Wow ! Penghasil Nikel Terbesar Didunia Ternyata Ada Disini

Masih kenapa salah saya namun saya kira barang saya semua di situ Itu kan barangmu yang paling berat disitu petualangan bukanlah kompetisi Siapa yang paling jauh atau paling lama tapi tentang perubahan mindset mengasah kebijaksanaan empati dan kerendahan hati kalau petualanganmu membuatmu merasa lebih hebat dari orang lain lalu apa

Yang kamu dapat selama dijalan Allah abang Den sekali deh Kami pasangan suami-istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil lebih enam tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan akibat Said perjalanan tanpa batas waktu ke tempat-tempat Tanpa Batas Kemana saja counted as [Musik] yang kita berada di Pattani kita

Sekarang Sudah masuk ke pulau Halmahera selama ini kita tahu patani itu ada di Thailand ternyata Indonesia juga punya nama daerah patani tepatnya di Kabupaten Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara dari tadi ya rencana awal kita mau ke Weda naik kapal kita turun di pelabuhan ini kita mau coba tes Jalan darahnya

Seperti apa sampai jumpa rar [Musik] kabar yang kami dapat masih ada sebagian jalan yang rusak parah dan berlumpur di beberapa titik di jalur ini dan masih sulit dilewati kalau hujan turun [Musik] dan kami juga dapat informasi hutan disini masih didiami oleh suku togutil yaitu suku asli pedalaman hutan hamahera

Yang sebagian masih liar dan Adakalanya menyerang manusia dengan panah terutama kalau mereka merasa terancam atau tegang Hai akibat orang luar masuk karya hutan Mereka Oke kami tidak akan mengganggu apalagi mengancam hanya Numpang lewat dengan semangat perdamaian dan cinta Hai americium tampil di jalan nih kalau dulu masyarakat petani biasa menggunakan

Transportasi laut knpa Roar untuk mengangkut bahan logistik dari Weda jalur darat ini dulu sangat jarang dilalui karena faktor Medan yang masih para Hai gimana om aman aman aman aman aman hai oke yodya Karya hai satu jam perjalanan udah satu jam perjalanan dan kondisi jalan yang kita lewati memang masih

Banyak seperti ini hutan-hutan dan jarang sekali mobil yang kita lewati channel ada satu tadi tapi sama satu jam baru itu mobil yang kita ketemu sepanjang jalan ini dan hutan-hutan nya juga masih keren suara-suara burung burung dimana-mana kalau hujan katanya Memang agak yaitu tadi aja agak sulit ya

Tadi cuma satu itu satu titik itu sih Sore sebaiknya full kepenuhan dia terlalu berat beda-beda semua apa juga dimasukin Apa salah saya Kamu saya kira barang saya semua di situ Itu kan barangmu yang paling berat [Musik] gimana kalau kita cari tempat yang seksi kemudian kita berhenti sambil sarapan oke oke Hai

Tetap bahagia nah satu hal lagi nih yang bikin kami penasaran untuk lewat jalur ini selain indah adalah kita akan melewati kawasan pertambangan nikel terbesar di Indonesia [Musik] Halmahera Tengah Kecamatan Medan Timur Medan SMP Negeri satap Oh ya takutnya tempat nih istirahat istirahat sebentar ada pondok pondok pondok itu

Akhirnya kita ketemu sebuah tempat di pinggir laut yang indah dengan pemandangan cantik dan sangat biru untuk sarapan mantap Nah irmadani Keren banget wow luar biasa sekali ini viewnya nih cakep ya Indonesia Kecamatan mezzaluna Timur ini Raya produk ini memang anak pedang pernah ambil nembak ikan mereka lautnya biru langitnya biru Hey

You kita tuh kalau untuk sarapan makan siang kita tinggal pilih tempat yang kece aja [Musik] [Musik] diisi solar gaya baru Ya udah sekarang lagi di desa Mesa Kecamatan Weda Timur ah kita kebetulan dapat ada SPBU di sini kita bisa tambah lagi biosolar kita Sebelum kita lanjutkan perjalanan video tidak pakai

Mesin Jadi pakai ember ya l l nya manual ini satu liternya 6500 Kalo belon 9063 Alkitab Adrian boleh biar ga nya berbeda kemudahan cukup 20liter bisa masuk beberapa kawan penonton Protrek Indonesia merekomendasikan sebuah tempat wisata di desa sagya yang lagi ngehits kalau lewat jalur ini bikin penasaran

Juga ini Oke yuk kita mampir eh ternyata udah kelewatan karena Google Map gak berlaku di jalan kedalaman dan sudah kelewat zaman Oh iya film ro Allah itu enggak ada tanda-tanda apa-apa tadi enggak ada tulisan apa beda tulisannya cuma udah nanya beberapa orang bingung ada petunjuknya numpang tanya Permisi wisata Goa itu dimana ya

Hai banyak Putri Mama tolong komentar banyak teman-teman bilang udah ke Weda kok nggak mampir ke saja katanya belum sah rugi ada tempat yang lagi ngehits bilang begitu maka sekarang kita mampir ke saja [Musik] gua aboki menurut kita menuju ke gua boki meruru Ini akhirnya hijau sekali jernih kaos Waringin [Musik]

Disini kali menyewa perahu dan pemandu untuk masuk ke gua pop Um oruru atau gua batu lobang wowkeren.com [Musik] saudara sekali Wow my god lebih usut [Musik] tidak kelihatan lagi kita Oh my god so beautiful Oh my God indah sekali memasuki Goa kita harus menaiki anak tangga yang cukup terjal kami berjalan

Cukup jauh ke dalam gua dengan lantai gua kebanyakan becek berlumpur jadi harus siap sendal gunung atau sepatu gunung di sini sampai di satu titik Kami menemukan batu bersujud guys di sini sudah kegelapan Abadi ketika penerangan kami matikan tidak ada satu titik Seberkas cahaya pun terlihat semuanya hitam gelap dan pekat ada artinya

Indonesia awalnya lebih pakai pungkiri number kita sudah kembali ya udah dijemput oleh sang perahu semoga punya minta ampun enggak kelihatan Oh my God kalau masalah gua tadi gua batu lobang Kalau dibilang di sini buat gua batu lobang teman-teman jadi karena kita likenya kurang Jadi mau enggak bisa

Cuman kalau kita yang kita lihat sendiri itu memang luar biasa ya bahwa ini headlamp karena nggak dipinjemin cuman kayaknya aja yang pakai headlamp kita kan juga pengen ngelihat bebas gitu ya jadi headlamp satu orang headlamp Satria ya Dan kalau udah di sini jangan lupa mandi dihibur ini memang ini tempatnya asik banget buat

Mandi-mandi airnya jernih kehijauan refleksi daun-daun pepohonan di atasnya mumpung belum mandi juga dari pagi dan cuaca terik sepanjang tadi yang bikin kita gerak Tadi katanya kawedar dari Jalan panas-panas gerak pengen mandi pengen cari sungai dapat tempat sungai yang Mahdi game berantem sebentar Udah selesai tidur dong Restu perjalanan kita ke

Gua batu lobang kemudian sungainya juga airnya jernih kita senang hijau [Musik] du du du hai hai hahaha [Musik] huhuhu huhuhu huhuhu huhuhu [Musik] Hai Tum Hi Ho hai hahaha cuk [Musik] cuk cuk cuk kali ah Iyo nobro kode-kode begitu om om om om aman apa itu masalah rem kalau makan Siapa bawah

Dari suruhannya tapi Hai belum diangkat mati lagi Sinyal akan mobil gimana lu angka batu warung ganjal ban Oh udah udah udah ini Nyalakan mobil Oh itu rem Jalan Kemang tangannya keren banget ini langsung ke danau itu cuman Emang tanjakannya dan turunannya berbahaya ini masuk dia ke dalam Wow gawat ini karena remnya blong

Katanya tapi untung kutahan gini kalau nggak dia masuk jurang karena rem blong ya karena rem tapi kalau dia nggak tahan ini tadi bisa Kroncong sana bawah Lebih bahaya lagi gitu memang pentingnya rem ini kalau kita enggak kontrol-kontrol rem jalur kayak begini tanjakan turunannya tajam ini bagi pasang ini baru dipasang ini

Dari sekali ya Untung tadi pasang ini karena memang rawan ini Oh semangat kok jalan kaki Hai akhirnya tetap tak puas hanya dapat naik mana mobilnya oh nah ini karena tanjakan yaitu guys mobilnya ndak kuat rupanya harus turun guys ya langkah gigi Hai disini tanjakannya memang tinggi sekali atau turunan curam

Dari arah sebaliknya Kami lihat beberapa ibu-ibu harus turun mobil karena mobilnya enggak kuat nanjak tolong nanti ini akibatnya begini nih berbahaya sekali-kali tidak papa ya Dea kami jalan ya aman ya tunggu Bapak kisah Jaka akhirnya ada ini kami tinggalkan di sana karena yang mobil sudah minta bantuan ke desa terdekat jadi adiknya sedang

