JALUR MENGERIKAN & BERBAHAYA DENGAN PEMANDANGAN KEREN II Day 8 Trans Papua

[Musik] Pergilah berpetualang datangi tempat-tempat baru bagimu hirup udara dan bau tanahnya selani kehidupan masyarakatnya sehingga fakta-fakta baru akan meninggikan kecerdasan hidupmu Halo Sayang kami pasangan suami istri yang sedang keliling Indonesia dengan mobil lebih 6 tahun hidup di jalan Menikmati keindahan alam dan kebaikan kaki bangsa ini perjalanan tanpa batas waktu ke

Tempat-tempat Tanpa Batas kemana saja ini adalah cerita petualangan kami menembus kedalaman Papua Barat [Musik] tidak pernah terbayangkan sebelumnya akan melakukan perjalanan yang sangat menantang dan sangat seru Walaupun memang beresiko ya sebelumnya memang tidak banyak informasi yang kami punya tentang papua dan papua barat selain dari berita Media dan internet kalau masalah keindahan alam

Dan kekayaannya pasti sudah Tidak diragukan lagi luar biasa Papua Oh tapi selain itu berita-berita negatif tentang keamanan konflik dan kontak bersenjata sempat membuat Kami khawatir untuk eksplore lebih dalam lagi [Musik] berawal dari perkenalan kami dengan om Yudha dan tante vegy penonton setiara trip Indonesia yang tinggal di kota

Sorong Papua Barat Om Yudha adalah seorang lawyer yang juga punya hobi camping dan Overland menurut Om Yuda sayang sekali kalau rotrip Indonesia selama 3 bulan di Papua Barat hanya berada di kota Sorong saja harus merasakan juga Bagaimana perjalanan ke pelosok Papua atau mencoba jalur Trans Papua Papua Barat

Karena itu om Yuda menawarkan Indonesia untuk melakukan perjalanan ini [Musik] kata Yuda kalau ragu dengan kondisi kesiapan mobil kami Seruling senja Om Yuda bersedia meminjamkan mobilnya yang relatif masih baru dan sudah dimodifikasi untuk jalur Papua ini [Musik] Siapa sih yang gak kepingin explore Papua aku rasa setiap petualang Indonesia memimpikan untuk bisa

Menjelajah ke daerah-daerah terdalam di Papua yang sangat indah ini betul-betul sangat ini yang berbahaya lah baik laut udara pesawat-pesawat juga nggak ada yang masuk ke sini laut juga katanya ekstrim banget ombak badai angin kencang badai dan gelombang tinggi dimana-mana Surabaya hujan es batu gempa beruntung di NTT penerbangan dan pelayaran semua

Di cancel berita itu memenuhi media beberapa hari ini mudah-mudahan cuaca hari ini mulai bersahabat dan kami harus kembali ke kota Sorong menempuh Trans Papua yang jalurnya sangat menantang ngeri-ngeri sedap sih dalam kondisi cuaca seperti ini matahari sudah muncul Alhamdulillah Bapak Terima kasih banyak sampai ketemu lagi Selamat pagi hari kedelapan dari Manokwari

Setelah 7 hari perjalanan hanya kak beda yang masih sehat Bang Den Kak fegi Om Yudha Kami bertiga semua sudah tepar dengan berbagai gejala bahkan Kemarin cafegi harus dirawat di rumah sakit karena masalah pencernaan Bang Den dan Om Yuda batuk-batuk Terus gejalanya sih udah seperti omicron ya mudah-mudahan

Daya tahan tubuh kami cukup Kuat Kita isi Dek lain dulu ya full tank sama kita mau cek ini jaraknya berapa ke ini kita udah nolin kita mau cek jarak dari Manokwari ke Sorong itu berapa km ada toiletnya cuman di sini ya Ada tulisan harap Lepas sepatu dan sandal di sini cuman ya itu

Nggak mungkin lah kita ke toilet umum terus harus buka sepatu Buka sandal ya kan [Musik] kalau menurut Google jarak yang akan kita tempuh kurang lebih 470 KM Kondisi jalur kondisi Medan dan jalur Trans Papua ini enggak bisa diprediksi Terminator kami nggak tahu berapa lama waktu tempuhnya kita lihat saja nanti di

Mana lapar di situ kita berhenti makan Gimana ngantuk di situ kita Berhenti tidur Halo Om ini jalannya kecil mereka mobilnya sebesar-besar ini jadi susah selisih jalan jalur yang akan kita tempuh untuk kembali ke kota Sorong tidak sama dengan jalur waktu kita datang Minggu lalu waktu datang kita melalui daerah bintang

