Berburu & Menjerat Babi Hutan Untuk Makan II Hari ke 2224

Dewi Pergilah menjauh sejenak dari keramaian bebaskan jiwamu sudah hiruk-pikuk itu disini udara segar langit biru Ayo rayakan kebebasan mumpung masih ada kesempatan guard Halo siapa band saya kallithea Kami pasangan suami-istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil login itu lebih enam tahun perjalanan keliling Indonesia Bertuah istri tepatnya sih bertiga dengan mobil kami

Yang bernama Solihin [Musik] Ayo lebih dulu kami pamit dulu ya sampai ketemu ya setelah beberapa hari Kota Ambon kami akan kembali ke Pulau Seram rencananya Bang dan kabeda akan explore beberapa tempat di Pulau Seram sambil menunggu kapal KMP kalabia yang akan membawa kami kembali ke Sorong Papua sekarang kita

Bergerak meninggalkan kota Ambon Cena mau menyebrang ke Pulau Seram karena ketika kita sudah pelajari menyebrang ke Pulau Buru agak jauh menyebrang kepulauan Kei agak jauh menyeberang ke bandaneira agak jauh kita memang terbatas ya masalah anggaran dana kita mungkin balik lagi ke Pulau Seram kita akan coba explore serama ada apanya

Itulah Serang sayang banget sih cuman ya begitulah perjalanan gak semua tempat bisa kita kunjungi nah do Aldo Kebetulan saya kenal mobil ini hahaha oh dia banyak yang komen kalau kita masuk Ambon jangan lupa coba rujak natsepa gitu oh unggul jatuhnya sedih kami tempat ekspor Maluku lebih banyak dan lebih

Dekat masih banyak pulau yang belum kami explore masih banyak pulau yang belum kami kunjungi Pulau Kei Pulau Buru Banda Neira dan lainnya menghina telurnya putih rajang natsepa kanan biar enggak ngerti rujak natsepa Berapa satu porsi Rahmah Rp16.000 Oke semoga bengkoang ciri khas rujak natsepa itu dia pakai irisan talak irisan buah pala [Musik]

Biosolar cadangan yang dibawa dari showroom kami turunkan supaya tidak kelamaan disimpan juga untuk mengurangi beban karena besok kami akan kembali melewati tanjakan SS yang sempat bikin temperatur isinya melonjak waktu kami lewat hutan Taman Nasional manusela dulu ya terakhir kontrol setelah mencoba rujak natsepa langsung ditempat yaitu pantai natsepa kami lanjut gas Pelabuhan dia

Untuk menyebrang ke Pulau Seram sebetulnya ada dua pelabuhan penyeberangan ke Pulau Seram kalau kita dari Ambon ya lewat Pelabuhan liang atau lewat Pelabuhan tulehu rasa [Musik] ya berapa Hai 200-2000 keramahtamahan Ambon itu dari dulu one tidak langsung naik parkir situ aja gimana tidak boleh naik nanti baru naik tapi

Belum dipersilakan naik sedikit lagi belum waktunya untuk naik terima kasih informasinya kali minum aqua 1 Ibu cantik roti kaya pintar sekali jualan ada rayuannya luar biasa ke kita mau ke Serang Serang gimana dulu siaran Pulau Seram Boy omaso hijau lain langsung wahai Om langsung nyalain wahai Aqua saja kuasa-nya tanpa rotikaya satu

Banget oh yes sir masa-masa Tengah masohi langsung wahai langsung senangnya selalu bertemu masyarakat yang ramah dan ceria penuh canda meski kita tahu kehidupan mereka cukup keras sebagai pejuang ekonomi di pelabuhan ini kami udah begini ada perasaan sedih tidak bisa membantu lebih mungkin suatu saat nanti ya Karena ini dari mana

Jakarta kita bawa mobil orang Indonesia kamu Indonesia berkeliling tahu keliling Ambon kah keliling Indonesia maksudnya keliling Oh iya baru ke wahai wahai parkir sambil keliling Indonesia bagi akhir-akhir luar negeri ogoh-ogoh makasih Nanti kita ketemu lagi ya aku juga bawa apa dari mobil-mobil mana Yo makasih ya begitulah Indonesia kebaikan

