KAMI PULANG !, Setelah 6 Tahun Hidup Di Jalan.

Ini adalah perjalanan kami hanya kami yang bisa mengerti bukan mereka Ayo buat saja perjalananmu sendiri dan ukir cerita hidupmu Halo saya Bang Den tapi pasangan suami istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil lebih 6 tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan akibat bangsa ini perjalanan tanpa batas waktu

Ke tempat-tempat Tanpa Batas ke mana saja [Musik] Halo kawan-kawan masih ingat dengan Om Bram ya ownernya ketama Adventure Park di Tondano sekarang kami di Tondano Kabupaten Minahasa diajak omram blusukan ke perbukitan di sekeliling Danau Tondano Tondano lagi bersama Om Yosua halo 54 kali naik garden [Musik] Rencananya kami mencari Spot untuk

Camping tapi karena menurut Om gram jalurnya cukup ekstrim Oleh karena itu kami survei dulu menggunakan gypsi J milik Om ini apakah Seruling senja akan sanggup menempuh jalur ini nanti kita akan lihat setelah Perjalanan Ini petualangan kali ini Kami berempat Bang Den Kak beda Om Bram dan satu lagi Om

Joshua Om Joshua ini adalah seorang mountain guide atau pemandu gunung spesialis puncak cartenz Jayawijaya di Papua Wow ini pasti manusia luar biasa guys Wah kebayangkan luar biasanya kawan kita satu ini Omnya sudah 54 kali mendaki Puncak kartuns banyak pasti cerita luar biasa yang bisa kita dengar dari pengalaman beliau ini nanti suatu

Saat kita kepingin sih bikin podcast sama Om Joss untuk berbagi cerita dengan penonton Road Trip Indonesia semoga ya kawan ini banyak sekali pohon-pohon Mahoni sepanjang jalan pendakian ini ini ditanam oleh Omnya Om Bram sehingga mendapatkan penghargaan Kalpataru dua kali ini gede-gede sekali ya pohonnya Berarti udah lama ini berjalan di perbukitan sini memang

Pemandangannya bagus sekali kita juga melewati berbagai perkebunan di sini mulai persawahan kebun cengkeh dan hutan Mahoni yang kabarnya memang hutan Mahoni ini sengaja ditanam oleh pamannya Om Bram untuk penghijauan demi menjaga ketersediaan air di Danau Tondano ini Wah hebat ya Bahkan usaha penghijauan ini sampai mendapatkan Dua kali Penghargaan Kalpataru dari dua presiden

Indonesia dulu Presiden Megawati dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kenapa Om termotivasi untuk tanam pohon-pohon banyak sekali pembangkit listrik dari Danau dari ada konsep lama ada tanggal 1 tanggal 2 ini sumbernya airnya dari sini Jadi maksudnya Om Hari Om hari dikasih contoh supaya lain-lain juga ikut kan ini

Banyak ya ikut om-om itu penampakan kayu ini karena dia PLTA untuk air Baru Sungai Tondano ini dipakai Menado itu untuk PAM air minum ini viewnya keren langsung Danau nanti kalau mobil kita nggak bisa naik ya kita di sini aja [Musik] kita mau lihat tempat peristirahatan tapi bertepatan yang berangkat ke KTT Asia [Musik]

Ada pertemuan 100 negara lebih [Musik] setelah bertemu Om Harry kami lanjut lagi mendaki ke tempat yang lebih tinggi ternyata jalurnya memang semakin menantang di sini tapi dari ketinggian ini kami bisa menyaksikan Keindahan Danau Tondano yang luar biasa sekali [Musik] ini namanya Citra Lestari an sampai minus sampai sini

Dari Minahasa Utara sampai dengan ke Tondano [Musik] [Musik] jadi ragu juga nih mau bawa ke sini Terima kasih ya Om Bram untuk petualangan hari ini Terima kasih sekali [Musik] ya ini kacanya Seruling senja udah retak ya kita nggak tahu nih penyebab keretakannya apa apakah karena beban dari atas yang menekan ke sini kemudian

Airnya ini dia retak retaknya cukup panjang nih ada dua nih satu dua Oh ya kawan-kawan kami juga tidak tahu apa penyebabnya Mungkin ada kawan-kawan yang tahu solusinya sebelum diganti baru untuk antisipasi dulu karena ini makin lebar nih makin besar awalnya cuma sedikit makin lama dia makin membesar membesar

Takutnya kan nanti kita lagi jalan dia robot atau pecah Bagaimana kan [Musik] bagaimana tanjakannya tadi mantap tidak juga menantang oke itu cuma karena kita udah lama nggak tracking jadinya terasa Guys kita ke pasar Airmadidi dulu ya sendirian aja karena Bang Den lagi ngedit seperti di beberapa tempat yang pernah kami

