NAGIH, TIDAK BISA BERHENTI. JANGAN DITIRU ! II OM DAENG

Nah ini yang repot ini bagaimana cara minta izin istri ada pernah pengalaman horor enggak sih Nah ada sih itu nah bang Den ini Saya khawatir nanti kan bang [Musik] motornya gede banget ini motor Apaan sih nih kita lagi naik motor nih motornya warnanya kuning besar dan penuh tempelan stiker seperti sering senja motor

Siapakah ini jadi kali ini kita ketemu dengan satu orang petualang keliling Indonesia naik motor yang sudah sampai tembus ke Papua juga [Musik] yakin sebagian ini pasti udah pada tahu ini mudah-mudahan Pelatih udah kenal juga nih dengan motor ini namanya yel ini ya baru ketemu dengan serulingsia

Siap Om Daeng ini gak papa deh kalau yang udah kenal syukur-syukur kalau yang belum kenal Terpaksa gua harus kenalin dulu Om dayang ini dia petualang dengan sepeda motor ini dengan yel nanti apa spesifikasi motornya kita tanya langsung Tapi beliau ini juga aktif di tik tok Wah tiktoker penontonnya banyak banget

Om Daeng siap thank you banget nih udah datang ke Payakumbuh nih nyamperin kita nih sebuah kehormatan buat rotrip Indonesia yang sangat bangga bisa ketemu dengan senior saya Bang luar biasa Oke thank you Nah kenapa namanya Om Daeng kalau asalnya dari Lumajang pasti kan teman-teman pengen tahu tuh itu banyak

Yang tanya juga sih karena biasanya kalau Daeng Itu kan asalnya pasti Makassar ya Nah ya betul sekali Sebenarnya saya lahirnya di Makassar jadi walaupun Stay di Lumajang saya lahiri Makassar saya tetap pakai nama yang itu biar nggak hilang makanya gitu biar orang tahu ini ada darah Makassar yang melekat dalam tubuhnya jadi dia

Membawa nama ke daerahnya itu identitas ya tuh Saya sangat bangga jadi orang Makassarnya di bawah selalu ada di daerah sambil dipromosikan juga kan Om Daeng ini perjalanannya itu dimulai dari mana dan kapan perjalanan saya keliling Indonesia ini dimulai dari tahun 2021 2021 saya mulai jadi sekarang hampir

Hampir 2 tahun lah perjalanan itu dan dulu eee dulunya saya keliling Indonesia itu benar-benar 360 360 itu selama 1 tahun tidak berhenti-berhenti 1 tahunnya mulai dari Lumajang asal saya Lumajang Jawa Timur eh Jawa Timur Jakarta nyebrang Sumatera sampai ke Sabang eee jalur barat eh jalur barat waktu itu terus turunnya

Jauh dari timur habis itu ee dari turun lagi ke Jawa dari Semarang nyebrang Kalimantan waktu itu Kalimantan Barat Pontianak terus ke perbatasan ada 5 perbatasan di Kalimantan Barat itu terus turun lagi Kalimantan Tengah Kalimantan Selatan Kalimantan Timur Saat Terakhir Kalimantan Utara Habis itu saya nyebrang ke Sulawesi waktu Sulawesi habis itu

Nyebrang lagi Sulawesi Sulawesi dari Sulawesi Selatan menyeberang ke Sulawesi Tenggara waktu itu habis itu ke Maluku baru Papua Papua menyeberangi Sulawesi Utara sikatu Sulawesi ke bawah dari Sulawesi Selatan menyeberang lagi ke NTT NTT NTB Bali finish balik lagi Desember 2001 2021 2022 tuh 360 derajat istilahnya 360 1 tahun bisa ketemu

Pulau-pulau besar semua tuh provinsi dapat semua waktu itu 34 provinsi tujuannya pertama-tama apa sih pengen keliling Indonesia naik motor gitu nah sebenarnya awalnya memang karena hobi aja dulu itu emang Senang apa melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan motor hobi aja sebenarnya nah di perjalanan setahun itu saya berpikir Gimana caranya

