Hari 2132 : Bang Den Gak Mau Pulang Dari Desa Gurabunga.

Nge-rap Selamat sore di Tidore kita lagi putar-putar jari apa sayang aku Hai mengungkit seputar cari penginapan enggak dapet-dapet Gini kita ada satu Wisma ternyata Wisma Pemda wisma-wisma Pemerintah Kota Tidore manggada orangnya tuh lumayan luas dan banyak kamar-kamar kau lihat biasanya mungkin dipakai pot waktu acara-acara aja ada getting nyala gitu

Emang kita nggak tahu menghubunginya kemana sementara Hari Sudah semakin gelap nih nggak tau nginep di mana nih Waduh a [Musik] pengetahuan kirain apa tadi berasap asap kalau nggak akan bingung juga nih sumber aslinya dari mana Iya ini lepas hai hai Hai pagi teman-teman kita pagi ini sudah sejak menginap tadi malam di penginapan

Cendrawasih Tidore menarik ya teman-temannya tetapi Pulau Tidore ini kalau buat kami sini nyaman sekali dan jalannya lebar-lebar dia tidak terlalu ramai sepi nyamanlah disini dilepas tadi ini tangga tahun Kenapa bisa lepas pas manasin mesin tadi kok ada Asep Asep kepikiran sudah dimana tanya jawab atau Kenapa bisa copot Tuh lihat tuh ngetesnya

Karena apa dia tertanam kuotanya itu dari awal kita masuk Pelabuhan sampai ke kota sampai desa-desanya itu jalannya lebar-lebar dan rapi tenaganya Hai recommended buat teman-teman yang udah sampai di Ternate mau touring keliling pulau ini aja sudah bagus ini bahkan dicariin sangat ada persediaan t u Hai mungkin sarapan dulu ya dapur

Kalau homestay itu ada dapur bersama bisa dipakai rame-rame [Musik] Hai [Musik] [Musik] sekarang kita lanjutkan lagi perjalanan kita menuju ke mana kesan werno er kita mau cek dulu ada satu Spot di video ini katanya sebuah desa di ketinggian nama desanya gura-bunga kini Kota Tidore suasananya di pagi hari jadinya lebih

Rileks kita terlalu padat kita selalu audit kita suka suasana nyaman bersih rapi sekarang ini biasanya Desa ketinggian jadi ya tanjakannya lumayan kalian kita coba lagi tenaga nanti pas turunkan Pulau ding uh [Musik] Hai uh banyaknya gokil Bro masih ada lagi tuh Nih ada Woi kita lihat dulu komisi tanjakannya gimana nih lumayan ekstrim

Hai berapa kilometer lagi nih maka kita perlu masukin pasangin pasnya Sayang nggak papa sih pada enggak ada kekhawatiran jangan sedih ya hai hai [Musik] Hi Ho dagang Oh iya bohai airnya sampai juga lakukan menanjak di samping itu tadi Desa grantung May The [Musik] Power of [Musik] [Musik] [Musik] di [Musik] Indonesia Indonesia [Musik]

Indonesia [Musik] Indonesia Indonesia [Musik] di Indonesia kau adzim modul sabu tuh cuma tetep semuanya coba tadi kita nginepnya tadi malam nya Hai Di sini ada penginapan-penginapan atau homestay enggak ada ya Hai Kalau nginep di rumah ini datang dengan rumah penduduk Hai kemping juga boleh di sini Iya Bu

Oh ya biasa di sini Oh disini kami juga bawa peralatan camping tenda kalau nggak mau kirim saya kalau Hujan kalau hujan bisa di sini ah enak ini selalu begini Kalau maunya menikmati keadaan di rumah juga boleh Oh biasanya dipanggil Once disini semuanya konco konco konco Oh teman-teman ini Mobil ini angkutan di

Sini naik turun tanjakan yang tadi kita lewat itu setiap hari mereka kuat-kuat mobil anggotanya ini apa namanya sini Bu kalau di Jakarta ke namanya angkot terlihat di sini oto-oto Polisi namanya ini desa nyaman sekali ya biar segini dia cuacanya sejuk 09.10 sudah sih sudah enggak fisik lainnya enggak ada yang berisik berisik