Singgahi di Sulawesi Utara angkotnya juga banyak yang setel musik keras-keras [Musik] Jadi kalau lagi tunggu angkot dari jauh kita sudah tahu pertanda angkot akan lewat ini menjadi salah satu kesenangan dan hiburan gak beda pergi ke pasar tradisional airmadi di naik angkot atau Metro Kalau Bang Den lagi sibuk ngedit

Disini suasananya Desa lembeyan itu nyaman sejuk hijau Asri banyak buah-buahan rumahnya juga besar luas sekali ini kan pernah kita review dulu ya tuh barang-barang kita kita sudah siapkan untuk berangkat sekarang kita mau siap-siap untuk meninggalkan Manado lagi mobil kita sering senja akan kita titip di tempatnya Om Grand nih ya gelap

Ya cuman ya beginilah kondisinya kita taruh Seruling senja malam ini di tempatnya Om Glenn di PM modification ini Bandara Sam Ratulangi Manado guys kita mau cuti dari liburan Oh ya kawan-kawan Indonesia kami pamit dulu ya sementara dari petualangan istilah Kami berlibur dulu dari liburan [Musik] akhirnya kita sampai di Jakarta Alhamdulillah

Biasa di hutan-hutan terang benderang dunia di sini ya kita dijemput sama adiknya Kak beda mau keponakan rakyat kami kembali ke Jakarta untuk berkumpul dengan keluarga sementara tak beda masih di Jakarta Bang Sumatera ya teman-teman kita sekarang sudah berada di Riau Pekanbaru tinggal di Jakarta Jadi kita sekarang berpisah sementara dengan Kak beda Bang

Den mudik dulu kita dijemput oleh Andi Range Rover kita naik kereta sementara waktu Sumatera Barat tapi via Pekanbaru Riau kita lagi di markasnya Pekanbaru Polwil drive Adventure kita sekarang Sudah sampai ini belum sampai ke kampung nih Kampung Bandan kan di Payakumbuh Payakumbuh itu masih sekitar 45 jam lagi perjalanan dari Pekanbaru ini baru

Sampai di Pekanbaru sama teman-teman ini kita bang Den mau diajak mengantarkan ini mau mengantar ini tapi dianterinnya dia ke pedalaman pedalaman Sumatera lah pokoknya Pokoknya harus pakai mobil ini baru bisa baru bisa tembus [Musik] sudah naik itu barangnya kita lihat markasnya ke dalam ini workshopnya ini banyak Land Rover di sini teman-teman [Musik]

Oh ya rasanya senang sekali ya betul-betul sekian tahun tidak pulang kampung itu rasanya Wah beda banget memang banyak sekali perubahan-perubahannya yang terjadi di kampung halaman jadi kita senang sekali Happy sekali juga bisa kembali ke kampung halaman nah ini coba denger nih di sini ini bukit-bukit gunung-gunung kita bisa dengar suara tuh

Simpanse monyet masih banyak di sini udah berapa bulan ini kita berpisah dengan [Musik] sekarang Sudah 3 bulan kita baru bertemu lagi dengan Seruling senja dan bagaimana perasaanmu sering senja berada di Manado 3 bulan agak ini mungkin tidak terlalu lama tidak dipanasin ya oke aman tiga bulan Om Grand dari PM modification

Manado telah merawat [Musik] [Tepuk tangan] Jadi kalau teman-teman ada yang futuring atau Overland Manado harus sungkem dulu kita ketemu lagi sama cewek-cewek cantik guys Sulawesi Utara TVRI karena dia ada di puncak paling atas di bagian ini kita memang lagi berada di puncak ketinggian makanya tadi mau ke lokasi ini tuh kita nanjak dulu

Satu jam ternyata udah ketemu lagi belum tahu kita kapan ketemu lagi kan [Musik] [Musik] kenang-kenangan dari tempat permandian Apa ote-ote ote-ote Wa tunggu kita kasih Om Reva Kapan Kalau kami mau mandi sore-sore [Musik] belerang ini teman-teman ini mau lanjut ke Ternate nanti malam siap [Musik] pokoknya lumayan juga loh nanti

Tanjakannya ke itu ke pinggangnya Gunung Gamalama ke tempatnya Om Hendra ini buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan Rotib Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi saya itu ada t-shirt ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah

Contohnya hijau Army biru navy kuning banyak lah ya pilihan warnanya dan kita juga ada storage back nih teman-teman kita jual storage bag ini buat dibantai untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini

Bahannya sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya Nah pesannya ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini ini nih