PILIHAN JALUR TOURING DI SULAWESI II Trans Sulawesi.

Oke teman-teman panded sekarang dan Kak beda berada di ujung selatannya Sulawesi tepatnya tuh di daerah Bulukumba Nah karena kita udah hampir selesai kita explore Sulawesi kemarin juga udah pulang dari Papua Sekarang kita menuju ke selatan dan mau menyeberang kembali ke Sumba atau NTT Nah di sini kita mau Ceritakan teman-teman bagaimana kalau

Teman-teman mau touring mau Road Trip atau mau Overland di pulau Sulawesi ini berdasarkan pengalaman kami Berdasarkan pengalaman Bang Den dan Enggak beda kita akan Ceritakan sedikit kita akan share pengalaman kita ke mana-mana jalur yang bisa diambil karena memang Sulawesi ini juga banyak sekali keindahan-keindahan tersembunyi jadi nanti kalau masalah

Yang di Halmahera Ternate Papua itu kan videonya sudah ada nah kalau ini sekarang lebih kepada tutorial atau cara bagaimana kalau kita ingin Overland di Sulawesi atau touring di Sulawesi karena jalurnya banyak supaya nanti teman-teman bisa lebih efektif lebih bisa menghemat waktu dan lebih menghemat energi karena kami memang cukup lama ini untuk

Eksplore selama di klarifikasi ini [Musik] ini kita asumsikan saja kita seperti kami berangkat dari Jakarta ya Bagaimana cara kita mau membawa mobil atau membawa kendaraan lain ataupun motor maupun sepeda ke Sulawesi jadi ada beberapa jalur sebetulnya yang pertama kita harus menyeberangkan kendaraan kita dulu setahu kami ya bisa dari Jakarta dan

Bisa juga dari Surabaya nah ini satu lagi apakah dari Semarang bisa menyeberangkan mobil atau kendaraan kita ke Makassar itu kita belum tahu tapi yang pasti Setahuku dari Jakarta sama dari Surabaya itu kita bisa menyebrang membawa kendaraan kita langsung ke Makassar ya Makassar tujuannya nah satu lagi ada dari NTT Siapa tahu teman-teman

Udah jalan dari Jawa Bali Lombok Sumba sampai ke Labuan Bajo nanti dari Labuan Bajo ada lagi penyebrangan ke Tanjung Bira namanya Sulawesi Selatan juga cuman dia kabupatennya Bulukumba bisa juga menyeberang masih juga dari satu pulau dengan Labuan Bajo namanya marokot kalau nggak salah ya dia nanti nyebrangnya ke situ jadi ada beberapa alternatif

Penyeberangan silakan teman-teman sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing Nah jadi kalau di Sulawesi itu kita ada beberapa pilihan tergantung juga nanti waktu dan kebutuhan teman-teman mau Explor seberapa banyak karena Indonesia ini kan memang terlalu luas jangankan Indonesia Sulawesi aja kalau kita mau betul-betul explore secara detail sampai dalam-dalam pelosok semua juga tidak

Akan pernah cukup waktu apalagi kalau waktu kita terbatas tapi Garis besarnya aja kami akan kasih tahu bahwa ada jalur barat ada jalur timur jalur Trans Sulawesi pantai timur dan pantai barat tapi perlu teman-teman ketahui juga bahwa di Sulawesi ini pada umumnya Jalan rayanya jalan-jalan Trans Sulawesi itu semuanya sudah mulus boleh dikatakan

Hampir semua sudah mulus ya teman-teman Selatan sampai Utara ya kalaupun ada jelek-jelek sedikit itu biasa secara umum sudah mulus dan enaklah untuk kita kendarai baik pribadi maupun keluarga dan juga kalau spot-spot wisatanya juga banyak tergantung kita mau ke mana [Musik] tapi kalau untuk jalurnya jalurnya itu karena kan bentuk Pulau Sulawesi itu