Pasar apalagi ya saya penasaran saat tempat Kita nginep di sini nggak semalam saat ekonomi dari mana kebun Cengkeh pala juga dengan turun dengan kontrol di pasar tuh disini juga Oh di daerah sebelah mana kebun-kebun Hai teman-teman ini kebaikan hati Nusantara lagi kita ngobrol-ngobrol di sini diundang minum kopi rempah damai

Bunyi untuk meng-copy Dabe terkenal di sini kepada bekopindo pidade ya Nah ini kita harus Cobain dulu nih tidak gini kita teman-teman sempat mampir kesini Navy seri oncom oncom saja enggak papa ini desa nyaman orangnya ramah-ramah ya Hai tapi stick ngembangnya tenang tidak ada orang jahat tidak ada apa-apa

Pokoknya nyaman damai kita harus coba tinggal di sini boleh camping disini saya dulu Kelurahan Lebak Apa peraturan terus kakak saya sep3 orang empat orang SMP turun-turun tertawa sekarang Adik saya murah di sini masjid bagus-bagus pagarnya bagus itu hasil dananya dari mana Bu sepeda ya Surya Surya masyarakat semua keluarganya bantuan-bantuan juga sih

Cuman sedikit-sedikit tapi banyak dari swadaya masyarakat ekonomi disini cukup bagus ya Iya bilang kita juga kan petani yang PNS kan lebih baik bikin tomat di sini uangnya lebih banyak daripada hp-ne Smansa tubrun gaji gajinya berapa ton ini baru tiga bulan tiga bulan panen sekalian baru bukan cuman tomatillos Ayo kerumahnya

Ini mau berangkat mengambil tomat ini kebun lagi sudah selesai bikin Somad Oh sudah selesai pagi-pagi sudah selesai rajin-rajin orang-orang disini sudah pagi gelap pantas rajin ya Ini buat besok malam Bapak satu gede banget nada juga uh mampu ini Apa artinya guru akhir-akhir ini gue bilang hahaha ngucapinnya danau-danau hutan hujan

Namanya sudah kering sudah jadi i nanti gura-bunga itu kebun bunga birahi itu bagus-bagus akhirnya bagus cantik cantik oh ya Cocok lah sedikit-sedikit Ya saya tahu diri dari bapak saya semuanya Ibu Once terkenal itu di rempah-rempahnya rasanya ini yang lebih dari semua Kayu Manis jahe jahe kopi rempah-rempah mantap

Hai terkenal di YouTube itu kepada Ali Bin Abi nanti mereka tidak sudah ke sudah kuliah sama suami saya sama mama itu kan enakan Jadi mereka minta masa itu dapur ibu-ibu oncom di desa penanya gura-bunga mungkin saking suburnya ya ini timun bisa sebesar ini kalau sudah begitu di luarnya bisa bikin Taylor ini Diamond

Bro buat Bibit ya jadi video yang paling besar pernah lihat timun segede gini lagi sebetulnya pengen ke kebun pengen bantuin Bapak berkebun di kebunnya jauh nih cocok 4men Bu besok ya besok kalau Kebun saya bawa ini Ini gua taruh tomat ini seorang bawa-bawa coklat pakai itu buat bahwa tomat pakai ini jadi buat

Bawa apa aja ini Bu apanya ini terbuat dari bahan bambu bambu apa namanya ini namanya pada Solo luar biasa orang gila suasana dapur di desa-desa gurabunga terima kasih bonco kita tidak Diundang untuk menginap di sini satai saja sudah biasa ini cuman 3 yang saya motor sampai 30 lebih sudah pernah begitu teman-teman

Kalau mau kesini apa-apa Yang penting kan kalian masak sendiri tidak tahu tidak tahu My home My home Oh iya Putu hu [Musik] hu hu hu hu hu [Musik] hu hu [Musik] [Musik] Hai banget engkau [Musik] dari tahun 1500-an mereka sudah masuk ke sini Demi rempah-rempah ini Hai

Adek kita putuskan Kita menginap di sini nih di desa gura-bunga ini dirumahnya Ibu oncom tadi awal kita ditawarin copy Terus dia bilang kalau mau nginep juga boleh karena gue itu sudah biasa dia terima terima tamu saya kita akan kita melihat situasi Desa ini keren banget ya gitu diatas ketinggian pemandangannya

