Kembali Ke Sulawesi Tetap Semangat Meski BBM Langka.


Jaraknya parkirnya jago-jago banget selalu aja kagum dan salut kalau lihat Bagaimana cara truk-truk di kapal ini parkir mepetnya tipis banget ada yang tahu gak Gimana cara sirirnya keluar masuk mobil Buset bayangin deh Halo saya Bang Den saya k beda kami pasangan suami istri yang sedang keliling Indonesia dengan

Mobil lebih 6 tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan hati bangsa ini perjalanan tanpa batas waktu ke tempat-tempat Tanpa Batas ke mana [Musik] saja bareng ayam ada lagi yang naruh ayam jantan di ruang tidur mana pas di kaki kami mana tuh ayam bekokok melulu lagi engak bisa marah lihat yang seperti

Ini kita sekarang berada di atas kapal potling 8 penyeberangan antara Ternate Maluku Utara menuju Bitung Sulawesi Utara bentar lagi sudah mau sampai Wah ini buka pintunya Pitung sudah kelihatan Selamat tinggal Ternate kami berangkat meninggalkan Ternate Pelabuhan Bastion jam 2 pagi menggunakan KMP portling 8 sama dengan kapal saat kami

Berangkat dulu dan sudah kami review juga kapalnya dulu ya sekarang Sudah Ma Sudah jam 5 sore sebentar lagi kayaknya kapal merapat karena ramdornya sudah dibuka ini Nah sekarang baliknya Ini kapal-kapal ini isinya kopra nih dari Maluku Utara itu bawa kopranya ke Bitung karena di sana nanti ada pabrik-pabrik pengolahannya tuh ini semua

Gopra kpra ini semua Asil alam kita naik ke atas berisik sore hari jam 5 mataharinya silau sebentar lagi sore pemandangannya indah banget dengan posisi matahari menjelang sunsetna langit memang istimewa pada saat Matahari mulai turun luar biasa deh yang dipitung gunung apa gunung kelabat dipitung gunung kelabatlah itu kami juga

Heran kenapa ya laut dan langit di timur Nusantara ini rasanya lebih biru dibandingkan di Jawa atau Sumatera [Musik] ya Sumatra Jawa Bali juga bagus kok cuma di timur rasanya lebih biru dan bersih Apakah cuma perasaan kami saja siapa tahu kawan-kawan ada yang bisa bantu jawab kenapa Wow keren Gimana perasaannya membaran

Semakin ke barat kita meninggalkan Indonesia timur sedih sedih ya kita ber kurang lamaama Nanti kita balik lagi yaik [Musik] lagi ya itulah kesibukan kita Sebelum Merapat di pelabuhan Bitung Pelabuhan Bitung ini adalah salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia timur kami sudah mulai bergerak menuju arah barat dan semakin meninggalkan

Timur Nusantara meski belum sampai ke Merauke tapi bisa sampai menginjakkan kaki di tanah Papua rasanya istimewa sekali kami bersyukur bisa melakukan perjalanan sampai ke Timur yang kalau dipikir-pikir dari awal sih rasanya tidak mungkin terbukti akhirnya Tidak ada yang tidak mungkin kan kapalnya lagi bermanuver untuk parkir jadi dia

Masuknya pantatnya dulu ya sayang ya ekornya dulu nih yang mau dimasukin ke sana Di sebelah ini nanti tuh pelabuhannya sementara kan dia kan Kepalanya kan di sini depannya nih nanti dia mundur masuk ke celah situ Ini harus kaptennya harus jago ini karena ini kapalnya kapal besar ini 2000 groston [Musik] ini to [Musik]

With more [Musik] Sulawesi Utara tepatnya ini Pelabuhan Bitung kita mau ke mana kita kembali ke rumah kita di kampung lembean desa lembean Udah nih Papua udah Sulawesi udah ke mana lagi nih teman-teman guys ke mana lagi nih guys seperti tidak masuk akal rasanya kalau dihitung secara biaya berapa yang harus dikeluarkan

