DAERAH RAWAN DRIVER TRUK. MANA PALING RAWAN.

Rawan mana Trans Sumatera apa ke Indonesia timur rawan Sumatera Bang saya pernah itu itu tahu yang buat Panen Sawit itu ini di perut kenapa dipukul sama itu pistol Halo Tapi pasangan suami istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil lebih 6 tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan hati bangsa

Ini perjalanan tanpa batas waktu ke tempat-tempat Tanpa Batas ke mana saja Yes selama 7 tahun perjalanan ini belum ada sih kepikiran pengen berhenti ya Jadi semakin apa namanya semakin kaya edit gitu sayang sekali gitu kalau kita menetap di satu daerah atau pulang kampung [Musik] sore ini kita dapat kabar dari pelabuhan

Katanya kapal itu akan masuk yang dari Kupang yang akan membawa kita ke Sumba tapi kapalnya sebetulnya sih besok hanya karena sudah mulai banyak antrian kata teman-teman driver truk kita yang kemarin kenal di pelabuhan itu sebaiknya kita sekarang ke sana sudah terpending seminggu jadi otomatis antriannya pasti panjang begitu

Terus bapak supir yang kemarin sudah ngantri 3 hari itu kasih tahu lebih baik iya kasih kabar lebih baik Cepat merapat karena mobil lama-lama makin penuh begitu antrian jadi Insya Allah Malam ini kita tidur di pelabuhan dengan Seruling senja Oke kita sudah sampai Pelabuhan air Guys kita sudah masuk antrian

Terima kasih informasinya Pak Ilham ketemu lagi kita makanya saya langsung meluncur ke sini [Musik] Kita nginep di pelabuhan ya karena tenda kita kan di sebelah sana ya berarti meja kursinya di sini aja makan malam kita apa malam ini malam kita sisa tadi siang ada ayam goreng apa sajalah ya

Tadi dibawa Jawa kita pakai kaos kaki pakai jaket kaos kaki sekarang [Musik] lintas driver lintas ini Lintas Timur NTT kalau kita lintas semua-muanya lintas Indonesia semua berkomunitas dan baku bantu hebatnya komunitas minuman tradisional Flores persediaannya jerigen shopee kalau di Sulawesi bilangnya Cap Tikus gak biasa seminggu udah biasa itu

Berapa paling lama nunggu di pelabuhan pernah 58 hari kewajiban yang penting kita bawa barang barang aman sampai tujuan kita cuma nginep seminggu dua minggu udah biasa itu di pelabuhan besok kapan datang tau-taunya ditunda nomor satu cuman diambil mobil kecil seminggu seminggu kan giliran seminggu datang kapal dari Kupang kapal dari Kupang datang

Tahu-tahunya dari Kupang penuh jadi ambil Cuma kakak mobil kecil Wah ternyata perjuangan driver driver ini luar biasa kalau ke Trans Sumatera udah pernah mas bro sampai Medan Aceh Meulaboh itu kalau saya biasanya ke Sumatera itu lewatnya naik lagi sampai Labuhan Haji Tapak Tuan dapat Tuan pantai barat itu Iya lewat samping pantai itu

Itu samping Meulaboh Trans Sumatera apa ke Indonesia timur rawan Sumatera Bang saya buat Panen Sawit itu ini di perut dipukul sama itu pistol Sumatera minta uang kalau nggak minta uang ya mobil lenyap [Musik] itu saya kena kemarin di HP 2 saya sama temen uang 600 kalau kalau Indonesia timur ini

Ada kejadian-kejadian seperti itu kalau nyamannya nyaman ke Timur ke timur itu gimana ya dia nabrak kabin itu cuma kuda tadi kita banyak mendengar sharing cerita-cerita dari driver driver Lintas Timur Indonesia yang udah berpengalaman juga kemana-mana banyak sekali sharing dan ceritanya kita asik aja mendengarkan dan memang tidak sempat kita rekam semuanya tapi

Kalau mendengar cerita mereka perjuangan dan pengorbanan mereka untuk mencari sesuap nasi untuk keluarga di rumah luar biasa kendala-kendala dan halangan halangan yang mereka dapatkan di jalan Katanya sih arah-arah ke barat yang seperti itu tapi kalau ke arah timur Katanya sih lebih aman dan tidak pernah terjadi kenapa ya kenapa kalau

Arah barat nih ke arah ke kampung ku katanya di daerah Sumatera itu lebih banyak cerita Mereka banyak panjang lebar tadi semangat ya teman-teman driver lintas lintas Sumatera lintas Sulawesi Jawa Kalimantan Papua semuanya Kalian luar biasa [Musik] udah terang [Musik] [Musik] kalau aku kan lebih ringan daripada kamu jadi ini

Kan enggak ada orang jagain tidur sama mama itu kan yang di ujung tuh isinya daging manis kita sekarang masih menunggu kapal yang dari Kupang ke pelabuhan Aimere nanti dari Aimere baru kita menyeberangnya ke Sumba tapi kayaknya cuaca udah mulai bagus Kabupaten ngada ngada itu kabupaten yang kemarin kita di Bajawa nah Bajawa itu

Ibukotanya ibukota Kabupaten Ngada kalau di sini memang kota pelabuhan khususnya untuk penyeberangan-penyebrangan ke Kupang ke Sumba Nah kita berada di pelabuhan Aimere ini pulau Flores ini nyaman sekali gitu tempatnya itu jadi orangnya juga baik-baik mereka tidak ada ganggu ramah-tama kayak kemarin juga kita dibawa Jawa Bajawa itu ramai sekali wisatawan dari mancanegara

