EKSPLORE PEDALAMAN DESA ARA, ISTIMIWIR II Bulukumba

Drone kita kan waktu di Ambon kan kecelakaan masuk ke laut kira-kira nabrak lubang karang itu kan Nah ini dapat ganti Drone baru langsung dihubungi waktu itu sama Om Ian kumis atau Om Parulian Makasih ya Om yang kumis ganti drone-nya ini Terima kasih sekali ini sangat berfungsi ini kita

Coba terbangkan lagi thank you Halo Sayang kami pasangan suami istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil lebih 6 tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan bagi bangsa ini perjalanan tanpa batas waktu ke tempat-tempat Tanpa Batas ke mana saja [Musik] ya Jadi ini kita sekarang berada di

Bener-bener 0 Km Tanjung birahi ini bagian paling selatan Sulawesi kalau kita lihat pulau Sulawesi paling ujung paling ujungnya sekali udah kayak ada buntut kecil itu nah kita ada di situ Ini baru pertama kali lagi kita coba-coba terbangin Drone ya Kak beda tuh masih trauma kalau melihat bang Den nerbangin Drone jadi pilot

Drone dia udah panik duluan gitu apalagi di sini kan Anginnya kencang udah gitu kan lahannya kecil banget nih terlalu banyak pohon-pohon gitu Jadi kalau di daerah yang lapangkan masih Okelah ini kan kembali lagi kita berhadapannya seperti di Ambon laut dan karang-karang gitu salah-salah mendarat salah-salah kena angin repot urusan nah kemudian

Juga masalah Drone ini kemarin aku baru lihat di kolom komentar kayaknya ada yang baru nonton gitu kan video kita itu dibilang ini ada yang mau gantiin drone nah ini dari Isnawati Putri Kak Isnawati Putri Terima kasih banget ini atensinya dia bilang Bang Den dan Kak beda jangan sedih

Kehilangan drone-nya ya Yang penting Kak beda dan Bang Den selamat di manapun berada selalu dalam selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala Amin gimana kalau aku Yang gantiin Drone Kak beda dan Gimana cara transfernya Sekarang aku di Amerika Please kasih information untuk aku ya wah luar biasa Terima kasih sekali Kak Isnawati Putri

Di Amerika kami sudah dapat Drone pengganti Alhamdulillah dari kumis jadi terima kasih terima kasih sekali atensi salam dari Indonesia salam sayang Indonesia kapan-kapan pulang ke Indonesia berkomunikasi Kak Isnawati Putri inilah pemandangannya kalau mau dilihat lautnya biru kemarin hari terakhir di Bulukumba kita itu masih diundang makan sama Om subuhan

Di rumah makan Sulawesi itu udah 4 kali kali Makasih Om Suban perpisahannya kita masih di jamu Dan ini juga ada cerita lucu jadi kan waktu itu kan ada video tuh yang Om Subhan membelikan semua staf Rumah Makan Sulawesi itu tistra trip Indonesia itu kan semuanya 26 lebih terus itu akan dijadikan seragam

Mingguan gitu Jadi anak-anak tuh disuruh pilih mana satu hari ini untuk pakai baju Road Trip Indonesia semuanya dari yang staff depan sampai belakang kitchen Kayaknya hari Minggu deh mungkin hari Minggu ya mungkin hari Minggu jadi teman-teman yang di Bulukumba ataupun mampir ke Bulukumba terus mampir ke rumah makan Sulawesi di hari minggu

Pasti akan melihat seluruh staf memakai baju Road Trip Indonesia oh keren segala warna ada Terima kasih apresiasinya waktu di bau-bau juga udah belikan staf-staf-nya juga kaos Indonesia dan langsung dipakai juga mau menyusul atau ada perusahaan hahaha rumah makan boleh perusahaan apapun gitu kalau ada stafnya banyak hubungi saja nomorku nanti aku siapkan jualan

Makasih banyak bagaimana untuk tempat ini nyaman udah gitu segala penjuru itu bagus kita sekeliling gini pemandangannya bagus keliling sunset di sana di sana kehijau-hijauhan ada perahu-perahu dibuatkan tangga-tangga ke bawah ke tebing-tebingnya itu ada jembatan kaca sebelah sana sunyi enak padahal ini pohonnya rimbun jadi kita terkurung di Bira ini selama beberapa hari kita

Tunggu besok ya eh Senin ini baru berapa hari ini dari hari kamis jumat sekarang baru Sabtu besok Minggu Senin masih beberapa hari lagi kalau cuaca memang sudah memungkinkan baru kita bisa nyebrang Labuan Bajo kalau cuacanya belum memungkinkan juga ya Kita lihat nanti kosnya lumayan sering Oke kayaknya sunsetnya udah makin turun