Perjalanan sejauh dan selama ini mungkin [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] Selamat pagi rumah werenan Selamat pagi Selamat datang kembali di rumah [Musik] werenanenan minara sudah kembali di lembean rumah apa namanya sayang rumah werenan rumah werenan Hah Rasanya Ya seperti pulang ke rumah sendiri ke sini dan duriannya masih berbuah

Teman-teman ini air dari Sultan iya harus diisi lagi kalau misalnya udah berkurang kita tambah lagi ini buat diapain sayang buat kita minum kita siram ke Seruling buat bertiga ininya doanya kata Sultan doanya doanya katanya buat bertiga ini namanya tradisi teman-teman kita didoakan oleh Terate akirnya langsung Sulan yang mendoakan

Katanya untuk Bang Den keda daningja Aduh luar biasa banyak sampai ke bawah-bawah sekarang kita lihat alpuket alpuketnya udah banyak bahagikanyak ya lubur banget di sini surling Senja pun baik-baik saja Terima kasih ya surling senja surling senja kamu luar biasa sekali telah kembali dari Papua teman-teman Indonesia timur kami sudahah dapat

Durian Wah rezeki anak saleh baru satu hari di sini duannya udah jatuh aku tadi berdoa gini ya durian kamu jatuhlah satu Aku pengin nyobain gitu Eh dia jatuh Uh cantik akhirnya warnanya jos dia cuma dua lubang nih sama ni satu ini durian durian banget ngambilnya Rus ahah [Musik] H enak sampai Bany banyak

Manis ada bait-pitnya dikit ya Luar biasa ada kamu ngiler ya Guys kita panen satu lagi buah aluket alpuket I merahmerah merahmerah durian ini sudah datang lagi satu buah-buahan aduh aduh merah merahmerah kita sekarang mau cari BBM lagi biosolar untuk diisi ke serling senja kalau di sini mulai dari Papua Papua kemarin kita

Juga solar Sudah jarang sekali susah kadang-kadang kita harus antri 3 jam antri 2 jam pas sampai di dekat pom bensinnya solarnya habis guys begitu juga di sini kemarin kita sudah antri 1 Seteng jam solarnya habis guys tapi kalau di Halmahera Ternate dan lain-lain tidak usah pernah berharap ada SPB ada

SPBU yang menjual solar tapi permasalahannya di ketengan selalu ada nah Siapa yang bertanggung jawab masalah-masalah kayak gini dan seperti masyarakat kecil itu dia harusnya mengadunya ke siapa kalau seperti ini Apakah pemerintah atau pemerintah tidak tahu persoalan persoalan ini atau bagaimana sebetulnya Guys kita juga bingung nih sebagai rakyat kecil nah

Sekarang kita mau lihat kita mau lihat nanti e sekarang kan jam .30 Guys .30 hari Sabtu nanti kita lihat bagaimana kondisi SPBU SPBU Kalau kemarin kita belum belum sempat rekam tapi kita sudahah coba keliling-keliling sama Kak beda dan hasilnya zong sudah ada antrian nih guys spbuang Kita lihat nanti panjang

Antriannya sampai mana Semoga saja kawan-kawan tidak bosan ya melihat laporan kami tentang kondisi BBM di setiap persinggahan perjalanan Road Trip Indonesia panjang antriannya kita gak ada pilihan lain kita harus ngantri Oke teman-teman kita sudah masuk ke antrian solar depan kita ada Innova karena hal ini sangat mendasar dan sangat bersentuhan langsung dengan

Keadaan masyarakat di bawah kadang Kami sering bertanya susah sekalikah mengurus semua ini ya guys satu mobil Innova tadi sudah menyerah akhirnya dia keluar dari antrian dan kabur kita bersabar saja tidak ada pilihan lain sekarang yang penting Enggak beda udah siapin bekal nih kalau kita agak kelama nanti ya kita