Dari luar negeri banyak bulenya gitu motor aja mereka sewa motor terus mereka bisa blusukan ke kampung-kampung ke tempat-tempat wisata ke desa-desa dan itu aman dan nyaman nggak ada yang Ganggu Kita lihatnya dari situ aja karena kan mereka kan Kalau sebelum masuk ke sebuah daerah pastikan mereka akan riset dulu pelajari dulu mungkin

Dari komunitas dari buku-buku dari Lonely planet semuanya pasti udah ada referensi-referensi tempat-tempat wisata atau tempat-tempat yang bisa dikunjungi dengan Amanda nyaman salah satunya pulau Flores ini kalau menurut pengalaman kami dan teman-teman yang sudah berpengalaman di sini bahkan driver driver truk yang cerita dengan kita tadi malam mereka merasa nyaman sih 2 juta 270

Kalau mobil ini sama juga sudah yang kesekian kali kita ke Flores ini dan memang tempat ini nggak pernah bosan-bosan ini salah satu tempat yang apa dari perjalanan kita ini adalah salah satu tempat yang nyaman untuk dikunjungi berulang-ulang masih banyak juga tempat-tempat lain di Indonesia yang memanggil kita dengan sangat kuat

Seperti di Flores ini jadi karena kita udah sampai Papua kan jadi tidak ada lagi bahwa Oh tempat ini Kita sudah pernah Oh tempat ini udah pernah nih ini sudah dua kali ini sudah tiga kali kita sudah tidak persoalkan lagi persoalan-persoalan seperti itu jadi kemana kita mengarah di mana kita ada

Keperluan di mana kita pengen ke sana ya kita ke sana aja karena perjalanan ini kan memang eee sudah sangat panjang ya Jadi akan banyak tempat-tempat yang mungkin akan kita kunjungi dua kali tiga kali dan banyak juga tempat-tempat yang betul-betul kayaknya memanggil kita tuh sangat kuat untuk kembali gitu itu rasa

Rasa salah satu perasaan yang muncul akhir-akhir ini ketika kita sudah sekian lama bahwa kok banyak sekali kita sudah menebar rindu kita di mana-mana gitu rindu dengan tempat ini rindu dengan tempat itu oh pengen ke sini lagi Oh pengen ke situ lagi gitu jadi kayak apa ya Perasaan tuh kayak Cinta Remaja cinta

Remaja yang Wah kangen ini kangen itu gitu dan ya mudah-mudahan aja sih perasaan-perasaan seperti ini adalah perasaan rasa cinta kepada tanah air ya rasa cinta kepada bangsa ini mudah-mudahan itu yang muncul setelah perjalanan yang lama ini jadi kalau itu benar kalau itu benar berarti ya Berarti masih ada celah untuk mencintai bangsa ini

Semakin nikmat aja sih perjalanan-perjalanan karena kita tidak pernah merasa bosan kan udah saudara Banyak nih dimana-mana tempat-tempat baru lagi tempat-tempat baru lagi ya itu sih yang selalu ada dan semakin ke sini kayaknya sayang sekali gitu kalau kita menetap di satu daerah atau pulang kampung sekarang ya mumpung masih ada

Tenaga kita jalan aja dulu keliling terus memperkaya pengalaman memperkaya wawasan mengisi dada dan mengisi pikiran ngisi dompet juga kalau bisa aku mau beli tiket dulu woy Doi Doi Doi kau merampok kau merampok berapa sayang 1 2 3 9 10 11 kita beli tiket dulu kita cek masih ada yang tidur Belum bangun ini

Gimana udah beli udah beli tiket di mana Pak loket pembelian tiket Pelabuhan air siapkan KTP dan STNK urutan ke berapa saya lihat dulu ya satu dua tiga empat lima urutan keenam dada saja ditanya Urutan keberapa mobilnya lari lagi ke tempat parkiran 7.350.000 teman-teman yang mau menyeberang ke Sumba kalau mobil penumpang itu 1.350.000

Sudah Pak terima kasih ya tiket sudah di tangan kita tinggal tunggu kapalnya suasana di pelabuhan haimere pagi ini banyak yang jualan-jualan juga jadi aman kita mau sarapan mau makan mau minum ada di sini semua kalau kita lihat antriannya tidak terlalu banyak Wah ini muatannya luar biasa ini pisang tambah lagi ke belakang

Tiket sudah di tangan sudah aman Wah Indonesia ini memang luar biasa gitu kan kalau kita selama ini dengar Indonesia itu keren Indonesia itu indah Indonesia itu surga surga kalau kita bikin dia jadi surga cuman kalau kita rusak kita hancurkan ya dia bisa jadi bisa jadi neraka jadi itu

Kembali kepada sumber daya manusia cara kita berpikir dan level kesadaran kita tentang banyak hal untuk bisa melihat dan menciptakan Indonesia ini menjadi surga bersama Indonesia surga bersama kapal kita sudah datang saudara-saudara kapal kita sudah datang kapal ini 2 kapal baru saja merapat dulu Indonesia timur nih guys ini tone Indonesia Timur gunung-gunung

Goyang sayang kapalnya gerak-gerak dia [Musik] petir [Musik] dompet saja sama handphone yang bisa diturunkan semua kamu harus loncat lewat sini sayang ambil kamera [Musik] [Musik] [Musik] kita sudah sampai di Sumba ya [Musik] buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan Rotib Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road

Trip Indonesia Apalagi saya itu ada t-shirt ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning banyak lah ya pilihan warnanya dan kita juga ada storage nih teman-teman kita jual storage bag ini buat di ban serep

Untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ya Ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku