GAK NYANGKA KETEMU BENGKEL CANGGIH DI PULAU TERPENCIL II WAINGAPU


Kesehatan Seruling senja itu buat kita itu sama seperti kesehatan kita sendiri dia itu kan punya nyawa sama kayak kita jadi kita kan Jalan bertiga kita harus sehat bersama pusing apa lihat normal baut sebanyak ini tahu nggak ini di mana tempatnya ini yang di mana di video ini kita akan bikin khusus video tentang

Bengkelnya tentang pemilik bengkelnya tentang prosesnya Bagaimana prosesnya diperbaiki di sini bagaimana dia bertransformasi dari mobil brand keluarga menjadi mobil Overland tidak lama aja bongkar pasang tidak lama cucinya 1 hari kalau di sini bospomnya bilang Bro stop Halo siap Bang Ben saya Kak beda tapi pasangan suami istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil

Lebih 6 tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan akibat bangsa ini perjalanan tanpa batas waktu ke tempat-tempat Tanpa Batas kemana saja kinclong banget mesinnya jadi ini turbo turbo di sini sudah di service Ini cerita tentang mobil kami yang bernama Seruling senja Ford Everest keluaran tahun 2004 dengan berbagai

Permasalahannya selama lebih 7 tahun membawa kami keliling Indonesia melalui berbagai Medan dan kontur geografis jalanan Nusantara [Musik] perjalanan ini mempertemukan kami dengan sebuah bengkel yang unik dan spesial di sebuah kota kecil Waingapu Sumba Timur NTT begini ceritanya ini sebetulnya bengkelnya nggak pernah sepi Cuman karena ya suling senja yang masuk

Biasanya waiting list di sini ngantri akhirnya sudah turun sudah dibongkar Bagaimana kondisinya parah ya [Musik] udah dalem udah dalem ini nanti bloknya akan dikirim ke Bali juga ya cleaner jadi kita kirim Denpasar dulu untuk ganti liner sama pistonnya semua sama River Turbo satu kali karena di sumbangan belum ada yang bisa karena

Kan dia sudah termasuk mobil tua ya Jadi kita harus remajakan nah banyak pertanyaan kemarin itu kenapa harus ke Sumba Kenapa harus untuk remajaan suling senja harus ke sumbakan banyak tuh bengkel-bengkel Lain di Sulawesi banyak juga teman-teman di Kalimantan juga katanya banyak bengkel-bengkel yang bagus-bagus untuk mobil-mobil seperti Seruling senja nah buat teman-teman yang

Sudah lama mengikuti perjalanan Indonesia pasti mengerti kenapa Karena di sini ada yang namanya ongkosing ongkossing itu dia bengkel Swan di Sumba panjang sih ceritanya sebetulnya Kenapa antara hubungan kami dengan ongkosin karena kan 3 tahun lalu kami sudah pernah ke sini dan mobil kami sudah pernah diperbaiki oleh ongkos ini

Kita sekarang berada di waingapui bengkelnya ongkosing sering senja ada masalah lagi asapnya sudah banyak tenaganya sudah berkurang sepertinya rawat inap dan perawatannya lumayan besar lagi-lagi masuk ke salon kecantikan sementara aku ke salon udah 2 tahun lalu ongkos ini kalau kita di Jawa atau di Jakarta kita bilangnya Koko Koko sing

Tapi kalau di sini di Sumba Orang panggilnya Ongko Koko sing jadi sing itu namanya yang putus dia punya isolasi lepas sendiri biar cepet nyalain masih kerja yang lain ini blok mesin mobil kita Seruling senja sudah datang dari Bali hari ini baru sampai jam setengah dua jadi ini nanti Karena sekarang hari

Sabtu jadi kita lanjutkan pekerjaan hari Senin setelah blok mesinnya datang dari Bali sekarang sudah siap dirakit semua part juga sudah tersedia meski beberapa sparepart harus didatangkan dari Bali di Pulau Sumba ini memang tidak semua sparepart tersedia di toko sebagian harus dipesan dari luar pulau terutama Bali tapi seandainya Bali tidak ada

