Hari 2129 : Umurnya 250 Tahun !!!.Ketemu Pohon Cengkeh Tertua Di Dunia.


Hai aku mengimpikan perjalanan ini bersamamu mendengarkan musik dengan jendela mobil terbuka merasakan angin jalanan berjemur Dibawah Langit Biru kita ngobrol tentang apa saja Bahkan yang gak penting kita Nyanyikan Suara Hati membuat kenangan yang tidak Terlupakan oke oke duh hei hei hei hei [Musik] hingga [Musik] bersih hp-ku nggak terasa sudah memasuki hari

Ke 2129 petualangan roadtrip Indonesia terima kasih ya udah Setia mengikuti kisah perjalanan kami sampai sejauh dan selama ini Ini pertama kali kami menginjakkan kaki di Pulau Ternate Maluku Utara setelah berlayar 18 jam dengan kapal Ferry penyeberangan PT ASDP dari kota B Sulawesi Utara karena kalau kita mau menyeberang mobil sampai ke

Papua ini jalan satu-satunya yang bisa kita tempuh karena hari sudah gelap Google mengantar kami ke sebuah homestay sederhana Kurnia homestay namanya yo yo yah lapan belas jam di kapal kita kemarin sekarang itu sudah sampai di Kota Ternate Maluku Utara Sekarang kita berada di komplek BTN namanya apa kurniawanti punya homestay setelah kita

Browsing-browsing di apa namanya di internet akhirnya dapet punya homestay di komplek BDN I Ujung hai hai hai hai Ayo kita boleh gunakan disini semua fasilitas mulai dari kompor microid kulkas mesin cuci nyeri dada kayak rumah sendiri aja sangat jelas sini-sini sini sendok di sini Kamu pakai konversi minyak tanah nyatanya enggak ya Oke

Oke gua pemilik homestay sangat membantu informasi wisata Terate Jadi kami dijelaskan secara singkat dan padat tujuan-tujuan yang bisa kami kunjungi selama di Ternate [Musik] Hai ingin kamu [Musik] [Musik] [Musik] I Heart You [Musik] [Tepuk tangan] hai hai ngomong [Tepuk tangan] [Musik] ngetik ini dan kayak kita pintu masuk

Mau ke lihat bilangnya cengkeh afo ya lagi atuh nanti kalau memang ada cengkeh yang 300 tahun atau 500 tahun cuman k5002 kaya [Musik] wong cengkeh yang sudah lama sekali Ayo kita sekarang sudah berada di Ternate tepatnya di pinggang Gunung Gamalama Gamalama di tadi Spot cengkeh ketua cengkeh afo itu cengkeh tertua di dunia

Cengkeh afo dalam bahasa Ternate cengkeh disebut buah lawa Sedangkan kata cengkeh kemungkinan berasal dari bahasa China zheng Cia avo adalah bahasa Ternate yang berarti pohon besar juga berarti tua cengkeh adalah pohon cengkeh tertua di dunia yang berada di Pulau Ternate salah satu dari kepulauan rempah-rempah spice islands di provinsi Maluku Utara oleh

Warga tongole pohon ini dinamai cengkeh afo satu cengkeh afo dua dan cengkeh afo 3 sesuai urutan usia ketiganya tumbuh di lokasi yang tidak terlalu berjauhan ditolong oleh Ternate Tengah cengkeh afo satu telah mati pada awal tahun 2008 di dalam usia 416 tahun yang pun saat ini tersisa pohon cengkeh afo

Dua yang berusia sekitar 250 tahun dan pohon cengkeh afo tiga yang berusaha berusia hampir 200 tahun masuk sini Mas opo 2/3 Gembong mungko murni ada jual apa nih Halo selamat pagi Lagi bikin apa Bikin monyet-monyet semasa Kenapa ini kamu namanya apa makanan-makanan khas Ternate dibuat dari apa ibu-ibu wuih Apakah beras singkong singkong

Singkong punya ini bisa lalu sensor oh nih Jeep ala nih ini Photoshop Kita pakai ngomong Iya ini tempat apa ini bu iya itu untuk makanan makanan makanan Reamur Reamur Reamur yang terbuat dari ubi itu ya Oh harus pesan sebelumnya ya Iya satu hari sebelum atau hari sebelumnya berusaha

Ada makanan lain selain itu enggak ada saya itu ya kalau untuk hari ini tuh memang sudah full nggak papa nanti kita pesan dulu Maaf saudara Oh lokasi ke atas kekiri kekiri ia menghadap ke gunung kurang lebih 15 m sudah dapat kekasih Oh informasi di situ Terima kasih Bu saya makasih makasih

