HUTAN SUMATERA , HABITAT GAJAH LIAR INDAHNYA MENGGETARKAN JIWA II SUOH-LIWA.


Bang Sumatera Amankah dari perbegalan Waduh begitu tanya seorang kawan yang baru pertama kali akan Road Trip ke pulau Sumatera kami tidak punya kompetensi untuk menjawab pertanyaanmu kawan tapi kami punya sebuah cerita tentang pengalaman menjelajah sampai ke pelosok dalam Lampung Barat Indah atau berbahaya begini ceritanya [Musik] Riwa adalah eksotisme bagi para pencinta

Alam Liwa dikelilingi oleh hijaunya bukit-bukit dari kejauhan kebiruan gunung Pesagi terlihat Lampung itu cuma bukan lintas Tengah lintas barat aja tapi kita bisa bermain di ketinggian Pegunungan Bukit Barisan ya salah satunya Liwa ini kalau di Jakarta itu Puncak Puncaknya Jakarta kalau di sini puncaknya lampu [Musik]

Jadi kalau kita ke Liwa di sini ke homestay piknik dulu belum ada home 7 tahun lalu kita juga menginap di sini di tempatnya mas Bang Den tuh sering mikir kenapa setiap menginap di suatu tempat Apakah di penginapan di rumah teman yang punya dapur luas dengan peralatan lengkap tapi

Kak beda setiap bangun tidur pagi selalu masak air dan bikin teh kopi di dapur mobil kami Seruling senja kalau seperti pulang ke rumah sendiri cuci tahun lalu hubungan silaturahmi tidak pernah terputus sekarang kan kita tidurnya di atas ya kan ada jadi homestay terus Eka ini sayang tipikalnya

Dia tuh dia suka ruangan tuh yang lebar luas tinggi gitu kan jadi kayaknya dinginnya itu makin terasa semakin gede di tempat dingin ruangan makin sempit kita makin hangat nih enaknya juga kenapa kalau Fendi juga Orangnya asik dia juga fotografer terus dia kuliahnya di Jogja Jadi orangnya juga suka traveling dan fotografer

Handal Jadi kalau ngobrol sama beliau tentang sejarahnya Liwa budayanya Liwa ya kan ini orang yang tepat bukan tadi malam saja Eka vendi bahkan sudah dari 7 tahun lalu menawarkan untuk mengajak kami ke suatu tempat yang sangat indah tersembunyi di tengah hutan Sumatera di atas ketinggian Pegunungan Bukit Barisan Wow katanya tempat ini

Wajib Indonesia kunjungi Pagi ini kita rencana mau perjalanan ke sebuah Lembah kita masuk lagi ke pedalaman ke pelosok Lampung Barat yaitu perbatasan dengan Tanggamus dia masuk ke taman nasional Bukit Barisan Selatan kami beruntung ke bagian biosolar di SPBU pagi ini isi full tank senang hati [Musik] ya kita sekarang Sudah masuk ke Taman

Nasional Bukit Barisan dan tadi kita baru melewati turunan-turunan turunan-turunan yang sangat tajam sekali dimana Nanti kalau kawan-kawan mau ke sini memang harus mempersiapkan terutama kanvas rem dan kaki-kaki karena curam banget ke Taman Nasional jadi kita akan melalui dan ini pemandangannya kalau udah suasana hijau kayak gini selalu membuat

Tenang dan happy jadi nanti kita yang kita tuju ini semua ini memang dia berada di lembah jadi maka kita turun turun Kata Mas Eka nanti pulangnya baru kita akan nanjak ke atas bikin penasaran aja kan kami masuk semakin dalam melewati Desa kebun dan hutan jalurnya banyak tanjakan dan turunan tajam [Musik]

Kondisi jalan sebagainya sudah beton atau sebagian sudah di aspal sebagian masih tanah dan sebagian lagi dalam tahap pengerjaan tapi bisa dilewati kok dan tetap harus waspada lapis ya tebal sekali ini mudah-mudahan ya segera selesai semuanya jadi teman-teman yang mau touring ke sini udah bagus jalanannya [Musik] sekarang melalui