Jaringan ongkos ini ada sampai Jakarta Batam hingga Singapura bahkan mobil-mobil Apun tidak jarang dikerjakan di sini jadi tidak ada kendala masalah sparepart di sini hanya masalah waktu pengiriman saja [Musik] harapanku tentang seruling senja ini aku kepengennya sih dia akan terus menemani rotterf Indonesia Jadi kalau misalnya ada yang bilang

Kalau diganti Bagaimana dengan dengan mobil yang lebih bagus lebih sehat Kalau Seruling senja bisa disehatin kayaknya Seruling Jadi kita tetap bertiga gitu kalau bisa ini kok atau silinder headnya Udah dipoles Udah bersih udah di syukur klep sama ini Turbo juga sudah di repair besok kita mau rakit-rakit cuman

Masalahnya ini dulu yang waktu kita dari Banyuwangi kita masih pakai kop yang yang KW Ini belum yang orinya ini kali aja temen-temen kalau ada punya stok atau cadangan ini kopnya atau silinder head orinya untuk pot Everest tdi kontak-kontak aja ya Kasih tahu Bang Den kita butuh yang itu kan sudah di

Kalibrasi sudah 00 semua sama turbonya Sudah dikalibrasi sama itu noselnya juga sudah selang-selangnya nih diganti baru semua sudah Lapuk Lapuk dah diganti baru semua jadi bukan mesin aja semua selang pendingin oli cooler matic karena ini ada yang dimodifikasi juga untuk pendingin matic nya itu dimodifikasi diputar-putar gimana Kok disempurnakan karena kalau tanjakan

Katanya maticnya suka panas sekali nah itu yang dipikirkan solusinya banyak sekali yang di sini tuh printilan-printilan yang lain dilihat ada yang harus diganti ganti ini memang betul-betul remajaan betul-betul kita kotaknya bocor eh ternyata kotaknya ini kotak jadinya masuk air semuanya [Musik] masih ternyata sudah kerendam air semuanya karena kelamaan di atas kemarin

Kan banyak badai-badai itu sepanjang perjalanan dan itu juga dia enggak masuk garasi ternyata Biasanya sih enggak ada masalah tutupnya cuman rupanya ini udah kena hujan parah hujan panas bocor isinya air semua lahar kita nih cadangan-cadangan kita yang baru-baru ini semua sudah tidak bisa digunakan lagi Oh itu baru ya baru itu kotaknya Tuh

Kan kemarin tuh kita kan rencana mau lanjut langsung nyebrang ke Kalimantan tuh dari Sulawesi kan banyak tuh penyeberangan ke Kalimantan cuman ongkos bilang jadi udah 3 tahun lebih loh Lebih baik kembali dulu ke Sumba kita remajakan dulu mesinnya baru nanti lanjut ke apa namanya ke Kalimantan nggak tenang juga dia rupanya untuk

Melepas kita lanjut ke Kalimantan dan ternyata memang betul ketika dibongkar mesinnya memang sudah kondisinya tinggal 60% lagi lah keadaannya hari ini kita Start dari pagi mau rakit ini nah Kita lihat nanti selesainya jam berapa Jam berapa sekarang sekarang jam 9.16 jadi di sini jamnya per jamnya itu dihitung gitu jadi

Nggak ada yang meleset ini 2 jam itu yang tadi aku bilang kan 2 jam ini 3 jam ini jam sekian diambil kayak mobil Kijang ini nih dia kemarin dirakit pagi-pagi makanya kemarin ongkosin bilang ini Agak terlambat 2 jam Harusnya kan jam 3 jam 3 itu sudah selesai

Semuanya mundur 2 jam nilai 2 jam istilahnya tinggal nunggu serah terima hari ini kemarin pagi jam sama ke sini ya harusnya Berapa jam dari pagi sampai jam 4 sudah selesai 6 jam 6 jam tuh naikin mesin 6 jam lagi pasang metal duduk metal pot bagus semua setelannya [Musik]

Jadi hari ini memang semuanya kata ongkosing semua tenaga semua sumber daya itu difokuskan untuk seling senja jadi semua pekerjaan-pekerjaan di bengkel ini yang banyak sekali selalu bekerja di bengkel ini mau ditunda dulu katanya hari ini katanya semua delay hanya untuk urusinnya Terima kasih Om gosip Terima kasih bengkel Swan luar biasa sekali

