EKSPLORE PEDALAMAN PULAU SUMBA II SBD

Kenapa Minta uang buat beli buku buat sekolah kah Kalau mau diceritakan Sumba ini memang Waduh terlalu banyak kata yang harus diungkapkan selamat pagi kawan Lihatlah mentari pagi dari Fajar sudah menanti mengajak kita kawan untuk menikmati kerikil tajam dan Debu Jalanan [Musik] kami pasangan suami istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil

Lebih 6 tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan hati bangsa ini perjalanan tanpa batas waktu ke tempat-tempat Tanpa Batas ke mana saja terus Satu lagi aku cinta sekali dengan kain-kainnya itu kainnya itu coraknya tuh aduh kalau petualangan lalu kami explore Sumba Timur dan sempat juga ke Sumba

Tengah maka sekarang bang Den dan Kak beda akan bertulang lebih ke barat Pulau Sumba yaitu Kabupaten Sumba Barat Daya Selamat pagi rodrivers sekarang bang Den Bersama Diva kita sekarang rencana mau pergi ke Sumba Barat Sumba Barat Daya Oh iya supaya kalian tidak bingung Pulau Sumba ini terletak di provinsi NTT ya

Beda dengan pulau Sumbawa yang terletak berada di provinsi Nusa Tenggara Barat memang Mirip sih namanya kita dicegat lagi nih oleh rombongan preman-preman dia perjalanan kita kali ini dua mobil sama mobil Papa Dira satu lagi mereka udah ngacir di depan karena kita slow ya kita nggak bisa ngebut karena terlalu

Berat kita tidak bisa kencang-kencang jadi kita 7 orang nih perjalanan hari ini jalannya kecil sebelah kirinya jurang Istirahat di tempat mana sayang istirahat ya ini lagi istirahat sebentar penumpang kita bertambah satu lagi sekarang rapi karena pindah dari mobil depan mobil depan tadi di waktu tikungan-tikungan itu pada pusing katanya sih ada jagung rebus

Ayo kita lihat dulu mantap sebelum masuk anakalang nanti kalau tonton baru masih jauh bukan tanda rumah hijau Sumba Timur ke Sumba Barat Daya sekitar 170 KM kalau menurut Google sekitar 4 jam perjalanan deh tapi seperti biasa perjalanan Road Trip Indonesia akan banyak berhenti pasti akan makan waktu lebih dari itu

Pohonnya tinggi-tinggi besar jarang mobil jarang motor jadi lintas Sumba ini memang jalanannya enak banget kalau buat touring Asik kalau hobi nyetir asik tapi waspada ternak dan anjing Spot pertama yang kami kunjungi adalah white Hello sawah keindahan alam di sini adalah gabungan antara air terjun Goa dan kolam alami yang akhirnya sangat

Jernih sekali dikelilingi rimbun pepohonan di kaki perbukitan ya kita sekarang sudah sampai di sawah dan kita harus tracking di Pematang pematang sawah ini uniknya itu ada air terjun dia tidak terlalu tinggi tapi justru air terjun ini letaknya di tengah [Musik] [Musik] [Musik] akhirnya kita sampai di rumahnya Bapak Alex di Sumba Barat Daya

Pas Sekarang waktu jam 12 siang kami disambut oleh keluarga Bapak Alex di Sumba Barat Daya yang merupakan kerabat aba Ende dan tanpa membuang waktu langsung gas explore SBD Sumba Barat Daya [Musik] kita baru selesai makan barusan di enjoy aja di Sumba Barat Daya di traktir sama Pak Alex sebelum kita melanjutkan perjalanan ke

Waikuri Woi ikannya bagaimana flory potong kambing tapi itu ada sumpah kayak begitu kalau kita nggak makan pulangnya kita disuruh bawa kambing atau bawa sapi itu beberapa kali kita sudah alami mereka begitu sangat menghormati kamu Nah kenapa tadi kita tidak makan kambing Kenapa malam kita baru datangnya siang

Ternyata Pak Alex dan keluarga ini kan dari keluarga Kristen jadi mereka tidak mau memotong kambing itu karena yang mau datang ini kan orang Islam Jadi kalau di sini Ini kebanyakan kalau yang datang Itu keluarga muslim mereka akan tunggu dulu kita jadi dari kita yang akan memotong nanti baca bismillah atas

