TERDAMPAR DI TANJUNG BIRA KARENA CUACA EXTREME ll Bulukumba

Kita akhirnya terdampar di sini karena kan kemarin itu kita sudah mau nyebrang ke NTT tapi ternyata cuaca tidak bagus udah ada pengumuman dari BMKG akhirnya kapal kita Ferry penyeberangan kita tidak jadi berlayar kemarin Halo saya Kak beda kami pasangan suami istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil

Lebih 6 tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan hati bangsa ini perjalanan tanpa batas waktu ke tempat-tempat Tanpa Batas ke mana saja kita tunggu cuaca dulu karena kapal itu ke NTT dua kali seminggu lihat dulu ini nanti hari Senin Bagaimana cuaca kata BMKG sampai tanggal 6 cuaca masih ya

Begitu masih kurang bersahabat dan katanya Cuaca lagi tidak bagus penyebrangan Kenapa bisa digunakan kita sekarang lagi berada di Pelabuhan Tanjung Bira rencana ingin melakukan penyeberangan ke NTT atau tepatnya ke pulau Flores atau lebih tepatnya lagi ke marokot jadi memang ada jadwal penyeberangan dari Tanjung Bira ini ke pulau Flores NTT ada dua kali

Penyeberangan Senen dan Kamis sekarang hari Kamis tapi seperti dari tadi kita merasakan ada angin-angin agak kencang tadi juga sudah tanya kepada bapak penjaga yang ada di pos katanya cuaca kalau menurut laporan BMKG lagi kurang baik jadi kita sekarang lagi menunggu keputusan Dari kapten nanti kalau kaptennya udah datang baru nanti mereka

Akan berembuk apakah akan berangkat atau tidak Kalau aku sih mendingan nggak usah berangkat kalau BMKG bilang begitu kan nanti kita di kapal aduh deg-degan gimana Sayang apakah kita akan lanjutkan penyebrangan atau kita tunggu sampai cuaca normal kembali tanggal 6 kalau saya sih udah mau juga kalau diantara maksudnya kalau jawabannya cuaca bagus

[Tepuk tangan] sudah jam 8 kita masih belum dapat kepastian kabar Apakah kapal akan berlayar malam ini kalau sesuai jadwal kan harusnya jam 9 jam 6 kita sudah di loket beli tiket tapi sampai jam 8 Tadi katanya kan bapak itu mau kasih kabar kita masih stand by ini di cafe ini di warung

Sepertinya belum ada kepastian Pelabuhan sudah gelap di sana tuh kalau seandainya memang tidak jadi berangkat gimana Cari tempat nginep aja di Bira ya kita sudah menunggu selama 1 bulan di Bulukumba menunggu cucu aja dan ternyata sampai saat ini cuaca belum juga kunjung bersahabat Ini kita lagi tambah

Air aki air akinya berkurang karena kita kan masih pakai aki basah ya jadi harus sering-sering dikontrol Jangan Sampai Nanti airnya kekurangan nanti akinya jebol atau akinya soak itu memang kelemahannya kalau kita pakai air pakai aki basah itu harus rutin rutin cek beda dengan aki kering ya kalau aki kering

Kan kita nggak perlu cek-cek lagi tinggal starter aja nah kebetulan kita juga sekarang masih di Tanjung Bira nih teman-teman di Tanjung Bira ini kita masih menunggu kapal penyebrangan ke NTT karena kemarin kan harusnya hari Kamis tapi karena faktor cuaca ditunda jadi kita harus merapatlah di Tanjung Bira

Ini cuman kalau Tanjung Bira ini banyak sekali kita penginapan-penginapan tinggal pilih karena ini memang tempat wisata jadi sementara kita beberapa hari kita di sini dulu Nah kalau di Indonesia timur ini kita baru berasa banget kalau kita tuh negara kepulauan karena banyak melakukan penyeberangan-penyebrangan antar pulau itu sangat bergantung kepada Cuaca dan

BMKG kalau BMKG bilang tidak bisa berlayar cuaca buruknya pasti kapal-kapal tidak akan berani berlayar dan kita harus menunggu lagi begitu terutama sekarang nih bulan-bulan Desember Januari Februari itu memang sering terjadi cuaca ekstrim karena banyak teman-teman kemarin juga dia ingin melakukan penyeberangan penyeberangan mereka nunggu bulan Maret Katanya biar lebih tenang sedikit tuh

Sekarang kita baru awal Februari nih Ya Sudahlah kita udah Kadung di sini nih aki yang kita ganti waktu di Sorong kemarin nggak terasa Ya sudah satu tahun aja loh 24 Februari 2022 sekarang sudah masuk Februari 23 itulah waktu teman-teman jadi waktu itu begitu cepat berlalu waktu itu sangat pendek jadi