Kayak huruf k ya Jadi kita beda dengan Sumatera kalau Sumatera kita ambil barat pulang lewat Timur udah Tinggal pilih atau sebaliknya pergi lewat Timur pulang lewat Barat atau tengah dia ada tiga jalur tapi kalau Sulawesi dia belok ke atas Utara entar belok lagi ke arah Tojo una-una nanti belok lagi ke arah Kendari

Nah itu yang sedikit kita harus memikirkan rute yang efektif dan efisien buat teman-teman yang mungkin waktunya terbatas supaya efektif enggak bolak-balik gitu ya kalau waktunya terbatas [Musik] kalau masalah waktu itu memang terpulang kembali ke masalah kendaraan kita apa terus seberapa dalam kita menekan gasnya jadi memang itu relatif sekali kalau

Masalah jarak itu bisa kita pastikan teman-teman bisa cek di Google ya jarak dari Makassar ke Palu berapa Palu Gorontalo berapa jamnya gitu ya berapa jamnya nanti dikira saja plus dengan nanti berhenti-berhentinya Apakah kita mau explore sepanjang jalan atau cuman melintas banyak sekali pilihan-pilihannya Jadi kami hanya menawarkan dan menginformasikan tentang

Jalur-jalur selama di Sulawesi Jadi kalau dari Makassar kita pilih salah satu jalur barat dulu deh kita menuju ke utara ya maka saat ini kan Sulawesi Selatan jadi dia memang paling selatannya Indonesia di bagian Sulawesi terima Makassar kita ambil pilihan jalur barat terus itu nanti dari lewat Parepare lewat Sulawesi barat majenip

Mamuju Pasangkayu sampainya di Palu itu jalur barat dan ramai dilalui jalannya juga tidak banyak pendakian di situ karena rata-rata melewati pesisir pantai jadi itu udah sampai tuh di Sulawesi Tengah tuh Palu Donggala Nah dari Palu Donggala nanti kita bisa sisir lagi lewat jalur barat terus nah cuman jalur

Barat ini dia bukan jalur yang umum jalurnya agak sepi dan ekstrim tanjakan turunannya kita kan melewati Kabupaten Tolitoli Kabupaten Buol yang dengan pemandangan laut dan bukit-bukit yang indah sekali terus nanti sampai ke Gorontalo Terus lagi nanti sampai ke Manado dan Sulawesi Utara itu jalur barat Nah kalau jalur timurnya bisa ke

Malino dulu nanti keluarnya di Sinjai Nanti baru kita ke Palopo Palopo nanti kita ke tentena bisa ke tentena bisa juga mau ke Kendari dulu juga bisa Sulawesi Tenggara Sulawesi Tenggara kita bisa pilih jalur barat atau jalur timur itu terserah ya bisa lewat jalur timur itu Morowali Oke ya Terus nanti sampai Kendari nanti

Baru balik lagi kita ke atas kita lewat Kolaka Kolaka Utara terus nanti masuk ke Luwu Timur nah baru nanti masuk Iya nanti baru masuk kita ke Sulawesi Tengah lagi itu ke tentena ya dari tentena ini dari Poso nanti kita ada pilihan lagi kita mau ke kanan mau

Ke Luwuk Banggai Ampana 7 una-una atau kita mau terus ke atas Terus ke atas kita bisa ke Palu terus jalur timur terus sampai dengan Gorontalo dan Sulawesi Utara jalur-jalur pilihan-pilihan yang bisa teman-teman pilih untuk mengeksplor Sulawesi ya tapi diantara itu juga masih banyak persimpangan-persimpangannya ini yang jalur yang umum yang gampang Kalau yang

Mau kita tempuh terutama buat teman-teman yang terbatas waktunya Kalau kami kan suka ngacak aja gitu kan dari sini tiba-tiba belok ke jalur timur tiba-tiba beloknya jalur barat tiba-tiba ke tengah eh ke sini dulu karena kita memang sudah bebas waktu jadi itu [Musik] antara itu teman-teman banyak sekali pilihan-pilihan wisata Ya seperti yang

