Pulang Dari Papua, Rumah Baru Sudah Menunggu ll Palu

[Musik] kemana Kami pergi ke situ kami pulang kalau ada yang bertanya apa yang kami dapat dari perjalanan keliling Indonesia ini jawaban Kami adalah saudara perjalanan ini membuat Kami punya saudara di mana-mana Dari Sabang Sampai Merauke Adakah yang lebih berharga dari saudara Halo saya Bang Den saya nggak beda kami

Pasangan suami istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil lebih 6 tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan akibat bangsa ini perjalanan tanpa batas waktu ke tempat-tempat Tanpa Batas ke mana saja ya hal yang paling horor di jalan solar langka kalau mau ngantri bisa bermalam ini dua

Lain dari sana dari sana sendiri kanan sini sampai belakang tadi nih lagi yang masih mengantri di dalam itu dalam lagi bukan cuma di luar luar dalam kiri kanan depan belakang nah sini lagi Alhamdulillah Indonesia [Musik] selama berkendara di Indonesia timur ternyata di kota Palu juga solar yang paling langka alias mahal bro Rp50.000

Hanya dapat 4 liter kalau mau antri katanya bisa bermalam gitu kata teman-teman di Palu Jadi kami isi beberapa liter saja dulu toh Nggak akan kemana-mana Rencananya mau ngedit aja di rumah kalau mau ngantri itu bisa bermalam Apa kabar Alhamdulillah ya ampun perkembangannya cepat sekali Palu ini Subhanallah amin alhamdulillah

Di kota Palu kami tinggal di lebaran guest house milik tante Wiwi dan keluarga yang sudah kami kenal saat kami di Palu dulu dulu tempat ini masih Tanah kosong dan kami tinggal ngekos persis di sebelah tempat ini sekarang sudah berubah menjadi guest house dan Cafe [Musik] ya inilah tempat tinggal kita selama di

Palu nama tempatnya debaran guest house Aduh akhirnya kencang sekali ini pintu masuk di sini ada bunganya terus ada satu sofa ini sofa bed nih jadi bisa ekstra kalau ada orang menginap di tiga orang bisa sharing ini kamarnya kamarnya AC [Musik] Smart TV lednya empuk aslinya dingin itu udah disediakan lemari kecil ada barang

-barang itu nama anaknya tante Wibi bantalnya empuk terus nih ada buat masak bikin air sendiri air panas ini kalau ada yang mau cuci-cuci piring kamar mandi kamar mandinya air panas air dingin bersih showernya kencang airnya ajar nih terus ini ada luar pemandangan luar ini agak lama mau jemur baju di sini

Telur baju untuk pemandangannya di luar apalagi kalau malam hari uh lampu-lampu kota Palu di sana Ini water heaternya nih di sini sangat nyaman menurutku walaupun kita sudah pernah tinggal di Palu memang Tapi waktu itu kita ngekost di seberang sana sarapan pagi masakannya enak-enak kalau jam segini udaranya eh di teras

Ini udah nggak terasa panas lagi enak kalau pagi kan sinar matahari pagi toh ke arah sini kalau mau parkir mobil banyak parkiran banyak di depan di depan Cafe bisa parkir di depan Mark bisa parkir luasnya Parkirannya dari rumah kayu juga kalau emang nginep di situ nih ini nanti kalau pohonnya

Bunganya sudah tinggi-tinggi besar-besar ini akan lebih adem lagi tuh sepanjang ini pohon-pohon ini baru mulai ditanam tuh [Musik] jadi selama di kota Palu kami diundang untuk stay di sini mencoba guest house brand new bertaraf Hotel tentu Kami sangat senang hati sama senangnya seperti banyak tempat lain kami diundang dan difasilitasi [Musik]

Kalian nggak tahu sih guys Bagaimana rasanya jadi petualang seperti kami kalau dapat tawaran tempat menginap atau tempat tinggal susah ngejelasinnya [Musik] [Musik] seperti yang kalian sudah tahu kalau sudah mengikuti Road Trip Indonesia dari lama pasti tahu Bang denda nggak sarapan Dia tidak makan nasi tapi yang ini pasti

Di sini tempat sarapannya juga kan terpisah dari kamar kan begitu pemandangannya bagus terus desainnya desainnya itu memang detail aman sejuk karena aslinya selalu dinyalain keluar kalau mau sarapan dan di dalam kan Full AC namamu tuh bersih dia mana kita di mana-mana di setiap tempat ya dari awal jalan kalau kita udah stay

