SAMPAI DI SALAH SATU PROVINSI TERKAYA

[Musik] akhirnya hal yang paling pasti yang kita dapat dari perjalanan ini selain berubahnya pola pikir adalah saudara di mana-mana begini ceritanya guys Pagi ini kita masih berada di kota Pekanbaru rencananya pagi ini Bang Den mau pergi ke dalam hutan si hutan Riau Halo saya Bang Den saya Kak beda

Bersama mobil kami yang bernama Seruling senja kami Road Trip Indonesia 8 tahun hidup nomaden di jalan di berbagai kondisi alam nusantara terbang bebas ke mana suka tanpa batas waktu ya untuk video kali ini kita di Pekanbaru ini video ini dissupport oleh mitratel jadi kita membawa misi dari mitratel ketemu subscriber nih kawan

Halo Umar Umar Rizki Rizki Oke Ayo kita foto dulu ayo FO foto foto foto foto dulu foto kamu tahu enggak sih rasanya punya teman dan saudara hampir di setiap daerah di seluruh Nusantara dulu Enggak terpikirkan kan sama sekali kita sekarang melewati Lintas Timur Lintas Timur arah ke pelalawan

Namanya Pangkalan Kerinci itu dari kota Pekanbaru sekitar 2 jam lah sekarang kita lewat Lintas Timur cuman kalau kita ikut-ikutin terus nanti bisa ke Jambi Palembang balik lagi ke Jakarta ini Lintas Timur Sumatera nih jadi kalau Lintas Timur Sumatera itu emang RAM banget guys kali ini Bang Den ikut om Okto tuan

Rumah kami selama di Pekanbaru menuju Kabupaten Pelalawan Untuk mengantarkan perahu lebih tepatnya sih urusan pekerjaannya Om Okto tapi yang namanya pergi ke pedalaman dan ke tempat baru tentu mengasihkan bagi bang Den sling senja dan Kak beda tunggu di rumah saja enak juga ya ternyata di setirin Riau ini pasti berhubungannya hutan sawit dan

Hutan Akasia Aku sih senang ya masuk ke pedalaman-pedalaman terutama tempat-tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya khusus daerah Riau ini kita akan banyak bertemu dengan truk pengangkut kayu Akasia sebagai bahan bakar pembuat kertas juga banyak truk pengangkut kelapa sawit bus antar kota dan Antar Provinsi dari Pulau Jawa

Sampai ke Aceh di ujung Sumatera pun lewat jalur ini Bang Den menyebutnya jalur perekonomian selain ramai jalannya juga rata nyaris tidak ada pegunungan atau tanjakan berarti dari Lampung sampai ke Aceh lewat jalur ini memang bisa lebih cepat dan menghemat waktu tapi minim pemandangan bahkan beberapa titik kadang-kadang macet karena itu

Bang Den dan Kak beda lebih memilih jalur lintas barat yang sepi dengan pemandangan birunya Samudra Hindia dan pegunungan Bukit Barisan yang indah meski sedikit lebih jauh dan beberapa Medannya mendaki menurun dan berkelok bagi kamu yang belum pernah sebaiknya mencoba semua jalur supaya dapat terbandingannya terbang terbang

Aku di sini rupanya Ada Ada apa kayak [Musik] gunduk ke pedalaman Riau ya kita bilang pedalaman karena lumayan jauh dan itu kita masuk betul-betul ke hutan sawit dan hutan Akasia karena kalau provinsi Riau ini rata-rata memang perkebunan sawit dan perkebunan e hutan Akasia jadi sebutnya hutan produksi ya kita pergi ke

Sana Dan kalau jalannya sih relatif sudah bagus ya cuman begitu kita masuk ke pedalaman itu udah jalan-jalan tanah dan sepi banget oh iya karena kita membawa misi dari mitratel kami informasikan juga ya bahwa keberadaan Tower mitratel tersebar sampai ke daerah pedalaman dan daerah terluar Nusantara Tower mitratel juga sangat

Terbuka bisa digunakan oleh semua operator telekomunikasi Jadi bukan hanya telekomsel atau provider tertentu Kita sudah sampai nih di lokasi tempat di mana ini perahu kita mau kita turunin Cuman karena untuk nuruninnya harus di sana dan kebetulan itu ada mobil orang di situ jadi kita tunggu dulu orangnya datang kita tadi sudah ngelewatin

Sawit-sawit daerah pelalawan masuk ke dalam-dalam guys waduh guys kenapa ya sungai di sini ini warnanya hitam kanal-kanal di sini warnanya hitam ini kan daerahnya daerah gambut nih Coba deh kalau yang tahu kenapa nih warnanya hitam tulis di kolom komentar cuaca panas terik khas dataran rendah Riau meski jauh dari kota dan sangat sepi