Hati Masih banyak ditemui dimana-mana terutama di daerah mereka lebih rileks dalam menjalani kehidupan beda sekali ya dengan masyarakat kota yang penuh stres terburu-buru bahkan saling curiga Kau sungguh tidak mundur kalau di pelabuhan ini kita mundur kapalnya sayang kyb Indonesia Elika jangan ngiri sayang sama salah kamu gitu lalu kiri kamu Kami punya

Banyak hutang di kepulauan Maluku ini ini membuat kami semakin sadar betapa luas dan besarnya Indonesia kita tidak akan pernah ada kata cukup waktu tenaga dan biaya untuk menjelajahinya kebayangkan ada lebih 17000 pulau di nusantara kita ini seandainya kita bisa menginjak satu pulau saja sehari itu membutuhkan waktu 46 tahun meski tidak

Mungkin Coba bayangkan deh akhirnya dia di sana mati dinding [Musik] daripada stres yang telah tolong nyanyikan gitu kalau paling sering MC Oh iya oke bye ketemu lagi pesawat semi kita sampai di WiFi root lagi Sekarang di Pulau Seram teman-teman kita akan menuju masohi [Musik] tapi kalau kita melihat di map itu masih

Sekitar 40 km lagi esnya 30 km dari ini kan hari sudah mungkin gelap karena sudah hampir setengah tujuh kalau Indonesia timur 6.30 masih terang seperti ini dan perkiraan kita nanti jam jam 7.15 shohih kita baru aja melewati tanjakan tanjakan dan hutan-hutan yang katakan beda ini mah jalan tol cuma kita

Aja ngelewatin jalan sepi banget ya teman-teman lihat ini ih banget kan Oke karena ini sudah semakin gelap dan sepi sekali di sini kita lanjutin aja Perjalanan halo [Musik] Hai Hotel onemay namanya badannya one mayat Oneng Oneng rasa Buton ya kalau kita keluar ke balkon ini kita punya laut tuh hai hai

Hai kamarnya Enggak biasa aja ya teman-teman Ini bukan hotel mewah tapi ada lemari ada meja tempat Bang dan bisa edit-edit transfer transfer file di cukup luas Pagi ini kita gas menuju serap Utara besok kapal KMP kala dia akan tiba dan kita akan kembali ke Papua Barat sebelum melanjutkan perjalanan ke wahai kita

Intip dulu yuk kota masohi satu putaran [Musik] kota masohi berarti gotong-royong adalah kota yang baru dibangun pada tahun 1957 diresmikan dengan peletakan batu pertamanya oleh presiden pertama Republik Indonesia Insinyur Soekarno Ini ada pengecekan lalu lintas nyawa Oke kita ke kau juga tas hebat sihir keluar nanti urusnya ditelan terbentuknya punya izin

Operasinya Pak Oh maksudnya bagaimana kasih like kendaraan dari luar ya berarti harus otomatis dia punya surat keterangan operasi dijalankan harus ada sangat luar jadi plat luar negeri untuk izin operasinya urutnya di ditlantas tapi ini kita transfer saja mau keliling Indonesia ini tidak mau ke Papua [Musik] juga kita baru tahu ternyata kalau

Pindah kendaraan itu harus di urus suratnya di Lantas surat izin surat izin beroperasi Apakah betul begitu teman-teman seperti banyak nama daerah yang pernah kami sing selalu ikannya belum pernah dengar nama kota masohi baru dengan Selama perjalanan di Maluku ini kota masohi Sepanjang yang kami lewati meski

Sepi tapi bersih dan rapi juga meski di tepi pantai asri dan hijau dengan banyak pohon-pohon yang tumbuh di sepanjang pinggir jalan terus terang kami baru ketemu ada Kota yang terletak di tepi laut yang biasanya panas dan gersang tapi kota masohi ini hijau dan asri harusnya kota-kota tepi laut lainnya di