Bang Den bilang tadi banyak spot-spot wisata yang di mana itu dari Palopo Palopo baru kita masuk ke dalam lagi Tuh masuk ke Tana Toraja nanti kan di tentena juga ada tuh Sulawesi Tengah di Sulawesi Tengah itu ada kepulauan Togean macam-macam tapi jalur utamanya kurang lebih seperti itu itu juga tergantung teman-teman

Kadang-kadang kalau mereka yang teman-teman yang waktunya kurang dan terbatas mereka biasanya dari utara itu dari Sulawesi Utara terus turun dia enggak belok tuh keamanan ketujuh naon atau Kendari Dia turun lagi langsung ke Makassar lagi Toraja Makasar cuman secara kurang lebih ya teman-teman jarak dari Makassar Selatan sampai ke Sulawesi Utara itu kurang lebih

1900-2000 km berapa banyak kita berhenti Berapa banyak kita kan macam-macam ya Kalau kami kan memang lama perjalanannya itu kita enggak bisa lihat sesuai oh di Google cuman sekian hari atau di Google cuma sekian jam enggak bisa karena di perjalanan kita pasti explore kita berhenti-berhenti dulu kita bikin video

Nah itu yang bikin Eh kalau perjalanan router Indonesia itu lama ya Sayang ya Iye dan ini Indonesia teman-teman Indonesia itu sangat luas sekali ya Sulawesi ini pun sangat luas sekali dan banyak pilihan-pilihan di mana Kita mau berhenti di mana Kita mau menginap tapi satu hal bahwa jalan sudah bagus kondisi

Juga semuanya sudah aman dan teman-teman jangan heran nanti kalau di perjalanan akan menemukan kebaikan hati demi kebaikan hati di manapun berada itulah karakter asli bangsa Indonesia yang kami pahami setelah kami melakukan perjalanan bertahun-tahun dari Sabang sampai Merauke [Musik] dan yang pasti juga kalau masalah ketersediaan BBM apapun BBM teman-teman

Itu di Sulawesi itu ada semuanya cuman beberapa memang ada yang tidak ada di SPBU dan Sebagian ada yang kita harus Belinya di ketengan tapi kalau menurut hemat kami selama di Sulawesi kita tidak membutuhkan reagen cadangan karena semuanya ada ketersediaan cuman persoalannya masalahnya harga kalau BBM bersubsidi Apakah itu pertalite ataupun

Biosolar itu di beberapa tempat memang tidak ada di SPBU tapi di ketengan di pinggir-pinggir jalan tuh banyak yang jual jadi aman saja ya cuma tempatnya saja kita carinya nih jadi kalau masalah ketersediaan BBM aman [Musik] ya Jadi kalau untuk Sulawesi sendiri teman-teman itu ada Ada berapa provinsi

Saya ada Sulawesi itu aja ya Sulawesi Selatan Sulawesi Barat Sulawesi Tengah Gorontalo Sulawesi Utara dari kaki ujungnya itu Sulawesi Tenggara jadi ada 6 provinsi untuk Sulawesi nanti berdasarkan jalur yang sudah kami sampaikan nanti teman-teman tinggal pilih Provinsi mana nih yang mau diprioritaskan atau kalau memang punya ketersediaan waktu mau explore dan

Melintas di seluruh provinsi itu juga oke-oke saja kita akan banyak menemukan hal-hal yang mengejutkan di sepanjang jalan yang kita memang tidak pernah lihat di berita kita tidak pernah dengar di televisi tapi banyak kita temukan di sepanjang perjalanan itu keuntungannya perjalanan darat teman-teman siapkan waktu siapkan kendaraan siapkan mental dan siapkan Cuan hahaha

[Tepuk tangan] kalau bicara perjalanan kita pasti tidak akan lepas daripada keindahan alam kekayaan budaya sama kulinernya ya Sulawesi juga unik-unik dan kaya juga dengan kuliner yang ya bisa kita coba sih di mana-mana gitu cuman ya kalau buat yang sudah mulai bermasalah dengan kesehatan gula kolesterol ya itu harus