Bagus dan daerahnya dingin kita putuskan kita beristirahat Disini sambil menikmati Kampung ini kita Lihatlah nah Lampungnya betul jauh tanjakannya tadi tuh waduh luar biasa Untuk sampai ke atas ini perjuangan betul tuh sering ayah dan ini di pinggang gunung Tidore hai hai Hai seperti biasa teman-teman kita jalan explore kalau kemarin-kemarin kan kita

Memang dari homestay homestay penginapan penginapan lowbudget lah saking lonya kita tidur ya udahlah Trooper kena panas enggak ada ASEAN polisi pas aja gitu satu kamar Kita merekam lagi berpihak Tapi ya begitu sih perjalanan cara memakai ke timur ini kan biaya semakin tinggi jadi kita stres stres terus bagaimana speaker bisa bertahan Nah tadi

Kebetulan ditawarin nginep sama ibu mencurahkan ketemunya aja kayak begitu tadi ganteng ada Rencananya mau nginep disini saya berikan kita mau Puterin Pulau ini setengah Pulau kemarin kita ada Puterin tengah Pulau Nah sekarang kerjanya tengah Pulau lalu nyebrang kita nyebrang like Almahera eh ternyata perjalanan menentukan lain Kita lihat nanti HPnya

Akan terjadi di Desa ini saat ini banyak sekali bikin penasaran kalau kita emang paling seneng tinggal tuh di tempat-tempat yang baru dan agak terpencil terpencil gitu ini Kayla side hanya eksotis ya karena betul-betul sendiri dan dia juga pernah mendapat prestasi Desa terbersih terapi juara 2 Los Indonesia dan masyarakatnya Makmur

Dari pala cengkeh dan Thomas kebanyakan ini petani tomat untuk yang palawijaya dan tidak ada buruh tani disini karena semua penyalahan punya kebun punya pala punya cengkehnya Thomas luar biasa kebunnya masih jauh ini contoh dari 400 m ini memang [Musik] jalan-jalan Tarik nafas lo ayo kita lanjutkan lagi perjalanan hai hai Hai

Sekarang kita cuman kembali karena sudah digedok udah sore Hai demikian aja lumbung [Tepuk tangan] ini kita mau masak air dulu tentang enggak pun mandi sama-sama masak air dengan tungku ini Mama ini DNA infiness [Tepuk tangan] buka-buka lagi tampil penuh ya kita masak air dulu buat mandi air panas Biarkan

Lihat kemenkeu tunggu Dasar pakai tunggu panjinya besar sekali nih bisa buat berapa orang mandi nih jadi informasi air minum dan Hai kerja video boleh ini buah pala yang sudah diasap nih kalau udah diasapkan tuh bunyi kalau biasa gini diapain lagi Bu udah diasap buka itu kulitnya kulitnya

Kalau kulit yang dagingnya itu baru bisa bikin manisan kolang kaling sore tadi udah banyak yang udah pulang duluan jalan-jalan ke atas Oke Oh kamu orang [Musik] Hai cukup rasanya kecut aku taruh di emperan vitamin cukup panasnya Tapi kamu cuma [Musik] [Tepuk tangan] ini suasana pagi di desa gura-bunga Ayo kita jalan-jalan dulu sedikit

Melihat suasana pagi tadi malam sunyi sekali sepi tidak ada suara apa-apa karena memang dieselnya jauh sekali hehehe terpencil dan pagi ini enggak pemandangannya luar biasa seandainya Tini Mbak saya karena dingin malam nih kering senyap karena kabut dan embun NU 01 Yogyakarta Cuacanya dingin sekali hari ini pagi ini cukup cerah ya sangat cerah

[Tepuk tangan] bisa yang luar biasa sekali pagi juga soalnya kemarin berbagai suasana awal kita data yang malam dan sekarang suasana paginya pas tanrise matahari baru-baru muncul melihat keindahan gunung Tidore dari sini ini sempurna sekali ini desainnya nih betah kita berlama-lama disini sebetulnya mereka udah cek kondisi sekring siamang kita

