BARU INI KAK BEDA MABUK LAUT. BANYAK PENUMPANG MUNTAH KARENA GELOMBANG.

Kita berangkat hari Senin sekarang Rabu sore kemarin kita sampai ini Udah hari ketiga sebetulnya ya ini hari ketiga kita pelayaran terjebak di pulau jampea [Musik] kita belum tahu kapan kita akan bisa berlayar ada yang bilang mungkin hari Jumat baru kita bisa melanjutkan pelayaran ada yang bilang Besok pagi

Kita bisa melakukan pelayaran cuman ya sekarang kita hanya bisa menunggu dan kita serahkan kepada BMKG Syahbandar yang akan mengeluarkan izin layar sama Kapten yang akan mengambil keputusan [Musik] kami pasangan suami istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil lebih 6 tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan akibat

Bangsa ini perjalanan tanpa batas waktu ke tempat-tempat Tanpa Batas kemana saja [Musik] ya Selamat pagi guys teman-teman ini pagi pertama kita di Pulau jampea jadi kita memang bermalam di sini Kapal tidak melanjutkan berlayar karena faktor cuaca yang masih cukup ekstrim di Labuan Bajo bagaimana ini yang penting nyaman dan aman di Labuan [Musik]

Selamat pagi di sini ini rendah semua Bertahan [Musik] sampai berapa Kecepatan angin di sana kalau saya lihat itu hari apa itu besok apa besok ya pagi itu sudah ada perubahan itu hijau kuning juga Sama juga belum ada yang operasi ikan semua Ayolah cari amannya dulu lah siap-siap Ya makasih infonya batin

Makanya tadi Pak Mardan sudah telepon saya di mana cuacanya di sana ya gantung semua ini Awan rendah semua di depan Pulau BMB itu putih-putih Iya makanya dia tanya tadi ada ada di kapal nanti saya infokan Ya makasih infonya [Musik] di tanah anggur juga hidup juga semua tanaman ada di sini Luar biasa ini

Perawatannya nih tanam padi di atas kapal burung-burung pada datang memang kita khususkan teman-teman begitu supaya kita bisa melihat jadi di atas kapal pun dia suasananya tetap hijau Asri ada binatang-binatang ada burung ada ikan ada kelinci Wah Luar biasa ini konsepnya nih kapal ini kayak di rumah sendiri bener-bener

Gitu ya ini halaman belakang lah gitu ini burung-burung itu berjejer tuh cara tanaman padi sama milet ini Tanaman apa aja Pak namanya nih pak tanam apa ini tanaman daun salam apa bougenvil baru mahkota dewa ada Baru 4 apa jambu kristal ada ini apa namanya lagi belimbing apa ini

Jeruk paprika ada tanam paprika juga bibit anggur baru ada Kelapa ada apa lagi di sini apa daun Afrika buah naga daun Afrika apa Bidara ada ini juga durian tanam durian ada juga ini ada banyak nih daun apa kasih Deria Bunga Kasih Berry mangga terus tanaman beringin sirsak

Apalagi di sini paprika ada ya atau bunga-bunga apalagi ini dan lain-lain teman-teman [Musik] [Musik] bawang Kalimantan apa namanya bawang lanang [Musik] tanam bonsai oh ini ini kurma ini cabe nih cabe merah cabenya Subur Loh Oh ini agak-agak ini ya [Musik] kalau dia matang dia besar-besar ini buahnya

Ada dua kali panen Oh dia ada musim-musimpanannya juga ya [Musik] bonsai ada [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] nya Hitam guys Kecepatan angin sangat tinggi untuk [Musik] ini karena parkirnya rapat ya guys jadi ini kita lagi di mobil mau ambil barang-barang di belakang karena mepet sekali jadi seperti majuin Sedikit nih mobilnya nih

Ini memang di luar prediksi semuanya jadi mau ngambil telur bahan-bahan makanan itu kan ada di belakang sementara karena parkirnya mepet jadi nggak bisa dibuka dari kemarin pintunya cuman ini masih ada space di depan jadi kita bisa maju sedikit nanti kita mundurin lagi ini rapat semua itu ini memang emergency di luar perkiraan

Ini cuaca seperti ini karena Selama perjalanan juga ini baru yang pertama kali kita mengalami hal seperti ini biasanya sih ya Kita pernah juga goyang-goyang tapi jalan terus dan sampai tapi kalau ini memang betul-betul sudah dilarang oleh BMKG untuk melanjutkan perjalanan jadi kita Stay di Pulau jampea ini kalau tidak sebetulnya sih tadi pagi

Subuh kita sudah sampai di Labuan Bajo kalau cuaca lancar-lancar semuanya perjalanan lancar tadi pagi sudah sayang penggorengan penggorengan pakai yang di sana aja Kak apa aja nanti repot kamu masukkin lagi nggak repot kamu ya kita nanti masak-masak cuman pakai dapurnya kapal Makasih Kapten Eko sama Pak Imam KKM