Juga jaga-jaga aja apa yang dimakan Karena perjalanan ini kuncinya adalah kesehatan kita harus nomor satu ya teman-teman ya tanpa kesehatan kita tidak akan bisa melakukan perjalanan sejauh dan selama ini apalagi Trans Sulawesi Apalagi kita jauh dari rumah jauh dari keluarga jadi kesehatan itu memang harus dijaga gitu Kalau kami salah satunya Kalau Bang

Dinamo kamera Mungkin penonton Indonesia sudah tahu kalau kita hanya jalan pagi sampai sore aja kalau jalan malam kita enggak yang begadang juga kita nggak karena kita tidak bermasalah dengan waktu dan kadang-kadang teman-teman yang banyak juga yang melakukan perjalanan jauh seperti kami tapi karena mungkin Keterbatasan waktu ya sayang ya Jadi

Mereka pun mereka begadang begadang sampai capek Aduh Kalau kami terus terang enggak punya tenaga yang sebesar itu gitu ya tenaga dan mood kita akan berubah menurut kita akan berubah kan udah ngantuk udah kecapean menurut kita sudah berubah sudah begadang itu Entar besok paginya kita nyetir lagi itu mod-nya udah udah berubah makanya kita

Selalu itu harus kita jaga tapi kita bisa Maklumi kok kalau teman-teman yang memang batas waktunya terbatas soalnya cuman waktu libur waktu cuti dan jangan dinikmati aja dia ingin mengejar beberapa tempat Nah itu kadang-kadang mereka agak forsir ya Tapi tetap jaga kesehatan jaga kesehatan dan jaga keselamatan ya karena kalau bagaimanapun

Juga itu berbahaya kalau diforsir terutama mengantuk tuh bahaya banget teman-teman yang pasti ini aku bisikin nih yang pasti gak akan nyesel jalan-jalan di Sulawesi dan bilang-bilang bilang orang dari mancanegara udah ke sini dari kapan tahu masa kita belum [Musik] kan nggak usah khawatir kalau Bukannya nggak punya kendaraan ada kita ketemu

Yang naik mobil macam-macam mobilnya yang mobil sedan ada yang mobil Jeep ada yang mobil bus ada beragam yang mobil tua-tua sekali mobil tahun 74 juga ada yang naik motor apalagi banyak banget kan teman-teman kita yang biker biker yang lintas Trans Sulawesi bahkan dari Sabang sampai Merauke yang naik sepeda

Hmm naik sepeda usia 64 tahun pun kita ketemu di jalur Trans Sulawesi kalau yang muda-muda juga kita lihat banyak yang sudah naik sepeda yang backpackeran atau jalan apa istilahnya itu hi- apa yang numpang numpang tuh anak-anak muda itu apa apa namanya teman-teman tuh yang nebeng-nebeng pinggir jalan itu juga

Kita ada eee Jadi sebetulnya pilihannya macam-macam tergantung kepada mental nyali kita kemudian eee kondisi kita masing-masing kan berbeda-beda terutama masalah keuangan kita juga beda-beda jadi yang penting kita semangat ingin mengenal Indonesia dari dekat itu Dulu Deh [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan] kalau masalah keamanan Sulawesi gimana

Ke Beda Oh aman Sulawesi aman jalurnya aman kalau kita agak mungkin agak ragu sedikit mana Simpang Simpang tanya saja oh orangnya aja kalau kita ragu-ragu sama Google Map yang kadang-kadang suka bikin nyasar apalagi di daerah pedalaman kita harus gabungkan antara Google Map mentang-mentang nih nggak update Google Map nih di pedalaman pedalaman di

