya langsung dihubungi aja kita harus dukung nih tolong tolong seperti ini seperti juga harus Indonesia mendapatkan dukungan selama ini sampai bisa melakukan perjalanan sejauh dan selama ini Terima kasih atas dukungannya salam Indonesia buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan Indonesia kita masih seperti

Biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi saya terus ada t-shirt ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning banyak lah ya pilihan warnanya dan kita juga ada storage back nih teman-teman kita jual storage bag

Ini buat di ban serep untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya

Ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini ini nih