Oh itu ada sayang pohon [Musik] Hai menurut Ibu pemilik Warung masih ada pohon cengkeh O2 kalau mau berjalan lebih tinggi ke pinggang Gunung Gamalama ini klub-klub Ini kata ibu tadi kita ketemu Sungai matsuda kiri jembatannya udah enggak ada di kita nyebrangin aja sungai itu saya mati Maksudnya udah enggak

Sekarang halo di pinggang Gunung Gamalama bisa ini bilang sama ibu tadi cuma jembatan-jembatan kakinya sudah roboh tapi kita bisa lewat bawah katanya karena sudah pengen mati hoax ini nantinya akan merasakan Harusnya kita pakai sepatu gunung enaknya jejaknya nih ah lupa deh tuh akibatnya tuh bikin enggak pakai sepatu gunung sebelum lumut-lumut sungainya disini

Memangnya kenapa kalau air sungai tidak jalan kemarau bukan karena yo yo sek ksatria ternyata jalurnya Setapak dan sudah dipenuhi semak sepi kada orang disini hanya pohon pala dan cengkeh di kawasan ini tapi sudah tanggung maju terus jalur Nah itu ibu itu bilang tadi ada pondok ya di

Atas ya pondok 15 m dari Pondok itu kan kita sejauh ini kita belum ketemu Pondok nih berangin Sungai kalau udah semuanya sudah MUI [Musik] hai infalgin oh inilah nih bukan Halo ih halo hah tanda-tandanya sudah enggak Kelihatan nih terus makin tinggi nih Gunung Gamalama jejaknya juga enggak kelihatan [Musik]

Huh kita semua pondok-pondok nya keren Rappang ada rumput remake disini seperti kita masuk ke sebuah Dunia Dunia Lain tol musim musim panen ya di sini Mereka nginepnya mungkin ya pun kuburan dan mana Kalau nggak punya tuh bro oke kita nggak bisa menemukan gaya masih kita enggak berhasil deh

Pohon cengkeh yang usia 250 tahun kita sudah tracking setinggi ini tapi tidak ada tanda-tandanya tadi sempat ada Coba kita lihat pulang tadi deh adem kalau kemping enak Disini di awal abad ke-15 berarti tahun 1400-an untuk kapal-kapal bangsa Eropa sudah mulai menjelajah dunia untuk mencari rute-rute dagang baru termasuk ke Indonesia itu

Belum ada Indonesia mereka mengarungi ganasnya laut lepas sampai ke sini ya cita-cita kemarin kan luar biasa Eropa datang ke nusantara pertama kali pada abad ke-15 untuk mencari daerah penghasil rempah-rempah yang kepulauan Maluku sini Itulah kenapa kita kesini karena kita tahu ini jalur 4 sangat terkenal sekali zaman dulunya nih Maluku

Ini teh disini masih ada tersisa yang umurnya itu 300-200 200-300 tahun pohon cengkehnya bayangkan aja toh terlihat pulau di ujung sana [Musik] siokona Setelah dari lokasi cengkeh afo perjalanan kita lanjutkan ke sebuah benteng yang bernama benteng orange di Kota Ternate karena jalan-jalan di Kota Ternate ini tidak bisa kita melepaskan

Nyeri dari dan namanya sejarah reptil ada payung OJK jendela-jendela [Musik] Hai benteng orange benteng orangnya adalah benteng peninggalan Belanda yang terletak di pulau Ternate jarak benteng oranje didirikan pada tanggal 26 Mei 1607 oleh Cornelis maglev the youngest dan diberi nama benteng orange oleh Francois wildlands pada tahun 1609 Pada

Masa pemerintahan Sultan mudzaffar dan yang orangnya ini semula berasal dari bekas sebuah benteng tua yang dibangun oleh bangsa Portugis Berapa waktu yang bangun dan dihuni oleh orang Melayu sehingga diberi nama benteng Melayu Hai istirahat dulu nih qiraat di benteng orange setelah keliling-keliling cuacanya bagus sih cerah trik biasanya lebih kita mau

Mana tadi kita pertama udah dapet cengkeh paling tua di dunia apo sekarang benteng begitu kita mau ke lemaknya Ternate kita mau salat di benteng sulap Sultan Ternate yang [Musik] [Musik] terlihat sudah Pulau bibi hihihi diujung sana pasti Muji siokona membayang hilang di pulau Halmahera Pulau [Musik] Ternate [Musik] di pelabuhan di situlah ia

[Musik] Hai mungkin tetap ternate-sorong datang dari Rantau surindu moba dapat orang-orang senyum di rumah tua [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] kamu diarah ke Farm makam Sultan Ageng hai hai Hai yang keluar Biasanya kita ziarah kesempatan ke makam makam sultan di Masjid Sultan Ternate ini ya kita panjatkan doa sambil menyerap energi