Daerah-daerah Indonesia juga Memang sebelumnya kita waktu ke Sulawesi itu kan kita bayangkan Aduh ada apa ya Sulawesi takutkah keamanan Bagaimana bagaimana cuman ternyata nggak ada apa-apa pertama dulu kita Sebelum berangkat ke Sulawesi teman-teman yang sudah pernah explore Sulawesi Trans Sulawesi pernah touring gitu kita tanyain Mereka bilang Sulawesi aman

Sulawesi aman tidak ada masalah apa-apa ya namanya kita kan enggak pernah ke Sulawesi sama juga mungkin teman-teman Sulawesi belum pernah ke Sumatera belum pernah Kalimantan ada bayangan-bayangan Takut enggak begini Kak kangen tapi ternyata enggak seperti itu Jadi kadang-kadang kita ngelihat di berita-berita aja ya hal-hal yang negatif Padahal kalau kita jalani wah

Amazing teman-teman semuanya tentang kebaikan hati [Musik] apalagi juga budaya kita sih kalau yang kita rasakan tuh dari barat sampai ke timur orang-orang Indonesia tuh semua rata-rata sangat-sangat menghargai yang namanya tamu tamu itu mereka akan berusaha untuk menservis berusaha untuk menyenangkan berusaha untuk membantu dan menolong itu yang kami rasakan ya yang

Kami temui Bagaimana menurut Kak beda betul setuju tanpa itu kita nggak bisa juga kita bertahan selama ini Sulawesi tanpa kebaikan hati teman-teman Alhamdulillah Pokoknya kita masuk Sulawesi pertama kali kita sudah dapat support yang luar biasa dari 7 Selatan sampai Utara Alhamdulillah luar biasa sekali ya pengalaman kita selama di

Sulawesi tidak seperti itu buat kita yang pertama Ya tanah Pertama eh tapi kalau aku sih buat aku ya perjalanan Road Trip Indonesia ini menginjakkan kaki di Celebes bumi Celebes itu baru pertama kali gua udah yang kedua kali tapi enggak masalah kita yang pertama atau yang kedua dua kalinya yang penting kita bisa lebih

Kenal ya kan teman-teman kalau yang udah pernah juga jalan-jalan naik pesawat atau naik apa Cobain deh yang namanya jalan darat itu jalan darat itu beda lagi seninya beda lagi keuntungan-keuntungannya dan beda lagi kenikmatannya [Musik] ya teman-teman di seluruh Sulawesi Terima kasih banyak atas sambutan Indonesia selama di Sulawesi karena kita cukup lama

Lama karena kita terjebak pandemi juga kan di Sulawesi ini kita sudah sampai kembali kita mau keluar dari Sulawesi rencananya kita mau menyebrang kembali ke NTT dari Tanjung Bira tapi Insyaallah Doakan kita sehat-sehat ini bukan terakhir kita ke Sulawesi kita akan terus berjalan kita terus akan lebih masuk lagi ke dalam-dalamnya Indonesia

Karena menurut kami Indonesia ini terlalu luas dan tidak mungkin ya kita bisa explore seluruhnya gitu sampai ke pelosok-pelosok gitu Itu tidak cukup umur kita juga masih penasaran kan karena kita belum singgahi yang bikin kita penasaran kalian harus kembali Terima kasih atas dukungannya sulawesi dan juga mohon maaf kalau ada

Mohon maaf juga ya kalau kita ada kekurangan atau apa namanya juga manusia dua ini sudah kelamaan hidup di jalanan kalau kurang kurang berkenan kurang tata krama kurang tata tertib kurang eh Titut ya harus dimaklumi aja anak jalanan ya nanti kita perbaiki ya Insyaallah juga ya Salam Satu aspal dan

Salam juga buat teman-teman driver driver lintas provinsi di Trans Sulawesi atau perjuangan kita Bro Salam sayang buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi saya itu ada t-shirt ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya

Berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning banyak lah ya pilihan warnanya dan kita juga ada storage back nih teman-teman kita jual storage bag ini buat untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat temen-temen yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok

Sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini ini nih