Akan siap-siap lagi kembali pagi ini untuk menyeberang ke Ternate [Musik] Hai besoknya kanguru lagi gotong-royong baik semua acara perkawinan semua dilakukan secara bergotong-royong di tidak ada bayar-bayar ini semua dikerjakan dengan gotong-royong saja pagi ayo ah ini saya Pak Nah [Musik] Halo lagi gotong royong nanti kita minum teh dulu sama-sama sarapan

Coba minum minum teh di Paulus mengatur rezeki ini mencegah minum karena rumah Nah ini baru nyampe rezeki goreng Aceh minta nomornya Pak Yoyok woi paytren ngga tahu kalau sore [Musik] Hai [Musik] Phong pagi jadi mau berangkat ke mana Ibu pagi-pagi ini berangkat kerja nanti pekerjaan Hahaha mau kerja di socius

Enak di Indonesia nah ini masih kami kalau pergi gimana Iya kalau saya tidak ada Anggap saja rumah sendiri enggak apa-apa apa yang bisa pakai ambil aja terima kasih sekali atas sambutannya Oke sama-sama jangan pernah bosan ya semoga betah di sini ya kami betah di sini nanti Setelah kalian putar-putar kami

Mampir lagi kesini Boleh gak Boleh kenapa tidak boleh kallyse tunggu pengen ke kebun Bu Oke kalau ke sini bilang dulu ya nanti aku telepon sebelumnya masih mau ke Papua hentikan pulangnya kan kita harus nyebrang lagi ternate-bitung Iya mungkin itu kita akan tinggal ke sini aja Iya Oke terima kasih Oke

Ayo pergi sendiri ya nggak papa mau ngambil tomat mengambil apa saja di situ ada buat besok-besok ya disitu diangkat dapat oleh-oleh bisa banget bikin sendiri-sendiri yaitu Adapun akan laki-laki Min Kota Jantho tajam lagi kerja cocok Ibu nanti kalau Ibu pergi udah nanti ini aja Apa Enggak papa sendiri aja enggak pernah sendiri

Aku bilang Bu hati-hati ya Bu kalau rumahnya ada yang hilang Hah pisau apa-apa begitu ini saya ada sekali Oke terima kasih sampai ketemu lagi selalu saya tunggu nanti balik lagi itu pun [Musik] Oke kita pamit Berangkat yuk sibuk carikan berangkat duluan deh Apalagi kepang royong robot itu runtuh tuh Kapan kita Bapak

Banyak-banyak di tadi keren syaratnya Hai bahkan dikuncinya oh eh tadi aku lagi beres-beres jadikanmu masukin kompormas keranjang ini kan 1000 lewat Jolie kan enggak soalnya kan kecil culikan ya di sini aku bilang memang tidak Senyum kita karenanya aku lihat India aku pikir ibunya jualan ikan diri aku ngeliatin kok nggak bawa

Apa-apa katanya gini doang sih nggak bawa apa-apa itu ada jual ikan Berapa satu aja hahaha akulah udah itu dalam kotak kata deh eh maksudnya kotak ini tapi ini kali ada ikan di sini mungkin biasanya begitu kayak tahu gimana kalian lihat sekarang nih lihat ranjang ini kan jauh jual ikan

Koi Que Le judul episode kali ini kabeda si penjual ikan Ibu lihat ini aku lihat ini munchkin Ibu jualan itu enggak bawa ikan yang dikira jual ikan di sini masyarakatnya ramahnya bener-bener deh sempurna ramah tamah hanya tuh kebetulan Hi Ho keren banget tuh Bapak aku sudah jatuh cinta dengan gura-bunga ini

Tapi papa dari situ kamu ngomong jatuh ya udah pamit tanya mau Bapak tapi kalau Pak bapak kami pergi dulu ya Terima kasih Bonjour itu Ponco apalagi nanti kita dan mama ngerti Rabu masyarakat Grobogan yang ramah tamah ya begitulah perjalanan kita banyak improvisasinya Kemarin pagi-pagi ketemu kenalan sebentar langsung diajak nginep

Leonetti tempat yang kamu baru teman yang mau beliin Iya kayaknya bagus banget buat yang suka Overland Road Trip My [Musik] I hope dari dengan makhluk [Musik] wih wih turunannya Rey turunannya Bro ya jangan lupa subscribe channel YouTube Protrek Indonesia Indonesia punya kaos edisi terbaru ada warna kuning juga lengan panjang juga ada untuk