Hobi ini sedikit bermanfaat bagi orang di sekitar gitu biasanya kita touring kan untuk kepuasan kita sendiri tapi manfaatnya buat orang lain nggak ada waktu itu nah saya berpikir Gimana caranya ini perjalanan saya ini bisa bermanfaat buat orang lain walaupun hanya sedikit waktu itu saya bawa tema budaya waktu itu jadi saya explore budaya

Terus saya informasikan ke teman-teman di luar sana melalui sosial media saya waktu itu masih belum mati tok ya masih masih di Instagram di Facebook juga kayak gitu Ya gitulah tujuannya seperti itu jadi kebanyakan kebanyakan dari teman-teman yang touring setau saya ya hanya sekedar touring kepuasan sendiri tapi belum terlalu memikirkan Gimana caranya

Perjalanannya itu bisa bermanfaat buat orang banyak gitu Ya setidaknya bisa memberi informasi lah buat di luar sana bawahnya bahwasanya di daerah ini ada budaya ini nih Nah sekalian pariwisatanya dan lain-lain waktu itu seperti itu yang memperkenalkan Indonesia lah ya itu kawan-kawan kita yang mungkin belum punya kesempatan

Untuk jalan betul sekali jadi kita ajak mereka jalan-jalan Terus kalau seperti itu kan orang suka nanya tuh naik motor kayak begitu keliling Indonesia bertahun-tahun apa nggak capek ya sebenarnya capek Kalau dipaksa sebenarnya Dan kita nggak terlalu dikejar-kejar waktu jadi waktu itu perjalanannya sangat santai kalau udah merasa capek ya

Udah cari penginapan atau di teman-teman Ya udah istirahat karena saya pikir tenaga saya nggak boleh dipaksakan karena besok masih jalan lagi kayak gitu jadi ya seperti itulah kuncinya jangan diforsir ya jangan makanya berapa teman-teman Tanya dalam setahun itu pernah sakit nggak Alhamdulillah dalam setahun itu saya nggak pernah sakit sama sekali Alhamdulillah

Kayak gitu Bagaimana manajemen waktu dalam berkendara ini seperti apa biasanya kalau yang seharusnya yang saya harusnya saya terapkan itu sebelum maghrib saya sudah harus ngeres istirahat jadi nggak ada takaran ini sih Berapa jarak ke daerah lain pokoknya kalau sudah mau gelap Gitu eee saya sudah istirahat Saya sebisa

Mungkin saya hindari Jalan malam itu seharusnya tapi biasa juga kalau saya mungkin kayaknya apa namanya kayak ngejar penyeberangan lain itu memang saya eee apa namanya jalan malam jalan malam tapi itu sekali-sekali ada yang lagi di ada kebutuhan yang dikejar lah ya tapi itu jarang gitu nah ini kalau Selama perjalanan itu biasanya tidurnya

Di mana saja sih yang pernah di alami Wah itu itu yang menarik tuh jadi berbagai macam tempat lah namanya Bikers Apalagi kita biar menghemat budget kan kalau penginapan terus saya pikir pasti akan banyak makan biaya pan jadi waktu itu ya ya entah itu masjid pomben pom bensin Koramil itu paling sering korupsi

Terus warung-warung biasanya di pinggir jalan itu kan biasanya tempat refresh buat supertrack tuh mobil ini nah Biasanya kan ada balai-balai nah Biasanya kita manfaatkan itu aja kayak gitu ya sekali-sekali penginapan itu sekali-sekali kalau dalam keadaan benar-benar capek langsung pengin istirahat kayak gitu biasanya kayak gitu atau ada bawah tenda juga sih Nah itu

Juga Oh iya nah saya ke mana-mana mulai dari awal perjalanan tuh bawa tenda ee Bang Den Jadi kalau nah tenda ini saya pakai disaat memang kalau ada tempat-tempat yang menarik eee buat saya Ya kayak sekarang ini Nah itu biasanya eee langsung Mas santai saja eee Langsung istirahat di situ oke gitu Jadi