Jalanan dengan turunan yang curam dan panjang [Musik] Jadi pas sampai di sini kita hujan perjalanannya itu 2 jam Mas Eka Fendi terpaksa duduk sempit-sempitan bersama salah seorang putranya selama 2 jam lebih di perjalanan karena jok yang tersedia kan hanya tinggal 3 salutlah untuk perjuangannya guna memperkenalkan potensi daerahnya kepada penonton

Indonesia dan dunia Terima kasih ya Mas telah mengajak kami ke sini jalan kaki tahun 2000 anak-anak Pramuka jalan kaki ke sini dari Liwa Berapa lama kalau di perjalanannya aja 24 jam berangkat aja berangkat aja berarti kondisi jalanannya macam-macam tuh ada juga sih dapat yang mulus ada yang batu-batu rusak parah ada yang udah

Betonisasi terus kita juga ngelewatin Taman Nasional terus lewati kampung-kampung sekarang kita berteduh dulu nih ada tempat buat kayaknya kita Break dulu makan siang baru kita akan ke lokasi yang akan kita tujuh so di sini juga mobil sedan nyampe tuh di sini tuh jadi enggak ada masalah sedan pun sampai sini aman

Hujan-hujan di tempat yang indah terus makan nasi pakai nasi panas ikan goreng sayur sambel enggak tahu lagi nih [Musik] benar-benar tentunya 15.000 orang ketiga ya untuk Nirwana itu satu paket dari sana dari sini di Bandung jadi 40 Satu orang satu sampai sana nggak bayar lagi ini lokasinya keren banget nih kalau

Kita mau camping atau campervan karena ini luas sekali ya luas banget udah gitu langsung kita Parkirnya di pinggir danau danau asam bilangnya ke sana juga ada toilet kamar mandi di sana juga ada warung-warung yang kita bisa makan enak banget goreng ikan nila Wah mantap banget ya pokoknya ini banyak nih bisa

Wah bisa puluhan mobil nih bisa puluhan campervan di sini teman-teman komunitas campervan Lampung Sumatera Selatan Jambi enggak terlalu jauh kayak ke sini nih tinggal gas Nah dari sini baru kita nanti naik perahu kita nyebrang baru kita ke lokasi yang sesungguhnya mudah-mudahan cuaca cerah ya sekarang kita sudah berada di tepi danau

Yang namanya Danau asam Kenapa dibilang Danau asem percampuran air dengan belerang jadi nggak ada ikan yang hidup di sini kalau orang ada mandi di sini ya gajah memang masih ada gajah sekitar berapa biji 18 biji ya sering cuman sekarang ini lagi jauh dia lagi di sukamarga tadinya di sini ini tempatnya

Iya tempat main-main ya nggak boleh lihat karena ada yang jaga juga di stop sama orang yang giring-giring itu Pak cuma pengunjung gak boleh masuk Takutnya kalau ada yang Pencar nggak ketahuan dari seberang danau di kejauhan kami melihat kepulauan asap yang menggetarkan jiwa [Musik] sampai kita 10 menit aja

Untuk di bagian ini rasanya menjadi seperti seorang Indiana Jones di hutan Amazon jadi setelah naik perahu kita lanjutkan tracking sedikit ini Nggak jauh cuma kita melewati Padang alang-alang kabarnya alang-alang ini makanan kesukaannya gajah [Musik] namanya Ilalang atau alang-alang di kampung yang namanya Nirwana yang kalau kawanan gajah liar sedang berada di sana kita

Tidak boleh masuk ke kawasan situ tapi sekarang kawanan gajahnya lagi tidak ada udah jauh aman jadi kita bisa ke Nirwana Nirwana itu tempat air panas juga bisa mandi-mandi dan berenang-berenang di situ satu sisi kita senang ya kalau memang gajah Sumatera itu masih ada keberadaannya masih bisa terpantau terlindungi karena dulu juga

Kita masih sering mendengar terjadinya perburuan gading gajah di hutan Sumatera bangden Setuju kita hormati para gajah mereka Tuhan rumahnya di kawasan ini kita hanya tamu yang datang mengintip keindahan alam habitat mereka karena alam habitat manusia sudah banyak dirusak dan berubah menjadi beton asal katanya dari buah-buah itu bakar atau terbakar

Jadi gajahnya mainnya sampai di sini kalau lagi musim gajah di daerah sini itu tamu wisata ditutup sementara nggak boleh masuk masyarakat karena kalau diinjak-injak model dan dia katanya datangnya tiba-tiba dan bisa nggak kedengeran walaupun segede gitu kita punah seperti dinosaurus Nah kita sekarang sudah sampai di kawah susu Kenapa namanya kawah susu kita

Lihat Kenapa kawah jadi ini disebutnya kita nikmati aja lihat fenomena alamnya Wow ternyata ini yang kita cari-cari energi di sini berasa sangat kuat sekali megah Agung powerfull sekaligus indah [Musik] ini apa namanya kawah keramikan kawah keramikan jadi itu kayak keramik jadi di seperti di Semen gitu Jadi itu karena

Endapan sulfur dapat sulfur yang mungkin bertahun-tahun mungkin bahkan ratusan tahun kali ya sehingga bisa padat begitu rasanya sepanjang perjalanan Indonesia kami belum pernah melihat tempat seperti ini itu nggak tahu ada yang ngomong 1933 pernah itu terjadi gempa memang 1933 itu karena kakeknya pernah gempa tapi nggak tahu tuh gempa tektonik kayak tahun 94

Saya masih SD dulu tektonik di Liwa Apa itu gempa vulkanis yang di Kalau katanya denger-dengar ada gempa vulkanis yang di Suoh ini tapi saya rasa nggak mungkin 1933 udah kebentuk gini mungkin udah dulu lagi karena udah udah terbentuk tiga tiga Danau Bang sebenarnya pak danau ada danau asam Danau beli bis eh

Danau minyak Danau lebar satu ada danau libisnya karena nggak boleh sembarang-sembarang injak sembarang injak kejeblos di bawahnya itu bisa panas sekali dan bisa melepuh [Tepuk tangan] ya di dalam itu ada kawahnya itu [Musik] di sini harus tetap waspada dengan apa yang kita injak karena itu wajib menggunakan guide ke sini Kata Mas Eka

Vendi pernah ada yang coba mencuri masuk lewat jalur memutar bukan jalur resmi kabarnya kakinya melepuh karena terperosok salah injak jadi petualangan kali ini agak ekstrim dan dituntut kewaspadaan tingkat tinggi Safety First kita lanjutkan perjalanan hati-hati injaknya yang paling aman kita ikutin jahit aja katanya tapi kan ada batas-batas kayu itu

Kayak mendidih mendidih gitu loh Kayaknya pusat panasnya ada di sini nih sekarang kita menuju ke kawan Nirwana namanya Ada apa lagi di sana sepanjang jalan tuh masih banyak kawah-kawah kecil dan letupan-letupan yang kita lewati Karena itulah kawan kami menamakan tempat ini kawah seribu nah ini Kenapa Mas Budi itu bilang apa

Kawasan 1000 kawah ini di setiap titik-titik itu banyak yang kayak gini zaman dulunya bahkan di sawah-sawah ini kayak gini salah satunya nih makanya hati-hati bisa terperosok itu udah banyak kaki bunyinya sampai itu loh gila di bawah sini kayak apa itu nah Danau asam ini Kenapa dibilang asam karena keluaran sulfurnya dari arah

Kawah keramikkan ini keluarnya ke situ sehingga asam ya tadi Mungkin Lihat bukit bukit itu di belakang Ini udah sisir Barat [Tertawa] sekarang kita berjalan di samping yang dibilang kawah kopi susu jadi banyak-banyak ya banyak kawah-kawah itu ngomong ini 1000 kawah karena dulu Bang saya masih SMA yang jalan saya bilang itu di

Tengah-tengah sawah itu ada letusan walaupun kecil-kecil di tengah jadi misalnya di sini letusan di sini enggak ditanamin yang di situ ditanami [Musik] ini namanya Kawah Hitam guys karena memang agak hitam-hitam ada tulisannya Kawah Hitam bawah ada sore kalau ke sininya jadi tidak terlalu panas karena ini panasnya