Agak lama pasti ada binatang yang mendekati doggy kucing burung merpati waktu di Aceh tuh lengkap waktu di Aceh semuanya sampai soang-soang ini kucing pasti kalau cuci selalu dekat Karena kucing itu kalau sekali kita kasih makan dia dia kan Terus di Manado ada dogi-dogi kalau kalau di Manado itu uniknya doginya itu pasti langsung

Menuju ke dapur eh jangan lompat kamu jadi menuju ke dapur tempat aku masak dia duduk di pintu nanti nunggu nunggu jatahnya kalau dulu waktu kita ke sini kan lagi pandemi lagi sepi-sepinya sekarang kota Palu tuh udah rame banget guys [Tepuk tangan] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] ya teman-teman kita masih di lebaran

Lebaran guest house kota Palu jadi kita perpanjang lagi di sini maksudnya tadinya kita mau berangkat itu hari Senin besok Minggu depan tapi ternyata ini kan plat nomor mobil kita atau pajaknya udah mau habis nih tanggal 12 Ini nih udah mati harusnya Cuman karena kemarin kita kirim pakai ada salah satu

Jasa kurir tapi ternyata lama sampainya perkiraan kita satu dua hari sampai ternyata ini sudah 4 hari belum sampai juga Karena kan kita kirim tuh STNK sama KTP asli ke Jakarta ada temen kita biro jasa di Jakarta yang mengurus setiap tahun perpanjangan pajak Seruling senja Nah jadi karena belum sampai-sampai juga ini kita

Nggak tahu nyangkutnya di mana Jadi kita perpanjang lagi di sini kita harus tunggu ternyata molor karena di sini nggak ada pengiriman yang ekspress jadi agak lama Nah akhirnya kita tambah lagi deh seminggu aku bilang sama tante Wiwitan aku nambah lagi Ya seminggu soalnya STNK belum datang

Izin kayak gitu tinggal aja udah di sini katanya sampai selesai urusannya udah terima kasih kita nggak berani juga sih melanjutkan perjalanan hanya pakai fotocopy STNK aja menurut teman-teman gimana sih boleh nggak sih kita jalan nih mau jalan apalagi antara kota nih antar kota antar provinsi antar Kabupaten mungkin kita akan berhari-hari

Nyetir tapi kita hanya pakai fotokopian STNK itu Boleh atau enggak jadi kita sementara lanjut lagi di kota Palu kita nggak terlalu banyak explore Kenapa waktu itu kan kita sudah 4 bulan di kota Palu kayaknya semuanya sudah kita hampirlah semuanya kita jelajahi sampai ke Lembah Napu ke lembah bada pun kita sudah sampai

Dan kamera juga kebetulan Katanya sih betah di lebaran nyaman aku punya dapur terus aku punya tempat cuci baju hidupku kok simpel amat yang penting ada dapur sama ini baju ya kalau di sini kita harus rajin-rajin ngelap [Musik] kota Palu ini agak banyak debu terutama di sini kalau aku sih ini kan daerah

Koboyah Nih ada tambang emas di sana tuh kayaknya ada perusahaan besar baru masuk jadi tambang karena mungkin struktur atau bentuk tanahnya kali ya jadi debunya itu kemana-mana gitu kerusakan alam lagi dan di sini juga kayaknya ada konflik tuh antara masyarakat dengan pengusaha tambang emas perusahaan besar karena kabarnya selama ini terus ada

Tambang masyarakat tapi sekarang sudah dikuasai oleh perusahaan besar kita deket banget dari emas ya wah panjang sepanjang Sulawesi dari Sumatera sampai ini negara-negara emas cuman yaitu makasih Bang kaosnya warna hijaunya juga dan yang paling penting lagi kalau kita tinggal di satu tempat terus mobil bisa parkir langsung di depannya gitu

Jadi enak apa-apa namanya kan Seruling senja itu kan rumah kita kan jadi kalau apa-apa ada semua di dalam sini Jadi kalau misalnya ada yang kurang di sini tinggal ambil shoot sampai situ nih kamar kita nih tuh ini harusnya bersih tapi karena udah masuk Road Trip Indonesia jadi apa nih

Ini kunci kamar atas Kemarin kan kita udah lihat yang Kamar bawah kan yang kita tempatin soalnya atas ada tiga Kamar bawah ada tiga kamar berbeda desain ini ownernya nih ini kecil-kecil owner namanya perkenalkan Indonesia juga ini namanya debara ini namanya barang berarti gue sausnya apa [Tepuk tangan] nah ini kamar-kamarnya