Tergantung situasinya tergantung tapi yang menarik ini loh Koramil itu ee ternyata bisa juga ya gimana sih cara-cara mengkomunikasikannya atau Bagaimana tanggapan dari bapak-bapak TNI itu justru apa Nah ini yang mungkin Apa perlu teman-teman ketahui sebenarnya mereka itu sangat welcome banget sama kita itu mungkin mereka tahulah kita ini

Pria yang jauh dan lain-lain jadi selama saya di Koramil itu belum pernah ditolak dan rata-rata welcome kita malah disiapin tempat tidur lain pagi-pagi disiapin sarapan lah itu luar biasa banget sih Oke keren keren Selama perjalanan keliling Indonesia ada nggak tempat yang di yang dianggap paling berkesan gitu

Paling berkesan ya dalam segi apa ini wisatanya kalau dari kalau yang paling lengkap tapi semuanya seluruh Indonesia paling lengkap Menurut saya itu eh di NTT sih itu keren banget sih orang-orangnya luar biasa pemandangan di sana juga ramah-tama semuanya tapi NTT Itu Memang agak spesial dikit yang lain-lain enggak usah kecewa

Semuanya ramah tamah itu kayaknya memang udah budaya bangsa kita ya dari barat sampai ke mana juga ya itu yang kami rasakan juga Makanya akhirnya kita bicara tentang kebaikan hati Nusantara kan [Musik] kamera Woi kopi dong kopi Aduh tamu dari jauh nih kopi kopi kita sambil santai ya iya dong sambil ngerokok juga ya

Nggak boleh kalau di YouTube nggak boleh ngerokok aja ada yang mau sambil minum alkohol Aduh tapi nggak boleh lah kayak gitu lah kalau ngerokok boleh lah Ya santai biar enggak terlalu tegang [Musik] ngopi masih siap [Musik] parah banget ya [Musik] luar biasa nah oke lanjut ya oke terus yang biasanya nih

Yang biasanya paling pertama ditanyain sama penonton siapapun juga kalau udah petualang seperti ini kerjanya apa sih kerjanya sekarang atau kerjanya sebelumnya plus biasanya berkaitan jalan-jalan kayak gini duitnya dari mana Jadi sebelum saya berpetualang ini saya seorang wiraswasta kerja di adalah perusahaan di Jawa Timur sana Nah Sebelum saya berangkat itu Saya

Memutuskan 3 bulan sebelumnya berangkat itu Saya memutuskan untuk resign Emang deh keputusan gila sih ya masih udah nyaman berhenti kerja untuk keliling Indonesia tapi di situ memang saya membangun mimpi sih jadi maksud saya munafik juga maksudnya kita juga pengen apa yang menjadi hobi kita ini gimana caranya menghasilkan

Seperti itulah Dan awal-awal itu memang nggak bisa apa kita belum dapat emang ya kita jalan dengan modal sendiri sempat jualan kaos juga saya itu awal kan mudah-mudahan Gimana caranya supaya bisa tetap jarang lah perjalanan itu nah makin ke sini kenallah dengan aplikasi itu sebelah itu ya ada aplikasi Tik Tok itu nah saya

Coba iseng-iseng buat konten di situ dan ternyata sambutan penonton Ah banyak yang suka ternyata kayak gitu nah sharingnya waktu sampai sekarang ini Alhamdulillah followernya sudah sudah lumayan lah sudah lumayan sudah hampir 500 ribuan Lah Alhamdulillah ya kurang dari keren apa namanya nama channel Tik Tok channel tiktoknya Om Daeng Om Daeng namanya

Jangan lupa di follow teman-teman karena apa kita juga pertama ngelihat tiktoknya surprise banget karena penontonnya itu ada yang sampai 20 juta penonton ditonton 20 juta Wah itu ada yang belasan juta yang bervariasi tapi sampai pencapaian seperti itu apa sih rahasianya sampai sekarang saya juga nggak tahu rahasianya Gimana Bang Den soalnya saya