Kita cabut lagi yuk [Musik] 900 kali per menit langsung aja kita Bersihin ya tuh [Musik] ini kan kita udah beberapa hari di sini kan terus kita udah tiap hari mandi di Tanjung Bira di Pantai Tanjung Bira kita cari tempat lain aja yuk sambil menunggu menunggu kapal nih

Rencana sih Besok hari Senin kapal itu ada tapi tergantung nih cuaca kalau cuacanya bagus ya besok kita bisa berlayar kalau nggak nggak tahu tadi malam hujannya gede banget lagi Gimana sayang kita cabut dulu aja [Musik] dulu ada yang namanya Mandala ya itu dari Bira itu jaraknya

Sih nggak terlalu jauh cuma 10 km Nah kita akan menelusuri sepanjang pesisir pantai di sana ternyata banyak spot-spot juga kita explore aja itu ya Nah ini kan jaraknya cuman 10 km kita menyusuri sini nanti ini keluar nih dari jalur utama ya Nah ini perjalanannya kayak gini banyak pohon-pohon dan sepi sekali Kalau dari

Situ sih kita udah sampai di desa Ara ya namanya Desa Ara ini sekarang kita belok Tuh kan ciri khas rumah-rumah adat famous banget dibilangnya bikin penasaran karena dibilangnya akhirnya lebih putih dan infonya kemarin itu bapak menteri Mas menteri sandiaga Uno nyasar nih kalau ke pantai mandalaria gimana tempat mandi-mandinya pasir

Parkirnya di mana parkir di sana Terima kasih ya cuman kayak gitu aja sederhana sekali ada pembuatan kapal pinisi juga di sini [Musik] jadi di sini ada tempat pembuatan kapal pinisi juga namanya Desa Hara jadi kabarnya sejarahnya pembuat pembuat kapal dari tanah biru itu berasal dari depan belakang [Musik] penginapan kali

Ini Bapaknya lagi bikin kayak gini perahu Pinisi di sini pak aslinya nih banyak rumah-rumah sudah rontok mana aja bebas tuh tempat wisatanya yang mana aku pikir kayak di Pantai Bira yang udah rame gitu orang mandi-mandi berenang-berenang tapi masih sedih ya Masih baru masih Origin cuman kalau di sini keren banget mereka

Bikin kapalnya di atas pasir putih guys Coba kita lihat yang sebelah sana yang tadi kan ada tulisan masuk juga gitu kita explore aja dulu yuk Nah ini baru namanya pantai Mandala Ria wuih gila men di sini pasir putihnya ternyata memang benar-benar luar biasa pasir putihnya lebih putih dan lebih luas

Dari laut ke pantai Udah biarin jangan dibangun kalau pantai pasir putih itu biar kayak begini aja Kan biar kayak begini aja guys biar tetap dia jadi pantai jangan dia dibangun tapi ini mulai ada nih dibangun juga di situ gatel aja kita mau bangun pantai bangun di luar sana tuh Oh di sini ada

Mandala Cafe ini ada Cafe itu juga ada anjungannya kayaknya sore [Musik] uh luas sekali ini tapi dia belum seramai Pantai Bira memang pantai mandalaria ini desa Ara namanya gak terlalu jauh cuma 10 km dari Pantai Bira ternyata ini mau istimewa banget pantainya luar biasa luas banget pantai

Pasir putihnya dan yang paling kita suka di sini masih murni masih natural jadi belum terlalu banyak gubuk-gubuk liar atau pedagang-pedagang kita sih tidak bermasalah ya dengan dagang masyarakat cuman cara pengaturannya supaya jangan merusak keindahan yang sudah ada gitu Jadi kalau dengan murni dengan kondisi yang murni alami ini udah cantik dengan

Keberadaan misalnya ada Cafe ada warung ada penginapan harusnya lebih cantik Jangan jadi jangan jadi rusak dan di sini juga sampahnya belum banyak belum ada lah kita lihat ini pantainya bersih banget ini luar biasa guys mantap banget beruntung kita bisa sampai disini sejauh mata memandang Pantai Pasir Putih ada yang manggil udah nonton

Dari kapan kemping dari Bulukumba kan mobil dari gajah luas banget itu putih ternyata sayang sampai disini pun masih ada subscriber ternyata subscriber pasukan Indonesia sudah ada di mana-mana terima kasih atas dukungan dan supportnya ya Oh ini kalau mau kemping di sini nih camping bagus Ayo kita jalan-jalan dulu ke sana

Gila pantai pasir putihnya luas banget guys tanggal area keren cuma dia belum sepopuler Pantai Bira ya Kalau hari ini ini Minggu pagi ini kalau di Bira itu sudah full Pantai Bira sudah penuh kalau ini kita masih sepi banget buat camping-camping [Tepuk tangan] [Tepuk tangan] aku airnya kalau itu sampai naik [Musik] [Tepuk tangan]