Ada berapa kamar di atas ada tiga lihat pemandangannya mau dia Oh ini gold kalau yang atas Yang bawah kan hitam ini Mama tapi [Musik] Kirain kamu udah punya istri kamu dong terusin Oh itu tadi kita baru isi dexlite di kota Palu karena memang kalau untuk isi bio solar bersubsidi kayaknya agak susah ya

Kita udah nggak ada waktu karena besok kita mau lanjutkan perjalanan [Musik] ada pasir di sebelah kiri Halo Seruling sinja halo kita ke bengkelnya apa kabar dirimu Oh berat berat om Eh awas kamu nanti setelah ini [Musik] [Musik] tiba-tiba main ke sini kemarin dapat rezeki 30 liter Terima kasih banyak ya Makasih oleh-oleh

Buat suling Setia Semoga pak oto Palu makin Jaya sampai ketemu lagi Terima kasih sudah subscribe Bang ini subscriber dari Palu nanti masuk YouTube makanan ikan makan ya tempe tahu telur kita dianterin martabak telor sama martabak manis Siapa yang nganterin buat pencuci mulut ya [Musik] [Musik] [Musik] pagi-pagi di sini

Jadi kalau menginap di lebaran guest house kita sarapannya di sini dari sini ke kota nggak jauh kan katanya 1 kilo saja dari sini kurang lebih 1 kilo kalau ke bandara 2 kiloan lah 2 kiloan kurang lebih 15 menit udah sampai kalau di sini sih suasananya Suasananya yang tenang kalau mau cari suasana yang

Tenang ada mah di sini tapi kalau mau cari keramaiannya di tengah kota kan banyak ya kan sama Om Terima kasih ya sudah mendukung perjalanan Road Trip Indonesia penonton setiara trip Indonesia satu keluarga dan bisa nginap di lebaran Jadi pertama kali dulu kita masuk Palu itu tahun 2020 pas mulai merajalela

Jadi kita harus menyendiri dan ngekos di sini di Tiara ya di sebelah tante Wiwi datang sama barang sama Ardan gitu mungkin karena lihat mobil kayaknya ya waktu itu ya kenalin mobil kan kebanyakan orang tuh kenalin mobil gitu udah deh datang nanti Tante Bawain makanan bawain snack sering kayak gitu

Lah orang dekat rumahnya ternyata dibangun pertama kali itu Mark yang dibangun gitu dia masih sepi dulu di sini belum banyak bangunan seperti 2 tahun kemudian Aku aja kaget Nah jadi pas mau masuk Palu lagi aku kontak kan boleh nggak kami nginep kan ingat waktu itu di rumah itu kan ada rumah kayu ya

Rumah panggung waktu itu kan ditawarin nginepnya di sini aja gitu waktu itu ternyata pas kontak lagi huh sudah sudah jadi oke teman-teman Sekarang waktunya kita berangkat melanjutkan perjalanan dari kota Palu suara ayam sudah berkokok yang bersih ya Bi kita udah mau berangkat Bi nggak usah lebay deh Bi Ayo berangkat kita sudah

Sarapan dulu Nanti terlambat di jalan makasih salam dulu kita terima kasih banyak barang terima kasih ya selamat di jalan sehat selalu ya [Musik] Terima kasih banyak nih Pokoknya kalau ke Palu jangan lupa mampir Awas kalau nggak mampir daripada sudah punya tempat pulang aman sudah ada tempat ya Oke terima kasih [Musik] Assalamualaikum

Ya Dadah yuk Oke kita gas lagi ini dia Cafe lebaran and Army ya teman-teman kita sekarang menuju Toraja rencananya itu kalau dari Palu itu jaraknya sekitar 624 kilo ya guys 624 kilo kita nggak tahu kita akan tempur Berapa lama ini Kita Via Via Poso tentena cuma nih kita ada undangan juga untuk

Mampir ke Suro aku dulu nanti kita lihat deh Apakah kita bisa mampir memenuhi undangan om yang punya motor home juga dia punya campervan juga disuruh aku itu di Luwu Timur ya udah masuk sudah masuk provinsi Sulawesi Selatan nanti kita lihat kalau memang memungkinkan waktunya kita singgah di sana karena gayanya tempat ngecamp-nya

Di sana enak Makassar lurus ini agak terhalang ini kita ya pandangan kita sekarang nggak apa-apa Makasih banyak nelvariasi soalnya ini panas banget kalau matahari menyorot sini uh sampai dengkul saya itu rasanya buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road Trip

Indonesia Apalagi saya itu ada t-shirt ada mug ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning teman-teman kita jual storage bag ini buat di ban serep untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau

Yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya Nah pesannya ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini nih