Hanya benar-benar hanya bercerita tentang perjalanan saya benar-benar ya enggak ada saya pun dari segi editing tinggal Neng kan saya enggak enggak ada bakat sebenarnya di situ jadi makanya kalau ngelihat video saya ngedittingnya biasa-biasa aja cuman mungkin saya membangun cerita di situ dengan apa apa yang saya alami saya ceritakan di

Situ mungkin teman-teman di luar sana tertarik dengan apa yang saya sampaikan kayak gitu dan ada memang beberapa tempat yang menurut saya tantangannya berat dan itu mungkin membuat orang jadi penasaran untuk mengikuti perjalanan saya itu seperti kayak kemarin saya ke miangas melewati beberapa pulau-pulauan naik kapal pemerintah itu sabuk Nusantara namanya

Motor saya sampai di angkat-angkat dan itu 4 hari perjalanan melewati beberapa pulau sampai lah ke pulau miangas itu Pulau terluar Indonesia bagian utara Bang Den dan itu lebih dekat ke Filipina itu Dua jam aja sudah nyampe ke Filipina itu kalau kita Zoom Zoom kami dari kamera itu sudah kelihatan pulaunya sedangkan kalau ke

Indonesia masih butuh 4 hari berarti kan udah dekat banget lebih dekat dari Filipina boleh dicarilah di Google itu belum Yang nanti di zoom-zoom dikit karena memang pulaunya sangat kecil ya Nah itu saya ceritakan eee Bang Den dalam bentuk video eee Nah mungkin buat teman-teman di luar sana itu menarik

Sebetulnya sangat menarik ya kawan-kawan kalau pulau-pulau yang ngasih itu karena trip Indonesia sendiri baru ancer-ancer tapi belum sampai ke situ doain kita bisa sampai ke sana Amin Karena perjalanan kita memang kadang-kadang ada yang skip ini bagaimana cara minta izin istri ngeyakinkan keluarga untuk berhenti kerja kemudian masuk ke sebuah

Petualangan yang kan nggak langsung menghasilkan dong sekarang mungkin dari tiktok sudah menghasilkan tapi awal-awal bagaimana tuh ngomongnya sama keluarga gimana ya saya istri itu udah paham banget dengan saya kebetulan dan kalau dia tahu Saya menginginkan sesuatu harus diizinkan ya Jadi mungkin antara apa antara memang ini dengan pasrah kali

Ya istrinya ya karena saya memang menginginkan itu jadi istri saya mungkin ya udahlah itu maunya dia tapi istri itu saya dapat istri beliau itu apa sangat support betul dalam perjalanan saya itu sangat support betul jadi saya sangat Yakinlah dengan apa yang saya impikan kayak gitulah ya mikirnya mungkin mana anak-anaknya tapi alhamdulillah saya

Eee ya di awal-awal mungkin belum bisa meyakinkan lah Ya namanya juga perjalanan malah Banyak susahnya kan di jalan kalau kita ceritakan malah mungkin Eh udah pulang aja ngapain gitu kan jadi kita berusaha berusaha aja waktu itu dan Alhamdulillah sekarang kita sudah bisa membuktikan dan keluarga besar semua sekarang eee mendukung sepenuhnya perjalanan saya

Alhamdulillah alhamdulillah kita ngobrol atau dari pengalaman kami sendiri itu pasti persoalan minta izin tuh gimana cara ngomongnya gitu kan karena kan keliling Indonesia ini pekerjaan atau apa gitu bisa menghasilkan duit atau apa kan kita juga enggak tahu awal-awalnya tahunya cuman gas aja dan model Yakin kali Yakin tapi teman-teman juga maksudnya