Nya kenapa ini nasi petualang terjebak di Pulau jampea kita tukar dulu dan kita refill dulu baju bersih keluar nah ini Abang Ini yang bawa yang merah hijau ini nih di samping mobil kita ini [Musik] dari mana Dari Jeneponto ke lubang baja [Musik] ini bolak-balik ya Iya nanti dari Labuan Bajo balik lagi ke

[Musik] Wira bawa kereta bawa ke Makassar Jadi kalau dari dari Labuan Bajo itu banyak gurita teman-teman yang dibawa sama truk ini ini tapi buat buat gurita ya Wah banyak sekali berarti beritanya ya [Musik] Abang ini dia sudah biasa jalur ini penyeberangan ini dan mengalami pernah juga 5 hari dulu ya [Musik]

Biasa guys teman-teman kalau di bulan-bulan seperti ini katanya kadang-kadang sampai di Pulau ini BMKG melarang untuk melanjutkan pelayaran ya jadi mau nggak mau ya kita tunggu sudah 5 hari ayah kasihan itu bawang bawang buah-buahan semangka tadi Ikan Nah itu kan nggak bisa bertahan lama dia cuman ya pilihannya juga buat Kapten berat

Maka memilih menyelamatkan barang-barang untuk menyelamatkan manusia banyak juga disini 5 ton 5 ton bawa bawang Sudah berapa lama bawangnya ini di jalan sudah pas malam Jumat kemarin Oh dari layar itu ya sebagai Enrekang [Musik] jadi seperti video kita sebelumnya Andra Enrekang itu kan memang penghasil bawang yang sangat besar sekali di sana ini

Ternyata di bawah juga keluar pulau Sulawesi [Musik] dengan seminggu seminggu masih seminggu lagi masih bisa tahan [Musik] di sini juga masuk kapal sabuk Nusantara kapal Pelni makanya banyak penumpang yang pindah supaya lebih cepat cuma dia arahnya ke reog Flores Iya guys jadi ada beberapa penumpang yang indah

Kalau ini kapalnya lebih besar dan dia memang ada pembelah ombak jadi lebih besar lah bobot tonasenya juga lebih besar mobil juga bisa diangkat pakai ada Ayo jalan-jalan kita naik kamu udah pernah lihat Berapa tiket ke Ayo kita kita grebek Kamal sabuk Nusantara kita Spil buat penonton Indonesia Nusantara kita mau ngintip [Musik]

Ini kalau kita ini ya [Musik] kalau kita lihat dulu [Musik] tempat tidur cuman 30 ribu memang murah subsidi pemerintah ini proyeknya Pak Jokowi ya Ini dari segi dari segi panjangnya aja ini kapal sabuk Nusantara ini dua kali panjangnya Ferry jadi dia berangkat ini nanti sore dia lebih berani untuk menerjang ombak

Karena memang karena dia agrosnya besar kapal besar karena dia kapal besar juga ada pembelah ombak kalau enakan kapal feri depannya itu nama belakang dia Papah begitu jadi memang kalau kena ombak dia malah mundur dia mundur kayak tadi pagi Kata dokter ya Kata dokter kata Kapten tadi pagi itu

Kecepatan angin itu lebih dari 30 sementara kecepatan Ferry jalan mundur mundur 20 mundur 20 Jalan 10 mundur 20 Ah ini Bapak ini penumpang sabuk nusantara yang tadi kita lihat ke atas biaya ongkosnya murah ya Pak ya Bapak dari mana Pak dari Makassar mau ke Rio itu di Flores Nusa Tenggara Timur nah

35.000 kalau Naik sabuk Nusantara tuh kapal yang murah murah meriah programnya Jokowi dari Bira ke Labuan Bajo saja 400 jadi listrik tidak belum ada di pulau Jawa dari jam berapa pak dari jam 6 sore kadang kala jam 3 nyala lagi sampai pagi tapi kalau siang memang belum ke perusahaan listriknya PLN atau pakai

Genset ya [Musik] kalau kapal-kapal seperti kita rapat beberapa hari karena faktor cuaca tuh istilahnya berteduh ya pak ya [Musik] motor bapak itu sebentar melihat kota Kecamatan Pulau jampea sama siapa tuh desanya di sana nya ini indah banget loh kok ke bawah sih [Musik] Malan [Musik] itu ada namanya Road Trip Indonesia

Nanti cari di YouTube nanti aku bantu atau ke sana [Musik] [Musik] [Musik] listrik kalau listrik Berarti ada kampung di sana ini anak-anak inilah Pulau jampea ada yang pernah dengar Pulau jampea guys tuh grab Nyiur Melambai Oke kita kembali ke pelabuhan Pelabuhan Ciampea setelah selesai eksplore pulau jampea masih ada motornya bapak siapa namanya