Segala macam jadi disembelih sesuai agama muslim itu luar biasa sekali toleransi di sini tapi ini keren ini toleransi yang sesungguhnya di Nusa Tenggara Timur ini luar biasa buat kita jadi terganggu-kangkung dan [Musik] yang pertama adalah danau wikuri danau air asin yang sangat jernih dikelilingi batu karang dan hempasan ombak laut yang

Kuat di dekatnya Danau ini tidak dalam sehingga anak-anak bebas berenang dan terjun terjun ya kita baru sampai di mana [Musik] [Musik] [Musik] Ini kita lagi di pantai Pandora ya pantai mandora terlalu jauh dari [Musik] [Musik] [Musik] rencananya malam ini Kita nginep di tempat keluarganya pak Alex Terus besok pagi lanjut lagi

Mungkin ada dua atau tiga tempat tapi namanya [Musik] selamat tinggal malamnya Pak Alex menunaikan janjinya untuk potong kambing makan malam [Musik] ini potongan kambing kambing yang baru dipotong tadi ada supnya ada yang dibakar kami juga mendapatkan kain adat Sumba yang sangat cantik sekali sebagai ucapan terima kasih atas kunjungan kami ke

Sumba Barat Daya kehormatannya jadi kenyataan terima kasih terima kasih [Tertawa] [Musik] [Musik] nama daerahnya apa ini [Musik] wae mangura matahari baru terbit tadi malam kita tidur cukup puas setelah makan satu ekor kambing [Musik] perut kenyang dikit-dikit dan Pagi ini kita siap melanjutkan perjalanan lagi di itu bapak satu tadi itu yang dibilang

Om Alex beristri 13 [Tertawa] di daerah mana di daerah kodi blagar Kecamatan kodi blagar nanti kalau ada sempat nonton bisa kita ketemu boleh boleh tinggal satu Kompleks tapi ya ada rumah tingkat tapi di belakang ada beberapa rumah lagi yang dia bangun tapi itu istri-istrinya yang lain usia sekitar bisa 70-an

Tapi dia masih Freed masih kuat siap siap [Tertawa] [Musik] Sumba Barat Daya ya dan Kampung Adat Marapu disini masih asli atap-atapnya Masih atap Ilalang ya [Musik] [Musik] toleransi dan juga ini hari kedua kami explore Sumba Barat Daya Desa rating garo lokasinya di pinggir pantai yang sangat indah sekali

Cuma ini tepat jam 12 setengah hari untung aku dapat kain yang cantik ini untuk menutupi [Musik] kita Semoga menjadi inspirasi seperti kembali ke zaman megalitikum dengan rumah adat atau umma kelada yang unik atapnya menjulang tinggi ke langit serta kubur-kubur batu merapuh di halaman rumah atau di tengah Kampung Adat nah

Ini kalau di merapuh itu suku merapuh kepercayaan merapuh ini adalah kuburannya Jadi mereka kalau kuburan tuh ada di halaman rumah dari batu semua kubur merapu namanya mereka sangat menghargai kepercayaan mereka juga sangat menghargai nenek moyang dan ada 34 kubur batu dan dipercaya ada yang berasal dari zaman megalitikum 4500 tahun silam

Mau disclaimer dulu nih yaitu pantai bawana disini ada tebing batu lobang dan batu cincin yang sangat indah sekali tapi sayangnya saat sekarang ini batu lobangnya sudah runtuh dihantam ombak dan gempa sayang sekali ya melalui video ini kami Tampilkan sebagai kenang-kenangan Sekarang sudah sampai di Batu lobang apa batu cincin [Musik] dan lain sebagainya

[Musik] [Musik] jangan terlalu bertumpuk saya jalanannya nggak kelihatan kalau sekilas tuh bukan jalanan kan Ya cuma runtuhan-runtuhan enak minum air kelapa muda capek-capek dari batu cincin nama desanya Desa kahale Kecamatan kodilagar Kabupaten Sumba Barat Daya Nusa Tenggara Timur kemudian berkenan tapi rasa bahagia rasa bahagia karena ada kunjungan kami tidak pernah sangka

Ini adalah rencana Tuhan terima kasih terima kasih tempat penginapnya dipotongin kambing luar biasa sekali beruntung sekali kami menghindar di sini semuanya sampai kita ketemu lagi mohon maaf buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan roti Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi saya itu ada

T-shirt ada mug ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning banyak lah ya pilihan warnanya dan kita juga ada storage back nih teman-teman kita jual storage bag ini buat di ban serep untuk ukuran ban apa aja ini bisa

Ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas agak kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini ini nih