Kalau kita enggak kita enggak manfaatin Bagaimana cara menikmatin waktu itu kita enggak pinter-pinter nanti akhirnya hidup kita habis dengan ya begitu-begitu aja rutin enggak kemana-mana kita enggak tahu tahu sudah umur kita sudah tua kita sudah kitakitan sementara kalau kita flashback kita udah ngapain aja ya aku tuh selalu selama ini

Berpikir bagaimana caranya supaya waktu ini betul-betul bisa kita nikmati penuh itu jangan sampai kita terjebak waktu kita habis begitu saja ya mungkin ada tujuannya mau cari uang karena pekerjaan karena sibuk-sibuk ya sibuk gitu Kalau terlalu sibuk itu kan akhirnya waktu kita habis kalau sekarang kita lebih menikmati jadi kita nggak mau yang

Namanya sibuk-sibuk ya udah jalan-jalan aja gitu tapi memang semuanya sebanding ya bagaimana juga kalau ya kita nggak sibuk ya berarti Jangan berharap kita punya sesuatu benda uang yang berlebih-lebih juga jadi seimbang aja kalau kita pikir Ya udah secukupnya yang penting bisa di solar bisa makan bisa nyebrang ada cukup dan bisa melihat

Banyak tempat kita ya nyeker dulu nih Biar menyatu dengan alam judulnya kita jalan-jalan dulu ke Pantai Bira yang sangat terkenal sensasional dan luar biasa ternyata sekarang untuk telanjang kaki telanjang kaki ya bukan sepatu buka sendal dan berjalan di alam batu-batu kita harus belajar lagi udah kelamaan kaki kita di tutup sepatu dan sendal

Akhirnya inilah pariwisata Indonesia tenda biru ini di mana-mana ya bukan di Bira aja ya everywhere di merata-rata tempat mungkin kecuali Bali kali ya Kelok 9 apalagi Kelok 9 tuh kampung gua Sumatera Barat ampun [Musik] you baby [Musik] [Musik] ini namanya Pantai Bira yang sangat terkenal itu kalau untuk Sulawesi

Selatan Pantai Bira ini memang luar biasa sepanjang sampai ujung sana itu Pasir Putih semua Pasir Putih di sini ini memang salah satu varian pariwisata andalannya Sumatera Selatan eh Sumatera Selatan Bulukumba [Musik] seperti pasir Saka pasir gula gula batu eh gula pasir gula pasir Ingatkah kita 3 tahun yang lalu

Kamu Ingat tidak 3 tahun yang lalu kita berjalan-jalan di Pantai Bira ini [Musik] itu bukan bulu babi teman-teman ada yang tahu nggak Itu binatang apa itu masih tidak disiplin batu-batu karangnya Entar dulu pernah tinggal 11 hari di pantai ini 11 hari 3 tahun yang lalu pertama kali masuk ke tanah Sulawesi

Tapi memang tidak pernah membosankan melihatnya asik makanya aku Happy sekali refreshing kemarin sebulan kan di kos aja bagus tuh Din ini untuk tempat perhiasan ini taruh cincin di sini ini masih ini dia masih ketemu Aku Lanjut meditasi ya kamu ntar ambil-ambil aja foto-foto mau ambil shock jalan-jalan kamu cari kerang kasih

Saya waktu 15 menit oke oke kadang-kadang kita nikmatin dulu tempat-tempat yang sepi berdua doang jauh dari keramaian terasa Pulau milik pribadi serasa Pulau milik pribadi orang lain hanya menyewa bukan berarti kita di keramai nanti ada momen juga kita nikmati tempat-tempat yang ramainya di sana ada tempat-tempat ramai itu ada banana boat ada

Macam-macam lah di sini tempat hiburan rekreasinya tapi ada juga bagian-bagian yang sepinya yang kadang-kadang kita cuma berdua duduk diem-diaman udah pikiran masing-masing itu juga kenikmatan tersendiri hanya diam aja gitu orang bilang apa tak fakir alam nggak tapi aku merasa bisa menyerap energi-energi dari alam suara ombak angin itu aku rasakan masuk ke pikiranku

Masuk ke jiwaku ada yang tidak biasa hidup di laut atau di pantai kayaknya butuh proses juga ya buat beradaptasi ya Karena beda suasana beda cuaca anginnya beda ombaknya beda Memang luar biasa sekali Indonesia ini lagi tangkap apa Bapak [Musik] untuk apa ini pak Apa itu kok warnanya merah ya ada biru cuma yang

Birunya yang birunya nggak terlalu ini kalau tempat yang tempat keramaian ini di sini guys ada warung-warung ada banana boat [Tepuk tangan] Bang Hamka dari Makassar nonton Patrick Indonesia Saya kayaknya dari subscriber seribuan Terima kasih ini jalur mau kemana penyeberangan harusnya kemarin tapi cuaca tidak jadi nyebrang Selatan [Tepuk tangan] ternyata luar biasa gitu

Ya masuk YouTube Guys kita ketemu subscriber di Tanjung Bira [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] ya Sayang aku mau beli ini dong ini beli apa ini Bu rasa buras kalau Betawi kalau di sini Bu rasa bukannya bagaimana ini pantai ini boleh buat berenang kan ya [Musik] nanti sore biasa air pasang itu juga obatnya datang