Indonesia bisa belajar nih sama kota masohi jempol deh nah teman-teman kemarin itu waktu kita di Kota Ambon waktu mengisi bio solar truk ada orang pemain sini bilang kalau mobil pribadi itu sekarang udah nggak boleh si biosolar harusnya dexlite Apakah betul begitu kita coba aneh di SPBU Mas Oki Rengga

Kita isi biosolar ya yes PBU masehi ini unik lagi dia kita kalau mau beli solar di sini harus campur dengan dexlite peraturannya begitu di sini biar selamat di jalan peraturan baru yang kita nggak update hehehe dari sinyal Telkomsel Matsuri Oh baru sampai di sini tadi malam ini kita sudah mau ke wahai Oke

Karena besok ada kapal mau ke sehat ngamuk-ngamuk sangat sampai sore kita jangan lupa subscribe ya oke semakin jauh dan semakin lama kami berjalan semakin kenal kami dengan bangsa ini dari dekat [Musik] sepanjang yang kita lewati kemarin di Pulau Seram ini banyak yang sudah kering langsung sungainya tak hanya melintas ya jadi memang tidak

Banyak Data yang bisa kita ungkapkan tapi kalau sempat aku baca sekilas di internet katanya memang lagi ada masalah juga makalah pembalakan hutan jadi hutan-hutan itu banyak dicuri juga kayu-kayu nya karena kesini kan masih ada taman nasional terbesar sekali pohon-pohon itu masih luar biasa surganya burung paruh bengkok burung

Nuri burung kakaktua ke luar biasa tapi juga masih terjadi pencurian dan sudah terancam juga sekarang katanya di habitatnya sudah tidak terlalu banyak lagi Qweena lagi ngapain Hai tadi berdagang lagi jualan baju pedagang tangga lag ja Gale aku lagi jawab pesanan KSR tester mau pesan lagi kemarin udah pesen berapa warna sekarang

Dia mau lengkap in warnanya lainnya jalur benecia ada kaosnya biru navy merah putih Orange kuning kenari kuning mustard Dijon muda hijau Army hanya nanti kabinnya ada di bisa pesan itu untuk mendukung terus berjalan jujur aja nih perjalanan ke Indonesia timur-timur lumayan teman-teman sekarang kita sampai di pertigaan wifi-an namanya ini jelas

Hai kalau kita lurus ke sana kita ke waipirit kalau kita mau ke sana baru kita ke wahai [Musik] meski ini sudah kedua kali kami lewat jalur ini tapi keindahan hutan dan alam nya tetap mempesona [Musik] [Musik] saat ini ada dua rambut nih sayangin apa ini kita istirahat dulu dingin bro rasa

Khawatir masih menghantui Bang denda Enggak beda karena masih harus melewati tanjakan SS di hutan Taman Nasional manusela gimana sering senja pernah naik temperaturnya waktu kami datang rawan kecelakaan terakhir awal untuk menghindari temperatur naik kami harus sering berhenti untuk mendinginkan mesin mobil terutama kalau tanjakannya sudah terlalu panjang dapat bersabar sedikit untuk meminimalisir resiko

Tidak kita gol lagi cukup dulu ya sering tiga istirahatnya adem ih cukup dingin kita mau berangkat Ini pohon-pohonnya juga masih bagus-bagus kan di sini juga hai tuh suaranya di sini nih burung surganya buruk burung paruh bengkok kakatua nuri elang dan banyak lagi memang anginnya itu lo nyapa segitunya

Ada pohon besar yang rindang kalau ada sungai terus daftar enak mphh ini yang kemarin kita lewat ini bekas longsoran besarnya teman-teman Aku penasaran ada orang-orang kerja di tengah hutan ini apa aja mereka kerja than a Hi Ho dalam boleh tanya-tanya sedikit ini lagi kerja di sini kah Rapat ini ini longsor Taubah

Konslet longsor longsor pernah longsor atau supaya menghindari longsor Iya pernah sudah mulai bekas sebelumnya jadi yang hijau-hijau itu juga yang hijau itu pokoknya itu bekas longsor semua itu jadi teman-teman inilah bapak-bapak yang berjasa memperbaiki keadaan Jalan maupun jalan mobil ini diburu oh mau jadi guru gimana itu ada cari