Menunggu penentuan kuota menunggu-nunggu nanti kalau kawasan [Musik] teman-teman kita sekarang sudah mulai masuk ke kawasan nikel itu yang kau yang terkenal itu perusahaannya apa namanya indonesia wae size [Musik] by industrial WIB inget kalo di Morowali itu adalah imit kalau tanah di sini Weda jadi WIB ini perusahaan-perusahaan apa namanya nickel smelter juga di

Daerah sini kita baru mulai masuk kawasan ini nantinya bangsa lihat di depan kayak apa [Musik] ini teman-teman kondisinya di Weda nih pabrik nikel smelter luar biasa sekali Oke teman-teman kita sekarang berada di kawasan pusatnya nikel di Halmahera Tengah Weda namanya iwit itu semua semester semester eh mikir gundukan gundukan Mitchell

Semua kekayaan alam Indonesia ini perusahaannya besar sekali Ki baru-baru masuk daerah sini dan sepanjang jalan seberang jalan semuanya tentang nikel yang kemarin juga dari pulau gak dari pulau GB itu juga dibawa ke sini semua nikah-nikah luar biasa indonesia-thailand sekali saya kita kebagian karena juga aku pengen tahu nggak boleh

Punya siapa ketika beda ya kita enggak tahu punya siapa ini bukan ini hati truk-truk besar sekali ini gajah Hai Nah kawan-kawan sekarang kita sampai disebuah tempat kawasan pertambangan nikel Raksasa ini adalah salah satu alasan kenapa kita memilih jalur ini untuk kita tempuh inilah pertambangan nikel terbesar di Indonesia yang baru dibangun tahun 2018

Lalu Kalau nggak salah sih ini kerjasama dengan investor dari China [Musik] ini kiri kanan ya teman-teman semuanya bangkit nggak tau namanya apa gitu ya kayak gini yang kanan kayak gini itu pabrik semuanya wawasannya luas sekali mana yang smelter mana yang apa kita gantiin gitu sweater keren banget [Musik] di Indonesia [Musik]

Saya hujan ya gelap tidak [Musik] [Musik] ini sungguh menohok luar biasa temen-temen bangunannya belum berhenti juga sepanjang jalan tadi kita lama besar sekali kawasan pabriknya sampai di sini masih pembangunan belum selesai-selesai tetap saja mereknya dokter Cina kita lanjut lagi nih baterai GoPro udah mulai habis nih Pokoknya kita laporin terus perkembangan Indonesia kedepan

Tiang listriknya belum pernah enggak kayak gini kecil [Musik] depan proses pengembangan [Musik] Hai Minecraft ya teman-teman itulah air ujungnya ini semua ini adalah perusahaan ini perusahaan nikel di Indonesia luas sekali panjang jalan tadi kita lihat kiri-kanan kiri-kanan kita enggak tahu apa aja itu namanya tapi itu pokoknya

Ada luas Kayaknya baru di pinggir jalan ya kalau yang jalan-jalan kita nggak tahu jadi ke depan kayak masih luas lagi nih luar biasa kita beruntung bisa lewat jalur ini sama dengan jalur di Morowali dulu antep Gimana kalau udah oke tuh [Musik] I would luas dan besar sekali ya entah

Sudah berapa km kami berjalan di kawasan ini seperti tidak ada habisnya di kiri-kanan jalan bangunan-bangunan besar yang kami tidak tahu itu apa mungkin ada pembangkit tenaga listrik atau Apa yang disebut dengan smelter [Musik] ngembangnya bisa kita lihat truk-truk sangat besar yang jumlahnya antara ratusan taribungan hilir mudik mengangkut bahan nikel

Hampir gak ada truk merek Jepang atau Eropa Kita lihat Disini [Musik] gini Wow bahkan nama jalan di sini pun bukan lagi pakai bahasa Indonesia ke final webbing khairaat hauling road mama jalan-jalan ya sudah nama-nama di China ini armadanya juga semua truk-truk nya mereknya Pasaman statman jadi enggak ada lagi terus terus mesin Jepang

Ini terbanyak tetapi kau tidak tahu yo yo Pariwara tambang dan pabrik sebesar ini pasti bermanfaat bagi penyerapan tenaga kerja dan perputaran ekonomi masyarakat sekitar tapi bagaimana dengan kerusakan alam hutan yang dibabat dan pencemaran yang ditimbulkan selamat kami melintas di sini debu luar biasa banyak sekali Semoga saja hal-hal

