Ci Baliung

Lua eror in Modul:Location_map at line 20: Module:Location map/data/Indonesia Jawa returned boolean, table expected.Ci Baliung (Sungai Cibaliung; harfiah: Sungai Baliung)  adalah satu sungai yang mengalir di sebelah selatan pulau Jawa, melewati  Provinsi Banten, Indonesia. Sungai itu berawal di pegunungan di selatan dan mengalir ke arah selatan serta bermuara di Samudra Hindia, sekitar 130 kilometer di sebelah barat energi ibu kota Jakarta.

Tempat aliran sungai (DAS) Ci Baliung tergolong ke dalam Kawasan Sungai (WS) Cibaliung-Cisawarna, salah satu dari keseluruhan 4 kawasan sungai di Provinsi Banten, dan salah satu dari 2 kawasan sungai yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Banten. Ada 75 DAS dalam WS Cibaliung-Cisawarna.

Sungai ini mengalir di sepanjang kawasan barat energi pulau Jawa yang beriklim hutan hujan tropis (kode: Af berdasarkan pembagian iklim Köppen-Geiger). Temperatur rata-rata setahun sekitar 23ʡC. Bulan paling panas adalah Maret, dengan temperatur rata-rata 26ʡC, and paling dingin Mei, sekitar 21ʡC. Curah hujan rata-rata tahunan adalah 3842 mm. Bulan dengan curah hujan paling tinggi adalah Desember, dengan rata-rata 497 mm, dan yang paling rendah Sept, rata-rata 89 mm.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url