Burung ada di sini ada apa kirab yang udah saya untuk binatang-binatang di hutan sini sering dapat untuk dimakan Hai Mbak lagi ikan ada sementara susah begini bidan susah eh jadi hari-hari makanya Apa lauknya lauknya kadaka kalau ada kiriman ikan dari sana ya kita makan kalau gitu yang

Mereka cari itu lebih hutan itu Bun ada kebun disini tidak ada kebun-kebun masyarakat tidak ada bukan rapper Indonesia ini bapak-bapak yang memperbaiki transfer transfer seram ini karena biasa bapak-bapak ini kita bisa menikmati jalan yang sudah mulus dan bagus lagi terima kasih ya itu besoknya mereka tinggal di sini Eropa Makasih dari bisa terdekat

Berjam-jam jauh sekali ini hutan-hutan ini mereka mungkin juga dapat kiriman laut tiap hari sulit Hai berburu pasang jerakah ada yang makan burung ada yang makan babi hutan kalau mereka non-muslim gitu mereka sepeda mereka selesai juga di sini masih masih pekerjaan longsor jalan kita terhadang Ah iya terima kasih makasih makasih

Oke kita lanjutkan perjalanan ada apalagi di depan kita lihat kan [Musik] jadinya Simpang Tiga kita tadi dari sana kalau lurus ke sana ke wahai kalau sini ke saleman caleman itu dia punya sebuah pantai yang cukup terkenal sangat terkenal namanya pantai ora roadtrip Indonesia sepertinya tidak bisa ke pantai ora karena berbagai macam

Pertimbangan Hai Bro kenapa kita tidak jadi ke pantai orang apa pertimbangannya besok kita harus nyebrang ke Fakfak waktunya ya biayanya juga kayaknya tragis kita itung-itung kurang sesuai dengan Indonesia ya Day [Musik] di tengah hutan ini kami bertemu sebuah tempat peristirahatan yang sangat menarik hatusaka namanya sebelum memasuki taman nasional manusela dan

Tanyakan SS putuskan untuk beristirahat dulu disini deh tanjakan FF yang akan kita daki Reza kita cek dulu tempat peristirahatan di sini ada sinyal hari ini kita menghadapi hitam saja Om setelah mobil dengan pemilik tempat rumah makan hatusaka ternyata disini juga ada penginapan atau cottage jadi karena hari sudah hampir malam sudah

Mulai gelap dan suasananya disini juga asyik kami Berencana untuk menginap di sini saja sebelum melanjutkan perjalanan kowe sepertinya tempat ini bakat keren nih aku suka viewnya ya tuh ya malam ini Kita nginep disini di hatusaka penginapan hati Sakha Cottage Hai abang Siapa namanya bang pak Anto ya Vandroya namanya

Disini masih banyak lihat burung kalau pagi-pagi kita burung kakatua kasturi belum Lang hai [Musik] lama2 ngan baru lagi nih jadi kita tadi sampai udah karena udah sore kalau kita lanjut ke WA Hai itu butuh waktu dua jam lebih lagi hampir dua jam tiga jam gitu toh kapal feri masih Besok

Hari Jumat setelah shalat jumat jadi kita putuskan menginap cari suasana baru istirahat Tin Seruling senja begitu kemarin dari kota kota kota Sekarang kita menuju ke alam Surabaya kita mau diajak Ini tadinya mancing belut di sungai di sini Belut itu ada sampai Sebesar apa segini ada belutnya sebesar tiang ada yang udah

Gede Tebet jadi disini masih banyak kalau kalian kan hutan semua ini sekali masih bisa dapat berapa banyak Iya enggak itu cuman itunya satu karung sebentar dapet pakai para kepala ikan katanya gile memang potensinya Di sini kadang-kadang masih dapat rusa juga Kasuari Kasuari kan masih ada burung kasuari ada di sini musimnya kalau pas

Kenari kenari gua karena letaknya di tengah hutan dan jauh dari mana-mana penginapan harusnya kini belum ada listrik ataupun jaringan internet jadi untuk penerangan Malam ini kita menggunakan genset yang akan hidup dari 06.00 hingga 06.00 saja dan malam ini kita makan malam dengan menu sup daging rusa Wow ternyata Pulau Seram