[Tepuk tangan] [Musik] semua hati ya cinta [Musik] itulah perjalanan kita tadi explore sebentar Pulau jampea kita sih merasa beruntung juga ya walaupun kita terdampar di sini Kapal tidak berlayar karena cuaca tapi kita bisa explore dan mengenal sedikit tentang Pulau jampea temen-temen ketahui kalau di sini itu

Listrik cuman ada dari jam 6 sore sampai jam 01.00 malam bayangkan jadi siang itu mereka tidak ada listrik mereka pakai aki aku lupa tadi mau nge-set gambar akinya Sayang ada setiap orang pakai kaki jadi teman-teman kalau di tempat kalian listrik berlimpah air berlimpah bersyukur inilah contoh masyarakat Indonesia memang belum terjadi

Pemerataan karena mungkin ini Pulau Memang jauh dari mana-mana maksudnya kalau kita mau dari pulau Flores aja Labuan Bajo 12 jam Tanjung Bira 12 jam berlayarnya kita belum tahu kapan kita akan bisa berlayar ada yang bilang mungkin hari Jumat baru kita bisa melanjutkan pelayaran ada yang bilang Besok pagi

Kita bisa melakukan pelayaran cuman ya sekarang kita hanya bisa menunggu dan kita serahkan kepada BMKG Syahbandar yang akan mengeluarkan izin layar sama Kapten yang akan mengambil keputusan kita berangkat hari Senin sekarang Rabu sore kemarin kita sampai ini Udah hari ketiga sebetulnya ya ini hari ketiga kita pelayaran kita berdoa kepada Tuhan

Semoga cuaca cerah sampai dengan Labuan Bajo kita kembali ke kapal goyang-goyang [Musik] ikan asin [Musik] masih bisa kita buka pintu masih dua buah yang ini kalau kita lihat dari sini sudah mulai biru ya kan kalau yang kuning orange merah itu berbahaya yang ini Ini merah ini enak sekali [Musik] ya teman-teman

Akhirnya kita berangkat pagi ini pagi ini kita berangkat meninggalkan jampea tempat yang 6 pagi telah memantau racun aja dari BMKG mematuhi instruksi BMKG kemudian juga dari Sabandar kalau Sabandar mengizinkan untuk kapal-kapal berlayar maka baru kapan bisa berlayar tanpa si izin BMKG tanpa seizin Sabandar Maka kapal tidak boleh Berlayar sekarang sesuai

Dengan prosedur bahwa siap Bandar BMKG sudah mengizinkan kita untuk berlayar semoga cuaca baik-baik sampai Labuan banjir jadi istilahnya kalau kalau di apa namanya kalau di kapal itu di wilayah kita kemarin itu selama 40 jam Merapat di Pulau jampea itu istilahnya berteduh guys jadi berteduh kalau kapal itu kalau dia merapat karena

Faktor cuaca istilahnya faktor dunia Jadi bukan kalau manusia darat berteduh karena hujan di sini berteduh merapat ke pulau itu artinya berteduh dari cuaca yang ekstrem merapat ke pulau terdekat masih terasa angin sedikit ya [Musik] Ini kamar kita itu awan masih cukup tebal [Musik] goyang guys kapalnya bergoyang-goyang gimana kabarnya goyang-goyang [Musik]

Goyang Neng goyang goyang Kenapa goyang ya [Musik] udah pusing dia butuh kantong plastik ngomong [Musik] harga minuman timun segera Udah tadi yang pas aku kebangun tuh [Musik] pengalaman pertama kita ya guys pengalaman pertama kita yang baru lepas dari bersandar lepas dari pelabuhan Dermaga langsung ada yang mabuk [Musik]

Di kamar makin terasa banget kan kalau di sini kita bisa lihat pemandangan yang jauh ke sana yang ke sana kalau di kamar [Musik] kesibukan Kapten sama kakak [Musik] [Musik] merawat peliharaannya semua dan aman itu melawan [Musik] ini kesibukannya merawat tiap hari [Musik] bahagia Udah cerah nggak ada awan yang menggantung mudah-mudahan

Mudah-mudahan sampai Labuan Bajo walaupun gue yang goyang-goyang begini tapi wajahnya cerah Alhamdulillah udah masuk kamar dia udah tidur pusing kepalanya [Musik] Flores di sini dia walaupun Bajo kepulauan ini Polres ini kita posisi sini [Musik] ya ini tempat favoritku Biasanya nih goyang-goyang sehari dari lebaran cek dulu keadaan nggak beda apakah masih aman [Musik]

Sayang kita sampai lagi di Labuan Bajo Alhamdulillah [Musik] uh keren guys Oke persiapan spring haluan tambah majukan terima kasih ya terima kasih kita Parkiran di depan soalnya makasih ya semuanya ya Selamat bertugas ya buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan Rotib Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road

Trip Indonesia Apalagi saya terus ada t-shirt ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning teman-teman kita jual storage bag ini buat di ban serep untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau

Yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini nih