Harus pandai-pandai juga lah ya jangan jangan akhirnya ini jadi inspirasi teman-teman juga Maksudnya akhirnya memutuskan untuk keluar kerja dan lain-lain maksudnya jangan seperti itu juga di balik Keyakinan itu tadi memang aduh harus ada usaha yang kuat juga jangan sampai habis ngelihat video ini para para berhenti kerja keliling Indonesia bukan begitu juga

Jadi beda jangan jangan jangan ngikutin Kalau Bang Den bilang berhenti aja kerja kita kabur semua Iya dong kita lihat dong motornya itu gimana komposisinya ngaturnya itu kita mau lihat kita lihat nah ini kalau di ini pakaian ini ini perlengkapan elektronik lah car juga di sini jaket nah ini ada matras juga matras

Apa sih kira-kira yang dia yang dirasakan secara kebatinan lah pikiran ini kan udah 2 tahun ya berarti ya di luar tadi Ada pundi-pundi sebenarnya itu bukan poin utama tapi enggak munafik pasti kita butuhkan di luar dari itu tentunya banyak pelajaran yang kita dapat Ayo terutama untuk diri sendiri ya

Karena kita berjalan itu banyak mengenali ee banyak orang dengan eee berbagai karakter yang berbeda-beda dari situ kita juga bisa belajar untuk memahami orang lain setiap daerah Kita masukin dengan orang-orang yang baru dengan mungkin Gimana caranya kita bisa beradaptasi secara cepat eee orang-orangnya semua orang baru kita temui ini ya proses eee

Untuk diri saya menjadi lebih baik Nah itu sih pelajaran yang kita enggak bisa dapat di sekolah ya tidak bisa jadi harus turun langsung ngelihat eee Jadi kalau kadang kita hanya ada enggak ada orang lain jangan itu anu nanti di sana masih kurang kalau nggak turun langsung nggak ngelihat secara langsung Indonesia

Itu luar biasa luar biasa dan setiap daerah saya pikir mempunyai karakter yang beda-beda tergantung dari kitanya Bang Den kalau kita masuk dengan niat yang jelek atau mungkin itu kita kurang baik ya pasti enggak akan diterima Sepanjang Kita tutupnya bagus saya pikir di daerah manapun kita pasti akan

Diterima itu sih yang saya dapatkan di selamatkan Iya enggak kehabisan orang baik aduh luar biasa Kitalah yang alami ketika kita sudah melakukan perjalanan itu betul-betul kita rasakan secara langsung ya secara langsung Kalau Kemarin kan sebelum kita jalan tuh kan karena masih ada aduh serem ya Aduh Sulawesi gimana ya Aduh Ambon gimana

Kalimantan gimana Tapi begitu kita sudah jalan nih sampai ke sana Nah buktinya satu tahun udah selesai keliling Indonesia sekarang Muter lagi muter lagi kenapa Muter lagi ini candung aduh luar biasa ya bener sih kalau dibilang candu gimana Nggak candu lihat aja nih kayak gini gimana Nggak Jangan dibuka kita hidup di sini

Ntar besok pagi Daeng berangkat pindah lagi ke di Sumatera Utara ketemu lagi keindahan yang berbeda Waduh itu luar biasa makanya ini yang kalau Bang Den selalu bilang Bagaimana rasanya hidup dikelilingi keindahan semata selain keindahan alam juga keindahan karakter pribadi budayanya masyarakat yang kita temui itu yang betul-betul jadi akhirnya kita makin lama makin

Udah 8 tahun Belum ada kepikiran mau berhenti Nah itu mungkin yang dibilang jando ya ya betul apa ya dan kita juga kan kayak jalan seperti ini nggak terikat waktu mau nikmati perjalanan bebas mau kemanapun pada saat itu kita pikirkan mau kemana Bisa langsung jalan dan lain-lain ya nikmat banget

Teman-teman harus Coba deh kalaupun enggak bisa enggak maksudnya kalaupun enggak bisa seperti kita gini ya paling enggak dicicil lagi libur gitu kan siapa tahu kecanduannya kan bercanda berarti kecanduan cuman masalah keberanian kadang-kadang yang bikin orang tuh aduh nanti gimana ya ini gimana gitu mentalnya juga apalagi mungkin kayak

