Perjalanan Harus Berakhir Seperti Ini. ll Day 9 Trans Papua Barat

Hai hai [Musik] Hai [Musik] keluar makan iya oh karena iman udah nimbang makannya Enak tidak sekarang enak Tidurnya enak I have a great dikenang Siapa nama Ricky ini adalah cerita petualangan kami menembus pedalaman Papua Barat tidak pernah terbayangkan sebelumnya rap Indonesia akan melakukan perjalanan yang sangat menantang dan sangat seru

Walaupun memang beresiko ya Misalnya sebelumnya memang tidak banyak informasi yang kami punya tentang papua dan papua barat selain dari berita Media dan internet kalau masalah keindahan alam dan kekayaan nya pasti sudah Tidak diragukan lagi opo luar biasa Papua Oh tapi selain itu berita-berita negatif tentang keamanan konflik dan kontak

Bersenjata sempat membuat Kami khawatir untuk explore lebih dalam lagi [Musik] berawal dari perkenalan kami dengan om Yudha dan tante veggie penonton Setia roadtrip Indonesia yang tinggal di kota Sorong Papua Barat How Yudha adalah seorang layer juga punya hobby camping dan Overland lagi dia diundang makan sama Om Yudha Yudha ini lawyer menurut

Om Ya udah Sayang sekali Kalau road race indonesia selama tiga bulan di Papua Barat hanya berada di kota Sorong saja harus merasakan juga Bagaimana perjalanan ke pelosok Papua atau mencoba jalur Trans Papua Papua Barat [Musik] karena itu uang Yudha menawarkan rute Indonesia untuk melakukan perjalanan ini kata Yuda kalau aku dengan kondisi

Kesiapan mobil Kami sering senja Om Yudha bersedia meminjamkan mobilnya yang relatif masih baru dan sudah dimodifikasi untuk celup Papua Ini [Musik] siapa sih yang gak kepingin explore Papua aku rasa setiap petualang Indonesia memimpikanmu tuk bisa menjelajah ke daerah-daerah terdalam di Papua yang sangat indah ini teman-teman sebelum kisah petualangan

Transpapua kita lanjutin Bang dan mau cerita dulu nih Selama perjalanan kita keliling Indonesia itu sayang kita tempuh jalurnya nggak menentu kadang jalurnya aspal mulus kadang-kadang juga harus offroad keluar-masuk hutan Nah kalau pas perut lapar di tengah hutan kita nggak punya banyak waktu untuk menyiapkan makan siang atau makan malam

Karena itu kamera selalu menyediakan makanan yang praktis cepat dimasak sehat dan enak rasanya itu mie instan ke biji Wah pagi yang tanpa proses digoreng tanpa MSG tanpa bahan pengawet dan tanpa pewarna sintetis [Musik] Oh [Musik] ya selamat pagi teman-teman kita sekarang berada di namanya five-factor ibukota dari kabupaten tambraw Papua Barat

Siapa yang nyangka perjalanan kami jadi panjang dan sejauh ini hari ini sudah hari kesembilan kami berkendara di jalur lintas Trans Papua Barat dengan berbagai pengalaman dan Gejolak yang luar biasa rasa kagum takut surprise semua bercampur aduk jadi memang segala sesuatu itu tidak selalu sesuai rencana Ternyata kita perjalanan cuma satu-dua hari saja

Akhirnya ini sudah masuk hari kesembilan kita belum sampai ke Sorong naik tempat menginap kita tadi malam tuh Itu temen-temen WOW terdapat tempat menginap dari malam kalau enggak mau kemping lagi badan rasanya sudah rontok jalanannya masih becek becek ya menuju penginapan kita ngomongin lolobata Melur lagi ada lagi sarapan sarapan tuh lihat Habis ini

Mau bikin ubi Ya beginilah kita seadanya telah Kemarin kami kehabisan memory card kamera dan tidak bisa merekam lagi beruntung Cafe masih punya memory card yang ada di ground jadi hari ini kita bisa lanjut bikin video lagi tangga dimalam itu kita ingin melaporkan cuman seru munculnya serunya apa waktu kita

Mau cari penginapan aku akan review tempat menginapnya buat teman-teman yang lucu banget soalnya unik sekali di sini kita cuman disediakan ruangan hat ruangan lumayan ada kasurnya satu ruangan tidak ada kasurnya ada cuma anti kerajaan ya kalau mau Silahkan ambil Kalau kamu enggak papa gitu lain lumayan dapet kasur tipis malam main buat