Kabupaten maybrat sedangkan sekarang kita kembali via Kabupaten Tangerang Jadi bisa menikmati jalur yang berbeda kita baru memasuki Kabupaten Tangerang mulai pemandangan-pemandangan Indah jalan-jalan berkelok-kelok tanjakan dan turunan serta hutan yang cantik sekali jalan di tanjakan gunung pasir ini basah dan berlumpur akibat hujan tanjakan jadi lebih licin dan menantang yang kami

Khawatirkan sebetulnya mobil Pajero putih di depan karena masih pakai ban standar dan kaki-kaki juga standar belum ditinggikan tapi Oh Yuda pede sekali kelihatannya mungkin karena dia sudah hafal Medan dan sering melalui jalur ini satu langkah lolos bikin Jalan Baru guys ikuti Hebat ya bisa melalui jalan memang terbukti sih akhirnya Pajero

Putih berhasil lolos sampai ke Puncak udah di puncak lagi nih ya turunnya agak sedikit curang curang ini Pajero dengan ban standar Pajero saya bikin jalan baru tapi itu jalan yang sudah ada kita nggak Kandas juga tapi bisa jalan terus mari kita nikmati keindahan yang menegangkan ini guys pasir yang memang legendaris ini memang

Menjadi momok bagi para driver rute Sorong Manokwari perjuangan belum selesai ini truk melewati ini truk merah besar ini ya Masa tidak mungkin mereka lagi begini lihat anak buahnya nih semua lagi kontrol lagi lihat jalur nih waktu kita turun dari puncak gunung pasir ada truk besar yang mau nanjak arah sebaliknya Wow kami betul-betul

Salut deh sama driver driver Trans Papua di sini seperti nggak masuk akal tanjakan seperti ini bisa ditembus truk sebesar itu berbahaya sekali driver driver Trans Papua ini memang mempunyai nyali dan mental yang luar biasa Kami sering dengar sering terjadi kecelakaan di tanjakan tanjakan Trans Papua yang sampai memakan korban

Begitulah perjuangan driver driver Trans Papua mencari rupiah demi anak istri meski bayarannya mahal tapi risiko pun tinggi Alhamdulillah kita sudah melewati jalur apa namanya Puncak pasir kalau tidak lewat sudah hilang demamnya tadi aku demam [Musik] itu kayak baru dah dia Kayak macam Lembah dikelilingi pegunungan ada kampung ada Savana tempat kita

Camping kemarin itu kita ngecek dulu ini ada ada sungai masuk aja Kata Om Om yang tanggung jawab waktu makan siang tiba Om Yuda mengajak kami berhenti di sebuah tempat eksotis di pinggir sungai yang jernih dan berbatu-batu Wah Om Yuda kok tahu aja ya tempat-tempat tersembunyi di tengah hutan Papua ini gimana mau turunnya

Pakai sepatu [Musik] Wow Coba lihat semua ini indah sekali rasanya bisa memilih hidup seperti ini kalau sudah begini Bang Den selalu berpikir mau hidup seperti apa lagi coba biarlah kami sibuk menikmati alam terkembang ini sekaligus berguru kepadanya biar kita memilih jalan kita sendiri jalan menuju kebebasan kita sampai di Pos TNI

Langsung Pak Langsung Terima kasih di poskoramilmia kami tidak singgah lagi dan terus menuju sebuah air terjun 7 tingkat di desa mia2.30 kita berhenti di desa Mia kita ingin melihat air terjun 7 tingkat hutannya bagus di sini guys [Musik] [Musik] sekarang perjalanan Kami lanjutkan menuju Fave ibukota kabupaten tambrau sepanjang jalan kami menyaksikan

Pembangunan Jalan Trans Papua dengan berbagai kondisinya sebagian jalan sudah di aspal sebagian lagi masih berupa Jalan Tanah kadang berlumpur kadang tertimbun longsor beberapa bagian ada gunung yang harus dipapas untuk membangun jalan di bagian lain gunungnya dibelah guys untuk bisa menembus Jalan dalam hal ini aku semakin sadar betapa jauhnya Tertinggal Papua selama ini

[Musik] jadi memang Trans Papua itu masih terus dalam tahap pengerjaan memang Medannya sangat berat sekali ini membangun jalan di Trans Papua ini asik sekali rasanya berada di tengah hutan belantara jauh dari mana-mana sangat Jarang bertemu Kampung dan masyarakat di sini letak kampungnya sangat berjauhan dan kami kembali disuguhi oleh pemandangan banyak sekali

