Kali Sunter

Kali Sunter adalah satu sungai yang mengalir di sebelah timur kota Jakarta, Indonesia, yang mempunyai aliran sungai utama sepanjang 37 kilometer serta mempunyai tempat aliran sungai seluas 73.184.092 m2. Debit airnya adalah 83,8 mm3 saat curah hujan mencapai 100 mm. Tempat aliran sungai Kali Sunter amat padat penunggunya, dan kerap berlangsung banjir. Di sepanjang sisi aliran sungai ini ada lima danau yang sempurna luasnya adalah 37.2 ha, dan direncanakan pada waktu depan 11 danau kecil lainnya akan didirikan untuk mengontrol banjir dengan luas mencapai 163.74 ha.

Sungai ini mengalir di kawasan barat laut pulau Jawa yang beriklim hutan hujan tropis (kode: Af berdasarkan pembagian iklim K√∂ppen-Geiger). Temperatur rata-rata setahun sekitar 26 °C. Bulan paling panas adalah Agustus, dengan temperatur rata-rata 28 °C, and paling dingin April, sekitar 24 °C. Curah hujan rata-rata tahunan adalah 3674 mm. Bulan dengan curah hujan paling tinggi adalah Desember, dengan rata-rata 456 mm, dan yang paling rendah Sept, rata-rata 87 mm.

Kali Sunter saat ini tengah melakukan pemasangan tanggul dan normalisasi sungai yang terjadi di bawah pemeriksaan Direktorat Jenderal Sumber Energi Air Kementerian Profesi Umum dan Perumahan Rakyat. Panjang pelaksanaan adalah 18,35 kilometer, yaitu semenjak Jembatan Pertemuan Banjir Kanal Timur di Cipinang Melayu sampai Jembatan Delta di Jakasampurna, Bekasi Barat.

Next Post Previous Post