Dan apa namanya melindungi diri dari dinginnya cuaca V ini om nanti kalau kawan kami mau datang ke sini terus nginep berapa per malamnya 200-100 malam-malam Satu hari satu malam gitu ya Oh terus harus siapin baju dingin ya kalau malam dingin nah kamar mandinya itu karena dia keenam

Jadi kamar mandi agak jauh di belakang tah harus ke sana untuk mau ke toilet mandi dan lain sebagainya ini ibukota tamrau ini ibukota kabupaten yang baru dibuka dan masih masih sangat sepi di sini ada enggak teman-teman pernah melihat ibukota kabupaten Suzuki ini [Musik] Sajojo Sajojo dan [Musik] undang-undang udah BB Tamin

Ampun-ampunan deh nah tapi mukanya Halo nyentuh-nyentuh ngomong-ngomong apapun kalau menurut Wikipedia distrik ini merupakan ibukota paling sepi dengan jumlah penduduk paling sedikit di Indonesia oh [Musik] untuk melihat itu di sebelah kiri Kantor Bupati tambrauw bangun pagi izin ya Numpang lewat rap Indonesia Oke terima kasih kota Vietnam Riau telah menerima

Kami istirahat semalam Oke kita akan lanjutkan perjalanan ke Kota Sorong di sekitar 170 KM dan kita akan melewati hutan belantara BBM setengah sementara di kota Fave ibukota kabupaten tambraw tidak ada SPBU jadi semoga cukup ya keluar dari kota file kondisi jalan sudah betonisasi kita mulai disuguhi lagi dengan pemandangan-pemandangan luar

Biasa Papua karena melanjutkan perjalanan ke kota Sorong disini tidak ada SPBU sementara itu BBM kita tinggal separuh perjalanan kita kurang lebih 170an KM menuju tertolong Regita akan melewati hutan belantara Seperti yang kemarin pemandangan indah sudah menanti begitulah Sepanjang Jalan Trans Papua Papua Barat yang kita lewati semenjak kemarin uang kabarnya Kalau hari ini

Lebih jalan sudah agak lebih cenderung lebih baik dibandingkan kemarin ininya nih GoPro nya masih penuh lumpur nih gara-gara kemarin itu bagus kali menangani teman-teman memang ngetik [Musik] huhuhuhu [Musik] perjalanan disini betul-betul memanjakan mata dan jiwa segar sekali [Musik] Rich burungnya week caradika kembali masuk jalan pengerasan

Negara tadi ada aku tak bisa si sedikit enggak lumayan tapi tidak bertahan lama sudah sekali lagi masuk lewat sungai Oh ya begitulah kondisi perjalanan di Papua umumnya berlangsung Entah berapa kali gue dari kemarin halo sampai di halo halo dadah Hai [Musik] lagi bapak gula-gula gula-gula gula-gula ingin jadi gula-gula satu atau beberapa

12341 lagi empat Oke 118 grogi ini lagi 111112 Infamous nox3 siapa normally 4 dadah ah perjalanan ke Bali naik turun pegunungan dengan jurang dan lembah-lembah yang cantik sekali [Musik] angin sudah biru Guys oke Guys sekarang kita masuk ke jalan berbatu-batu dengan goncangan pokoknya sepanjang transpapua itu berbagai macam tipe jalan kita sudah

Atau hati beragam teman-teman lengkap kap kap kapok ya di sini Oh [Musik] ya kita sekarang di ketinggian 1033 m kayak teman-teman dari permukaan laut ini jalannya berbatu batu kita sudah jalan habis 1 jam pergerakan kita baru 16 KM seperti hari kemarin jarang sekali kami bertemu atau berselisih dengan mobil di

Jalur ini mungkin karena angkutan logistik dari Manokwari ke Sorong atau sebaliknya lebih memilih menggunakan kapal laut daripada jalur darat yang ekstrim di beberapa Hai kecuali kalau memang terpaksa [Musik] tidak seperti di pulau lain di Trans Papua sangat jarang kita temui Kampung kalaupun Ada jaraknya sangat berjauhan satu sama lain gue pemandangannya disini

Teman-teman ke luar biasa ini Papua yang sesungguhnya ini ha seperti kampung satu ini yang kami lewati letaknya diatas ketinggian perhatikan awan berarak di belakang belakang rumah mereka cantik sekali bukan Wow keren kamu Grand kawan belakangan kami menyesal tidak sempat singgah di kampung tersebut tapi juga nggak tahu nama kampungnya mungkin ada Neng tahu

Nama kampung atau nama distrik tersebut Silahkan tulis di kolom komentar Ya enggak puas merekam pemandangan dengan kamera di sini bagus semua disini bagus di sana bagus dimana-mana bagus keindahan 360° disini bahwa for ngambil gambar Bro beruntung sejak kemarin cuaca sangat bersahabat Nggak kebayang kan kalau turun hujan apa jadinya jalur yang

Berlumpur di tanjakan tanjakan ekstrim itu jadi teringat cerita driver-driver transpapua kalau di tanjakan tanjakan ekstrim tidak disiapkan alat berat untuk membantu mereka bisa menginap bermalam-malam untuk menunggu jalurnya kering dan baru bisa dilewati waduh di rumah saya di sini ada toilet enggak ada toilet jadi ya Hai riyadhoh keywords ada yang lagi

Buang air kecil nggak bisa kita mau tahan mau tunggu disini enggak seperti transferase yang lain tidak seperti transport wa Sulawesi Sumatera Jawa Bali yang sebentar-sebentar ada hot pom bensin Udah SPBU atau ada mushalla atau ada kita hutan belantara terus ajang 10212 jam perjalanan kita baru menempuh 3535 KM aku juga suaranya Udah Minang

Nih bingung banget atau dan menyerap yang penting sekarang Bagaimana bisa cepat sampai rata Sorong Nagita istirahat tetap [Musik] masih banyak yang kayak gini sekali lagi di I love [Musik] huh keren Luar biasa ini Papua Bro Wah ini jalan sudah bagus Hai cengkeh putus lagi putus lagi setelah museum

Di sini naik lagi boro-boro lagi begitulah terus perjalanan kita BBM kita nih masalahnya karena kita nggak bawa ini enggak bawa cadangan rigen cadangan kayak di sering senja jadi harus ngirit teman-teman sudah turun ya enggak sampai setengah lagi udah lihat laut itu di bawah situ laut Wow halnya seperti karpet

Tuh Raja Ampat kelihatan situ hai hai hai hai yo yo teman-teman ini cuaca sudah mulai panas tahu teman-teman lihat itu udah-udah laut ya laut dan kalau kelihatan Pulau saat itulah Pulau Raja Ampat Ayo kita akan turun turun turun turun terus sampai ke kota Sorong karena dari kemarin kita belum melihat laut kita

Berjalan di pegunungan terus dia teman-teman kita berhenti dulu di sini di persimpangan saya software kita mau makan siang dulu ini satu-satunya tempat makan yang ada di perjalanan transpapua jalannya jeblos [Musik] burung cantik tuh Oh rumahnya di situ buruknya cantik hitam ya belum apa sih namanya 1-12-18 kita lanjut lagi perjalanan dari

Persimpangan Simpanglima tadi makan siang ya [Musik] foto-foto sekali kenapa itu tangannya main lumpur 12 nanti kalau mau makan cuci tangan ya 341 saja kawan 15 nah Oke dadah Nah jadi tangan dulu udah langsung dihubungkan Iya betul serius yang kayak gini kita sering banget di pedalaman Indonesia ini ketemu anak-anak

Indonesia tapi sayangnya banyak yang masih belum beruntung ditekan HP terus kita baru bisa kasih permen aja kasih permen gula-gula atau apa yang bentuknya lucu-lucu itu karena mereka seneng latihan kita omongin mereka dipanggil pun takut tetapi ketika dikasih lihat ini wah senengnya cuma-cuma ia melihat mereka tahu aku teh udah

Bahagia apalagi ngasih yang lain eh ada ide nggak apa yang harus dikasih ya kalau kita ketemu anak-anak Indonesia di pedalaman gitu ya bisa lebih bermanfaat mungkin buat mereka saat ini ya kita cukup itu aja udah riang-riang ketawa-ketawa gitu kita ketemu lagi jalan lurus aja lurus aja ke Oh ya lurus Hai brush