Juga masih punya daging rusa teman-teman cuman pemandangannya itu luar biasa uh Good morning selamat pagi Oh iya betul teman-teman baru aja kita lihat burung kakatua bermain-main studi arah situ burung kakaktua hinggap di pohon itu tumbang ya Ah suara burung gagak ya kalau aku sih paling seneng ya nonton eh ngocok

Melihat burung itu ya di sini di alam di hutan di pohon kalau melihat disangkar diiket gitu Kayaknya Aduh sedih kesian kan teman-teman Jangan dikurung lah burung-burung itu apalagi burung-burung mahal memang disini pasalnya mahal banget itu burung-burung itu katanya kalo untuk ukuran di sini atuh aku denger ya dari Abang Anto tadi malam

Kita ngobrol-ngobrol itu disini harganya buat orang kampung disini itu udah bagus banget harganya satu setengah dua setengah juta di pasaran internasional 45y tiboang ya karena cuman ada di sini Killing hai hai hai aduh serba salah ya udah cuma masyarakat semuanya udah kayak Mahmud pasti mereka Jaga semuanya kalau masyarakatnya miskin ya begitu

Mudah satu setengah dua setengah juta besar banget tinggal pasang jerat burung tangkap deh kalau mereka sudah Makmur enggak usah diserang larang juga pasti dijaga mau kebutuhan perut anak sekolah dan lain sebagainya [Musik] susah kalau kita lihat sih memang Perjalanan kita ini memang Indonesia ini kayak banget kayak banget galah kalau

Udah masalah kaya maut hasil alam tambang darat laut itu memang selamanya kita dengar kita habis minyak perjalanan rute Indonesia ini makin nyata Amin tapi persoalannya Hai yang menikmati ini enggak bukan masalahmu kritis mengkritik nggak ada urusannya dengan politik kalau kita Kita mah cuman kita lihat juga gitu masyarakat miskin yang menikmati itu

Cuman ya enggak tahu siapa yang kayak ya yang kayak yang menikmati teman-teman tahulah semua penonton tetep Indonesia tapi kalau kita lihat mayoritas masyarakatnya memprihatinkan daerahnya kayak tambangnya diambil berpuluh-puluh tahun dikeruk ada batubara minyak emas nikel dan lain sebagainya tapi masyarakatnya kalau kita lihat dampaknya ya kalau kita lihat dari hasil kita bisa

Kira-kira sendiri ditambah Hai masyarakatnya Eh nah yang begini nih yang bikin grup Aduh rasanya ngilu antara ngilu sedih marah memalak siapa gagal Made keripik dan Ntar malah di Cot hahaha Halo tujuan Kitaro the Indonesian sebetulnya mau menghindar ya Oke kita menikmati alam Menikmati keindahan lebih akhirnya ujung-ujungnya kita dihadapkan

Dengan persoalan itu malah lebih jelas melebih lear Oh iya kalau pihak-pihak ada yang tersinggung piagam yang berkepentingan Nggak ada maksud apa-apa tapi kami Project Indonesia selalu hanya bercerita tentang apa yang kami lihat tetap yang kami temui udah itu aja Sian banyak nggak kebagian tuh tutup dua ekor lagi itu putih-putih tukak

Kelihatan pakai kamera ini pakai merek GoPro Hai deket lnk lag9 lensa tele lah sayang ah with kali ini Menteri Keuangan nih okee kalau begitu kita petualangan Bang dan Enggak beda hari ini Sampai ketemu besok ya Salam sayang buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan rute Indonesia kita masih seperti biasa kita

Ada jual Tissot rap Indonesia apalagi yang sadap teacher adammu pada topi ada stiker warna warna kaosnya itu banyak sedang terus desain-desain nya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning banyak layar pilihan warnanya dan juga restored bikin temen-temen kita jual sulit bikinibodhi banter untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat

Temen-temen yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali jiwa yang sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas sudah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga temen-temen ya bahwasanya ada di kolom deskripsi atau nomor wa-ku di bawah sini nih