Ada tempat berteduh nih hehehe batu-batunya lihat tuh Goa goanya dibentuk sama asli ini keren sayang makanya apa menteri sandiaga Uno sampai ke sini kan itu berarti memang ada sesuatu yang istimewa Sekalian jalan kaki tracking Lumayan lah kan bakar-bakar kalori lagi Coba nanti kita lihat bakal nyemplungnya di mana keren guys [Musik]

Luas pantainya luas enak pasirnya lembut [Musik] matahari sudah on top hampir Apa yang kamu pikirkan paling enak itu kalau posisi duduk ngelihat ke pemandangan Lepas itu imajinasi bisa liar ke mana aja mana-mana aja yang dipikirin tuh apa aja Oke Guys kita Merapat dulu di pinggir pantai makan siang ya aku bawa ayam rebus

Ini tempatnya enak banget di sini di pinggir pantai tapi dia rimbun sekali pohon-pohonnya bagus tuh walaupun sampahnya masih banyak ya teman-teman Ini Ayolah teman-teman Jaga dong kebersihannya gimana Nggak enak tempatnya harus camping di sini kita langsung ke pantai seperti ini kurang keren apa coba yang tempat [Musik] Aku mau berenang dulu ya

Berenang katanya ngantuk karena ngantuk itu dibawa berendam Soalnya kalau kekenyangan perut rame tadi kamu pergi sepi kan dia pantainya landai pasir putihnya luas banget kan Nah sekarang makin siang makin sore ini naik dia jadi pantai pasir putihnya tertutup air jadi kalau teman-teman mau ke sini itu lebih baik

Kita kan nggak tahu ya kapan dia pasang surutnya kadang-kadang eee laut itu surutnya pagi kadang-kadang surutnya sore itu tergantung musim-musimnya makanya enaknya tuh kalau enggak camping di sini kalau enggak nginep di sini jadi tinggal tongkrongin aja di sini Kapan dia surut itu wah tadi kita Beruntung banget sayang kita dapat surutnya itu dan

Gitu pantai pasir putihnya Wah ini alamnya juga di sini nih tuh ya kalau teman-teman lihat tuh ya Selain pantainya tuh alam-alamnya tuh lama-lama tuh masih ada suara-suara burung-burung di sini jadi memang masih white ya masih liar cuman kalau pagi-pagi saya kalau pagi-pagi itu masih sepi kalau kita bangun pagi-pagi terus kita

Explore pantai ini jalan kaki itu juga masih sepi banget nah karena ini tempat wisata kalau dia sudah siang sampai sore apalagi kalau hari libur udah rame kita berbagi nah ini buat teman-teman storage back ini juga salah satu tugasnya nih kalau buat orang yang basah-basah tuh macam-macam deh di sini ada gayung tuh

Ada barang-barang ember dah ini memang bukannya anti air ini memang boleh basah-basah gitu tidak ada resleting dan dia pakai ini aja nih penutupnya tuh expert inilah fungsinya salah satu fungsinya tuh lihatin tuh semuanya macam-macam masuk ya memang ya Yang kira-kira barang-barang yang aman lah yang orang enggak bakalan curi Buat apa juga sih

Mencuri celana dalam bahasa gitu ember gayung ember plastik kayak ngapain juga udah tuh dia gunanya oke nah ini juga berfungsi buat simpan sampah sementara Jangan tinggalin sampah walaupun tempat di sini tidak ada tempat sampahnya sampah harus kita bawa pulang [Musik] [Musik] [Tepuk tangan] kita foto yuk sekarang tujuan berikutnya namanya tebing apa

Sudah sampai kita di tebing apa yang terkenal [Musik] lautnya hijau tosca biru [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] hijaunya sehat sekali hati-hati di sini karena tajam-tajam aku kalau karang-karang gini ya nggak terlalu teh juga sih mantap Apakah kita berani Siapa yang mau lompat tebing dari sini ke [Musik] tangga curam ke bawah Sulawesi Selatan

Dinobatkan sebagai 50 desa wisata terbaik tahun 2021 ada 50 Desa kita udah ke yang ke Tolitoli itu salah satunya kan hari ini full tracking full berenang ini keren juga sini paralayang ini tebing -tuker namanya sorry sorry tebing apalalang bagus sekali cuman kalau aku sih rekomendasikan ke sini itu sebelum

Jam 12.00 kalau untuk pencahayaan ya kalau mau foto-foto karena Jadi pas dia tebing-tebing Itu dia kena cahaya matahari Kalau kami ini sekarang udah lewat zuhur lewat jam 01.00 itu matahari udah posisi di belakang tebing jadi agak flat warnanya Tapi sama aja sih tetap keren juga buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan Indonesia kita

Masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi saya itu ada t-shirt ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat temen-temen yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi

Mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman nah pesannya ada di kolom deskripsi atau nomor wa-ku di bawah sini nih