Kabarnya perekonomian masyarakat di sini cukup Makmur dulunya daerah transmigrasi jangan heran kalau kita akan banyak berjumpa dengan saudara-saudara dari Pulau Jawa di daerah ini desa sp7 namanya nya Kabupaten pelelawan Riau ini orang Sunda tinggal di kampung apa namanya ini P7 P7 itu dulu transmigrasi ya Iya Trans ke Trans dulu Iya orang tua

Jadi sudah lahir di sini lahir di Jawa tap di sini Oh dari tahun '9 enak tinggal di sini ya Enak enggak enaknya engak pernah pulang ke Jawa pasti enak aku tuh ya hormat deh sama salut deh sama saudara-saudara kita di seluruh Indonesia yang Survive tinggal di hutan-hutan sawit hutan-hutan Akasia

Pedalaman-pedalaman mereka hidup dan e bekerja menjalani kehidupannya sehari-hari di sana Aku gak bisa membayangkan kalau aku hidup di tempat-tempat yang seperti itu gitu karena di sana juga Memang ggak ada pemandangan karena cuman sawit doang apalagi riaw Panasnya tuh panasnya menyengat banget gitu kawan-kawan salam hormat Ya kami ke sini mengantarkan perahu

Pemotong rumput liar yang tumbuh di sepanjang kanal-kanal sawit dan kanal-kanal Akasia inilah bisnis pekerjaan Om Okto Ada yang berminat yo Guys kita baru selesai makan tuh di warung makan tiga bersaudara Kak Eti tadi sudahudah selesai kita drop itu perahunya makanya kita berhenti makan siang di sini suasana desanya nih tuh

Masih hijau-hijau tuh makan kita [Musik] nih kita mau balik lagi ke Pekanbaru banyak sekali teman dan saudara roadp Indonesia di kota Pekanbaru ini maaf juga tidak sempat datang mengunjungi semua karena waktu terbatas Salam Rindu saja dari kami [Musik] ya kami kunjungi Hai ini ini Sahib kita dari lama udah dari

Awal perjalanan Road Trip Indonesia dulu awal-awal kita masuk ke Pekanbaru ya udah disambut dan didukung penuh lah jadi sekarang kita masuk lagi yang kedua kali ternyata bisnisnya sudah berkembang banyak kalau dulu jualan beras kamu ingat kita dioleh-olehin apa iya telur satu lapi telur satu papan sama beras sekarung satu karung sama kita masuk

Pekanbaru dulu langsung dikasih telur satu papan sama ber satu karung buatti perjalanan buatti perjalanan sekarang bisnis itu juga masih jalan terus tapi makin berkembang ke sektor-sektor lain ya Om Day alhamdulillah gimana bisnis sekarang alhamdulillah lah stabil Om Den stabil ya Om Day kan jualannya online dan offline iya i nah gimana menurut Om

Day eh usaha ini terbantu dengan adanya jaringan telekomunikasi salah satunya internet atau digital partform juga pakai kan iya iya n gimana terbant Eh jadi Alhamdulillah kami sangat terbantu dengan adanya ee online ini ya kalau kita di sini masih tidak terlalu full online jadi offline-nya pun sangat membantu Jadi kita pakai sekarang tuh di

Instagram shopee eh marketplace-nya Facebook Tapi yang paling sangat efektif untuk kami sekarang ini ya marketplace-nya Facebook karena lebih ke pembeli lokal kan jadi ketika kita iklankan ee orang chatting untuk produk tersebut Lalu kita Arahkan ke offline jadi ketika dia banyak bertanya ini bagaimana speknya Bagaimana lebih kita

Arahkan ke offline jadi mereka datang ke Toko akhirnya karena kita di sini Arahkan e kawan-kawan yang bekerja untuk pelayanan yang ramah gitu Jadi kita bantu carikan ini yang sesuai ini tawarkan begini akhirnya mereka nyaman dan mereka bilang ke kawan-kawan mereka lagi gitu jadi rasanya itu yang paling efektif tapi ada ya penjualan Instagram

Sama ada ada sangat sangat ada Mal karena di instam kita sudah dapat juga nih pasarnya Gini misalnya orang ini mengarah ke outdoor kita e sudah dapat pelanggan-pelanggannya nanti dari Instagram rata-ratanya itu transaksinya di [Musik] shopee enggak mengalami percobaan penipuan di digital platform beberapa kali pernah hampir ya tapi alhamdulillahnya sampai sekarang kami

Masih diselamatkan ya contohnya eh tiba-tiba dia ngorder dan transaksinya itu terlalu cepat gitu dia tanpa banyak bertanya tanpa banyak diskusi apa segalah macam tentang produk tersebut mereka Oke Langsung transfer kita bingung kan Langsung transfer ketika dicek di rekening tidak ada gitu ah mereka tuh marah-marah tuh kita sudah

Transfer ini kenapa tidak masuk ini barang begini macamlah tapi alhamdulillahnya kita diselamatkan seringnya begini ketika ada salah penulisan di bukti transfer yang dia screenshot atau apa misalnya nama kita salah satu huruf jadi otomatis kan enggak enggak udah udah udah batal dia karena enggak mungkin perbankan salah ee Sal nama atau

Salu jadi ketika kita sudah cari-cari informasi tentang penimpuan-penimpuan ya paling kita bilang sama dia ah ini Udahlah jangan main tempat lain aja L kami udah sering kayak gini akhirnya dia memang dia Kita diblokir langsung sama dia kita yang diblokir sama Dias gitu ya karena udah ketahuan gitu kan alhamdulillahnya beberapa kali kejadian

Alhamdulillah kita selamat cari apa jaket nih gu cari langsung dipakai Iya langsung pakai aja takut diambil orangut juga tuh langsung pakai tuh kita kayak dua orang bocah tahu enggak yang kalau beli dibeliin baju baru apa baru langsung dipakai Iya apa sih yang diperlukan agar pelaku omkm bisa menghindari penipuan online seperti

Pastinya kita harus banyak banyak informasi ya banyak pengetahuan tentang itu Jadi sembari kita jualan kita cari-cari Oh ini mode terbaru ini modus terbarunya begini kita pelajari kalau Kayaknya udah mengarah ke situ ya kita Cut aja kan kalau misalnya ciri-cirinya kalau dia transaksinya terlalu cepat gitu tanpa banyak bertanya ini itu gitu

Itu sudah curiga Git sementara dia belum tanya size kalau dia enggak nego gitu ah itu perlu dicurigai Kan Biasanya kita nih di sini kan en misalnya harga kita bikin 100 dia minta 85 atau 80 gitu tapi tiba-tiba dia datang bayar E itu kita sudah curiga kan kita pastikan dulu

Masuk gak th uangnya kalau enggak masuk kita cari Apakah ini betul enggak transaksinya gitu Terus eh ada juga aplikasi get contact sangat membantu bagi kami jadi ketika kita transaksi dengan orang kita cari dulu get contact ini siapa kalau ada udah ada embel-embel penipuannya itu ya udah kita Cut oke om

Day oke om Day thank you banget Om Day sip nah sukses untuk road Tri Indonesia sama-sama Sukses juga buat toko tirtahana Amin Nah sekarang ini kita lagi Kamu ngapain Sayang baju kotor mau di laundri sementara ini Kita menginap di tempatnya kawan namanya Om Okto dan Kak Wati ini

Bukan tempat yang baru buat kita karena memang e selama ini eh beberapa tahun yang lalu waktu kita di Pekan bararu kita sudah menginap di rumah mereka ini ini teman-teman dari komunitas sport Everest Club chapter riao tapi dulu tempatnya bukan di sini nah ini sekarang tempatnya udah udah luas sekali tuh

Rumahnya juga udah enak kita tempat kumpul-kumpul Nah kalau teman-teman lihat ini mobil Ford Everest ini Ford Everest yang boleh dibilang terbaru ya All New Everest ini All New Everest ini tahun 2015 sebelum Everest dia tutup ini yang terakhir nih kalau lihat di sana juga ada es yang sama tuh generasinya sama Road

Trip Indonesia tuh nah nih kita lihat dulu deh sini ada apa aja yuk ini kayak workshop gede ya boleh dibilang workshop juga bisa dibilang bengkel juga kalau ini ada Nissan Navara kalau itu juga masih masih Ford juga ini pencinta Ford for di sini tapi ini yang double kabin port

Ranger di sini juga workshop untuk tempat kerjanya teman kita ini dia bikin perahu-perahu untuk di kanal-kanal kebun sawit atau kebun Akasia surling sinja juga parkirnya enak dan juga tempat nongkrong kongko-kongkonya teman-teman komunitas di sini sama satu lagi nih hobinya nih kita lihat tuh Ini motor trail Nih keren lihat tuh koleksinya tuh

Lak banget nih aku dari dulu tuh salah satu yang pengin banget punya motor trail kayak gini nih pengen banget tapi belum kesampaian juga Nantilah kalau kita udah stay ya udah tinggal benar-benar di sebuah kota baru kita pikirkan untuk melihara ginian satu gitu dulu tuh aku pernah ingat ya waktu SMP

Temanku udah punya motor trail dulu Aduh lihat gagahnya gitu kalau ngelihat orang naik motor tril Dan juga mungkin nanti kita pengin belajar ya pengin belajar ini tapi ggak tahu apakah wak waktunya cukup kita selama di sini tapi ditawarin sih sama omokto untuk mau gak Coba main Trabas berani enggak ya kalau mau

Belajar motornya aja dulu jangan yang ekstrem-ekstrm ya beranilah tapi kalau langsung yang ekstrem dan berbahaya nanti kenapa-enapa gak jadi perjalanan Road Trip Indonesia kita lihat nih rumahnya nih Kamu gimana Sayang udah beres Berangkat kita kalau ini tempat kongk-kongkonya kita nih tempat Kita nongkrong kita duduk-duduknya di sini kadang-kadang teman komunitas juga di

Sini Enak tempatnya ada suara gemericik air ada kolam ikan di situ hah motor antik tuh motor antik ada motor tril ada Vespa [Musik] ada di Man lagi kanak nah guys kawan-kawan Rp Indonesia ini Om dari ketemu Bang dari dari kita sudahudah terakhir ketemu di BLC ya BLC

Di Bandung di Payung searang dari Bogor kemarin berangkat hari Rabu mau ke k 0 Sabang Aceh sekarang ketemu di pekanbaruemu di Pekanbaru luar biasa pakai unitnya apai inspirator buat saya panutan saya wah luar biasa Jadi yang tua ngikut yang muda biar tetap semangat ya Om ya kita lihat dulu nih mobilnya Om

C lihat ini yang pertama ini ada solar ada air putih di sini ya solar sama air putih ya Om ya Coba lihat pasti sama berantakannya kalau di atas itu dia ada top tapi ada juga itunya apa namanya roofnya ada Jadi tuh sama kan [Musik] Kayaknya adauk ada apaak Om itu bukan

Satu hal yang memalukan Om itu biasa-biasa sa bangku tengahnya juga sudah dicopot semua ya kontrakan rumah petak berjalan Oh oke I nah nih dia banyak banget nih komunitasnya nih petualang petualang juga ada ini Om giok Halo Om giok nih stikernya ada di sini ini k camping Adventure family ini

Om Ed H Halo Om Ed nih jalan-jalan nihing ini Camper fan Indonesia Om Samet nih ketumnya Halo Om Slamet lengkap semuanya Oke ini Nengnya nih nengeng nengelis ya istri saya om oh iya ya kita sudah tua harus bahagia belum belum Selamat jalan sampai ke Terima kasih Semangat terus ya kita

Tempel dulu ya Iya dulu ni dulu sini ya Iya turun dikit Oh lurus kok lurus kok lurus i bukan masalah usia lu inijono dia dengan istri itu udah usia pensiun tapi semangat kita 68 tahun terima kasih dengan Bang Den dan bedanya nih kita 68 tahun Mas sem semangat semangat [Musik]

Menurut kami Pekanbaru adalah sebuah kota besar yang pesat sekali kemajuannya sebetulnya masih banyak cerita di kota ini yang belum sempat kami edit dan upload waktu beberapa tahun lalu kami masuk ke kota ini maaf ya kawan-kawan kami masih punya banyak hutang cerita suatu saat pasti akan kami ceritakan semua kok begitu ganti

14270 Sekarang kita lanjut ke bengkelnya ini pel 4* 4 di Pekanbaru ini banyak mobil R Rover di sini sayang kamu katanya mau beli mobil R Rover sini dong k tu pengen kita punya Land Rover cuman kalau sekarang Land Rover itu ternyata harganya udah udah gak karuan-guan ini yang pendek ini aja nih

Tah Gak berapa ini kemarin tuh harganya r0 juta kalau yang panjang-panjang kayak gini kabarnya Sudah di atas 200 gimana kita mau beli ini long ini baru dapat masih bahan mentah masih hancur-hancuran ini aja kemarin r0 juta masih masih babak belur kayak gini nih tuh [Musik] guys Entah kenapa ya mobil Land Rover ini

Punya daya tarik tersendiri walau mobil tua dan rusak pelulu tetap aja berkarisma dan menjadi rebutan bahkan banyak yang tergila-gila loh Kak beda aja naksir makin mahal banget coy tapi begitulah lendy menurut kawan-kawan Road Trip Indonesia cocok enggak sih Kalau mobil ini kita pakai untuk keliling Indonesia tulis di kolom komentar Ya ini