Lapar ya sudah makan saja tapi kalau kita lihat di televisi dan di media sepertinya bapak-bapak yang pintar-pintar itu bicaranya bagus dan menjelaskan bahwa mereka sudah bekerja keras melakukan semuanya untuk rakyat tapi kok kurang terasa ya Bagi kita-kita di bawah bahkan sebagian bertambah susah hidupnya jauh dari kata Sejahtera paling

Tidak begitu yang banyak Kami lihat sepanjang perjalanan Road Trip Indonesia ya 4 jam lah hari ini ngantri solar Hore teman-teman akhirnya Seruling saja solarnya full lagi setelah mengantri 4 jam bukan bermaksud mau nyinyir atau bermaksud mau mengelut tidak teman-teman tapi kita hanya merekam fakta di lapangan yang terjadi seperti

Itu tadi su truk itu juga cerita ya dia tiap hari ya harus sisakan waktunya 4 jam untuk mendapatkan salat tapi ada tapi ya 4 jam begitu teman-teman Padahal kalau 4 jam dia bilang kalau dia terik Bitung Manado itu sudah berapa kali tuh terbuang waktu nah ini dia Opung jaman

Petualang dari Jakarta mau ke Papua kalau lagi mau berangkat dibilang orang gila wah ini luar biasa petualang usia3 tahun tapi semangat dan kesehatannya luar biasa sebentar lagi masuk Papua itu alat komunikasi biker jadi handphone bisa dikonect ke sana bisa Oh jadi k kalau ada orang telepon he

Kita pencet itu kita bisa Oh dia kayak Bluetooth ya Ngobrol sembari juga kita bisa dengar lagu keren ya sor ini scd mereknya tu speakernya suaranya bagus JBL helm sama sama ininya beda ya Oh beda beda dia mau dipakaiin coba coba coba coba nih teman-teman Kita coba pakai dulu ya karena aku baru

Lihat lagunya juga lagu Opa lagu Opung ini lagu laat oke oke tolong tolong Bu mantap mantap mantap jadi berapa itu aku penasaran apanya harganya berapa itu alat satu satu pasang ini dua dua begini oh jadi nanti kalau kita boncengan maksudnya gitu ya ya bisak jadi satu pasang itu 6 atau R juta

Itu alatnya itu sepasang R juta Nah hal ada yang beli sepasang kan entar separuh Lagi Dijual ohah itu harga-harga miring oh gitu 3 atau 2 Seteng dapatlah itu oke tapi itu Barunya segitulah ya barunya ya barunya I kalau helm merek scubert Itu kira-kira berapa itu harganya opong dengar-dengar sih sekitar 10 katanya

Teman-teman ini 10 ini 10 helmnya nih nih skuber ini 10 terus ininya 7 en atau 7 baru ininya doang Coba outfitnya berapa ini kalau jaket ini ini dulu nih Ini motor sport Lifestyle ini dapat e sekitar 6,5 ya 6,5 600, atau 6,5 r.500 buset ini motor mainnya enggak ada yang murahfitnya nih

Karena waterproof dia ini waterproof ya Eh katanya waterproof Speedy sepatunya pun kat katanya waterprof tapi enggak waterprof tapi enggak waterprof Iya ini apa Speedy juga bukan engak Itali punya Oh masuknya dari atas kali bukan dari sini kembus dari sini enggak tahu kembus dari mana Oh berapaan ini outfit dulu

Saya beli Rp3 juta atu Rp3 juta kalau celana celana yang murah celana ini bukan ini motor ya Heeh celana pencinta alam ini Iya itu paling 200 paling 200 300-an dapatnya ya disertakan kan Iya berapa ini coba karena yang kecil berapa yang coba dulu belinya R juta jadi berangkat dari Jakarta Kapan tanggal 16

16 Maret 16 Maret sekarang tanggal 6 April enggak tahu tanggal berapa sekarang Iya biasa kita lupa hari Lupa tanggal kalau udah di jalan Siapa yang peduli dari Jakarta nihah ya Ada target Enggak kembali ke Jakarta lagi itu 2 bulan sih Udah keliling Indonesia dong berarti ini Paling kan tinggal Papua aja