Burung-burung kakak tua sedang bermain di pucuk-pucuk pohon di sore hari ini berjalan di Trans Papua ini sudah tidak terhitung banyaknya jenis burung-burung cantik yang kami saksikan sepanjang jalan hanya saja tidak semua sempat diabadikan di kamera tuh burung kakak tua banyak sekali Kotor banget mereka pada pulang sore-sore begini burung kakak tua banyak sekali

Mereka berkelompok ini memang habitatnya teman-teman Kelihatan gak di kamera ini hanya sebagian kecil saja dari perjalanan ini yang bisa ditangkap kamera dan bisa kita share untuk penonton Road Trip Indonesia lebihnya kenikmati sendiri ya dan simpan dalam memori pikiran kami untuk kami bawa kemana saja dan mungkin bisa kami ceritakan suatu saat nanti secara

Langsung saat kita bertemu dia mendekat teman-teman mudah-mudahan teman-teman bisa lihat ada rezeki itu suaranya huh banyak sekali teman-teman yang luar biasa sekali ya Papua ya Trans Papua ini mantap di atas itu tuh tuh puluhan jumlahnya sayang kita nggak bawa tele semuanya burung kakatua paruh bengkok di sini ini kalau di pasaran

Internasional harganya udah nggak ke ruang-ruaan mudah-mudahan bisa tetap terjaga dan lestari di sini tuh dia tuh [Musik] Ayo kita lanjut lagi perjalanan saya nggak mau pulang ini bagiku daripada hidup rutin dan monoton aku memilih hidup yang penuh petualangan bebas dan Merdeka butuh keberanian untuk bisa betul-betul merasa bebas dan butuh

Kebebasan untuk betul-betul bahagia tidak ada bahagia tanpa kebebasan tidak ada kebebasan tanpa keberanian sekarang giliran si hitam Fortuner merekam kita bagaimana tuh ada mobil-mobil angkot tuh Barusan lewat ya kita lagi dapat trouble ini bempernya mentok tadi jadi copot lepasin aja bempernya udah untung kita deket air terjun airnya jadi cuci tangan kalau mau

Bempernya mau masuk mobil kan bisa dicuci lap-lap tuh kan jalan yang harus dilewatin Masih Begini [Musik] Papua memang istimewa alamnya hutan dengan pohon-pohon besar sungai yang masih jernih mengalir gunung-gunung tinggi hingga lautnya belum lagi kalau kita bicara masyarakat adat dan budayanya memang masih terlalu sedikit yang bisa kami jangkau di Papua ini tapi

Kami sudah terkagum-kagum dan langsung jatuh cinta sungai Papahan dia keindahan alam ini karena alam yang masih terjaga dan murni beda sekali dengan tempat-tempat lain yang di sepanjang jalan transnya kebanyakan pemandangan adalah kebun kelapa sawit berjalan puluhan kilometer di Trans Papua ini pohon-pohon masih menjulang tinggi dan padat burung-burung langka

Dan mahal berterbangan bebas dan hinggap begitu saja di pepohonan kami hanya bisa berharap dan berdoa semoga alam liar yang cantik murni dan tak ternilai harganya ini bisa Lestari dan terjaga sampai kapanpun kok aku jadi merasa khawatir ya akan kemajuan dan pembangunan di sini apakah masih bisa menjaga harta karun ini semua ataukah

Sebaliknya akan merusak dan menghancurkan alam demi keuntungan ekonomi [Musik] bisa jadi rban Oh ya teman-teman menjelang kota Fave kami sudah kehabisan ruang memory card untuk menyimpan semua data video yang kami rekam Selama perjalanan Trans Papua ini buat teman-teman yang ingin mendukung perjalanan Rotib Indonesia kita masih seperti biasa kita ada jual

T-shirt Road Trip Indonesia Apalagi saya itu ada topi ada stiker warna-warna kaosnya itu banyak sudah terus desain-desainnya berbeda ada merah contohnya hijau Army biru navy kuning banyak lah ya pilihan warnanya dan kita juga ada storage back nih teman-teman kita jual storage bag ini buat di ban serep untuk ukuran ban

Apa aja ini bisa ya buat teman-teman yang suka Overland yang suka offroad atau yang suka modifikasi mobilnya ini juga cocok sekali ini bahannya sangat bagus dan kuat ini udah hujan panas udah kita pakai bertahun-tahun masih kuat juga teman-teman ya ada di kolom deskripsi atau nomor WA aku di bawah sini ini nih