Saya ya apalagi yang saya sendiri di jalan memang mental harus kuat sih kalau mental enggak kuat bakalan pulang di tengah jalan bener itu pasti ada dan disaat kita sudah mendapatkan sebuah masalah di jalan entah itu kendaraan atau mungkin permasalahan apalah ya di situlah mungkin menjual keraguan kalau

Kita enggak kuat di situ bisa pulang bisa pulang apalagi di apa dibarengi sama keluarga yang mungkin setengah hati mendukung kita kita curhat sama mereka pasti dia bilang banyak sih rata-rata teman-teman juga sampai sekarang kita lihat masih banyak beberapa yang hidup di perjalanan dan mereka kita banyak ya kita ada satu grup

Kecil yang memang isinya itu adalah orang-orang atau pasangan-pasangan yang sedang keliling Indonesia kebanyakan sih naik mobil naik motor gitu kan ada juga yang backpack udah tahunan ya udah tahunan jadi kita nanti ketemunya tuh di berbagai macam tempat [Musik] nah ini wah agak berantakan ini ada jas hujan Nah ini kebanyakan sponsor ini

Atau pilu Bro ini peralatan masak saya ini semuanya saya tempat apa biar nggak saling berbenturan saya pakai tempat [Musik] mandi ini ada kursi Nah di sini kemarin [Musik] itu ada tenda sama meja Lampu paling lampu yang di-upgrade nih bukan ditambah malam itu kendaraan yang dipakai apa sih Nah ini Yamaha xmax cc-nya 250

150 cc Oke kalau tanya speknya ini asli bawaan pabrik enggak ada di apa-apain asli ori saya enggak berani ngoprek-ngoprek jadi aslinya pabrik kendala terberat selama di perjalanan pernah ada masalah Oh ini tahun berapa dulu dong ini tahun 2018 kalau kendala yang berat saya pikir nggak ada sih jadi kebanyakan itu masih

Kendala ringan aja Bang Den yang masih bisa di service rutin Seperti biasa lah mogok pernah nggak pernah dong sekali kayak gitulah cuman Alhamdulillah Dia mungkin apa Sayang juga sama saya Bang Ben jadi nggak pernah mau menyusahkan saya itu Alhamdulillah Begini Nah ini belum tahu ini masih sekarang masih masih menikmati sih Bang

Nikmati masih ngikuti arah angin lah jadi untuk sampai sekarang masih belum ada niatan untuk berhenti ya itu tadi masih menikmati kita lihat ke depannya lah siapa tahu malah mungkin melangkah agak melangkah lagi agak lebih jauh lagi mungkin Siapa tahu dikasih rezeki bisa ke negara tetangga Amin

Oh ya dari Sumatera Barat itu saya arah ke tujuan utama saya sebenarnya ini ya sih karena kemarin waktu keliling Sumatera itu Nias kelewat jadi ini tujuan utamanya ke Nias tapi ya sekalian ke Aceh nanti ke nol Sabang habis itu nanti Muter ke melewati Timur Medan terus sampai ke bawah ke Jambi ya nanti

Di Jambi Saya mau nyebrang ke Batam Bintan Nah dari Bintan ini saya mau nyebrang ke pulau Natuna Habis itu langsung ke Kalimantan Barat jadi kita nanti dari situ mungkin langsung dari Sumatera langsung ke Kalimantan ya [Musik] kadang-kadang suka iseng nih Penonton TV Indonesia tuh sukanya ada pernah pengalaman horor nggak sih Nah

Pengalaman horor ada sih itu nah bang Den ini Saya khawatir nanti kan bang Deni mau ngarah Kalimantan ini nanti tiba-tiba nggak usah Kalimantan karena cerita horornya Kalimantan dari Sulawesi nggak jadi dari Jawa gak jadi dari Sumatera Selatan bener nggak sih Kalimantan tuh banyak horor-horornya enggak sih nanti tolong