Positif para pemimpin jadi belum ada angka yang valid tahun berapanya tapi diperkirakan sih awal abad ke-17 ton 1606 Tapi itu masih belum belum valid ya angkanya itu memang butuh demikian yang lebih lagi mungkin supaya bisa lebih akurat itu Luar biasa ini ataukah juga masih berbentuk limas belum kubah

Seperti di kampungku di Sumatera juga banyak sekali mesjid-mesjid usang yang berbentuk limas sepertinya kesana [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] Pulau Ternate hehehe sudah bagi bendung kau malam bahagia kau sandar di pelabuhan disitulah orang gila harus hati-hati [Musik] Selamat datang di kota Ternate [Musik] tak mengingat cerita namanya kejadian jauh senyum sampingnya

Kumparan Lavanya dari Gunung Gamalama dulu ya Gunung Gamalama di sana tuh a [Musik] hai hai Hai kedua hari ketiga kita Internet deh Sekarang kita ke Benteng Kalimantan salah mata kalau rasa kalau misalnya jadi ini tahun 1541 dibangun oleh Portugis sama-sama katanya whitening pertahanan Portugis begitu baru Belanda 1600 baru

Spanyol 1700 Buset jauh main orang lainnya tahun 1532 ribu 21 belum kemana-mana berarti apa ya 500 tahun kita ketinggalan petualang itu tetep homesick itu Ada kerinduan akan pulang itu ada apalagi kita kan udah bertahun-tahun tak pulang nih Kerinduan untuk pulang itu julukannya jenuh perjalanan enggak pernah membosankan Kalau aku sih berpikir dulu awalnya

Ideal untuk kalau KB daya untuk pidato paling kedua tahun 2tahun ya pulang dulu sebentar ya gitu balik lagi bertualang lagi nih Sayang saking homesick nya tuh aku lahirlah sebuah puisi kamu yang membaca Kapan puisi itu dimulai mau baca itu dibuat tatapan 24 okt 24 okt lagi rindu-rindunya lagi inget-inget nya pulang itu

Rindu berputar tak berhenti seperti rindu pada saat kini tentu Kami akan pergi ketempat dimana rindu dimulai rindu sudah disebar kasih sayang sepanjang jalan yel2 antis bopu itcc treat you Hai cuman yang begitu teman-teman kalau seandainya kita harus bicara homesick kita bicara rindu Pulang malu Hai itu kabeda pasti langsung sedih dia

Panjang urusannya Jadi udah bukan masalah rindu sekedar rindu pengen pulang lagi ada rasa bersalah katanya ada rasa menyesal Memang secara teori enggak boleh enggak usah merasa bersalah secara teori enggak usah menyesal tapi pada prakteknya kita juga manusia biasa beda homesick kalau sudah bicara rindu pulang itu muatannya sekarang sudah berbeda efeknya

Kulit remajamu sampaikan Bagaimana perasaanmu tentang rindu keluarga Jika dia tidak bisa digambarkan tidak aku mewakili selalu ngomong begini dong kalau udah sedih semoga aku juga aku juga sedih bilang iya kalau pulang pun mau ketemu Hai orang yang paling dia sayangi Ibunya sudah tidak ada kita mau ketemu dengan om Hendra ya ntar

Tuh kalau udah nungguin kita udah tahun benteng Ini dibangun tuh tahun 1500 Kian Gie la abad ke-15 berarti 500 tahun yang lalu banyak kasih 500 tahun yang lalu jadi mainnya di sini 1500-1600 men 1500 orang sudah berlayar mengarungi lautan luas belum ada mesin kapal semuanya semuanya berlayar pakai kapal layar dari

Eropa tuh kesini gokil Lebih Jauh banget mainnya mereka Nah kita Hai Yaman kayak begini nggak kemana-mana gokil kadang-kadang kita berpikir gini kita baru tahun 2021 baru sampai lo ke Ternate orang tuh dari Eropa 1500 sudah main kesini saking Kenapa tuh Ini bilang jalur rempah gila Ayo gas penuh Hai terakhir kalinya Ya

Cakep punya [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] Hai [Musik] sesepuh hari sebelumnya dia datang itu usus buat ngeliat itu kodenya Raya Lenteng maba ada sebagian bawahnya kemaren itu ya Iya kapal pesiar dari Skotlandia [Musik] [Musik] [Musik] Oh [Musik] ya jangan lupa subscribe channel YouTube protein Indonesia Indonesia punya kaos edisi terbaru ada warna kuning juga

Lengan panjang juga ada untuk pemesanannya ada di kolom deskripsi di bawah video [Musik]
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url