Sampai dalam diperbaiki lagi ini Iya betul nah mulai dari tanggal 20 berapa tanggal 23 sampai tanggal 30 Oke Ayo kita nikmati lautan Nusantara aku sampai ke dorong nih enak buat mandi-mandi buat berenang-berenang di bagian Indonesia timur nggak tahu ya di Indonesia Barat dipercaya kalau kita berendam di air

Laut ini adalah terapi katanya terapi menyehatkan Seperti apa mungkin ada teman-teman yang tahu jawabannya bisa menyembuhkan penyakit juga beberapa penyakit katanya juga bisa cuman aku Pastinya detailnya tapi sering sekali kita mendengar seperti itu Jadi kalau teman-teman yang sudah tahu tolong ditulis di kolam di kolom komentar bisa menyembuhkan apa dan bisa menyehatkan

Seperti apa jadi banyak juga kita beberapa tempat melihat ada orang-orang yang sudah agak tua Dia lagi ada sakit apa Sakit apa gitu kan mereka berendam nih di air laut guys lucu kan unik semoga juga ini juga sehat Ya sudah berendam di air laut Tanjung Bira Bulukumba luar biasa

Nah satu lagi yang perlu teman-teman ketahui bahwa tidak semua pantai itu bisa dipakai buat berenang kita semua pantai itu aman untuk berenang jadi harus waspada juga kecuali kalau seperti ini kan memang sudah tempat wisata tidak ada orang-orang yang berenang itu kita berenang lah atau kalau mau pastikan lagi tanya sama penduduk sekitar atau

Penjaga warung Bu Pak ini pantainya bisa direnangi nggak jadi jangan sembarang-sebaran aja kadang-kadang pantai itu suka menipu teman-teman kelihatannya dia tenang kelihatan ombaknya kecil tapi ada yang namanya arus balik ya Arus Balik Itu dia narik narik kita dibawa ke tengah di tengah arusnya sudah kencang Nah itu kadang-kadang kita berbahaya

Hidup buat main-main aja guys kalau musim apa yang hilang bulan-bulan 7 sampai bulan 12 itu masih hilang nanti hilang satu baru mulai kembali lagi Iya tapi punya itu bulan 4 baru kuli ini air Enggak ada di sini jauh lagi ke sana pasirnya itu musim Timur ke mana pasirnya Kok bisa hilang di bawa

Ke sana ke Pantai Bara nanti dibawa lagi ke sini Tapi kalau datang lagi pasirnya agak kasar begini oh gitu nanti kalau mau dikasih rata agak halus lagi setiap tahun begitu tiap tahun begitu unik sekali teman-teman Ternyata kita kan karena kita sekali-sekali di sini kita enggak tahu perubahan-perubahannya

Jadi nanti ini penuh lagi pasirnya di bawah lagi kalau nggak ada sampah-sampah ini lagi kalau pasirnya hilang tinggal batu-batu di bawahnya kelihatan di bawah ini Baru datang ini pasirnya penuh sampai ke sini tembok ini nanti tertutup kok pakai truk ya Siapa yang ngambil pasirnya lagi dikirain bikin bangunan begini berarti tidak

Tahu ada pergantian musim begitu kan nanti ini kan pastinya agak kotor kan Sering diinjak Jadi kotor jadi nanti pergi kembali putih bersih lagi Memang luar biasa Pantai Bira jangan lupa datang ke sini keren bisa datang dan pergi gitu itu dibawa kemana itu jadi dia pindah mungkin ke barat [Musik]

Kerjanya ombak itu dia datang baru lagi tuh lembutnya tuh kayak tepung Iya halus dia baru tepung gitu nanti lama-lama dia mencoklat lagi baru dia hilang lagi Nanti dia bawa lagi keren kalau kita nggak ngelihat perubahan itu tinggal di sini jadi tahulah sudah tahu perubahan-perubahannya udah biasa buat ibu cuma kalau buat kita

Orang yang datang unik sekali itu Jadi kalau di Bira ini semuanya udah penginapan ya berbagai macam sih harganya apa aja namanya penginapan 150 ada yang sampai 2 juta setengah per malam ada di sini ini tergantung sesuai kocek masing-masing semua itu adalah penginapan ini Hotel semua ini semua hotel penginapan

Kita ada satu tari komplain lo nginepnya di penginapan di hotel sekarang udah nggak nendang tidur di mobil lagi Bagaimana kamu Villa Bukit Marwah jalan-jalan kaki begini Ibu lagi apa Bu Ibu lagi bersih-bersih beras udah nonton nah ini bunga-bunga tanaman bonsai jadi enak ini pekarangannya rapi banyak bunga-bunga parkir di situ buat teman-teman yang

Ingin mendukung perjalanan Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual tiket Indonesia apalagi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat temen-temen yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi

Mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini nih