Bantu lah komen di bawah itu Nah kalau yang di cerita saya itu di perjalanan dari Kalimantan Timur ke Kalimantan Utara waktu itu dan memang apa perjalanan itu lumayan panjang dan tidak ada perkampungan waktu itu itu panjang asli benar-benar kita lewat hutan pegunungan dan itu sangat jarang eee apa namanya sangat jarang kendaraan

Yang lewat waktu itu bang Den nah waktu itu motor saya itu tiba-tiba mati Nah tiba-tiba mati tiba-tiba mati jam berapa nih Jam berapa Udah malam Seharusnya saya nggak disarankan sama teman jangan sampai lewat malam usahakan waktu itu lewat perbatasan itu eee Kalimantan Utara eh Kalau iya Kalimantan apa Kamen

Timur itu Usahakan sampai di sana itu Magrib kayak gitu nah saya kelewat enggak tahu mungkin kelamaan istirahat kali ya jadi akhirnya saya ke malam di hutan itu Nah itu motor saya mati tiba-tiba mati tiba-tiba saya coba lagi starter lagi enggak mau lagi Bang Nen Nah Enggak tahu spontan aja waktu itu

Saya coba apa biar saya itu santai saya ambil sebatang rokok santai habisnya satu batang rokok saya kayak Yakin aja abis saya rokok ini pasti motor saya udah nyala ini Iya bener tapi saya nyalain rokok saya udah habis saya nyalain hidup Nah itu menurut saya ganjal sih menurut saya

Kok bisa kayak gitu loh maksudnya motor saya ini nggak ada permasalahan sama sekali tiba-tiba mati tiba-tiba mati habis itu saya motornya berhenti saya hidupin lagi emang nggak bisa dan nggak ya itu tadi saya bilang nggak tahu saya tiba-tiba yakin aja kalau saya sudah ngerokok ini habis rokok habis sebatang pasti motor saya

Ini hidup lagi dan itu terbukti itu terus saya jalan Pakai baca doa-doa dikit lah sesuai dengan keyakinan saya kayak gitu-gitu lah sambil Permisi ceritanya sekedar Numpang lewat gitu ya Nah itu ada beberapa kalau itu cerita saya ya ini nanti Mau saya ke Kalimantan lagi mudah-mudahan enggak enggak sampai

Segitunya yang penting kita tujuan kita Positif itu dia kan kita enggak macam-macam di kampung orang gitu ya kayak gitu sih Bang oke masih aman lah tahap aman situ ya masih aman Selama perjalanan itu kan kalau kita belum pernah ke suatu tempat gitu kan atau sebelum kita mulai perjalanan kadang-kadang ini kalau dari

Kami juga ya beberapa teman juga mengalami kan kita suka ada rasa khawatir rasa takut di daerah ini bagaimana nanti faktor keamanannya Bagaimana nah pengalamannya Om Daeng Selama perjalanan masalah keamanan diganggu orang dijahatin orang seperti apa itu Alhamdulillah saya nggak pernah dapat kayak gitu Bang deh alhamdulillah saya enggak pernah diganggu apalagi

Kayak begal dan lain-lain alhamdulillah enggak pernah saya selalu ketemu orang baik di jalan kuncinya menurut saya sebelum masuk ke kota yang akan kita tuju itu kita supaya dulu biasanya saya tanya-tanya teman dulu di sana aman gak jalan malam kayak gitu disana rawan nggak gitu kalau di sana semuanya saya memasang tenda nih

Kalau di sana aman gak untuk pasang tenda lain Nah itu saya dengerin tuh Masukkan dari teman-teman itu sih yang paling penting harus tanya-tanya dulu survei dulu lah jadi betul-betul harus informasinya harus lengkap dulu ya masalah itu ya kalau untuk kita masuk ke sebuah daerah gitu kan karena kan memang