Nih hutangnya kayaknya Kalimantan sudah Kalimantan belum Oh sama kita berarti Kalimantan belum kalau jalan-jalan ke sana sih sudahah cuman secara riding belum secara riding belum Nanti habis Papua Kalimantan lah ya Nah nanti ee akhir tahun ini atau awal tahun depan Hm oke oke tahun depan itu sudah sudahud

Itu baru nanti Asia Tenggara Oh oke ini motornya apa sih Kawasaki persis ini kan Kawasaki persis Iya saya sengaja ngambil yang 250 biar ee lebih gampang dikuasainya 250 cc 250 cc tapi jenisnya kan Adventure tapi ini saya tambahin apanya custom ini Crash bar di sini Crash bar engine Crash bar Oke Nah

Maksudnya biar ada pengaman lah oh oke kaki kan kerjanya prial itu sindikat motor Oke sindikat motor orang sindikat motor orang orang awak juga orang awak juga orang awak juga Tahun berapa nih motor Kalau enggak salah 2018 ya 2018 Ini motor kayak gini barunya berapa ya Om 201 murah Murah tu kan relatif

Harganya berapa iya ya paling sekitar barunya sekitar 70-an 70-an jadi ini ini sengaja saya pakai yang yang GP plastik GP plastik karena dia Murah nah ini yang sedikit agak mahal lebih berat dan lebih mahal yaah ini agak sedikit mahal ini ini saya pernah punya BMW H 310 saya

Jual bmw-nya boknya saya ambil karena ini udah standar internasional ini namanya explorer explorer nah Explorer mahal ini J ini untuk isinya apa aja nih ini hanya apa namanya transit-transit aja gak ada gak ada dikasih isi Karena kalau saya kasih isi he dia apa keseimbangannya Oh anduknya kan ada juga

Isinya tapi yang ringan-ringan ya yang ringan ringan transit aja kalau ini tas yang di atas ini mantel mantel mantel hujan mantel hujan mantel hujan oke nah kemarin itu saya tambahin lagi ini untuk tol kit ini di custom tuh ini ini H tol kit itu oh dalamnya itu alat-alat itu yanya tol kit

Itu Oh oke kalau ini isinya apa aja ini untuk makan Oh peralatan makan peralatan makan dapur kompor piring alat-alat makan Indomie telur pokoknya bisa bertahan 3 Hari Untuk bisa bertahan 3 hari Oke ini kebutuhan logistik kebutuhan logistik lengkap tu bertahan untuk 3 hari dengan gasnya alat masak semuanya ini penting

Ya teman-teman ya Ini penting betul H jadi kalau kenapa-napa kita terjebak lot terjebak yang kita gak bisa bergerak kita bisa Survive untuk beberapa hari ke depan Iya paling tidak bisa hari bertahan dan kalau kita di penginapan kan kadang-kadang enggak dapat sarapan pagi iya n itu malas keluar malas keluar

Mau beli nasi juga beli makanan juga enggak tahu di mana kan betul nah kalau ini ini peralatan mandi peralatan mandi ini obat ini obat-obatan obat-obatan Oke baru ini dalamnya apa ee baju mana baju baju di di sini oh baju di tas yang ini Iya baju di situ Ini apa namanya tenda camping tenda

Camping tenda kamping tenda King Ini bangku bangkunya juga ada matras ada tenda Wii ini sudah lengkap banget ini baru [Musik] pakaian ikut ke dia saya saya lihat kosong itu ya untuk prinintilan-printilan aja apa-ap masuk ke dalam lah ya keilcil sarung tangan B obat-obatan itu untuk e tempat-tempat apa Nam barang-barang

Berhargaga elektronik kamera kamera dokumen dokumen ini tadi sudahah dicopot tadi Nah udah dicopot kan kalau ini kok ada antena nih itu variasi aja Oh ini variasi aja varias aja kalau ini buat tempat kamera Kama ini juga holder kamera ini juga holder kamera ya memang penting ya teman-teman kalau perjalanan

Kayak gini kita harus mendokumen asikannya nah ini lampu-lampunya juga sangat perlu lampu-lampu ini tombol-tombol lampu oh ini ini ini tambahan semua nih ya Iya ini bawaan dia ini Oh itu bawaan diaah gunanya Lampu ini untuk ini lampu tembak ini kalau apa nih kabut lampu tembak kalau lampu kabut

Ini oh banyak lampunya ya banyak lampunya teman-teman ini lampunya wioi Kalah Banyak lampunya suring senja nih Nah ini lumayan mahal pak Berapa ini harganya satu ini Rp3 juta Masyaallah satu sepasang sepasang ini ini komunitasnya Om mbi Bekasi mbi Bekasi motor besar Indonesia tripnya judulnya nusaride Story bisa cek di instagram-nya

Cek di youtube-nya nih komunitas ini juga juga ini void Oke ini tempat minum biar enggak haus gampang taruhnya di situ Iya ini juga ada tas lagi Iya Wah memang harus sefisien mungkin ini ini tempat minum lagi tas lagi semuanya karena motor kan berbeda ya teman-teman dengan mobil i

Jadi memang harus efisien dan efektif ini tempat charger Oh ada chargernya juga di motor chargernya ada dua itu satu sama ini satu ini ada lagi cepat charger lagi charger lagi ni W Iya Wih Wah Luar biasa ini itulah dia Kawasaki versis ini yang cocok kita pakai Sebelumnya kan sudah kan jalurnya

Kemarin dari Jakarta dulu saya kendalika nonton nonton MotoGP nonton MotoGP sudah gitu langsung nyebrang ke Sulawesi Makassar gak ke Surabaya balik oh Surabaya yaik Surabaya Surabaya Makassar Kalau dengan kira-kira perjalanan 2 bulan itu itu kira-kira Opung menganggarkan dana itu berapa dibudgetkan kurang lebihlah ini kan buat saya ambil rata-rata aja rata-ratanya

Berapa 500 per hari 500 per hari Nah kalikan aja 2 bulan kali 60 Oke begitu aja pengalihnya Nah nanti plus minusnya Kan ketahuan di sana iya iya bisa seperti itu nah itu yang kita harus jaga hemat-hemat jangan sampai over budget jangan kita ke hotel bintang at kalau

Kita ke hotel bintang Mah Ma jadi kalau aku nih kalau lihat-lihat e petualang-petualang usia di atas 60 pikiranku cuma satu masih banyak kesempatan satu itu yang kedua seusia Opung nanti aku ingin seperti ini gulah kira-kira masih banyak kesempatan pasti banyak kesempatan saya aja masih target

70 Iyalah 7 masih 70 kan 7 tahun lagi kan masih Opung ini dia mau ke Bitung mau nyeberang ke tenate tapi nanti kapal ke Bitung itu malam jam 10. jam 11 jam 12 baru berangkat Nah jadi masih ada waktu Sebentar kita bisa ngobrol-ngobrol dan nanti arah ke sana itu udah gampang lah

Wah beratnya ya jadi harus naik dari sebelah sana teman-temanwan dia kanwan betul betul betul Oke sampai ketemu ya naiki hati-hati di jalan enjoy [Tepuk tangan] trip buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual t-shirt Road Trip Indonesia Apalagi sayang itu ada t-shirt ada muk ada topi

Ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru Navi kuning banyaklah ya pilihan warnanya banyak warnanya se dan kita juga ada storage bag nih teman-teman kita jual storage bag ini buat di ban sup untuk ukuran ban apa aja ini bisa ya

Buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ya Ini udah hujan panas sudah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya cara pesannya ada di kolom deskripsi atau nomor waaku di bawah sini nih nih
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url