Penghormatannya ya timnya semua ada berapa orang masih belajar ini Abang Halo Abang Halo Bang bumbu nih Iyan nah ini mekanik paling senior bisa dibilang kepala mekanik ini di bengkel Swan udah berapa lama sudah 12 tahun 2011 2012 dari 2012 sampai sekarang lama cucinya yang paling lama Oh kalau bongkarnya tidak lama aja

Bongkar pasang tidak lama cucinya 1 hari kalau bongkar Berapa lama bongkar yang paling lama 2 jam paling lama tergantung mobil Abang udah dari tahun berapa Bang di sini dari tahun 2016 bagi kita yang tidak mengerti mesin melihat saja sudah pusing Bagaimana bagian-bagian yang sangat banyak dan kecil-kecil ini akan dirakit ulang satu

Persatu inilah salah satu kelemahan Bang Den keliling Indonesia pakai mobil tapi tidak ngerti mesin nah kesempatan ini Belajarlah ya sedikit-sedikit [Musik] lengkap sekalian yang canggih-canggih Kenapa Kena anak-anak nggak diurusin semua saya lagi 7 tahun lebih pensiun sudah tradisional dulu sementara udah besar banget ini udah penuh terus gitu kan

Jadi Mungkin ada orang pikir yang besar yang canggih yang ini aku pikir dia nggak ada generasi penerusnya anak-anaknya enggak ada yang meneruskan 7 tahun lagi pensiun untuk sebuah bengkel ini juga relatif rapi gitu kan Kalau ada yang berantakannya minta ampun kayak gitu ini enggak relatif walaupun kau bilang

Kenapa banyak yang tanya kenapa enggak di besarin kenapa enggak di bagus ini aku bilang ini udah termasuk besar dan rapi kok untuk sebuah bengkel gitu maksudnya yang kita lihat di kota besar gitu ya modelnya gitu ya Oh iya karena enggak ada yang terusin anak-anaknya tidak ada yang minat di

Bidang ini kayaknya yang pertama kan maunya jadi dokter sama juga Dokternya kan dokter manusia ini kan dokternya Dokter mobil dokter mesin sekarang waktunya onggosing dan timnya merakit mesin Seruling senja kalau udah begini kami sebaiknya pulang supaya mereka bisa fokus dan tidak terganggu konsentrasinya dengan keberadaan kami di sini nanti

Kalau udah beres pasti juga dikabari oleh onggosing nanti kita akan lihat bersama-sama berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merakit mesin seling senja sampai menyala cuman kalau ada yang mau minatomi kita punya TV baru ini boleh dipesan-pesan toh beberapa warna ada tiga warna ada coklat ada hijau ya marun

Waktu kita di sini 3 tahun lalu itu memang sih sudah overhaul sudah turun mesin cuman seperti teman-teman tahu waktu itu kita sangat keterbatasan masalah dana Jadi kita ngomong sama Om posting engko tolong ini diperbaiki turun mesin nggak papa tapi mana-mana part yang masih bisa dipakai usahakan dipakai dulu jadi kita nggak banyak

Ganti part Harusnya sih sebenarnya Ada beberapa partner memang sudah harus diganti Cuman karena itu tadi persoalan pendanaan akhirnya dipakailah beberapa part dan 2 tahun masih bisa dijamin lah garansi Kalau Bang dia mau ke Papua pulang dari Papua itu masih aman nah kemarin pas sudah 3 tahun lebih sebetulnya jadi ya

Udah kita disuruh balik ke sini makanya kita kembali ke sini sebelum kita melanjutkan perjalanan ke Kalimantan dan yang lain begitu kembali ke Waingapu itu memang pada akhirnya bukan hanya ingin bertemu mempertemukan Seruling single lagi dengan ongkosting gitu tapi kita dengan keluarga Om Andra Bagaimana memori kita beberapa tahun yang lalu

Ketika pertama kali masuk wai itu diajak keliling Sumba itu sama Om Andra yang dan keluarga gitu setiap Minggu kita jalan ke sana kemaren Aduh enak banget dan 2 bulan setengah kita di rumahnya berkumpul Satu Atap gitu udah seperti saudara gitu Sekarang kita mau ke bengkel lagi tadi kan kita udah