Aku juga banyak ceritanya sama teman-teman yang lagi keliling Indonesia mobil maupun motor dan ya alhamdulillahnya sih mereka nggak ada punya pengalaman-pengalaman gitu kembali kepada kita malah lebih banyak dapat kebaikan hati pertolongan daripada yang dijahilin atau dijahatin seperti itu ya Jadi kalau masalah-masalah itu aku pikir enggak usah khawatir karena itu udah

Udah banyak kok dan sekarang juga aku pikir yang pakai mobil Family trip keluarga pakai motor berpasangan Ajak istri juga udah banyak banget jadi nggak ada masalah waktu saya ngelihat kontennya Bang den itu itu saya masih bekerja swasta waktu itu nah salah satunya saya jalan ya sebelum itu masih Tahun berapa ya

2015 apa 2016 ya waktu 16 2016 itu saya masih kerja ngelihat perjalanannya Bang Den nah dari situ juga ada sedikit terinspirasi kayak gitu Wah sip juga kayak gini-gini ya tapi memang waktu itu memang belum terpikir kalau untuk apa masih senang nonton aja ngelihat Wah asik juga keliling-keliling

Seperti ini waktu itu kalau enggak salah saya nontonnya yang pas di Sulawesi itu di Bira itu kalau nggak salah itu baru nyebrang kampung-kampung Oh iya sama Ini satu lagi kenapa sih pilihan motornya jatuh kepada x-max ini x-max apa pertimbangannya nah Sebelumnya saya itu pakai nmax 155 cc

Nah Waktu itu saya udah mulai waktu pakai nmax itu saya sudah mulai perjalanan jauh waktu itu cuman kayak ke mana Ke NTB ke Bima kayak gitu tuh nah itu waktu itu saya merasa agak kurang apalagi di bagasi eee Terus kalau dipakainya gede ya Nah ini untuk bagasinya lumayan besar lah

Cukuplah untuk apa kalau ditambah box ya cukuplah untuk perjalanan setahun cukup banget lah cukup banget nah itu pertimbangannya salah satunya itu Dan mungkin lebih ke tarikannya lebih enak lah lebih dan ya kalau pakai xmax yang saya rasa itu jarang merasa pegal pegel-pegal karena jauh tapi kalau dalam kota Jangan dicoba

Lah ya capek gitu kan Tapi kalau ini kalau medan-medan kayak tanjakan atau aman banget atau ada masuk-masuk offroad offroad tipis-tipis juga Nah itulah kalau perjalanan itu sering banget Bang den itu di daerah Kalimantan perbatasan Indonesia Malaysia itu itu masih asli Jalan berlumpur nah Lihatlah di tiktok

Saya itu banyak yang nonton tuh nah itu saya pakai ini masih anu lah masih kuat lah ya bagus siap-siap saya benar-benar enggak tahu kan kalau kita kan pakai mobil Space kita ruangan kita untuk bawa barang pakaian segala macam cukup gede lah nah yang aku pikirkan kalau motor

Gimana cara cara bawa baju berapa biji dulu deh kalau baju saya sedikit cuman bawa lima aja lima baju Lima celana itu bawa tiga aja cara pendek ada dua kalau celana itu memang karena Saya tiap harinya itu sebenarnya pakai celana reading jadi itu bisa dipakai sampai semingguan lebih jadi jarang

Gantilah kalau itu yang sudah ada apa namanya itu ada pelindungnya itu saya pakai kadang berminggu baru dicuci itu apa juga waterproof juga jadi agak kurang lah aku pakaian paling untuk kalau di pada saat di satu kota ekstedist itu baru pakai celana yang biasa jadi enggak terlalu banyak itu mengirit tempat juga Bang kayaknya

Spesial paling yang banyak itu peralatan kem malah tenda saya bawa sleeping bag saya bawa kursi sama bawa meja kompornya enggak ada sih pakaian Ya itu aja sedikit buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi saya terus ada t-shirt ada topi ada stiker

Warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning banyak lah ya pilihan warnanya dan kita juga ada storage back nih teman-teman kita jual storage bag ini buat dibantai untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang

Suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini ini nih