Hai brush pesona dikit hai hai WCW Hai main apa itu Iya main apa woi gula-gula hei Ada lima itu udah 51112 dua sama diramalkan satu iya 23 itu lagi yang dia pas lagi Awas kena kaki kenapa aku empat itu teman yang di atas temanan di atasnya oke nah sudah di foto-foto sudah dadah

[Musik] main bagus-bagus ya hati-hati jatuh cinta hai eh 56 km lagi kota Sorong masih belum berakhir juga tantangannya kali ini ada longsor yang baru saja terjadi dan kami harus menunggu dan memberi kesempatan untuk alat berat dan truk pengangkut tanah bekerja Rah Oke siap teman-teman kita sudah sedikit

Lagi kota Sorong tapi ternyata kita kena apa namanya astaf kena stop karena dari Wongso jadi kita memberikan kesempatan buat truk-truk yang mengangkut tanah longsoran itu kita menunggu aba-aba dari yang ngatur jalan di sana itu kalau menurut pandangan roadtrip Indonesia transpapua sepertinya masih belum cocok deh untuk konsep perjalanan keluarga

Atau family Road Trip hai tapi kalau untuk yang hobi offroad atau offroader pasti jalur ini akan nikmat sekali kecuali suatu saat nanti kondisi jalan sudah mulai mulus dan faktor keamanan sudah kondusif 1206 1406 ketinggian kita 65 meter dari permukaan laut jalan-jalan 016 ngomong akhirnya kami bisa merasakan nikmatnya

Sensasi berkendara di Trans Papua Barat ini meski Awalnya kami menolak keras karena takut sekarang kami malah sangat berterima kasih dan bersyukur satu hal lagi untuk kami perjalanan 9hari transpapua ini adalah perjalanan mahal semua disponsori oleh kebaikan hati om Yudha dan Kak Regi sekali lagi terima kasih ya Semoga Tuhan membalas

Kebaikan hati om dan Kak berdua Amin 15554 orang ada yang kangen kamu Maret tangan dengan es krimnya sudah sembilan hari ketemu Maret Maret diperjalanan transpapua memasuki kota Sorong adrenalin langsung menurun drastis bus red rasanya tapi kami bersyukur sampai dengan selamat hei Hai rincinya lupa heboh Ah kamu sehat kok kelihatan bahagia

Ini Polisi Militer perjalanan jauh memang namanya mobil baru tenaganya luar biasa Jadi kita tidak perlu lagi memikirkan memikirkan di tanjakan Bagaimana diturunkan bagaimana semuanya sudah sudah ready lah kalau mobil baru ya beda dengan kalau kita bawa sering saja teman-teman Tinggal gas aja gimana ama udah istirahat faktor yang luar Om Terima

Kasih ya sudah mengajak kami di lintas transfer gua kalau gitu makasih sekali perjalanan yang luar biasa dan sangat mengesankan [Musik] Wow mantap ya Hai telingsing Januari kita data dari Hillary Hei [Musik] biar ini bagaimana ternyata sekali gregetnya lo dia lagi udah beli aki baru berhias Ah iya perjalanan kita dengan mobil

Fortuner selama sembilan hari ini luar biasa jalannya memang belum semuanya cocok untuk The Travel keluarga gitu ya menurutku sih sebagian besar masih agak bahaya gitu kali krimnya ekstrimnya tapi pemandangan Sob jadi next semoga jalannya cepat bagus keamanan kenyamanan semuanya supaya kita bisa bawa Seruling senja sana kita kasih

Juga Nona feige sudah mengantarkan kita ke tempat-tempat Indah selama 9 hari dengan banyak pengalaman luar biasa sangat ya sangat pahit asam manis semanis wajahnya dengan pemandangan-pemandangan keren udah gitu kita tahu itu dengan biaya yang luar biasa pasti hijauan mahal Papua nggak bisa perjalanan terus sekarang kita tutup kita dengan mantap

Buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan rute Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual Tissot rap Indonesia apalagi yang sadap teacher adammu pada topi ada stiker warna warna kaosnya itu banyak sedang terus desain-desain nya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning banyak layar pilihan warnanya dan kita

Juga ada stored by utama kita jual score tbac ini buat dibantai erep untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali Pak yang sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas sudah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga

Teman-teman ya Nah pesannya ada di kolom deskripsi atau nomor wa-ku di bawah sini nih