Studionya seniman mobil nih onernya nih Andika Putra Ini kita lagi mau setting apa namanya antena buat radionya ini radionya sering dulu masih ingat Masih ditawar-tawarin dia bilang dah Ambillah dah katanya R juta R juta katanya gitu Sekarang kita mau nyari dia nih mau cari yang R jutaan ternyata dia bilang udah 0

Ada yang r00 juta R150 juta ya udahlah meang begitu teman-teman ropot lebih tinggi ya yang animonya i betul Animo buat Adventure untuk mobil segala fungsi bisaenture bisa [Musik] buatongan di sini kami sempat juga melakukan sedikit interview dengan Ketua landover Club Riau namanya hari Avian biasa dipanggil [Musik] Har kalangan Kamel tropi beberapa puluh

Tahun lalu ya e ada event yang namanya Tribute to Kamel tropy ya di 20 eh 22 tahun yang lalu setahun yang lalu ini satu event melakukan napak Kilas atas kegiatan Kamel tropi yang pernah dilakukan di Indonesia nah event ini disebut Sumatera tribut karena tahun 0-an ada Kamel tropi yang dilakukan di pulau

Sumatera startnya dari Brastagi finishnya di Jambi nah oleh para apa penggemar lover di Indonesia dibuat satu event yang namanya Sumatera tribut Nah justru dibalik startnya di Jambi finishnya di I karena tahun -an mungkin situasi atau kondisi Indonesia jalur pada waktu itu ya belum tidak sebagus saat ini sementara saat ini justru jalur-jalur

Itu sudah berubah ada yang menjadi e Jalan perkotaan kampung ada yang jadi bangunan bahkan ada yang jadi irigasi Jadi gimana jadi berubah ya kita e berusaha melakukan sedekat mungkin dengan jalur aslinya supaya e bisa mendapat e suasana yang sama pada saat dulunya oke itu berapa lama kemarin

Eh kemarin itu hampir 2 minggu ya 2 minggu start sampai finish dengan jarak tempuh hampir 1000 kilo setelah Sumatera tribut tahun ini 2023 ada di Borneo tribut ya itu di Kalimantan Timur Kalimantan Utara kemudian Insyaallah tahun depan itu akan ada Sulawesi tribut kemudian setelah Sulawesi tribut tahun depannya lagi akan ada Kalimantan Timur

Kalimantan Timur Iya jadi akan ada empat kali rencananya ee ini saya pakai unit e Land Rover series tahun 9 ini 109 lwb kalau di Land Rover ya Long sasis ya Eh ini kita ada empat orang ada satu driver ada empat ada tiga krwya enak kayaknya ini kalau dipakai banyak properti yang dibuka dilepas

Iyaalah atribut-atribut kalau tadi pasti kalau aslinya pasti ini penuh semuah nih dengan sparep barang-barang ini udah kosongan namanya nih Full AC AC Wi actir an lagi Ini aslinya dia begitu begitu originalnya ini or seri dua ya Allah ini seri dua dua ini seri du katanya seri 2A ya seri 2A lihat nih

Tombol-tombolnya tuas-tuasnya semua gimana kawan-kawan menurut kawan-kawan kalau mobil kondisi kayak gini Bagaimana bisa kita lanjut keliling Indonesia atau mungkin kita keliling dunia dengan kayak gini r gitu kalau yang kalau kalau pakai keliling dunia siap enggak nih di harus dikondisi lagi enginenya enginenya Iya direkondisi atau diganti enggak mungkin diganti diesel Oh

Oke oke oke oke kecuali kalau ini ya kebanyakanilingnya pakai Defender ya Defender Series juga ada Series juga ada tapi kalau yang pakai series ya orangnya harus ngerti mesin kayak beliau ini pakai series ke Manap pun aja dia mah siap kalau kita enggak bisa pakai mobil-mobil tua paling bisa cuma ganti ban doang

Ganti filter filternya enggak bisa Sungai tenggelan kerenkeren AB Bang odong-odong ayo kawan-kawan karena digitalisasi sudah didukung oleh infrastruktur komunikasi yang baik sehingga memberikan dampak positif nih kepada pelaku-pelaku usaha dan UMKM dalam membangun bisnisnya karena itu digitalisasi ini penting sekali diikuti dengan pengetahuan atau literasi digitalisasi yang baik sehingga memberikan dampak positif nih kepada

Pelaku-pelaku usaha dan UMKM dalam membangun bisnis nya supaya bisa mengurangi potensi penipuan online yang menyasar pelaku-pelaku UMKM