Tinggalin tuh sudah dari bengkel pagi-pagi tadi jam 9 tadi atau ongkos 6 jam pengerjaannya sampai mesin naik mesinnya lah ini barusan kita dikirimin video mesinnya udah nyala pas jam 3 6 jam termasuk waktu dari makan siang berarti ya ayo kita lihat Kami lihat suara mesin sudah garing dan mesinnya bersih sekali kinclong kering

Wow 5 jam pengerjaan menurut ongkos ini tepat waktu tapi meski di sini kerja cepat bukan berarti terburu-buru dan tidak berkualitas loh jadi total semuanya tadi kan jam 9.17 ya kita start tadi pagi sekarang tadi jam 3 udah nyala mesin berarti 6 jam 6 jam plus istirahat makan siang jam 12 sampai

Jam 01.00 jadi total 5 jam sampai dengan nyala Nah jadi sesuai schedule karena maksimal 6 jam udah berapa lama jadi langganan di sini 6 tahunan bagaimana aslinya Kupang lalu di tanjakan tanjakan di cuaca panas kayak apa juga kita forsir mobil kita nggak pernah lagi tuh yang namanya air radiator berkurang atau temperatur naik

Itu nggak pernah cuman sekali-sekalinya waktu di Pulau Seram Maluku waktu itu tanjakan memang sangat panjang tuh itu tanjakan yang legendaris juga tanjakan SS namanya cukup tajam di situ sempat naik tuh temperatur lagi tanya ini kenapa gini gini gini sementara yang lain-lain aman-aman pulang dari Pulau Seram juga kita nggak

Ada masalah lagi mau tanjakan di pulau Sulawesi itu gua Tolitoli di Kolaka itu tanjakannya juga wah yahut-jahut tuh tapi aman-aman aja Nah itu rupanya Jadi kepikiran yang mau closing di mana nih masalahnya kok sampai naik lagi sedikit nah menurut kamu itu mungkin sumber panasnya itu dari ketika tanjakan itu

Katanya dari matic-nya Tuh Panas sekali karena terlalu panjang jadi ada salurannya kemana gitu sistemnya dia bilang Nah itu yang yang dia pikirkan rupanya selama ini dipikirin tuh sama dia Jadi begitu kita datang dia bilang Bang Den aku sudah ada solusinya untuk temperatur itu kan jadi sistem selang-selang matic pendingin matic-nya

Tuh dirubah atau bagaimanalah penjelasannya secara teknis tapi ada di modif lagi sekarang Supaya katanya tidak naik lagi temperaturnya kayak gitu ongkosnya itu selalu begitu dia ada sesuatu yang mengganjal tuh dia pikirin terus dia cari terus sampai akhirnya merasa dia ketemu mobil sore ini kita kembali mau nengokin Seruling Senja di bengkelnya ongkosing

Bengkel S1 Waingapu hari ini kita nggak ke sana karena kan aturannya kalau dari pagi tadi sampai siang itu dia dinyalain terus mesinnya Kemarin kan belum sempat kemarin baru mulai nyala doang tadi pagi itu harus ke sana ke sana dari tadi enggak mau ganggu juga karena dia di tongkrongin tinggalin aja kita

Selalu tunggu kabar dari Dia gitu dari ongkosin kalau dia telepon sangat sibuk sekali bengkelnya semuanya Nah kalau kita ada di sana mengganggu Nah kalau sekarang kan udah setengah lima nih mereka jam 5 tutup dia bengkel itu jam 8 tank buka jam 5 tank tutup nggak ada lembur jadi semua dalam 8 jam

1 hari itu semua udah harus tercover oke kalau dia lambat kembali dari Om Jerry udah berapa lama langganan di sini langganan sama Om kosing Iya sudah hampir 6 tahun ya ya kalau di sini puas lah pelayanannya bagus Iya cepat juga ya antri dan cepat kerjanya cepat juga tim-timnya juga kerjanya kompak ya