Seperti ini juga jadi perhatian ya kawan selain dari Cuan dan cuaca [Musik] Wow armadanya gila ini beda itu Gunung ini baru yang terlihat dari pinggir jalan aja dah kebayang kan kalau masuk sedalam-dalamnya seperti apa luasnya pertambangan nikel di sini Wih kami melongo dan tertegun kagum sekali melihat harta kekayaan sebesar ini

Ia bahkan ada Bandar udaranya kawan [Musik] dan ini dan ini kita udah ngerekam sepanjang jalan ini Entah sudah berapa km tak puluhan kilometer semua kawasan nikel semua tuh nggak selesai-selesai dari dulu kita selalu mendengar bahwa Indonesia negara kaya tapi setelah kami melakukan perjalanan keliling Indonesia dari Aceh sampai Papua kami seperti baru

Tersadar Wow sekaya ini kah kita Hai terus pertanyaan berikutnya adalah larinya kemana ya kok BBM masih tetap naik [Musik] dan selamat pagi teman-teman kita merapat di kota Weda tadi malam begini kita siap-siap langsung mau berangkat ke Ternate debu selingkuhnya tebel banget ya perjalanan kemarin seharian Oh semua debu teman-teman sudah berganti

Garam yang kemarin ini kota Weda pagi hari ini sudah dua kali kita transit di sini ini ya [Musik] Oding lagi bareng-bareng [Musik] jangan lupa buat teman cara memasword perjalanan retreat Indonesia bisa branding di bodynya Seruling senja Sabran ding speaker produk atau usaha [Musik] dannysticker stiker teman-teman yang punya usaha dan telah mensupport Protrek

Indonesia kita Tadi malam rapat di sini karena kalau sudah gelap Sudah malam kita juga sampai jari-jari penginapan jari-jari hotel semuanya full Kenapa karena sini lagi ada acara MTQ MTQ tingkat kabupaten jadi semua penginapan semua hotel sudah bikin Put Untung kita dapat satu sisa hotel penginapan yang ada sisa satu kamar yang memang

Sederhana sih cuman bayarnya harus tetep mu-250 dan kita harus keluar 08.00 karena memang semua sudah perutnya berkeliling katanya di Weda ini kita hafal semua penginapan dan hotel gitu kalau kita masuk ke sebuah kota teman-teman Jangan heran kalau kita masuk ke sebuah kota kecil yang jauh gosok atau gue jauh dari kota-kota besar

Itu justru harga penginapan hotelnya lebih mahal dibandingkan Kita menginap di kota-kota besar jangan heran nanti karena kondisinya tangan sederhana yang baru dateng mau explore ke kota-kota kota-kota kecil lalu masukkin apaan kaget dengan harganya enggak usah komplain enggak usah marah-marah juga biasa kita kemarin di vfb apa namanya sayang

Itu di tambrauw ya ya kota tamrau itu penginapan 500.000 perkepala tempatnya gelap lampunya minim becek bayangin tuh berfikirnya begitu adanya Padahal kalau harga 200-300 aja di kota di Bali Jogja ke sudah dapetin Seperti apa sekarang kan Oke ikuti terus perjalanan robek Indonesia Tapi ada pesan-pesan tambahan nasi uduk nasi uduk gua begini

Ya kita menjadi nasi uduk dulu sama kita mau cari GB mungkin kita dapat BBM di sini kita sekarang rute perjalanan kita mau ke Ternate dari kota Weda ini kita akan ke pelabuhan Sofifi Sofifi Itu yang kemarin kita sudah pernah bahas ibukota provinsi di Maluku Utara Sofifi kita nyebrang

Dari situ perjalanan dari sini ke Sofifi itu kurang lebih 3jam Nanti dari Sofifi kita nyebrang tuh ke Ternate 23 jam lagi Oke kapal feri penyebrangan sgp.vip Ternate nanti kita akan menginap di tempat Om Hendra dan omewin lainnya adalah pendopo valve Leno Weda Kabupaten Halmahera Tengah pendoponya jikalau ada acara-acara ada upacara sepertinya

Disini cukup bagus untuk punya Bang kita nggak tau ya artinya Fals fals ilmu valid fasilitas Siprus no problem Hahaha ayo kita berangkat buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan rute Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual Tissot rap Indonesia apalagi yang saudara teacher ada move ada topi ada stiker warna warna kaosnya itu

Banyak sedang Terus bisanya bisanya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning banyaklah dan warnanya dan kita juga ada stored sebaiknya teman-teman kita juga Stories begini buat dibantai er untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya buat temen-temen yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga

Cocok sekali penyebabnya sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas sudah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-temannya nah pesannya ada di kolom deskripsi atau nomor wa-ku di bawah sini nih