Dari atas dari bawah cuman atau pagi sekali ya cuman kelemahannya kalau pagi sekali sulit juga kita dari Liwa mungkin subuh Jadi kalau dari 7 ya sampai sini paling jam 10.00 jam 09.00 yang udah agak siang juga kan pernah ada kejadian kurang bagus atau terjadi kecelakaan di kawah ini ya

Mungkin kalau dulu-dulu pernah tapi kalau saya ngalamin langsung sih nggak ya kalau ngalami langsung alhamdulillah tapi pernah ada dulu murid saya di arahman dulu ya ini baru-baru dibuka mungkin karena menghindari bayar tiket ya namanya anak-anak muda ya Cari cari jalan-jalan tikus gitu kejeblos Masuk ke sini kaki kanan ke kiri lupa saya hampir

2 bulan dia nggak sekolah Bonyok sini kayak orang masak kompor kompornya nggak mati-matiin ya Mana ini derajatnya panasnya kayak mana kan pernah mati nih gasnya pernah dibilang Nirwana kenapa surga surga cuman kalau kita nggak ngikutin bisa masuk neraka eh maksudnya panas aku bilang tadi tuh meniti jembatan sirotol

Lalu kami sampai di sebuah tempat yang dinamakan Nirwana dan ternyata [Musik] di sini tenaganya terasa lebih kuat lagi berkerumuruh suara yang keluar dari perut ibu bumi keindahan yang mengagumkan sekaligus menyeramkan [Musik] jadi temen-temen yang mau datang ke sini ke apa namanya terus itu jangan lupa bawa baju ganti kenapa Karena setelah perjalanan

Tracking foto-foto lihat pemandangan yang luar biasa kita akan endingnya di kolam pemandian air hangat di sini Jadi udah habis capek Jalan rileks di sini bagus juga buat kesehatan dan satu lagi bahwa persediaan persediaan air minum yang cukup karena kalau Cuacanya lagi panas kita butuh banyak-banyak minum supaya tidak dehidrasi karena cahaya

Matahari panas panas dari atas dan dari bawah [Musik] kita sudah berakhir cuman yang perlu teman-teman tahu adalah kita berwisata di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan jadi ini taman nasional Taman Nasional itu keren karena dia sangat dilindungi juga dan flora fauna tanamannya tidak boleh diganggu makanya tadi sepanjang jalan kita tidak ketemu

Sampah ya terima kasih juga yang mengelola pariwisata ini karena sampahnya bersih dan dia banyak tempat-tempat sampah yang seperti ini jadi buat teman-teman datang ke sini tetap kita jaga kebersihan oke [Musik] Ayo kita perkenalkan tim kita explore Taman Nasional Bukit Barisan Selatan nah ini Pak Margono Pak Margono maju mundurnya

Ekspedisi ya di ini tergantung karena dia supir Ininya tadi Makasih ya pokoknya hari ini kita mulai start lagi jalan tracking di hutan dan sekarang kita hutan Sumatera beda dengan hutan-hutan Indonesia timur kemarin kalau hutan Sumatera itu masih ada binatang-binatang seperti gajah masih ada harimau kalau Indonesia timur kan enggak ada burung-burung saja

Yang paling berbahaya jadi kita kembali sekarang bercengkrama dengan alam Pulau Sumatera Cuti terus perjalanan makin seru men [Tepuk tangan] nya mantap Terima kasih kami ingin 10 tahun lagi ke sini tempat ini Jangan dirubah sama sekali kalaupun ada yang harus dibuat hanya untuk kepentingan safety dan itu pun harus dibangun selaras

Dengan kondisi suasana kontur tekstur alam di sini kami hanya bisa ucapkan terima kasih dan rasa hormat atas sambutannya kami di Liwa di homestay dan telah mengajak kami ke sebuah tempat yang sangat istimewa dan belum pernah kami lihat dan temukan sebelumnya di sepanjang perjalanan Road Trip Indonesia [Musik] [Musik] buat teman-teman yang ingin mendukung

Perjalanan Rotib Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi saya itu ada t-shirt ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning banyak lah ya teman-teman kita jual storage bag ini

Buat di ban serep untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ya Ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya Nah pesannya ada di kolom

Deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini ini nih
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url