Sudah dites berkali-kali di tanjakan sudah aman clear mesinnya juga sudah bersih banget dibersihkan dicuci sampai mengkilap seperti baru cuman ada karena tenaganya besar akhirnya matic nya nggak bisa ngimbangin tanpa transmisinya tanpa matic tuh sama AC yang kurang dingin mau kita bikin lebih dingin lagi mungkin kondensor sama evaporatornya harus kita ganti baru tanggung

Kamu mandi sekarang mobil kita suling senja udah kita bawa dulu dari bengkel ongkosin udah keluar sebetulnya sudah selesai pengerjaannya sekarang kita tinggal cuci bodynya supaya bersih karena mesinnya kan Udah bersih udah mengkilap cuman di bengkel debu-debu kita Cuci dulu jadi sekarang untuk pengerjaannya kita sudah keberangkatan karena masalah matic-nya

Kanvasnya sudah mulai tipis jadi itu yang kita mau ganti dulu jadi pesan lagi barangnya ke Bali mudah-mudahan tanpa koplingnya ada ya tanpa magnetik transisi ini jadi kita tunggu tunda keberangkatan dua minggu lagi kita ya Kalau menurutku sih nggak papa kita tunda keberangkatan sedikit lebih lama Yang penting kan kita yakin dan

Ongkosting juga yakin bahwa detailnya itu betul-betul nyari sempurna AC juga Asik aku ingin merasakan Seruling senja itu dingin di dalam seperti lemari es satu pintu satu pintu aja tuh ya di komentar juga kan ada yang bilang enaknya kalau ada bengkel yang udah kenal gitu kan yang kita nggak dimainin

Harga semua bisa kita percaya ya kalau memang bengkel di sini memang seperti itu karena kalau sama closing ya kita sudah kayak saudara sendiri kenalan lagi bukan teman lagi kita juga waktu itu udah diundang ke Lombok di waktu kita di Makassar dulu Kita diundang dibeliin tiket PP kita berdua sama Kak beda

Dikenalin sama keluarganya kita tinggal di rumahnya jadi memang udah udah bersaudara lah Nah jadi ketika masuk ke sini ini kalau bengkel ongkos ini kita datang ke sini nganterin mobil kita suling senja bahwa udah kasihin aja kuncinya nggak usah ngomong apa-apa kalau gua sih dia udah tahu semuanya isi-isinya dan apa

Namanya kondisi suling senja Seperti apa dia udah tahu karena apa Karena kalau di jalan juga kan kita kalau ada masalah-masalah sedikit kalau di jalan juga kita kalau ada masalah sedikit kita telepon Kalau ada masalah sedikit kita hubungi aku ini kenapa jadi semua tuh dipantau lah sama dia terpantau

Temunitor sama Om pusing jadi begitu ke sini ya udah tinggal kasih kunci ongkos itu lebih tahu dengan mobil kita apa-apa aja yang harus diperbaiki apa-apa aja yang harus diganti semuanya jadi udah kita percayakan aja nah ini juga udah nyala nih sayang ini juga udah nyala nih kemarin ini lampu ini mati ada

Diperbaiki sama gosip udah nyala sama ini juga nih nih ternyata ini juga nih list list ini juga kemarin ini ternyata udah diperbaiki juga Jadi enaknya kalau di sini kita tinggal masukin mobil tinggalin berhari-hari dia Coba dicek segala macam semuanya tutup udah ini udah beres ini udah beres bener kita kadang-kadang baru beberapa

Hari kita pakai loh padahal kita nggak ngomong ini Kalau diperbaiki ya ini kode nyala ya karena kan nggak enak juga ya ini Itu segala macam ini terakhir kemarin tambah lagi nih power steering Minta diperbaiki juga Jadi ya nggak enak juga minta ini minta YouTube minta itu tapi ya udah diperbaiki juga Begitulah

Kalau masuk bengkel yang gosip itu Makasih ya ongkosing Bengkel restoran dan Kru luar biasa sekali Terima kasih buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi saya terus ada t-shirt ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak dan terus desain-desainnya

Berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning teman-teman kita jual storage bag ini buat di ban serep untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus

Dan kuat ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih ada di kolom deskripsi atau nomor wa-ku di bawah sini nih
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url